Selasa, 28 April 2020

4 Alasan Menurunkan Berat badan Agar Memiliki Kualitas Hidup Lebih Baik

Banyak orang mengatakan bahwa memiliki tubuh obesitas pada dasarnya bukanlah kesalahan dan bisa saja tetap sehat. Pendapat itu mungkin bagi sebagian orang memang terjadi, tetapi bagi kebanyakan yang lainnya obesitas memang menimbulkan kerentanan terhadap kesehatan.

Jika penyakit jantung, diabetes dan kolesterol tidak terdengar menakutkan dan efeknya mungkin baru terasa setelah bertahun-tahun, maka mari kita lebih fokus pada alasan yang bisa langsung kita rasakan ketika memutuskan untuk menurunkan berat badan. Tidak ada kata terlambat untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Mengurangi beberapa kilogram dapat membawa perubahan yang signifikan lho untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

1. Lutut dan persendian akan lebih sehat

Obesitas membuat kita  lebih mungkin terkena osteoartritis. Dalam satu penelitian membuktikan bahwa orang obesitas memiliki peluang menderita osteoartritis pada satu lutut lebih dari 6 kali lipat dan pada kedua lutut hampir 18 kali lipat jika dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan ideal.

Bagaimana ini bisa terjadi? Persendian orang yang mengalami obesitas menopang beban yang berlebihan, dan persendian kemudian kualitasnya menurun seiring waktu. Rasa sakit ini biasanya menyerang terutama pada sendi-sendi seperti sendi lutut, pinggul, dan punggung.

Osteoartritis adalah penyakit sendi degeneratif yang membuat kita kehilangan tulang rawan pada sendi dan secara bertahap membuat peradangan yang menimbulkan rasa nyeri. Bayangkan dua sendi yang bergesekan menopang beban tubuh yang berat akan terasa sangat menyakitkan. Salah satu alasan penting untuk menurunkan berat badan adalah untuk mengurangi nyeri sendi sehingga kita bisa lebih aktif bergerak.

2. Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas.

Pikirkan apa yang terjadi ketika ada batu longsor menghalangi terowongan, seperti itulah kondisi sleep apnea dimana jalan napas bagian atas menutup saat tidur. Sleep apnea lebih dari sekadar mendengkur, karena ini bisa berarti sebagai kondisi berhenti bernapas saat kamu tidur.

Lebih banyak lemak tubuh berarti lebih rentan terkena potensi sleep apnea. Ini berasal dari beberapa faktor seperti:
  • Lemak di saluran napas mempersempit ruang yang tersedia. Ini membuat jalan napas lebih mudah tertutup.
  • Lemak di tubuh bagian atas memberi beban pada paru-paru dan mengurangi ruang yang tersedia bagi bernafas. Kita membutuhkan lebih banyak oksigen tetapi karena obesitas membuat kita kesluitan untuk bisa mendapatkannya.

"Jadi, mengapa sleep apnea itu buruk?"

Tidur adalah pengatur utama metabolisme kita. Jika tidur kita buruk, demikian juga kesehatan metabolisme kita. Ini berarti bisa memicu penyakit yang lebih serius seperti penuaan sel yang cepat, gangguan hormonal dan, ya, risiko lebih tinggi untuk semua jenis penyakit kronis yang buruk dalam jangka panjang.

Alasan penting lainnya untuk menurunkan berat badan adalah agar kita bisa tidur lebih nyenyak. Ini tidak hanya membantu kita untuk mengatur metabolisme, sistem hormon, dan banyak lagi. Tetapi tentunya ini akan membantu kita merasakan, berpikir, dan hidup dengan kualitas yang lebih baik.

3. Kita bisa benar-benar mulai menikmati makanan

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi tampaknya orang-orang yang memiliki berat badan berlebih tidak merasakan cita rasa dari makanan dengan baik. Menurut beberapa penelitian, kelebihan lemak tubuh dapat mengubah selera makan. Banyak orang dengan kelebihan lemak tubuh juga mengubah persepsi rasa sehingga selalu tersugesti untuk menginginkan makanan berlemak, makanan manis dan rasa yang menyenangkan. Kita terus makan tetapi tampaknya tidak pernah terasa memuaskan.

Dengan menurunkan berat badan, kita akan bisa mengatur untuk menghindari makanan tinggi gula, tinggi lemak dan menambahkan satu atau dua sayuran tanpa mengeluh. Ini berarti bahwa kehilangan lemak bisa membuat kita menjadi bugar, dan secara konsisten membangun kebiasaan sehat. Dan yang lebih penting lagi kita benar-benar bisa menikmati makanan, walaupun makan lebih sedikit kita merasa jauh lebih puas.

4. Sistem kekebalan Tubuh akan bekerja dengan Lebih baik lagi.

Keseimbangan tubuh sangat penting jika kita memiliki jumlah lemak yang sehat, hormon dan sinyal sel kita dapat berfungsi dengan baik. Jika terlalu banyak, maka akan ada sesuatu yang salah.

Seperti misalnya, dengan terlalu banyak lemak tubuh, sistem kekebalan tubuh kita berkurang. Mengapa? Terlalu banyak jaringan lemak dapat melepaskan sejumlah besar bahan kimia kekebalan tubuh. Seiring waktu, paparan tinggi kronis ini dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menemukan dan menghentikan infeksi luar yang sebenarnya.

Intinya: Kehilangan lemak tubuh dapat berarti sistem kekebalan yang lebih sehat, lebih responsif, dan lebih kuat. Dan itu berarti lebih sedikit pilek, lebih sedikit infeksi, dan kehidupan sehari-hari yang lebih sehat.

Tips Diet Sehat

Tips diet sehat sebetulnya tidak harus sulit, kita bisa menciptakan dan memelihara kebiasaan makan dengan mulai melakukan perubahan kecil ke dalam kebiasaan harian. Jika dilakukan dengan konsisten, ini dapat membuat dampak besar pada pola makan dan menciptakan kebiasaan makan lebih sehat.
Sumber gambar : Tribun News
Ketika dikombinasikan dengan berolahraga, diet dapat membantu kita mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Pilih sayuran agar kebutuhan tubuh terhadap vitamin, mineral, dan serat dapat tercukupi. Beralih ke susu bebas lemak atau rendah lemak (1%), Keduanya memiliki jumlah kalsium dan nutrisi penting lainnya yang sama dengan susu murni, tetapi lebih sedikit kalori dan lebih sedikit lemak jenuh.

Kelompok makanan protein tidak hanya mencakup daging, unggas, dan makanan laut, tetapi juga kacang kering atau kacang polong, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Minumlah air putih untuk mengurangi kalori yang tidak perlu dari minuman manis. Hindari makanan bersoda, minuman berenergi, dan minuman olahraga yang merupakan sumber utama tambahan gula dan kalori. Untuk menambah rasa pada air sebaiknya memilih bahan alami seperti tambahkan irisan lemon, jeruk nipis, apel atau rempah segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar