Sabtu, 13 April 2024

Lebaran Gak Pakai Baju Shimmer-Shimmer? Gak Masalah Kok, Pede Aja!

Saya dan adik-adik saya saat lebaran kemaren 

Tren pakaian lebaran ala Naramutiara  - Gimana dengan perayaan Idulfitri kamu beberapa hari lalu, apakah ditemani baju shimmer-shimmer yang lagi nge-tren itu?

Membeli baju untuk perayaan memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Bila tahun lalu tren pakaian berwarna sage tengah marak, tahun ini tren baju shimmer mem-booming. 

Awalnya, saya pikir hanya di media sosial saja baju shimmer ini unjuk gigi. Ternyata di tempat saya, di Pekalongan juga demikian. 

Beberapa toko fashion dan aksesoris menyediakan beragam pakaian Shimmer mulai dari tunik, gamis hingga kerudungnya. Harganya pun variatif dari Rp 70-an hingga ratusan ribu. 

Lantas, apakah saya mengikuti tren lebaran berpakaian Shimmer-Shimmer? 

Ternyata tidak Marimar! Tahun ini, tren baju lebaran yang saya anut masih tetap sama. Saya melakukan mix and match dengan pakaian tahun-tahun sebelumnya. 

Baju Lebaran Gak Harus Baru

Setelah dewasa dan memahami bahwa baju merupakan salah satu penyumbang kerusakan lingkungan, saya jadi gak terlalu heboh beli baju baru tiap lebaran. 

Menurut saya, terasa eman sekali bila tiap tahun membeli tapi gak dipakai lagi. Memang, berbeda ketika zaman bocil. Punya baju baru tiap tahun rasanya bahagia bukan main. 

Namun, semakin kesini, semakin malas untuk membeli baju baru hanya mengikuti tren. Memang, itu gak salah. Lha wong kebahagiaan orang beda-beda. 

Tahun ini, saya hanya bersilaturahmi ke beberapa tempat, misal tetangga dekat dan kerabat, sehingga tak memerlukan baju yang terlalu wah apalagi Shimmer-Shimmer. 

Saya (paling depan) tengah berfoto bersama saudara 

Saya hanya memadukan kemeja warna abu-abu kesukaan saya, rok panjang dengan kerudung warna coklat hasil beli online. Sopan, nyaman dan adem adalah poin utama baju ala saya. 

Nah, soal baju baru, beberapa kali, ibu bertanya alasan tak belinya, padahal lagi tren di sana-sini. Tentu alasan saya jelas, masih ada baju yang lama. Baju lebaran gak harus baru kok. Manfaatkan baju yang berjubel di lemari. 

Alasan Tak Tertarik Pakaian Shimmer-Shimmer

Tahun lalu, ketika warna sage tengah booming, saya sebenarnya ingin ikutan. Sebab, warna sage merupakan warna yang menarik, saya belum punya sampai sekarang. 

Tapi jujurly, tren baju Shimmer-Shimmer kurang saya sukai. Bagi saya, itu sangat mencolok. Apalagi cuaca di Kota Pekalongan sendiri sangat panas. 

Kain dengan bahan model shimmer akan membuat badan lebih terasa panas, meski gak semua baju shimmer panas. Ada jenis tertentu seperti silk yang adem di kulit. 

BTW, saya pernah pengalaman ke kondangan pakai baju shimmer. Waktu itu memang belum tren, tapi adik saya punya. Nah, karena saya merasa gak memiliki baju yang pas, akhirnya meminjam ke adik. 

Ternyata, bahan yang dibeli adik cukup panas sehingga ketika saya datang ke kondangan, rasanya kurang nyaman. Tubuh jadi terasa mandi keringat. 

Saat pulang ke rumah, aroma asam tercium cukup kuat. Sejak saat itu, saya lebih memilih pakaian dari kain katun saja. 

Menyoal pakaian shimmer kala lebaran, bayangkan aja, seandainya saya berkeliling dari satu rumah ke rumah lainnya tanpa ada kipas angin atau AC, badan pasti terasa gerah. 

Duh, rasanya tak ingin mengulang atmosfer yang sama saat kondangan dulu. 

Gak Ikut Tren Baju Lebaran, Bagus untuk Lingkungan? 

Menurut analisis dari Business Insider, produksi pakaian menyumbang 10 persen dari total emisi karbon global. Industri pakaian juga memerlukan sumber air dalam jumlah besar sekaligus mencemari sungai. 

Di sisi lain, 85 persen dari semua produk tekstil yang tidak terpakai dibuang ke tempat pembuangan setiap tahunnya.

Pernah kan kalian menemukan limbah-limbah pakaian dibuang begitu saja ke TPA atau disalurkan ke korban-korban bencana? 

Bila dilihat, kadang bisa kita temukan bahwa pakaian yang disumbangkan itu tak layak pakai alias sudah menjadi limbah.

Limbah pakaian yang begitu banyak (Sumber : Waste 4 Change)

Bayangkan bila setiap rumah selalu update pakaian setiap waktu, padahal pakaian-pakaian di rumah masih layak pakai, maka ada sejumlah pakaian tertumpuk di lemari. 

Itu masih satu orang, belum juga dalam 1 keluarga ada lebih dari 2 orang, pasti jumlah pakaian juga banyak.

Seandainya sebagian pakaian itu sudah tak digunakan, entah karena ketinggalan zaman atau rusak, berapa jumlah sampah pakaian yang dibuang? Pastinya banyak.

Dengan demikian, menjadi orang yang tidak mengikuti tren baju lebaran karena menganggap pakaiannya masih layak pakai itu keren. Tinggal mix and match saja bisa kok!

22 komentar:

  1. Sama mbak, saya juga tidak beli baju baru. Anak-anak pun tidak di belikan. Sedang mengajari kalau Lebaran tidak perlu baji baru. Masih bisa dilakukn

    BalasHapus
  2. Saya baru tahun ini beli baju lebaran lagi setelah sebelumnya enggak. Dan kita sama sekarang juga preferensi saya nyari baju yang bisa di pakai lagi. Makanya trend shimmer shimmer juga skip😅

    BalasHapus
  3. Saya tim tidak beli baju baru. Kebetulan masih ada baju yang bagus yang terbeli saat ada suatu event dengan dresscode tertentu. Lumayan bisa dipakai berlebaran. Karena sejujurnya pun saya gak pernah ikut tren fesyen lebaran.

    BalasHapus
  4. Setauku juga sepanjang lebaran ini enggak pernah liat yang pake shimmer. Kabarnya juga jarang banget yang beli kok

    BalasHapus
  5. Saya termasuk yang tidak tertari dengan trend baju shimmer ini. Sama, kurang cocok juga. Saya tidaak suka jadi pusat perhatian, sementara baju ini emang mencolok banget. Dan cuaca di Madura juga panas banget. Dan, saya sudah lama pakai baju lama saat lebaran.

    BalasHapus
  6. Iyaa Kak, baju lebaran tak harus baru dan mengikuti tren. Yang penting nyaman dipakai, bersih, rapi, wangi, dan menutup aurat. Saya juga gak beli gamis shimmer wkwkkw.

    BalasHapus
  7. Sepaket eh sepakat Mbak. Saya juga gak beli baju setiap lebaran. Udah masukin tua makin banyak kebutuhan lain buat anak buat di rumah dan orang tua... Soal baju yg penting masih layak, nyaman dipakai dan suci ketika dipakai ibadah. Gitu aja juga cukup ya

    BalasHapus
  8. aku juga bukan orang yang heboh harus beli baju baru saat lebaran. Selagi masih ada baju yang layak di nuansa lebaran mah aku nggak masalah.

    Soal baju yang lagi trend si shimmer itu. Aku beliin baju ponakan ternyata shimmer-shimmer. hehehe

    BalasHapus
  9. Aku juga lebaran kemarin pakai baju taun lalu, masih bagus karena memang jarang dipake. SOalnya seringnya pakai kaos aja bgitu hehe.

    BalasHapus
  10. AKu kira bahan baju shimmer malah lbh enak dr katun kak. Ini malah sebaliknya ya? Wah ga enak bgt kl di cuaca panas dingin kyk gini. Apalagi kalo ga bs menyerap keringat. Bahaya bgt tuh kl lagi bertamu eh malah menimbulkan bau nggak sedap.

    Ah ga penting sih baju baru. Yg pntg Lebaran tuh kan maaf2annya. Btw, maaf lahir batin ya kak.

    BalasHapus
  11. Daku juga nggak ikutan tren kak hihi
    Malah pokoknya mah pakai yang ada atau kalau gak ada pilih warna kesukaan hehe. Terus yang jelas bajunya memang bermanfaat dipakai

    BalasHapus
  12. Lihat tren shimmer shimmer kayaknya seru, yaa. Sayang saya tidak merayakan lebaran jadi nggak sempat ngecek silaunya ^^

    BalasHapus
  13. aku tim #PakaiYangAda hihi. udah dari tahun 2013 kyknya nggak beli baju lebaran. dan syukurnya sih keluargaku nggak pernah yang namanya pake dresscode gitu. jadi kalo masalah baju aman nggak neko2

    BalasHapus
  14. Ah iya, tahun ini tren shimmer y
    Tapi di lingkungan sekitarku malah g afa yg pakai
    Aku juga sudah lama g membiasakan lebaran dengan baju baru

    BalasHapus
  15. ya Allah iyaa bener banget, ga kebayang gimana "sampahnya" lebaran, apalagi baju2 kek gini, suka nangissss kalo liat yang di sni pada heboh bangettt sama baju hari raya, mall mall penuh, sampe promo anjlok ke 70% lho. huhu

    BalasHapus
  16. Trend baju lebaran tahun ini memang rada gimana ya. Tahun lalu masih oke dg warna sage green.

    Kebetulan saya juga bukan orang yg ngikutin trend fashion. Jadi ya, pas beli baju yg penting nyaman di saya.

    BalasHapus
  17. Aku gak beli baju lebaran. Yang beli cuman anak anakku. Untungnya juga aku termasuk orang yang gak suka ikutan trend fashion. Gak shinee gak ngaruh juga ke kehidupan kita. Iya gak? Yg penting makna lebarannya

    BalasHapus
  18. Sama Kak, Saya bahkan nggak pernah ngikutin trend baju lebaran dari semenjak masih kecil sih. Karena dari dulu sukanya baju kaos jadi mau lebaran atau enggak saya selalu pakainya kaos-an pas kecil. Dan beranjak dewasa pun kalau beli baju tuh nggak pas lebaran biasanya Pas saya emang suka modelnya dan butuh, terus belinya yang bisa awet kepake lama.

    BalasHapus
  19. aku juga lebaran gak ngikutin tren baju baru, malah biasanya cukup pakai baju koko aja hehehe.. eh kemaren juga ada tetanggaku pake shimmer, masih dari kejauhan beuuhh,, silaunya ampun dah..

    BalasHapus
  20. saya termasuk yang awalnya ogah beli baju lebaran, toh masih ada beberapa baju yang masih bagus dan layak dipakai pas lebaran. tapi, pasangan punya pendapat beda jadi akhirnya beli juga, hahahaha. tapi ofkors gak beli yang shimmer gitu, selain gak suka juga terasa alay aja ngikutin tren, hahahaha.

    BalasHapus
  21. Lebaran memang gak harus pakai baju baru, pakai baju lama juga selama masih menimbulkan spark pada hati siapa takut yaaa!

    BalasHapus
  22. Baju shimmer shimmer ini unik yaah..
    Aku gak pede siih.. kalo disuru make, meski warnanya ambi yang netral, putih misalnya.

    Melihat limbah pakaian ini miris sekali.
    Sudah saatnya kita memberikan mindset yang baik untuk anak-anak agar kebiasaan memiliki baju baru, gak harus dilakukan setiap tahun, kecuali kalau memang butuh banget.

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam