Senin, 08 Januari 2024

Review Drakor Death's Game : Perjalanan Hidup Mati Seorang Pelaku Bunuh Diri

Review Death Game Drama Korea 2023
Review drama Korea Selatan Death Game. Mulanya ketika pertama kali mendegar judul drakor tersebut, aku bertanya-tanya, ini ceritanya bakalan kayak Squid Game kah?

Ternyata, aku salah besar gaes! Death game bukanlah drama yang berisi permainan bertahan hidup. Tapi bercerita tentang perjalanan seorang manusia bernama Choi Ye Jae yang melakukan bunuh diri dan harus dihukum karenanya. 

Well, sebelum sedikit membahas mengenainya. Aku informasikan terlebih dulu pemain-pemain dan crew yang terlibat dalam pembuatan drama keren ini. 

Sutradara : Ha Byung Hoon

Berasal dari webtoon berjudul “I'll Die Soon”

Jumlah episode : 8

Para pemain : 

Seo In Guk sebagai Choi Yi Jae 
Park So Dam sebagai Death 
Go Yoon Jung sebagai Lee Ji Soo
Lee Do Hyun sebagai Jang Geun Woo 
Sung Hoon sebagai Song Jae Seob 
Choi Si-Won sebagai Adik Park Tae Woo 
Kim Ji Hoon sebagai Park Tae Woo 
Jang Seung Jo sebagai Lee Ju Hun 
Lee Jae Wook sebagai Jo Tae Sang 
Kim Jae Wook sebagai Jung Gyu Cheol
Kim Kang Hoon sebagai Kwon Hyuk Soo 
Oh Jung Se sebagai Ahn Ji Hyeong

Alur Cerita Death Game

Cerita dimulai dari seorang tokoh bernama Choi Yi Jae (Seo In Guk) yang akan melakukan wawancara kerja.

Choi Yi Jae sebagai karakter utama Death's Game

Namun di tengah jalan, ada sebuah kecelakaan yang membuatnya shock sehingga ia gagal dalam wawancara tersebut. 

Demi memenuhi kehidupannya, ia bersusah payah kerja serabutan. Terlebih, Yi Jae juga punya hutang kuliah yang harus dilunasi. 

Diceritakan, ia juga punya kekasih bernama Jung Ji Soo (Go Youn Jung) yang bekerja sebagai penulis novel dan memiliki paras cantik. 

Suatu hari, Yi Jae melakukan wawancara kerja kembali di perusahaan yang sama. Ia merasa yakin dengan hasil wawancara. Yi Jae pun pulang dengan mulut tersenyum. 

Di tengah perjalanan, Yi Jae ditelpon salah satu temannya bahwa ia menjadi salah satu korban investasi bodong. Otomatis, uang yang ia investasikan---yang mana itu tabungan dia---raib.

Baca juga : Seandainya Sinetron Indonesia Dikemas seperti Drama Korea Selatan 

Keapesan berlanjut. Yi Jae diusir dari kontrakannya karena menunggak biaya sewa. Barang-barangnya terlihat basah terkena hujan di halaman kamarnya. Ia juga putus dari Ji Soo karena mandapati kekasih yang dicintainya itu diantarkan lelaki lain. 

Puncaknya, Yi Jae diberi tahu bahwa ia gagal dalam wawancara kerja di perusahaan bernama Taekang. Dengan langkah gontai, ia pun berjalan menuju atap gedung. Yi Jae hendak melakukan mengakhiri hidup.

Poster Death's Game Drama Korea

Setelah adegan bunuh diri itulah Yi Jae bertemu dengan si Death (Park So Dam). Dosa besar yang ia lakukan harus ia pertanggung jawabkan dalam bentuk kehidupan dan kematian berulang sebanyak 12 kali. 

Yup, nantinya, Yi Jae akan masuk ke badan 12 orang, dimana sebagian besar memiliki keterkaitan satu sama lain. Jika Yi Jae berhasil bertahan hidup sesuai aturan yang diberikan si Death, maka ia tak akan masuk neraka. 

Seperti apa lanjutan ceritanya? Kalian nonton sendiri di aplikasi, sebab aku gak mau spoiler terlalu banyak. Beneran, kalau kamu nonton sendiri ceritanya, bakalan seru dan merasuk ke jiwa karena relate banget dengan kehidupan. 

Kesan-kesan selama menonton Death Game

Bagiku drakor Death's Game ini punya cerita yang menarik. Membahas mengenai tema bunuh diri yang bisa mengancam siapa saja. Tahu kan bahwa bunuh diri memang kerap terjadi akhir-akhir ini, termasuk di Korea Selatan.

Mengutip informasi yang disajikan oleh BBC. com, bunuh diri merupakan penyebab kematian terbesar warga negara Korea Selatan berusia 10 sampai 39 tahun. 

Ada lebih dari dua per lima kematian remaja (43,5%) disebabkan oleh bunuh diri. Alasannya bermacam-macam. Bisa masalah finansial, asmara, menderita penyakit fisik atau mental, pembulian dan lain sebagainya. 

Seperti kasus salah satu aktor Korea Selatan beberapa waktu ini. Sebagai salah satu penikmat film dan drama dari dia, aku cukup sedih dengan kasus skandal yang membuatnya harus meninggal karena bunuh diri.

Kasus bunuh diri memang bisa terjadi di mana saja dan pada siapa saja. Dan melalui drama ini, seolah penulis ingin memberi amanat bahwa bunuh diri merupakan tindakan berdosa besar. Bunuh diri bukanlah pilihan tepat ketika seorang manusia dilanda masalah. 

Bukan hanya masalah larangan bunuh diri saja yang di-up, ketika menonton Death's Game, air mata beberapa kali menetes. Drama ini juga menceritakan orang terdekat yang merasa kehilangan akibat bunuh diri. 

Adegan demi adegan yang disuguhkan sangat relate dengan kehidupan sehari-hari manusia. Penuh tantangan dan problematika.

Dengan demikian, manusia perlu memiliki penguatan dalam diri agar bisa melalui tantangan-tantangan yang muncul. Terkadang, tantangan atau cobaan itu muncul secara berentetan sehingga perlu memiliki sikap sabar dan tawakal. 

Soal alur cerita, lebih banyak menggunakan alur maju, walau beberapa kali adegan masa lalu yang menceritakan percintaan antara Yi jae dan kekasihnya. Diantara semua scene berganti tokoh, aku suka ketika Yi Jae masuk ke tubuh Jang Geun Woo (Lee Do Hyun).

Sumpah, di drakor Death's Game ini, Lee Do Hyun ganteng parah wkwk. Apalagi pas ketemu Go Youn Jung. Kemistri keduanya kerasa banget. Pengen deh ada film yang pemerannya mereka berdua hehe

Suka dengan beberapa drama Lee Dong Hyun seperti 18 Again, The Glory, Sweet home dan lain sebagainya. Kalau soal adegan menangis, dia juaranya. Pokoknya, alasan aku nonton Death's Game juga awalnya karena dia main hehe. 

Musik-musik yang mengiringi drama ini juga keren-keren baik BGM maupun original sountracknya (OST). Bahkan, salah satu ostnya dinyanyikan sendiri oleh Seo In Guk, sebagai pemain utama. Judulnya Event If There is No Miracle. Dengerin aja di youtube, bagus. Aku suka. 

Well, meski ceritanya keren dan patut diacungi jempol, namun ada scene yang menurutku terlalu over power, yakni ketika Yi Jae merasuki tubuh seorang polisi bernama Ahn Ji Hyeong (Oh Jung Se).

Pada adegan pesawat yang dinaiki Park Tae Woo (Kim Ji Hoon). Awalnya kukira hanya mimpi karena adegannya penuh dengan aksi dan menantang. Ya gimana ya, bisa-bisanya polisi bisa masuk ke pesawat yang sedang terbang.

Misalpun dibajak, gak mudah lho membajak pesawat seorang Park Tae Woo, yang merupakan orang kaya dan pastinya dijaga ketat oleh body guard. Memang, di drama dijelaskan kalau Yi Jae memanfaatkan skill-skill orang yang pernah dirasukinya.

Baca juga : Review Drama Korea Moving

Hanya saja, tetap terasa janggal bagiku karena itu terlalu berisiko. Pada adegan Ahn Ji Hyong memasuki rumah seorang psikopat bernama Jung Gyu Cheol (Kim Jae Wook) juga terasa ganjil karena setahuku perlu melalui surat dan sebagainya.

Ya, walaupun Ahn Ji Hyeong tahu bahwa rumah itu sudag tak berpenghuni karena Jung Gyu Cheol telah mati. Tapi tetap saja, pihak kepolisian pasti akan menanyakan ini dan itu berkaitan dengan informasi bahwa itu rumah milik seorang pembunuh berantai yang telah dicari selama bertahun-tahun.

Nah, paling itu aja sih yang menurutku terasa kurang. For all, aku mengakui bahwa 8 episode dari Death's Game sangat bisa memuaskan para penonton. Banyak yang memberi ulasan positif terkait drama ini. Aku pribadi memberi rating 9/10 untuk Death's Game.

14 komentar:

  1. Benar-benar nasib Choi Ye Jae. Dan wajar kalau dia jadi putus asa, dan bunuh diri. Tapi setelah mati pun, dia harus mempertanggungjawaban perbuatannya itu. Masuk ke 12 tubuh orang berbeda pastinya akan membuat Choi Ye Jae mengalami banyak hal ya, Mbak

    BalasHapus
  2. Pas nonton thriller-nya saja film Death'h Game ini sudah keren banget visualisasinya dan bikin penasaran untuk ditonton. Mudah-mudahan film ini bisa menyadarkan orang untuk tidak mengakhiri hidup dengan bunuh diri, secara memang Korea pun terkenal dengan angka bunuh diri anak-anak mudanya, ya

    BalasHapus
  3. Tema yang dibawa di drama Korea ini benar-benar relate dengan kondisi saat ini ya ka. Tapi yang perlu disadari, bunuh diri bukan jalan dan semua memiliki konsekuensi.

    BalasHapus
  4. termasuk the best serial drakor sih buatku, apalagi ada park so dam!!!! aaarrrgh, aku mah nge fans banget sama dia sejak parasite. btw drakor ini ceritanya bagus dan mengharukan. yang paling bikin oke bintang tamunya, waaaah bikin giung semua, emang yang terkenal semua.

    BalasHapus
  5. Pernah lihat cuplikannya, bikin gereget Death'h Game ini. Penasaran mau nonton secara lengkapnya, karena teknik visualnya keknya memukau. Apalagi ini ratingnya pun tinggi

    BalasHapus
  6. Suka banget sama drakor Death Game.
    Awalnya butuh adaptasi buat dapet klik-nya, tapi setelah masuk ke eps 3, makin menarik yaa.. Karena ternyata gak asal masuk ke tubuh orang, tapi juga ada benang merahnya yang menjawab semua masalah Choi Ye Jae sepanjang hidup.
    Keren keren.

    BalasHapus
  7. Sudah lama sih sebenarnya aku penasaran sama drama ini tapi belum sempat nontonnya. Semoga nanti ada waktu buat nonton drama death game ini

    BalasHapus
  8. Tema drakor Death Game ini related banget dengan keadaan di sana, ya. Maraknya kasus bunuh diri semoga bisa dihentikan dengan konten-konten yang mengangkat bahwa bundir itu bukan jalan keluar dari masalah, seperti Death Game ini.

    BalasHapus
  9. wahhh menarik juga filmnya ini, penuh adegan action. apalagi dalam film ini punya adegan sampe dipesawat yang mau dibajak. Pasti menantang dan membangkitkan adrenalin banget. 8 Episode yang menyenangkan

    BalasHapus
  10. Bagus banget drama Korea Death Game ini
    Akting seo in guk dan park so dam kece badai

    BalasHapus
  11. Waaa Death Game ini menarik nih buat ditonton. Walau dari awal yang aku baca di artikel Kakak ini aku rasanya kasihan banget sama Yi Jae yang babak belur dihajar kehidupan terus-menerus Sampai akhirnya dia bunuh diri. eh udah bunuh diri juga harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dia dengan karma dari dosa bunuh dirinya. Aku save dulu judulnya buat ditonton minggu depan

    BalasHapus
  12. Duhh Seo IN Guk ni salah satu favoritkuuu. tp ini blm nonton sihh. agak takut kalo soal bunuh diri gini huhu

    BalasHapus
  13. Pelajaran berharga dari drama Korea Death Game nih. Mengajarkan kita, bahwa semua orang memiliki masalah, namun bunuh diri bukanlah jalan keluar satu-satunya.

    BalasHapus
  14. Wah, keren banget reviewnya! Jadi pengen langsung nonton Death Game! Ceritanya keliatan seru dan mendalam, terutama dalam mengangkat isu-isu sensitif seperti bunuh diri. Selain itu, pilihan pemainnya juga oke banget, pasti bakal nambah nilai plus buat drama ini. Thanks ya udah sharing! 🎬👍

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam