Sabtu, 12 Oktober 2019

Hidupkan Liburan Asyikmu Ke Jogja Bersama Traveloka Xperience

"Hai Sobat traveler, tempat wisata apa yang kamu bayangkan ketika aku menyebut kata Jogja?"

Mungkin saja terbesit di benakmu mengenai Jalan Malioboro, Candi Prambanan, Tebing Breksi, Taman Sari, atau Kraton Jogja? Yap. Kamu memang tak salah. Pertama kali aku menjejakkan kaki ke kota Gudeg tersebut, tempat-tempat itu masuk dalam daftar lokasi yang ingin kukunjungi. Terkhusus Malioboro. Mengapa ia begitu spesial bagiku?

Sebelumnya, aku pernah memiliki keinginan wisata ke Jogja semasa SMP. Tepatnya saat kawan seangkatan mengadakan program studytour. Namun, karena keadaan ekonomi yang tak memungkinkan, akhirnya aku tak bisa ikut. Aku hanya bisa mendengar cerita keseruan menjelajah Jogja—terutama di jalan Malioboro—dari teman sebangkuku. Sedih memang, tapi mau gimana lagi?

Beberapa tahun kemudian, alhamdulillah, aku malah bisa mengampu pendidikan di kota budaya tersebut. Tentu saja, kesempatan seperti inilah yang tak mau kusia-siakan. Aku selalu berkeinginan mengabadikan tiap momen menggunakan kamera ponselku, tatkala menyusuri Jogja. Termasuk,  ketika menyusuri Malioboro—tempat yang pernah diceritakan kawanku kala SMP dulu.
Aku tengah menyusuri 0 Kilometer, titik paling selatan Malioboro (Dokumen Pribadi)
Saat menjejak ke jalan Malioboro, pastinya kamu tahu bukan spot mana yang jadi incaranku untuk berfoto? Tepat banget. Tak lain, tak bukan adalah plang warna hijau bertuliskan kata “Malioboro”.

Aneh memang. Plang tersebut menjadi ikonik bagi wisatawan yang datang ke jalan ini, terkhusus mereka yang baru menjejak pertama kali. Padahal, banyak spot lain yang tak kalah instagramable dan unik. Namun, ada saja orang yang rela mengantri hanya untuk berpose sembari memegang erat plang tersebut. Entahlah, mungkin itu bagian yang memunculkan kesan bahwa “I was stay here
Spot paling dicari wisatawan untuk berfoto saat berkunjung ke  jalan Malioboro
Sobat Traveler, kalau kita bicara mengenai wisata Jogja, tentu bukan hanya berkutat pada Malioboro saja sebagai kawasan wisata belanja. Tetapi, lokasi hits lainnya yang gak kalah seru dan nagih untuk dikunjungi. Apalagi, kalau kamu datang rame-rame, bareng keluarga atau teman-teman misalnya. Kamu tinggal menentukan destinasi mana yang ingin kamu pilih? Ada wisata budaya, wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner dan masih banyak lagi.

“Ra, aku pengen ngajak keluarga jalan-jalan, tapi aku gak tahu tentang Jogja lho, kasih rekomendasi donk tempat wisata yang cocok?

Beberapa waktu lalu, kawanku yang berasal dari Pekalongan meminta rekomendasi tempat wisata yang bagus. Kebetulan dia ingin mengajak keluarganya refreshing ke beberapa lokasi yang ada di Jogja. Sebagai orang yang pernah tinggal di kota gudeg dalam waktu cukup lama, kawanku meminta saran tempat yang cocok. Ya, mungkin dia menganggap, aku tahu beberapa hal tentang Jogja lantaran pernah tinggal disana. Padahal ya gak juga.

Nah, kalau aku udah dapat permintaan rekomendasi semacam itu, biasanya aku bakal searching informasi via mesin pencari. Sebab, aku juga gak hafal tiap lokasi wisata Jogja beserta budget untuk masing-masing tempat. Iya kalau cocok dengan referensi yang aku kasih, kalau engga kan malah jadi gak enak sama mereka. Jatuhnya, aku cuma ngasih informasi secara umum saja.

Untungnya, mulai tahun ini, Traveloka menambahkan layanan ekstra bernama Traveloka Xperience. Jadi, akan ada beragam pilihan wisata yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Selanjutnya, kalau aku mendapatkan permintaan rekomendasi yang serupa, aku tinggal mengarahkan mereka untuk cek wisata melalui fitur Xperience di Traveloka.
Traveloka Xperience sebenarnya merupakan layanan tambahan yang dibuat tidak hanya menyoal wisata saja, tetapi juga kebutuhan lifestyle bagi penggunanya selama melakukan perjalanan. Mudahnya begini, dikala kamu memutuskan wisata ke suatu tempat. Tentunya ada hal lain yang kamu lakukan selama berada disana, kan? Misal,  setelah kamu wisata alam seharian, kamu membutuhkan penyegaran berupa spa atau pengen nonton bioskop. Nah, melalui layanan Xperience, kamu bisa menemukannya hanya dengan satu aplikasi saja.
12 Layanan yang disediakan Traveloka Xperience untukmu
Dengan menjelajah layanan Traveloka Xperience, kita jadi terbantu mencari pernak-pernik perjalanan tatkala berada di kota lain, misalnya ketika hendak membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang atau hendak membeli berbagai perlengkapan travel. Ada 12 hal yang bisa kita pilih mulai dari makanan, tur, olahraga, kursus, taman bermain, bahkan event yang tengah hipe di kota yang kamu kunjungi.
Secara pribadi, kesan pertamaku pada layanan Traveloka Xperience ini adalah unik. Bayangkan, aku jadi merasa dimudahkan dengan berbagai fitur yang disediakan. Traveloka Xperience ini lebih terlihat seperti katalog digital yang berisi informasi lengkap wisata di berbagai wilayah di Indonesia bahkan luar negeri. Ketika aku mengetik kata kunci "Jogja" saja, dengan begitu cepat muncul rekomendasi wisata populer yang ada di kota gudeg tersebut.
Jogja dikenal sebagai kota dengan berbagai penawaran wisata yang beragam. Bagi traveler yang belum pernah datang berkunjung, mungkin akan merasa bingung memilih rekomendasi wisata yang cocok. Nah, karena sistemnya serupa dengan katalog digital, Traveloka Xperience bisa memberikan rekomendasi hanya dengan klik dan scroll. Kita tinggal memilih layanan sesuai budget yang telah disiapkan.
By the way, bagi kamu yang memang hobby banget traveling, Traveloka Xperience memang paling bisa diandalkan. Ia tak hanya melengkapi kebutuhan bagi mereka yang  ingin bertualang di dalam negeri saja tetapi juga ke luar negeri.

"Kalau kamu sendiri, pengennya wisata ke mana Ra?"

Nah, kalau ngomongin aku sendiri, aku masih tertarik untuk menjelajah di lokasi sekitaran Jogja. Beberapa tempat, belum sempat kuabadikan secara puas melalui mata kamera. Termasuk ketika menjelajah ke Borobudur--candi yang terletak di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah ini--satu tahun yang lalu.
Sekarang aku telah berada di kota asal, Pekalongan. Inshaallah, jika aku punya kesempatan untuk berkunjung kembali ke Jogja, aku ingin #XperienceSeru dalam bentuk tur ke beberapa candi yang ada disana, terutama ke Candi Borobudur untuk kedua kali. 

Pasalnya, wisataku sebelumnya terbilang gagal karena begitu banyak pengunjung yang datang. Awalnya, aku dan teman-teman berniat menelusuri Borobudur dan menikmati pemandangan melalui puncaknya. Tapi, dengan jumlah pengunjung yang membludak, pergerakan kami jadi terbatas. Kami tak bisa puas menikmati tiap sudut Borobudur.
Kunjunganku ke Borobudur beberapa waktu lalu
Bisa dilihatkan sobat, penuhnya kayak apa? Bahkan untuk berjalan menuju puncak Borobudur, kami harus begitu hati-hati karena banyaknya orang. Padahal waktu itu merupakan momen dimana aku bertemu kawan lamaku dari Medan. Tapi apa daya, tiket sudah terbeli dan jumlah pengunjung ternyata melebihi ekspektasi yang aku bayangkan. Aku dan kawanku hanya menikmati seadanya hehe
Pada akhirnya, wisata budayaku bersama mereka menjadi kurang greget. Aku berharap, kunjunganku selanjutnya bisa berkesan. Aku juga ingin mengajak keluarga yang belum pernah sama sekali menjejak ke Borobudur. Terlebih, ada Traveloka Xperience yang bakal membantuku dalam memilih referensi pembelian tiket kapanpun yang aku mau.
Dengan Traveloka Xperience serasa memegang Katalog Wisata Digital
Sobat Traveler, coba deh perhatikan. Aplikasi Traveloka Xperience udah benar-benar lengkap banget dalam memberikan informasi. Kita bahkan bisa tahu deskripsi singkat candi Borobudur, fasilitas yang tersedia, detail lokasi,  foto-foto, testimoni pengunjung hingga promo potongan harga hanya dengan satu aplikasi.

Berkenaan dengan wisata ke Candi Borobudur, sebenarnya ada banyak penawaran paket wisata. Tergantung kamu ingin memilih wisata dengan pembelian tiket secara individu atau dalam bentuk Tur. Apabila kamu mau mengajak keluarga, kamu bisa kok memilih alternatif tur yang ditawarkan dengan harga cukup terjangkau.
Traveloka sungguh membuat inovasi yang luar biasa bagi masyarakat. Jika mulanya aku mengenalnya sebagai platform pemesanan tiket transportasi dan penginapan saat bepergian, kini ia juga telah bertransformasi menjadi katalog digital bagi traveler.  Bagiku, aplikasi ini jauh lebih praktis, dan portabel. 
Hanya dalam satu genggaman, aku sudah bisa memilih berbagai wisata, pernak-pernik pendukungnya hingga lifestyle selama perjalanan. Yuhuu, bersama Traveloka, #XperienceSeru ke Jogja rasanya bukan hanya imajinasi belaka. Yuk traveling!

4 komentar:

  1. Wah Jogja ya? Pertama kali kesana langsung seneng banget. Apalagi sekarang Malioboro udah bagus dan rame hehe
    Pengen kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan main ke Jogja, main ke Malioboro lagi :D

      Hapus
  2. Jadi? Kapan ini kita liburan dan ngopi di indahnya malam Jogja? :D

    BalasHapus
  3. Bila nanti saatnya telah tiba, kita liburan ke Jogja bersama. Ciya ciya ciya

    Bersama Traveloka Xperience juga tentunya :D

    BalasHapus