Kamis, 11 April 2024

Mudik? Jangan Tinggalkan Anabul Di Rumah Sendirian

Jangan tinggalkan anabuls sendirian

Sebentar lagi lebaran. Biasanya setiap lebaran akan tiba. Orang-orang akan melaksanakan pulang kampung atau yang dikenal dengan istilah mudik.

Mudik memang menjadi keharusan, apalagi bagi mereka yang merantau nun jauh dari rumah. Rasa rindu terhadap keluarga menjadi tak terkendali. 

Nah, berbicara tentang rencana mudik, bagi yang memiliki anabul, tentunya ini menjadi satu problematika tersendiri. Soalnya, ada orang yang mudik lama tapi meninggalkan anabul nya begitu saja. 

Saya pernah menonton sebuah reels yang berisikan kamar berantakan dan kotor karena anabul pup sembarangan. Hal itu lantaran sudah ditinggal seminggu mudik. 

Kasihan sebenarnya melihat anabul ditinggal begitu saja. Apalagi dalam kondisi sendirian, tak ada yang menjaga. Ya namanya hewan, dia kan gak bisa berpikir seperti manusia, punya inovasi supaya bisa pup di tempat yang sesuai. 

Saranku, jika kamu berada diperantauan, jangan memelihara anabul jika tak sanggup untuk memberi mereka kenyamanan yang layak. Terlebih, kalau kamu gak punya dana untuk menitipkan mereka. 

Kamu wajib bawa anabul kamu ikut mudik. Ini demi kemaslahatan mereka. Kadang gak tahu kan bakal pulang kapan? Kalau anabul mu menunggu dengan kesendiriannya, kasihan banget membayangkannya. 

Btw, aku pernah nih baca tentang anabul yang ditinggalkan sama pemiliknya. Seekor kucing ras berwarna coklat. Qodarullah, si pemilik meninggal di jalan karena kecelakaan. Akhirnya, anabul di kosan gak ada yang ngasih makan dan mereka pun mati. 

Baca juga : Selain makanan, kucing juga butuh sterilisasi

Lho, emang gak ada temen kosan yang tahu? Aku sendiri juga gak paham. Bisa aja kalau kosannya individual. Kalau pun tahu ada anabul, kadang orang takut untuk masuk. Dikira merusak properti orang nanti. 

Kasihan gak sih bayangin anabul yang tersiksa kayak gitu? Bukan apa-apa ya. Tapi menurutku, persiapan itu perlu banget. Kita gak pernah tahu soal takdir. 

Kalau memang kita mau mudik dan punya anabul di kosan, sebisa mungkin membawa mereka atau dititipkan ke hotel hewan peliharaan.

Jangan seenak jidat ditinggal begitu aja. Atau, kalau memang gak sanggup untuk membayar pet hotel, kamu bisa minta bantuan temen atau tetangga kosan mu yang gak pulang. 

Tentunya dengan ngasih mereka uang, baik uang untuk perawatan anabul maupun biaya menjaga. Gak mungkin kan, kamu minta tolong orang, tapi gak ngasih apa-apa. Enak aja, rugi donk! 

Itu sih saran dariku sebagai pemilik anabul juga berupa kucing-kucing. Beruntungnya, kucing di rumahku sebagian besar mandiri, jadi ketika main, mereka bisa cari makan di sendiri meski ada dry food di dalam rumah. 

Salam dari Nurul Mutiara RA ya! 

28 komentar:

  1. Ininih salah satu alasan aku tidak mau memelihara anabul, bakalan bingung kalau mau mudik. Meskipun dekat cuma beda kecamatan, enggak mungkin kalau kubawa ke rumah ortuku, karena adikku takut binatang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, banyak orang gak melihara anabul biasanya karena begitu, ada yang takut ama binatang hehe

      Hapus
  2. Bawa hewan peliharaan mudik sepertinya jadi pilihan terbaik jika memungkinkan. Kudu banget Pastikan hewan peliharaan dalam kondisi sehat dan memiliki dokumen kesehatan yang lengkap biar aman kalau ada pemeriksaan.
    Siapkan kandang yang nyaman dan aman selama perjalanan buat anabul. Jangan lupa untuk selalu mengawasi mereka dan menyediakan air minum serta makanan secukupnya.
    mengeluarkan tenaga ekstra tapi sudah pasti aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Bang, pokoknya kalau punya anabul harus siap makanan dan berbagai keperluannya

      Hapus
  3. Nah ini, terkadang saya suka dilema saat mau mudik, sementara kucing nggak ada yang ngerawat. Tetangga juga pada sibuk. Kalo mau mudik, paling gantian. Tapi kan nggak efektif banget ya. Enggak seru, maunya kan bareng semuanya. Tapi mau gimana lagi. Anabul saya udah sepuh, udah 14 tahunan, jadi mesti ada yang ngerawat di rumah. Enggak tega banget ninggalin sendirian di rumah

    BalasHapus
  4. Nah ini, terkadang saya suka dilema saat mau mudik, sementara kucing nggak ada yang ngerawat. Tetangga juga pada sibuk. Kalo mau mudik, paling gantian. Tapi kan nggak efektif banget ya. Enggak seru, maunya kan bareng semuanya. Tapi mau gimana lagi. Anabul saya udah sepuh, udah 14 tahunan, jadi mesti ada yang ngerawat di rumah. Enggak tega banget ninggalin sendirian di rumah

    BalasHapus
  5. Kalau aku sih lebih nggak tega sih kalau harus meninggalkan anabul mudik. Ya gitu, mending nggak memelihara anabul kalau lagi berada di perantauan. Karena kadang meski nggak mudik, kita bisa saja travelling berhari-hari.

    BalasHapus
  6. Punya anabul emang harus siap banget sih, terutama secara materi. Kebutuhan anabul itu banyak. Selain makan mereka jg perlu diperhatikan. Klo gak bisa dibawa ikut mudik, bisa dimasukin ke pet hotel biar bisa ada yang jaga, tapi yaa harus siap biaya sih yaa

    BalasHapus
  7. Kalau dulu suami bukan pelihara anabul sih, tapi burung. Ya samma ya peliharaan juga. Kami kalau mudik Lebaran, engga bisa lebih dari 3 hari. Itu juga sangkar burung udah dikasih stok air minum banyak-banyak.
    Mana enak kan, mudik kok cuma sebentar...wkwkwk...gara-gara peliharaan di rumah.
    Eh...tapi itu tega banget sih, ninggalin anabul di kamar kos sendirian. Ya sukur aja tuh pemilik kamar, kamar jadi berantakan dan bau ee meong...

    BalasHapus
  8. kasian banget sih kalo sampai anabul ditinggal mudik sendirian, jika memang tidak memungkinkan bawa anabul saat mudik, sebaiknya ditiitipkan sementara di tempat penitipan hewan bisa jadi solusi yang tepat daripada menelantarkannya sendirian di rumah

    BalasHapus
  9. Ini yang sempat bikin galau pas mudik lebaran kemarin. Untungnya ada petshop yang buka, jadi kucingku aku titipin disana. Lumayan murah juga sih, tapi makanan bawa sendiri..jadinya ga merasa bersalah ninggalin kucingku pas mudik

    BalasHapus
  10. Ya benar sangat penting memperhatikan hewan peliharaan kita sebelum.kita pergi dalam waktu lama

    BalasHapus
  11. Tetangga saya pelihara kucing Mbak. Tiap mudik, pasti semua kucingnya dibawa. Karena kalau ditinggal memang rawan, bukan saja rumah bau dan berantakan, tapi juga bahaya. Misalnya menyenggol TV dan barang elektronik lainnya.

    BalasHapus
  12. Kalau punya anabul gampang-gapang susah ya kalau mau mudik, diajak mudik juga kasihan karena mereka juga akan kecapekan. Ditinggal sendiri ga bisa juga dan bahkan bikin kerjaan tambahan selepas mudik. SOlusinya kayaknya ke penitipan hewan peliharaan deh pertanyaannya ada ga ya? hehe

    BalasHapus
  13. Ya Allah kasihan banget, aku kira ngga ada yang tega lho ninggalin anabul di rumah sendirian. Soalnya temen-temenku kalo cerita pasti kalau mudik ya anabulnya nitip di pet hotel. Ya karena sesayang itu ama anabul. Justru kasian kalo sendirian di rumah kan. Gimana makannya, kalo di kandang terus juga kasian.

    BalasHapus
  14. Betul banget. Kalau pergi lama seharusnya anabul dititipin ke pihak yang bisa merawat. Jangan sampai ditinggal gitu aja

    BalasHapus
  15. Biasanya kalo mau ditinggal misal nggak bisa bawa, saudaraku titip ke penitipan kucing yang terpercaya. Soalnya kadang tempat mudik tujuan gak mengizinkan ada hewan peliharaan

    BalasHapus
  16. Bagusnya jangan tinggal sendirian sih ya, kasihan gitu semisal si anabul mau kemana².
    Daku pernah lihat di konten medsos si pemilik bawa anabulnya mudik. Malah anabulnya lebih dari 3, seru gitu hehe

    BalasHapus
  17. Sodara saya mudik padahal masih dalam kota itu bawa anabul tiga. Haha, dia bawa keluarga kucing piaraannya pulang kampung

    Yg seru itu kemarin Mbak Lis mudik suaminya bawa ikan dengan akuarium nya lho

    BalasHapus
  18. relate kak, saya dititipin kucing tetangga tapi tetangganya gak ngomong nitip! hahahaha. yaa saya kasian dong sebagai penyuka kucing masa iya kucing dateng kerumah minta mamam gak saya kasih. ya udah, saya kasih makan barengan dengan kucing saya dirumah. tapi amsyongnya, kucing yang dateng 4 ekor dan itu kucing tetangga yang mudik itu! wkwkwkwk.

    sampai sekarang itu ke-4 kucing masih rajin kerumah pas jam makan. hihihi. tega sih ya. maksudnya, ya bener jangan maksain melihara kucing kalo gak mampu ngurus termasuk pas mudik. atau ngomonglah baik baik gitu ya, " bu nitip kucing ya. ini makanan kucingnya. ini uang kalo makanan kucingnya habis. " kan enak ya.

    BalasHapus
  19. relate kak, saya dititipin kucing tetangga tapi tetangganya gak ngomong nitip! hahahaha. yaa saya kasian dong sebagai penyuka kucing masa iya kucing dateng kerumah minta mamam gak saya kasih. ya udah, saya kasih makan barengan dengan kucing saya dirumah. tapi amsyongnya, kucing yang dateng 4 ekor dan itu kucing tetangga yang mudik itu! wkwkwkwk.

    sampai sekarang itu ke-4 kucing masih rajin kerumah pas jam makan. hihihi. tega sih ya. maksudnya, ya bener jangan maksain melihara kucing kalo gak mampu ngurus termasuk pas mudik. atau ngomonglah baik baik gitu ya, " bu nitip kucing ya. ini makanan kucingnya. ini uang kalo makanan kucingnya habis. " kan enak ya.

    BalasHapus
  20. Yang pelihara hewan peliharaan, harus diperhatikan banget ya kalau ditinggal mudik. Jangan sampai hewan itu terlantar dsn terurus malah bisa mati.

    Perlu banget sih buat minta tolong ke orang terdekat buat menjaganya,setidaknya kaish makan. Kita pun harus kasih uang ke orang yg mau dititipin hewan peliharaan kita.

    BalasHapus
  21. Kalo anabul sih sebenarnya bisa ditinggal. Krn dia bisa cari makan sendiri sih. Kecuali yang kucing mahal ya harus dititipin ke tetangga yang juga pecinta kucing ya.

    Aku sih punya peliharaan ayam. Jadi kalo lagi ada acara agak lama, aku nitip ke tetangga utk ngasih makan. Minimal menaruh makanan di tempat yg udh ditentukan aja sih.

    BalasHapus
  22. Alasan kenapa belum mau punya peliharan lagi di rumah, soalnya pasti kepikiran kalau mau pergi jauh. Biasanya aku titipin tetangga tolong bantu urusin, soalnya kalah dibawa juga gak mungkin karena hotel gak boleh bawa anabul.

    BalasHapus
  23. Inilah salah satu alasan diriku ga pengin pny peliharaan, soalnya selain ga telaten jg ga bs ditinggal pergi lama2. Kalau dititipin dipenitipan hewan kyk petshop gitu kan mahal. Masalahnya diriku blm setajir itu hehehe

    BalasHapus
  24. Inilah salah satu alasan diriku ga pengin pny peliharaan, soalnya selain ga telaten jg ga bs ditinggal pergi lama2. Kalau dititipin dipenitipan hewan kyk petshop gitu kan mahal. Masalahnya diriku blm setajir itu hehehe

    BalasHapus
  25. Betul, pet shop bisa jadi pilihan. Dulu di dekat rumahku ada catlover yang tiap musim mudik nerima titipan kucing. Berbayar, tentunya. Dia pemilik toko listrik tapi memang sayang banget sama kucing. Kalau nitip ke tetangga, sepengalamanku, mereka cenderung asal-asalan >.<

    BalasHapus
  26. wah iya nih, kalau ada hewan peliharaan, jangan sampai deh ditinggal gitu aja di dalam rumah sendiri, kasian juga ya. apalagi sekarang udah banyak jasa penitipan hewan peliharaan :)

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam