Minggu, 19 November 2023

Pengalaman Tes CPNS KPK di BKN Cililitan dari Kota Pekalongan

BKN Cililitan di Jakarta Timur, lokasi tes CPNS KPK RI
Tes CPNS merupakan salah satu rekrutmen untuk menjadi pegawai negeri sipil yang ditunggu oleh setiap orang yang berkeinginan mengabdi di lembaga pemerintahan.

Tahun 2023, tes CPNS dibuka kembali dengan dua kategori yakni CPNS dan PPPK. CPNS dibuka untuk umum dan fresh graduate sedangkan PPPK dibuka untuk honorer dan orang yang pernah bekerja di suatu instansi minimal 2 tahun.

Tahun ini, ada beberapa lembaga negara membuka tes CPNS seperti KPK, Kejaksaan, Kemenkumham, DPR RI dan lain sebagainya. Sedangkan lembaga daerah, semua membuka lowongan PPPK.

Pada tanggal 17 November 2023, aku mengikuti tes CPNS yang diadakan oleh KPK RI. Untuk jurusan yang aku pilih, ternyata lokasi tes terdekat berada di BKN Cililitan, Jakarta Timur. Alhasil, aku harus kesana secara mandiri. BTW, jadwal tes, aku mendapat sesi 1 (jam 06.30 - 09.40) sehingga sehari sebelumnya, yakni 16 November 2023, aku sudah cuzz ke Jakarta.

Melalui ulasan kali ini, aku ingin membagikan pengalaman rute yang perlu ditempuh supaya bisa mencapai BKN Pusat di Cililitan dari Kota Pekalongan. Harapannya, jika ada yang punya pengalaman yang sama, bisa lebih memudahkan.

Baiklah teman, berikut ini merupakan langkah-langkahku saat menuju ke BKN Cililitan, Jakarta Timur, dari Kota Pekalongan menggunakan kereta ekonomi yang berhenti di Stasiun Pasar Senen,
  • Berangkat ke Stasiun Pekalongan naik kereta ekonomi Menoreh yang berangkat pada pukul 9.21 pagi. Usahakan datang tepat waktu dan membawa barang seperlunya agar tidak berat. Waktu itu aku cuma bawa 1 ransel dan 1 tas selempang. perjalanan membutuhkan waktu kira-kira 5 jam lebih.
  • Berhenti di Stasiun Jatinegara. Yups, meskipun tiket yang aku beli tujuannya ke Stasiun Pasar Senen, tapi aku memutuskan turun di Stasiun Jatinegara karena lokasi untuk mencapai BKN Cililitan lebih dekat.
  • Setelah mencapai Stasiun Jatinegara. Aku segera menuju ke BKN untuk survei lokasi menggunakan Ojol dengan biaya kurang lebih Rp 16.000 dengan jarak kurang lebih 6 Km.
  • Setelah menemukan lokasi, aku segera mencari penginapan. (Setelah aku cek di aplikasi, ada beberapa penginapan dengan harga dibawah Rp 200.000. Tadinya aku mau menginap di salah satu hotel syariah terdekat namun tak jadi).
  • Kebetulan aku menginap di Hotel Manhattan Kuningan bersama salah satu teman menulisku bernama Mba Ratih (Secara khusus, aku ingin mengucapkan terima kasih banyak pada Mbak Ratih yang bersedia mengajak aku menginap di Hotel Manhattan, Kuningan.
Mbak Ratih dan aku, pertemuan ke 2 di Jakarta setelah
sebelumnya juga pernah meet up
  • Hari itu, beliau ada acara dari Kemdikbud. Apapun, semoga Allah selalu memberi kemudahan dan rezeki untuk Mbak Ratih dan teman sekamarnya yang pulang ke rumah "Lupa namanya"). Aku ke Hotel Manhattan naik Ojol sekitar 23 menit dengan biaya Rp 34.000.
  • Tanggal 17 November 2023 pagi, aku ke BKN berangkat sekitar pukul 5 pagi karena takut terlambat. Tahu kan Jakarta padatnya kayak apa kalau jam berangkat kerja. Kebetulan aku mendapat sesi pertama di jam 06.30 - 09.40 sehingga harus pagi bener. Biaya ojol dari hotel sekitar Rp 32.000.
  • Selesai tes sekitar pukul 11.00 dan aku harus kembali ke hotel karena barang-barangku masih kutitipkan disana. Aku menggunakan ojol dengan biaya Rp 34.500
  • Sekitar pukul 16.00 sore, aku memutuskan untuk berpamitan dengan Mbak Ratih dan pulang ke Pekalongan. Perjalanan aku mulai dari Stasiun Senen. Jarak antara hotel dengan Stasiun Pasar Senen ternyata tak terlalu jauh. Biaya yang kukeluarkan Rp 25.000
  • Aku menunggu keretaku (Majapahit 216) sekitar pukul 19.20. Waktu itu aku sampai ke stasiun sekitar pukul 16.30 sehingga harus menunggu sampai kereta datang. Yang paling penting, siapkan identitas dan juga tiket ya.
  • Pukul 23.37 keretaku sampai ke Stasiun Pekalongan. Finally, bisa kembali ke rumah dengan selamat tanpa kekurangan apapun.
Naik ojek online kemanapun ketika berada di Jakarta
Memang, selama ke Jakarta, aku belum pernah menggunakan transportasi seperti Transjakarta atau MRT, dan KRL. Alasannya, aku belum memahami rute-rute transportasi umum tersebut. Yah, mungkin kalau selanjutnya aku datang untuk jalan-jalan, aku akan mencobanya.

Baiklah, demikian pengalamanku melakukan perjalanan ke Jakarta untuk mengikuti CPNS pada lembaga KPK RI. Mungkin kalau kamu juga mengikuti tes untuk lembaga yang sama denganku, kamu mungkin satu lokasi denganku.

BTW, sukses untuk kita semua, dan semangat apapun hasil tesnya ya! Semoga kedepannya, selalu ada kesempatan-kesempatan baik untuk kita semua ya Temans. Salam hangat dari Nurul Mutiara R.A!