Senin, 03 Mei 2021

Ini Pengalamanku Ngobatin Kucing yang Terluka

Disclaimer : Ini pengalaman pribadiku saat mengobati kucingku yang terluka. Jadi kalau gak cocok dipakai untuk kucing2 teman-teman, maka segera hentikan pemakaian dan bawa kucing ke dokter hewan.

Memiliki hewan peliharaan tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kita yang menyukai binatang. Pada beberapa sisi, keberadaan mereka mampu memunculkan mood baik dan semangat baru. 

Nah, bicara soal peliharaan nih, kalau aku sendiri, aku memiliki peliharaan 2 kucing domestik. Namanya Cubit dan Kuning. Cubit berwarna abu-abu sedangkan Kuning ya berwarna kuning lahhhh. 

Si Cubit adalah tipikal kucing yang manutan, alias selalu stay di rumah meski kadang main-main ke luar rumah, tapi lokasinya tak terlalu jauh. Berbeda dengan Cubit, si kuning termasuk liar dan suka main jauh-jauh. 

Kadang, Kuning tak pulang sampai 2 hari karena bermain dengan kucing betina. Jika pun pulang, ia cuma numpang makan dan tidur sebentar. 

Ya, sebenarnya kesel juga sih dengan kucing yang satu itu karena hobinya main mulu, tapi pada sisi yang lain, kasihan juga kalau diabaikan. Apalagi, si Kuning merupakan kesayangan adikku. 

Nah, suatu hari, setelah sekian lama si Kuning gak pulang. Tiba-tiba dia pulang dan sembunyi donk di bawah kursi plastik, di kamar adikku. Dia mengerang keras layaknya kucing kesakitan. Awalnya aku gak ngeh dengan kondisi si Kuning ini.
Setelah aku cek, ternyata di bagian badannya ada luka yang cukup besar. Sepertinya si Kuning terluka karena pertarungan. Well, gaes, lukanya itu menganga basah gitu berwarna merah. Melihatnya saja, aku sampai gak sanggup. 

Demi menghindari serangan infeksi karena lalat di mana-mana, akhirnya bapakku memutuskan membeli obat tabur bernama Enbatic. Iyap. Sebenarnya sih obat ini biasa dipakai untuk mengobati luka manusia.

Tapi karena terpaksa gak bisa ke dokter hewan dengan alasan gak ada yang buka, kami pun memberi luka si Kuning obat tersebut. Kalian tahu, saat aku berusaha untuk mengobati, si Kucing terlihat kesakitan. Nafasnya tersengal-sengal begitu cepat. 

Andai saja aku tak dibantu adikku memegangi. Mungkin tangan dan badan udah jadi korban cakaran si Kuning ini hehe.
Penampakan Enbatik tabur yang kupakai untuk mengobati luka si Kuning
Setelah diberi taburan Enbatic, si Kuning perlahan membaik. Nafasnya yang semula terangah-engah karena menahan sakit menjadi lebih stabil. Dia sudah bisa tertidur, berdiri perlahan untuk makan, dan minum.

Enbatic memang bukanlah obat yang disarankan oleh dokter hewan karena memang aku gak tahu kalau kucing diberi obat jenis apa. Hanya saja, aku pernah menemukan kucing yang gak segera diobati---dengan luka yang sama---terus lukanya malah bernanah dan parah. Kan kasihan tho ya! 

Bagi temen-temen yang punya kucing domestik dengan kebiasaan keluar rumah, bisa jadi ia memiliki nasib seperti si Kuning, yakni bertarung dan terluka. Sebagai pemilik hewan yang baik, kita musti punya tanggung jawab untuk mengobati mereka. 

Bila perlu, kita menyiapkan dana cadangan untuk keperluan makanan dan perawatan peliharaan kita ketika ia menderita sakit. Kan kasihan tuh, dia menderita tapi kita cuma diam saja. Plis deh, jangan sampai bertindak seperti itu. Mereka juga memiliki rasa sakit dan hak untuk disembuhkan.


By the way, karena rata-rata teman blogger dan teman media sosial juga memelihara kucing sepertiku, jadi gak ada salahnya aku berbagi cerita mengenai pengalamanku mengobati si Kuning menggunakan obat bernama Enbatic ini.

Gaes, lebih lanjut, bila kucing kamu kedapatan mengalami luka sobek sehingga mengeluarkan banyak darah, saranku jangan sampai terkena air. Bila area luka kotor, usahakan dibersihin menggunakan kapas basah atau tisu. Lalu, segera taburi lukanya itu dengan obat. Aku sendiri memakai Enbatic untuk menutupi luka si kuning. Begini penampangnya setelah diberi obat tabur.
Si Kuning yang diberi obat Enbatic untuk mencegah infeksi pada luka
Pengalaman, kalau kucing luka menganga gak segera diobati, akan banyak lalat yang menepel di dalamnya yang menyebabkan si kucing infeksi. Jadi kalau kepaksa gak bisa dibawa ke dokter karena beberapa faktor, kita bisa memberi pertolongan pertama semampu kita. 

Oh iya, bila perlu, temen-temen bisa juga membeli Collar---sejenis alat untuk melindungi leher---agar si kucing enggak menjilati luka yang telah diberi obat.
Memang, tiap penyembuhan waktunya bergantung dari kekuatan dan imunitas si Kucing, soalnya nih, kalau aku amati, Kuning dan Cubit ketika luka lebih cepat sembuh si Kuning. Lha wong dia baru diobati semalam, paginya udah main keluar rumah. Bar-bar emang wkwkwk

Kalau si Cubit ketika ekornya luka. Ia sampai seminggu lebih cuma ngendon di rumah dan gak mau pergi ke mana-mana. So, dalam pengobatan pun kita perlu melihat kondisi masing-masing hewan. 

Baiklah, itu dia pengalamanmu mengobati kucing yang memiliki luka terbuka tapi gak sempat dibawa ke dokter hewan.  Pokoknya, minimal kita perlu nutupin lukanya dulu pakai obat tabur supaya tidak infeksi. Semoga bermanfaat ya Temans :) 

50 komentar:

  1. Kucingku juga pernah...main, pulang2 kakinya luka, berdarah ngucur gitu..buanyak. Bisa jadi, pas main nginjak pecahan kaca.. aku minta tolong adik ipar yang kebetulan drh (tapi ga buka praktek).. dibersihin pke revanol, trus di Betadine..trus di perban (meskipun bbrp saat kmdin, perbannya lepas Krn kucingnya risih...) Oh..iya, untuk berhentikan darah yang mengucur, dikasih vitamin K, bisa beli di apotek.

    Klo obat tabur, pernah make juga aku Nurul...pasca kucingku steril..dikasih obat tabur biar lukanya cepet kering...dan mmng bener, keringnya cepet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Note mbak yang vitamin K. Soalnya kmrn darah sih udah gak ngucur. Cuma lukanya itu gede banget mbak. Makasih infonya mbak Sulis 😊😊

      Hapus
    2. Kucingku abis luka gtu aku kasih kunyit sama minyak kayu putih sembuh trus gak pulang berhari hari dan luka nya nambah dong . Trus dia ngga mau pulang , pulang cuma makan itu aja pulangnya malem bgt . Dan tiap ketemu aku sllu lari . Kalau kaya gtu dia bakal pulang ngga yaa , kangen bgt aku

      Hapus
    3. Apa karena dia ngerasain perih mbak jadi semacam ada trauma gitu?
      Aku blm pernah soalnya ngasih luka pakai kayu putih

      Hapus
    4. Jelas perih kalau kunyit SM lidah buaya yg SDH di cuci baru bener

      Hapus
    5. Iya, aku mbayangin aja ngerasa serem kalau luka terbuka dikasih minyak kayu putih

      Hapus
  2. kalau di jilat bahaya gk mbak? soalnya kucing saya kalau pulau sellu ada tato baru ditubuh :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bahaya sih mbak, soalnya si Kuning juga jilatin luka plus obatnya dan dia baik-baik saja. Tapi kalau Mbak Ini gak yakin, bisa sih dibeliin Collar utk leher supaya Si Miaw gak jilat2

      Hapus
  3. Kucingku barusan meninggal mbaaa :(((
    keserempet mobil
    Ku nangisss kejerr
    Padahal,aku udah siap2in banyak biskuit, makanan, susu buat dia.

    plus siapin obat ini jg jaga2 kalo dia luka abis berantem ama kucing tetangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun, I am sorry to hear that mbak. Sedih dengernya 😭

      Hapus
  4. Wah kasihan juga ya klo kucing terluka gitu. Aku sih takut pada kucing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha dulu aku juga begitu mbak. Takut dicakar, tapi karena kucing setiap waktu ndusel2 di kaki, jadinya luluh juga nih hati hehehe

      Hapus
  5. Mbak, telaten banget ngobatin hewan. Hihi... Aku suka kasihan kalau ada kucing liar terluka. Tapi apa daya aku agak geli kalau suruh nyentuh kucing mbak. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa dipahami kok kalau yang takut sama kucing.
      Cuma ngerasa gak tega sih pas lihat kucing luka terbuka gitu

      Hapus
  6. Yaampun semoga cepet sembuh ya buat si Kuning. Bacanya aja sudah ikut sakit aku. Saya juga paling galau dan nggak bisa liat kalau binatang peliharaan sakit huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mbak, sedih dan gak tega aja ya rasanya

      Hapus
  7. Makasi infonya mba.di rumah ada kucing liar yang selalu tidur di rumah makan di rumah dan kadang juga pergi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya mbak, bisa tuh obat dipakai kalau pas lihat kucing liar kesakitan karena luka terbuka

      Hapus
  8. Makasih banyak sharingnya bagus buat anak-anakku yang suka melihara kucing, infonya nanti aku pelajari lagi. Udah nemu sih toko perlengkapan kucing jadi tahu nama obatnya abis baca di sini

    BalasHapus
  9. Jujur, aku ga tlalu suka kucing hehe jadi belum pernah ngobatin. Namun, aku tau nih seenggaknya caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe bisa dimengerti kak, kadang emang ada orang yg takut sama kucing. Tapi gapapa, siapa tahu bermanfaat pas nemuin hewan yang terluka hehe

      Hapus
  10. Kucing pun juga makhluk hidup, yg wajib diobati ketika ia sedang terluka. Bukankah hidup indah jika bisa saling membantu?

    BalasHapus
  11. Aku punya kucing pertama dan sekarang usia udah satu tahun lebih. Kok aku ngeri dan khawatir ya misal dia kapan-kapan kayak gitu. Mana bener-bener jarang pulang. Main seharian. Hiks...
    Semoga, kucing Kakak lekas sehat ya Kak.

    BalasHapus
  12. aku baru kali ini mbaca tulisan tentang kucing yg terluka
    soalnya aku ngeri ngedengernya
    sedih ya mbak, kalau bukan kita yg ngerawat ya siapa lagi

    BalasHapus
  13. Infonya smangat bermanfaat mba, sy pernah ad kucing trus luka tp gtw mah diapain mkin hari lukanya parah, huhu hingga si kucing gk bsa bertahan :(

    BalasHapus
  14. Kucing jantan memang lebih sering berkeliaran di luar rumah. Paling pulang tuh kalau dia lapar atau luka gitu. Dulu waktu masa kecil dan remaja, udah kenyang ngerawat kucingku yang kelakuannya juga begini mba. Pantang pulang kalau belum lapar atau luka, duuuhh...

    BalasHapus
  15. Waduh kasihan juga ya kalau sampai terluka gitu. Pelihara si kuning dan si cubit pusing nggak tuh?

    BalasHapus
  16. Aduh aku yang ngilu lihat lukanya
    Tapi keren ih kakak, telaten banget ngerawat mpusnya
    Aku catet dulu nama obatnya, siapa tahu butuh di kemudian hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ngilu sebenarnya sih Kak. Tapi kalau gak gini, siapa lagi yang berani ngasih obat. Palingan bapakku sih.

      Hapus
  17. get well soon untuk kucingnya :)

    BalasHapus
  18. Kucingnya cantik kak... mudah2n cepet sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih dianya ya kak. Alhamdulillah udah sembuh dia. Udah main-main lagi hehe

      Hapus
  19. Mbak, enbaticnya ngga papa kah kena jilat kucing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kucingku gapapa kak. Awalnya aku juga khawatir keracunan dia, ternyata engga. Tapi kalau mau Menghindari dijilad si mpus, pakai cone leher bisa sih kak.

      Hapus
  20. Mba kucingku umur 6 bln abis diserang sm kucing liar lokasi kejadiannya dirumah😭 besoknya aku elus badannya kok dibagian badan sebelah kanan nya tulangny agak nonjol, trs sekali aku gendong dia marah, aku cek ternyata di deket ketek nya ada luka agak bolong gitu (takutny kalo ketusuk tulang rusuknya) , aku udh tanya ke dokter klo rontgen mahal😭 blm lg kalo harus tindakan ini itu abis brp juta😭😭 trs aku pgn coba obati sendiri pake enbatic biar lukanya nutup lah minimal, doain ya mba semoga kucingku ga knp” & cepet sembuh😭🥺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun. Kasihan banget kak si mpus. Iya kak coba iktiyar pakai Enbatic dulu kalau memang blm ada dana ke dokter. Rutin dikasih minimal biar ketutup dulu.

      Kucingku awalnya juga ngerang gitu karena kesakitan. Semoga mpusnya Kakak bisa sembuh. Kalau udah sembih kabarin ya kak :(

      Hapus
  21. Kak mau nanya waktu kk ngobatin kucing nya pakek enbatik apa luka kucingnya ngk digerogoti semut? Soalnya kemarin kucing aku di taburi enbatik malah di kerumuni semut lukanya😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga sih kak. Kucingku emang sempat njilat2in lukanya, tp gak ada semutnya kok. Itu kok bisa ya bersemut?

      Hapus
  22. mbak mau tanya dong. luka kucingnya sampe nutup gitu kira2 brp lama ya kalo cuma pake enbatic aja? karna aku ada kucing liar abis luka lebar juga, diresepin enbatic sama salep dipake barengan tapi dari akhir desember lukanya belum kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kak

      Kalau kucingku 5 hari dikasih enbatic udah mengering kak. Mesko blm menutup secara menyeluruh lukanya. Paling engga semingguan asal kucingnya anteng dan manut dikasih obat terus

      Hapus
  23. pake enbatic aja berapa lama sembuhnya ya mbak? kucing liar rumahku ada yg luka lebar jg soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 4-5 harian sih kak. Tergantung dari lukanya selebar apa.

      Hapus
  24. Permisi Kak, mau tanya..
    Harga Enbatic di apotek itu brp ya?
    Aku mau beli jg tp blm tau harganya, takutnha nanti kalo aku udah terlanjur ke apotek dan harganya mahal trs uangku kurang kan malu 🤭🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu aku beli sekitar 3000-5000 harganya kak yg bubuk.

      Hapus
  25. Yup.. bener bgt mba. Aku ngerescue kucing yg kakinya hancur kena rel gerbang suatu gudang cma pake revanol & enbatic Alhamdulillah sembuh kering wlo akhirnya cacat tp dia aktif. Oiya, enbatic bsa juga untuk mata kucing yg sakit bengkak / gejala clamedya. Berangsur² selaput mata yg bkin nlur menipis, fgn cara ditabur sdikit² wlo ga tega juga sbenrnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk mata, saya gak berani sih kak. Dan blm pernah. Tapi kalau memang urgen, memang perlu dicoba. Btw, makasih kak sudah berbagi cerita

      Hapus
  26. Mba kucingku PDA tangan jg gtu berlubang bulat itu penyakit diatas atau ngga,takutnya ditembak trus juga ngeluarin nanah pas pagi bengkak sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kalau udah parah sampai bernanah harus ke VET sih kak. Takutnya kalau dikasih obat bubuk aja malah parah. Kasihan kucingnya.

      Hapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam