Jumat, 21 April 2023

Review Resident Evil 4 Remake : Apakah Ashley Masih Menjadi Beban bagi Leon?

Salah satu poster RE 4 Remake yang saya reedit 

Review Resident Evil 4 Remake. Bagi pecinta gim, tentunya berita bahwa Resident Evil 4 Remake bakal rilis oleh Capcom pada 24 Maret 2023 merupakan hal yang menyenangkan. Terlebih gim tersebut telah menjadi legenda di hati para penikmatnya.

Sebelumnya, para pemain gim telah dipuaskan dengan kehadiran Resident Evil 8 Village yang memiliki cerita menyentuh mengenai perjuangan seorang Ethan Winters yang menyelamatkan putrinya, Rosemary.

Tak mau hipe itu hilang, akhirnya Capcom memgumumkan akan melakukan remake pada series Resident Evil 4 original yang rilis tahun 2004 lalu melalui Playstation 2. 

Mulanya, aku berpikir bahwa jalan ceritanya akan sama persis. Ya gimana ya, RE 4 original sudah begitu dalam menghibur para pecintanya. Bahkan tokoh ikonik seperti Leon S Kennedy dan tawa nyaring the merchant terngiang begitu dalam.

Dulu, aku pernah memainkan versi original di PS 2. Namun karena versi remake ini ada di PS 5 atau PC sehingga aku gak bisa memainkannya. Cuma bisa menontonnya lewat channel youtuber favorit.

Sebelumnya aku udah pernah buat ulasan mengenai RE 4 Remake diResident Evil 4 akan di Remake? Bakal Sekeren Apa ya?

Nah, kayak apa sih kesan-kesanku saat menonton para youtuber gaming memainkan gim Resident Evil 4 remake? This is it! 

Basik story dari RE 4 Remake ini masih sama seperti versi originalnya, yakni menyelamatkan putri presiden Amerika Serikat bernama Ashley Graham.

Leon S Kennedy sebagai tokoh utama dalam gim melakukan pencarian yang bermula dari sebuah desa yang dihuni oleh orang-orang aneh. Dari desa itulah kemudian Leon menemukan sebuah kebenaran mengenai parasit bernama Las Plagas.

Map di RE 4 Remake yang sama seperti versi ori (Source : SS Youtube Miawaug)

Setelah tahu bahwa Las Plagas terafiliasi dengan sebuah kelompok kepercayaan bernama Los Iluminados, Leon mulai sadar bahwa mimpi buruknya tentang Racoon City terkorek kembali. Ia bahkan bertemu dengan Krauser, atasan yang pernah mengajarinya di militer. 

For all nonton dari awal sampai akhir, aku cukup suka dengan perubahan ceritanya. Jadi, RE 4 ini dan versi originalnya punya perbedaan yang cukup mencolok. 

Mulai dari grafisnya yang diperbarui, pakaian pemainnya, teka-tekinya yang segar, peran Ashley yang cukup bagus (gak beban-beban amat) serta pengembangan cerita yang lebih realistis. 

Lho, memangnya yang versi original gak realistis? 

Ya, beberapa part menurutku kurang masuk akal aja. Aku ambil contoh nih saat adegan di sebuah rumah (sebelum Bella Sister) dan bertemu dengan Luis Sera untuk kedua kalinya. 

Pada gim original, ketika tembak menembak, tiba-tiba ganados-nya pergi begitu aja tanpa alasan. (Pas main aku rada bingung juga kok ujug-ujug pergi. Kalau di desa awal kan karena Ada Wong membunyikan bel gereja, jadi mereka seperti kehipnotis gitu) 

Nah, kalau di RE 4 Remake, Ashley muncul dari persembunyian dan mengarahkan Leon serta Luis untuk berlari. Dengan begini, realistis kalau para ganados itu akhirnya kehilangan jejak ketiganya setelah Leon menembak gerbang agar tertutup. 

Itu satu dari beberapa adegan yang diperbaiki sih di RE 4. Termasuk adegan batu glinding yang menurutku bikin stik PS mudah rusak. Udah berapa kali coba bagian tombol untuk run kendor karena sering dipencet.

Okay, berikut beberapa komenku terkait RE 4 remake :

Grafis dari RE 4 Remake

Grafis pada Resident Evil 4 Remake mengalami peningkatan kualitas. Suasana mencekamnya desa hingga gambaran tiap lokasi menjadi lebih detail.

Kedua grafis sudah cukup bagus, hanya saja RE 4 Remake
ada beberapa yang lebih detail

Lebih terasa hidup aja pas ngelihatnya. Wajah masing-masing tokoh juga terlihat lebih bagus. Ashley gak lagi kayak bocah. Meski begitu aku akui kalau RE 4 original juga gak kaleng-kaleng untuk teknologi tahun 2004.

Outfit Player/Pakaian Pemain

Pakaian yang dikenakan pemain di RE 4 remake ini lebih variatif dan bisa dipilih sesuai keinginan, jika player sudah menyelesaikan gim hingga akhir.

Diambil dari tangkap layar dari Gamebrott.com

Ashley yang semula memakai rok sekarang memakai celana. Menurutku ini lebih sopan dan oke, karena di RE 4 original, player sering usil mencoba intip mengintip si Ashley. Walah walah.

Teka-tekinya 

Bukan gim Resident evil kalau gak ada teka-teki. Yes, di RE 4 remake juga pasti ada, namun, tentu saja teka-tekinya tak sama seperti RE 4 original.

Salah satu teka-teki yang berbeda dari versi sebelumnya (Source : SS Youtube Miawaug)

Kalau sama, player akan mudah memecahkannya. Selain itu, bakalan bosan donk kalau udah tahu jawabannya. Apakah lebih rumit? Enggak juga sih. Tapi yang pasti kejelian diperlukan untuk memecahkannya.

Senjata-senjata yang dimiliki

Senjata-senjata yang ada di RE 4 sama seperti versi originalnya. Ada hand gun, short gun, senjata otomatis hingga riffle. Cara tune up pun masih sama melalui pedagang senjata. 

Cuma untuk pisau, di RE 4 Remake ini bisa rusak sehingga perlu dibenahi atau di-upgrade. Kan beda tuh sama versi ori yang gak terbatas dan sangat berguna untuk membunuh para ganados saat kehabisan peluru.

Mengenai senjata, jujur, baik RE 4 Remake atau original, aku suka banget sama Red9. Dia sejenis hand gun tapi powernya itu mantap banget. Apalagi kalau udah eksklusif. Oh iya, kalau gak mau beli Red9, di gim kamu bisa dapat secara gratis lho, gak usah beli.

Treasure 

Selama aku memainkan RE 4 ori, aku selalu terkesan kalau dapat treasure. Cantik-cantik dan terasa klasik aja gitu. Treasure di versi remake ini agak berbeda. Lebih banyak harus dikombinasikan dengan permata-permata supaya nilai jualnya tinggi.

Spinel bukan lagi sebagai perhiasan tapi sebagai alat tukar (Source : SS Youtube Miawaug)

Nah, yang berbeda lagi. Kalau di versi ori spinel kan salah satu bentuk treasure. Tapi kalau di versi remake, spinel merupakan alat tukar yang bisa didapatkan ketika Leon menjalankan side mission.

Oh iya, soal emas yang didapat dari ganados atau gentong-gentong juga beda nominalnya. Kalau versi ori dapatnya banyak-banyak. Bisa 1500, 2000 atau 3000 Ptas. Tapi kalau di versi remake tuh paling 100, 200, 300. So, gak bisa gampang beli rocket launcer yang harganya mahal, 80.000 ptas.

Peran Ashley dan player lainnya

Di RE 4 original, peran Ashley dan Luis Sera tak terlalu mencolok. Ashley misalnya, sejak awal hingga akhir gim, ia hanya ngomong beberapa kali doank. 

Pun dengan Luis Sera yang bicara hanya saat movie browser. Keduanya kurang mendapat peran yang signifikan.

Ashley saat menjadi karakter yang bisa dimainkan player (Source : SS Youtube Miawaug)

Nah, kalau di RE 4 Remake, baik Ashley maupun Luis terasa lebih interaktif. Ashley main sebagai karakter dengan waktu yang lebih lama dari RE 4 Ori. 

Scene ketika Ashley jadi karakter yang bisa dimainkan, menurutku juga lebih menegangkan dan menyeramkan. Soalnya dia gak bisa pakai senjata. Cuma kudu survive dari prajurit berbaju besi.  Nuansa horornya dapet banget. 

Oh iya, di sini Ashley juga gak beban-beban amat. Dia bisa lebih mandiri serta gak gampang mati. Cukup bisa diandalkan sebagai anak presiden yang notabene lekat dengan anak manja hehe

Luis Sera pun memiliki peran yang cukup menonjol. Ia membantu Leon melawan ganados saat berada di bawah tanah. Ia juga membantu melawan 2 El Gigante. Sayangnya, ia harus mati terbunuh, sama seperti nasibnya di RE 4 ori, hiks

Para bos dan monster

Kalau aku amati nih, bos-bos di RE 4 remake tuh ngeri-ngeri karena transformasi mereka sedikit berbeda. Misal si Salazar. Kalau di versi ori, Salazar ini diam di tempat sehingga kalau player paham polanya, bisa dengan mudah dikill.

Nah, kalau versi remake, Salazar ini bisa gerak kesana kemari sehingga player juga kudu lincah dan jeli mengambil peluang untuk nembak. 

Kalau regenerador? Jangan tanya. Monster yang satu ini ngeri bukan main. Jalannya lebih cepet. Dan kalau di versi remake, Iron Maiden tuh transformasi lanjutan dari regenerador. Kalau di versi ori kan gak dijelasin. Tiba-tiba udah jadi aja si Iron Maiden.

Regenerador, monster yang cukup mengerikan di RE 4 (Source : SS Youtube Miawaug)

Sayangnya di gim ini, monster U-3 gak ada. Padahal, menurutku dia termasuk bos yang menyusahkan dan bikin deg-degan. Gimana engga? Lha sering muncul tiba-tiba dari atap teralis. Udah gitu diberi waktu lagi sehingga Leon kudu gercep. Beneran, seru sih menurutku.

****

Wokay, itu dia beberapa hal terkait Resident Evil 4 Remake yang beberapa waktu lalu diluncurin Capcom. Kesan-kesanku selama menontonnya, aku suka sih. Seru banget malah. Layak lah jadi gim terseru dan terlaris.

Aku jadi penasaran sama Separate Ways (SW) yang bakal menjadikan Ada Wong sebagai karakter utama. Menurut info nih, SW bakal dijual terpisah DLC-nya dan pemain harus bayar lagi.

Aku harap sih, cerita versi Ada Wong bisa lebih panjang dengan musuh-musuh lebih banyak. Termasuk si Verdugo jubah hitam. Aku curiga bakal jadi salah satu bos di SW, soalnya di Leon tiba-tiba ngilang gitu aja. Iya gak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam