Sabtu, 12 Oktober 2019

Hidupkan Liburan Asyikmu Ke Jogja Bersama Traveloka Xperience

"Hai Sobat traveler, tempat wisata apa yang kamu bayangkan ketika aku menyebut kata Jogja?"

Mungkin saja terbesit di benakmu mengenai Jalan Malioboro, Candi Prambanan, Tebing Breksi, Taman Sari, atau Kraton Jogja? Yap. Kamu memang tak salah. Pertama kali aku menjejakkan kaki ke kota Gudeg tersebut, tempat-tempat itu masuk dalam daftar lokasi yang ingin kukunjungi. Terkhusus Malioboro. Mengapa ia begitu spesial bagiku?

Senin, 30 September 2019

Menghidupkan Literasi Sains Melalui Wisata Mangrove

Tahukah kamu? Budaya literasi yang baik mampu menumbuhkan kecakapan bagi individu untuk menjalani kehidupan. Literasi tak hanya berfungsi sebagai sarana memperkaya informasi, mengembangkan kemampuan berpikir kritis hingga meningkatkan prestasi. Tetapi juga menggerakkan diri supaya bisa mengambil tindakan yang cepat dan tepat.

Mirisnya, sebagai negara dengan jumlah penduduk besar, budaya literasi yang dimiliki masyarakat Indonesia sangatlah rendah. Dilansir dari OECD tahun 2015, negeri ini menempati urutan ke 62 dari 70 negara, menyoal literasi masyarakatnya. Ini jelas membuktikan bahwa kedekatan tiap individu dengan dunia bacaan masihlah minim. Hal tersebut juga tercermin dari beberapa fakta yang ditemukan melalui penelitian lainnya.
Rendahnya kemampuan literasi masyarakat, akan berdampak bagi perkembangan intelektual generasi muda. Mengapa? Budaya literasi selalu dimulai dari keluarga, terutama dari orangtua yang merupakan titik start bagi anak setelah mengenal dunia membaca dan menulis. Apabila orangtua tak punya kemampuan literasi yang mumpuni, anak-anak cenderung mengikuti. Pada akhirnya, mereka terpola miskin literasi sejak dini.

Rabu, 25 September 2019

Our Times (2015) : Film Romantis Yang Bikin Baper Sebaper-bapernya

Sumber : Wikipedia
Siapa dari temen-temen yang suka dengan film romantis? Hayolohhhh pasti kalau udah klik dengan judul film tertentu biasanya langsung ndekem seharian depan laptop sambil rebahan dan cenger-cengir sendiri, yekan yekan? Heheh. Baik. Kalau begitu kita sama. Itu aku banget pas nonton film, termasuk untuk genre romantis berjudul Our Times. 

Senin, 23 September 2019

Mampir Ke Pekalongan, Jangan Lupa Main Ke Mangrove Park!

Hayoo siapa yang lagi butuh refreshing sejenak nih? Kalau kamu sedang berada di Kota Pekalongan, gak ada salahnya lho jalan-jalan keliling sembari menikmati hijaunya mangrove dan angin sepoi-sepoi khas kota batik ini. Seperti yang kulakukan bersama adek-adekku minggu lalu. Rasanya tuh pengen banget bisa refreshing. Sesekali, melepas penat karena berkutat dengan laptop dan tulisan-tulisan.

Minggu, 22 September 2019

Sawit dan Secuil Kisah Perjalanannya Hingga Menuju Rumahmu

Namaku Sawit, aku dilahirkan dari orangtua bermarga Elaeis guineensis. Sebelum berada di Indonesia, nenek moyangku merupakan penduduk asli Afrika Barat. Melalui tulisan di blog ini, aku akan menceritakan petualangan nenek moyangku yang menjelajah dunia hingga menetap di negeri zamrud khatulistiwa ini.

Oh iya, aku juga akan menceritakan perjalananku hingga bertemu dengan kamu sebagai wujud yang beraneka ragam. Apakah kamu sudah siap membacanya? Baiklah kalau begitu kumulai dari sisi histori kehadiranku ya.

Jumat, 20 September 2019

Dia yang Menebar Embun Di Bumi Wonogiri

Beringin Kembar yang ditanam di Alun-alun selatan Yogyakarta
(Dokumen Pribadi)
Akhir-akhir ini, media sosial tengah hipe dengan kisah-kisah seputar kehidupan gaib. Layaknya candu yang memabukkan, cerita tentang hantu kerapkali memberi ruang bagi akal manusia untuk terus menggali tanpa henti. Di twitter, facebook, instagram hingga youtube sekalipun, tak ketinggalan membahas kisah mistik sebagai sisi lain budaya di negeri ini.

Selasa, 17 September 2019

Dari Warung Tradisional Hingga Digital, tetap Merdeka Bersama KUDO

Warung tradisional di puncak Gunung Lawu
(Sumber gambar : Kompas.com)
Wakiyem nama aslinya. Orang-orang biasanya memanggil wanita beranak 4 itu dengan sebutan Mbok Yem. Ya, siapa yang tak kenal dengan pahlawan bagi pendaki di Gunung Lawu ini. Sosok yang mampu memanjakan perut pendaki, dari ancaman kelaparan karena perjalanan jauh. Mbok Yem merupakan pemilik warung tradisional “Argo Dalem” yang berada dekat dengan Hargo Dumilah, puncak tertinggi gunung Lawu.

Senin, 02 September 2019

Merdekakan Anak-Anak Dari Pneumonia Dengan 3 M (Melindungi, Mencegah dan Mengobati)

Sumber gambar : Baranews.co
Siapa bilang merdeka itu hanya berkaitan dengan bebas tidaknya sebuah negeri atas penjajahan bangsa lain? Tidak sayang. Lebih dari itu semua, arti merdeka sesungguhnya juga diwakili oleh kondisi kesehatan yang dimiliki masyarakat di sebuah negeri, terutama pada anak-anak di dalamnya.

Membahas tentang anak-anak, ah, saya jadi ingat salah satu dialog dalam film animasi Jepang karya Masashi Kishimoto, Naruto Shippuden. Dalam film tersebut, Masashi berusaha menyematkan pesan-pesan positif pada penggemarnya tentang berharganya keberadaan anak-anak bagi sebuah peradaban.

Jumat, 30 Agustus 2019

Bilang “Gapapa” atau “Terserah” Bagi Perempuan? Lebih Baik Jangan Jadi Kebiasaan

Sumber gambar : Kaskus
Suatu hari saat buka-buka timeline di instagram aku menemukan sebuah meme yang menggelitik sekaligus menohok. Meme itu berisi informasi kalau untuk memahami perempuan dibutuhkan keahlian dan kesabaran tingkat tinggi. Yaps, itu karena perempuan sering menggunakan kode-kode saat memiliki keinginan. Misal, kalau perempuan ngomong “terserah” atau “gapapa” itu berarti kode bahwa ada sesuatu yang berlawanan dengan kata itu.

Selasa, 27 Agustus 2019

Grand Final Duta Wisata Kota Pekalongan Yang Seru dan Mendebarkan

Siapa sih yang gak deg-degan saat berada di tengah panggung, lalu tiba-tiba nama kamu mencuat sebagai juara satu? Tentu aja setiap orang bakalan gemetar minta ampun atau bahkan pengen nangis gak percaya. Ya, itulah hal yang terjadi ketika pemilihan Mas dan Mbak Duta Pekalongan pada tanggal 24 Agustus 2019 lalu.

Senin, 29 Juli 2019

Diskusi Bersama Pengoptimalan Potensi Wisata Kota Pekalongan

“Kota batik di Pekalongan, bukan Solo bukan Jogja”
Siapa yang kenal dengan lirik lagu yang dibuat oleh grup band Slank tersebut? Cungggg!!! Hmm, sepertinya hampir setiap anak muda yang suka dengan lagu-lagu milik Slank pasti sudah pernah tahu dan mendengarnya. Termasuk aku.

Jumat, 26 Juli 2019

“Biodiversity” mendukung Tumbuh Berkembangnya UMKM berbasis Pangan di Indonesia

Indonesia begitu kaya akan keanekaragaman hayati (Biodiversity). Bahkan tanpa disadari, ia ada di lingkungan sekitar kita. Tanaman hias, pohon untuk obat-obatan, hingga pohon penghasil buah atau sayuran konsumsi, bisa dengan mudah kita temukan di halaman rumah. Tak heran jika negeri ini menjadi daya tarik bagi bangsa asing di masa lampau.

Minggu, 14 Juli 2019

Review Film Crimson Peak : Perpaduan Sempurna Cerita Horor dan Fantasi

Sumber gambar : universalpictures.com
Bagi kamu yang menyukai film horor, sudah pernahkan mendengar film berjudul "Crimson peak"? Jika belum, maka sangat disarankan menonton film apik yang satu ini. Dalam beberapa ulasan di blog, Crimson Peak menjadi salah satu film rekomendasi bagi mereka yang menyukai horor. Diproduksi pada tahun 2015--film ini tetap memiliki sisi unik yang membuat orang penasaran, termasuk aku.

Sabtu, 13 Juli 2019

Melangitkan Perilaku Germas untuk Cegah Penyakit Kanker

Hati ini rasanya kaget bercampur perih ketika mendengar kabar duka datang dari seorang kawan. Kawan dekatku, kehilangan sang ibu yang dicintainya karena kanker payudara. Sebelumnya, sang ibu sempat dikabarkan membaik keadaannya, setelah menjalani rawat jalan. Namun siapa sangka, beberapa minggu kemudian, keadaan beliau kembali memburuk dan datanglah berita duka itu.

Minggu, 30 Juni 2019

Festival Balon Udara Di Pekalongan, tradisi membahayakan?

Setiap tahun, seminggu setelah lebaran, kota Pekalongan rutin mengadakan tradisi bernama Syawalan. Tradisi tersebut akan diramaikan dengan pertunjukkan Lopis raksasa dan menerbangkan balon-balon udara ke atas langit. Setiap orang dari penjuru kota batik ini akan berkumpul, rela berdesakan untuk menikmati keramaian dan mencicipi lopis jika mendapatkannya.

Selasa, 18 Juni 2019

Salah memilih Jurusan, Mengapa?

Setiap orang mungkin pernah mengalami kontradiksi dalam hidup mereka. Bergelut dengan berbagai macam pertanyaan mengenai keputusan yang dipilih. A atau B, B atau C, C atau D dan seterusnya, termasuk menyoal pemilihan jurusan ketika melanjutkan ke perguruan tinggi. Memilih mengikuti kata hati atau saran dari oranglain.
Selepas ujian nasional SMA, biasanya tiap siswa akan mulai mengulik dan menjadi stalker tingkat tinggi pada universitas yang diidamkan. Dengan mencampurkan motivasi dan doa, mereka berharap bisa mendapatkan nilai terbaik sebagai modal masuk universitas. Entah melalui jalur prestasi (SNMPTN), SBMPTN atau Seleksi Mandiri.

Selasa, 21 Mei 2019

Menyapa Ramadhan Penuh Senyum bersama KEB dan Fujifilm

Belajar fotografi itu keinginan aku dan mungkin tiap orang. Apalagi aku merupakan seorang blogger yang notabene membutuhkan gambar-gambar kece untuk pemanis konten. Tak heran, saat menemukan woro-woro dari Komunitas Emak Blogger (KEB) mengenai pelatihan fotografi bersama Fujifilm dan Gudang Digital, aku maju nomor satu.

Sabtu, 18 Mei 2019

Heavenly Blush, Snack Sehat Bernutrisi untuk kamu anak Rantau

Pernah dapat ceramah dari temen kosan perihal kebiasaanmu makan junk food? Ngacung deh. Kalau pernah berarti kita sama. Percakapan seperti itu seringkali terjadi padaku ketika hendak meminjam makanan untuk ngemil ke teman kos. Tiap kali stok makanan yang kumiliki habis dan warung sudah pada tutup, pasti aku langsung menanyakan itu ke mereka.

Minggu, 28 April 2019

Stalking Travel Umroh bersama Blibli.com, Banyak Pilihan “Asyik” tanpa “Tapi”

Sumber gambar : konsultasisyariah.com
Mendengar kalimat talbiyah tersebut rasanya menjadi motivasi tersendiri bagiku untuk bersiap menjejakkan langkah ke tanah suci. Apalagi sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci ramadhan, waktu dimana umat muslim akan melaksanakan ibadah dengan penuh hikmat. Ramadhan tak hanya berbicara soal ibadah puasa, tarawih, atau tadarus saja. Bagi mereka yang mampu secara mental dan finansial, akan menambahkan perjalanan ke tanah suci (umroh) sebagai ibadah penyempurna.

Senin, 15 April 2019

Velvy Beauty, Partner Cantik Everywhere untuk Kulit Putih dan Sehatku

Tampil cantik dan bersinar tiap hari itu keinginan aku banget, dan kurasa itu juga keinginan setiap perempuan atau bahkan laki-laki sekalipun. Kadang, demi mendapatkan penampilan yang kece, perempuan rela melakukan perawatan optimal pada kulit mereka. Ya itu aku sekarang ini, bukan aku yang dulu ketika kuliah. Well, sebagai sosok yang cuek dan sibuk, aku memang paling abai pada sesuatu yang berhubungan dengan “Perawatan”. Termasuk perawatan kulit tubuh dan wajah.

Minggu, 24 Maret 2019

Asus Vivobook Pro F 570 : Kombinasi Dua Kekuatan Tak Terkalahkan

Pertama kali melihat wujud Asus Vivobook Pro F570, aku memang sedikit bingung. Seolah melihat sebuah laptop series gaming dengan model terbaru. Warna biru tosca yang tergurat di bagian pinggir dan tulisan "Asus" telah menuntun sudut pandangku mengenainya. Sebenarnya aku tak sendiri, pada saat mengapload gambarnya via status WA, beberapa orang bertanya padaku.

"Itu laptop gaming ya Ra, kok bagus bentuknya?"

Kamis, 14 Maret 2019

Rayakan Kebersamaan bersama Menu Terbaru Ibis Malioboro Jogja

Malioboro, sebuah tempat yang selalu menjadi tujuan para wisatawan yang singgah di Yogyakarta. Ia kerapkali menjelma menjadi tempat impian untuk jalan-jalan, berbelanja oleh-oleh atau sekadar hunting foto. 

Menjadi tempat wisata tentu menjadikan Malioboro sangat sering didatangi wisatawan baik dari dalam kota, luar kota bahkan luar negeri. Tentu, adanya hal ini memungkinkan berbagai fasilitas seperti hotel menjamur disekitarnya. Tak terkecuali Hotel Ibis Malioboro yang telah menjejak sebagai tempat penginapan cantik untuk para wisatawan.

Senin, 11 Maret 2019

Master Meter dan Reservoir, Sebentuk Cinta PDAM Surya Sembada Untuk Masyarakat Surabaya

“Negara menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan air bagi kebutuhan pokok minimal sehari-hari guna memenuhi kehidupan yang sehat, bersih dan produktif”
Demikianlah bunyi Undang-Undang Republik Indonesia nomor 7 tahun 2004 pasal 5 tentang Sumber daya air. Adanya undang-undang tersebut mengindikasikan bahwa pemerintah sangat memperhatikan keberadaan air bersih bagi keberlangsungan hidup masyarakat. Air merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan. Bahkan tubuh terdiri dari 70% cairan dimana itu didapatkan melalui minuman yang kita konsumsi.

Sabtu, 09 Maret 2019

Episode 1 : Bersua Kembali dengan Kemeriahan BI Netizen Festival di 2019

Siapa yang tak kenal dengan acara tahunan yang satu ini? Yes. BI Netifest 2019 atau Bank Indonesia Netizen Festival 2019. FYI ia merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan yang dilakukan Bank Indonesia untuk mendekatkan diri dengan milenials. Kalau tahun lalu sih namanya "Pesta Netizen 2018". Gak jauh beda sih namanya.

Senin, 25 Februari 2019

Menuju Pemilu Positif 2019 : Aku tak mau jadi Pengedar dan Pecandu Hoax

“Pemilu itu pesta demokrasi yang diadakan setiap 5 tahun sekali, sesuatu yang tak singkat. Jangan kotori dengan hal yang negatif, biarkan ia menjadi perayaan baik yang memorable bagi setiap orang di bumi pertiwi”
Kembali teringat ucapan guru Pendidikan Kewarganegaraanku ketika SMA. Saat itu Indonesia tengah ramai melaksanakan pemilihan umum seperti sekarang ini. Hanya saja, peranan internet dan dunia digital saat itu belum terlalu gencar. Lebih banyak, informasi yang didapatkan masyarakat tentang pemilu berasal dari televisi dan media cetak.

Minggu, 24 Februari 2019

“Cashback 10 juta rupiah” Kejutan ACER paling Hype di awal tahun 2019

Sebagai manusia yang hidup di zaman digital seperti sekarang ini, siapa sih yang tak membutuhkan dan menggunakan gadget? Tentu saja akan jarang orang yang tak mengenalnya. Well, sebagian besar telah menggunakannya. Apalagi bagi mereka yang bekerja sebagai konten kreator seperti blogger, youtuber atau digital marketing, jelas gadget merupakan alat perang yang tak bisa disepekan. Bisa jadi, malah menjadi semacam asisten pribadi yang bakal menemani kemanapun dan kapanpun.

Sabtu, 23 Februari 2019

Menjejak Kota Jogja, Surganya Kuliner Halal dan Unik

Sumber gambar : www.eljohnews.com
Pertama kali menjejak ke kota Jogja adalah tahun 2013. Saat itu aku menjadi mahasiswa baru di salah satu perguruan tinggi. Sebagai seorang perantau, rasanya cukup asing dengan berbagai hal yang ada di Jogja, termasuk makanannya. Well, keadaan itu kemudian membuatku harus bertualang untuk mencari makanan-makanan yang cocok dengan lidah.

Sabtu, 16 Februari 2019

Menjadi Enterpreneur Keren Di Jaman Now Itu Gampang kok!

“Siapa sih pengusaha keren yang menginspirasi kamu?”
Sejenak ketika pertanyaan itu terlontar, banyak sekali sosok yang muncul di pikiran. Dari enterprener besar setingkat Chairul Tanjung, mendiang Bob Sadino, Nadiem Makariem hingga mereka yang masih berkiprah di start up awal seperti kawan-kawanku di kampus. 

Masing-masing dari mereka memiliki kapasitas luar biasa sebagai sosok enterprener keren dan menginspirasi banyak orang. Mereka tak hanya bertindak dan menciptakan produk yang mampu bersaing di pasaran tapi juga mampu bertahan dari waktu ke waktu.

Kamis, 31 Januari 2019

Asus Zenfone Max M2 : Siapa bilang Smartphone Gaming Selalu Mahal?

Gaming, gaming dan gaming. Yap, setiap kali aku melihat sebuah ulasan mengenai smartphone baru, banyak sekali netizen yang kemudian bertanya mengenai kekuatan smartphone yang diulas untuk bermain game. Entah dari segi grafis, daya baterai, kejernihan layar hingga kekuatannya. Mengenai banyaknya pertanyaan itu, aku kemudian sadar bahwa game di smartphone bukan lagi dianggap sebagai fitur tambahan, tapi ia juga dijadikan patokan oleh pembeli untuk mengukur kualitas smartphone itu sendiri.

Jumat, 18 Januari 2019

Liburan bersama laptop Asus, Menjejak Kisah Tanpa Resah

Sekelebat bayangan mengenai sosok Pramoedya Ananta Toer tiba-tiba muncul dipikiranku. Bayangan itu kemudian memanggil kembali memori yang terkunci bertahun lalu. Tentang menulis, tentang mengabadikan sebuah karya. Sebagai manusia yang masih terlalu polos, aku pernah abai pada kata-kata indah yang beliau sampaikan melalui sebuah karya sastra. Sepele? Tidak!! Karena perwakilan kalimat itulah yang akhirnya membuatku suka menulis. Menjentikkan tiap jari melalui kedua tangan ini.

Selasa, 15 Januari 2019

Deltamas, Kota Impian Para Milenial Di Masa Depan


Pertama kali mendengar mengenai kota Deltamas adalah ketika saya membaca sebuah artikel seorang blogger dari Bandung, www.bersapedahan.wordpress.comDia saat itu membahas mengenai pengalaman ketika bersepeda di areal kota Deltamas. Itu terjadi tahun 2017 lalu. Kebetulan, blogger ini memang suka mencoba tempat baru dengan bersepeda, dan ia memulai petualangannya dengan melewati sebuah jalan yang sekelilingnya terdapat hutan kecil.

Rabu, 09 Januari 2019

14 tahun Gamatechno : Hatch The Dream For Indonesia


PT Gamatechno, perusahaan IT yang ada di Yogyakarta ini telah menginjak usia 14 tahun. Jika ia manusia, maka ia tengah memasuki masa remaja. Masa dimana sebuah kedewasaan tengah terbentuk secara internal maupun eksternal. Masa dimana mimpi-mimpi menjadi sesuatu yang intens untuk direalisasikan.

Senin, 07 Januari 2019

Resensi : Keluarga Cemara dan Cerita Cinta Yang Sesungguhnya

“Jangan lupa bawa tisu yang banyak, biar ntar kalau nangis gak minta tisu orang lain!” Kata Umi salah satu teman kos saya

“Enggaklah, tenang, aku itu strong kok. Jarang banget nangis kalau nonton film Indonesia!” Seru saya dengan penuh rasa percaya diri.

*** 
Sebenarnya saya bukan tipikal orang yang mudah termehek-mehek jika menonton sebuah film. Wajar, saya adalah pecinta film yang bergenre action, fantasi, komedi atau misteri, sehingga tak banyak adegan berbau kesedihan di dalamnya. Jika pun ada, paling saya hanya akan menghela nafas panjang dan terdiam sebentar, kemudian berekspresi normal seperti tak terjadi apapun.