Kamis, 16 April 2020

6 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak Sendiri Tanpa Teman

Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak - Bisakah belajar bahasa Inggris tanpa teman? Kamu yang seringkali membaca tips belajar bahasa Inggris pasti akan ragu. Demi meningkatkan kemampuan bahasa Inggris khususnya speaking, berbicara dengan native speaker atau teman adalah yang terbaik.

Tapi langkah ini tidak selalu harus dilakukan, karena mungkin saja kamu tidak dapat menemukan yang sama-sama sedang belajar bukan?

Lalu bagaimana cara untuk bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak sendiri? Jangan khawatir, masih ada banyak cara untuk menguasainya baik itu dalam speaking, writing, listening dan juga reading.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak 

Belajar secara otodidak artinya kamu harus melakukan apapun sendiri, mulai dari tanpa adanya guru bahasa Inggris atau guru IELTS di Jakarta , tanpa adanya penentuan jadwal belajar dan materinya sendiri bisa Kamu pilih dengan suka-suka.

Semua disusun dan dilakukan sendiri, inilah yang seringkali menjadi hambatan di tengah jalan. Kebanyakan akan mulai turun semangatnya karena merasa tidak ada peningkatan.

Perlu diingat, bahwa belajar selama satu minggu akan berbeda hasilnya dengan orang yang belajar selama satu bulan bahkan waktu yang lebih lama. Nikmati prosesnya dan terus memiliki motivasi belajar adalah kunci keberhasilan nantinya. Proses apa saja yang bisa kamu lakukan sendiri, berikut cara-caranya:

1. Manfaatkan cermin di rumah

Tak masalah tidak ada teman berlatih di rumah selama kamu memiliki cermin dan smartphone untuk merekam apa yang sudah diucapkan. Cermin adalah alat yang praktis dan pasti dimiliki di rumah, bayangkan bahwa kamu sedang berbicara dengan orang lain. Karena berbicara ke diri sendiri tentunya kamu tak perlu malu. Cobalah materi perkenalan diri dan buatlah tulisan kemudian membacanya. Setelah mahir, kamu bisa praktek tanpa harus menggunakan teks. Jangan lupa untuk merekam percakapanmu tadi ya.

2. Fokus pronunciation bukan grammar

Jika ingin belajar secara otodidak jangan langsung menggunakan grammar yang baik. Tidak ada yang menuntutmu untuk langsung berbicara dengan tata bahasa yang baik. Justru fokuskan diri dengan kemampuan pronunciation, apakah sudah mirip dengan penutur asli. Disinilah guna dari rekaman yang sudah kamu dilakukan, dengarkan berulang dan cek apakah pronounciation yang dilakukan sudah benar.

3. Dengarkan apapun dalam bahasa Inggris

Kelilingi kegiatan sehari-harimu dengan bahasa Inggris, mulai dari membaca atau mendengarkan berita, menonton film, mendengarkan podcast atau membaca apapun. Hindari menonton acara yang memiliki teks bahasa Indonesia. Semakin sering, maka telinga dan kemampuan menerjemahkan tentu akan terasah. Tak perlu ragu untuk segera membuka kamu untuk menemukan arti dari vocabulary baru yang kamu temukan. Jika kamu bosan, dengarkan musik berbahasa Inggris. Alunan musik bisa mengusir kebosanan belajar sehari-hari.

4. Mainkan game dalam aplikasi

Unduh aplikasi game berbahasa Inggris, gunanya seperti musik yaitu menghindari rasa bosan ketika belajar terus menerus. Ada banyak variasi game yang bisa mengasah ingatan hafalan vocabulary. Selain game, ikuti kuis atau permainan tebak-tebakan untuk menguji sejauh mana kosakata bahasa Inggris yang sudah kamu hafalkan. Jika ada kosakata dengan tema baru yang belum kamu pahami bisa dijadikan agenda untuk materi belajar berikutnya.

5. Pilih buku bacaan yang menyenangkan

Kemampuan reading tak hanya ditingkatkan melalui berita saja, semakin banyak membaca maka skill juga meningkat. Jadi mulailah untuk memilih buku kesukaanmu tentunya dalam bahasa Inggris. Jika kamu masih pemula, sebaiknya jangan pilih buku yang terlalu berat seperti novel atau textbook. Cobalah dengan membaca buku cerita anak-anak, disana kamu akan menemukan lebih banyak materi yang ringan dan mudah dipahami. Luangkan waktumu untuk membacanya setiap hari.

6. Menulis buku harian setiap malam

Sebelum tidur, kamu bisa melakukan review materi apa saja yang sudah dipelajari hari itu dengan menulis buku harian. Untuk awalan tak perlu menulis terlalu banyak, kamu bisa menulis satu lembar. Membuat tulisan bisa dalam bentuk cerita atau poin-poin. Tak ada salahnya untuk menceritakan kejadian lucu atau yang tak terlupakan layaknya menulis buku harian biasa. Semakin sering menulis maka kamu akan terbiasa dengan tulisan yang tepat disetiap kosakata. Jika kamu belajar grammar, bisa juga dipraktekkan rumus-rumus tenses dalam cerita yang ditulis.

Cukup mudah bukan untuk bisa berbahasa Inggris sendiri tanpa harus dengan teman. Syaratnya konsistensi belajar yang tak boleh dilewatkan satu hari pun.

1 komentar:

  1. Aku pengen belajar bahasa inggris tapi buat speaking, asli ga bisa2 pengucapannya,
    kayaknya tipsnya perlu dicoba nih

    BalasHapus