Sabtu, 04 November 2023

Tiga Manfaat Penting Masjid bagi Traveler

Manfaat masjid bagi traveler (Sumber : Pixabay/astama81)

Manfaat masjid bagi traveler - Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Pada beberapa hal, masjid juga menjadi simbol peradaban bagi orang islam.

Di Indonesia sendiri, karena rata-rata masyarakatnya beragama islam sehingga memiliki jumlah masjid yang banyak.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan, jumlah masjid dan musola yang terdata saat ini ada 660.290 buah, dimana 298.101 di antaranya adalah masjid. Sebagian ada yang pembangunannya melalui dana pemerintah, ada juga dana swadaya dari masyarakat.

Nah, berbicara mengenai masjid nih. Ternyata selain sebagai tempat ibadah seperti sholat dan mengaji. Masjid juga punya peranan penting bagi traveler atau musafir. Hmmm, untuk aktivitas apa saja ya kira-kira?

*** 

Pagi itu, keluargaku diberi informasi bahwa kerabat kami yang ada di Jogja akan segera menikah. Tentu, berita itu memberi kebahagiaa  tersendiri bagi kami. 

Sudah bertahun-tahun kami tak bersilaturahmi ke rumah saudara tersebut. Bagaimana tidak? Jarak Pekalongan dan Jogja cukup jauh, memakan waktu 5-6 jam jika menggunakan  mobil. Selain itu, bapak juga tak ada libur, sehingga harus meminta izin bila hendak bepergian. 

Singkat cerita. Keluarga ingin bersilaturahmi ke Jogja. Kami menyewa mobil untuk 2 hari. Sekitar pukul 4 sore kami berangkat menuju Jogja. Mobil dikendarai oleh bapak. Waktu itu, kami tak lewat jalan tol tapi melalui alas roban. 

Selama kurang lebih 3 jam kami berada di jalanan. Bagiku, yang paling membuat kesal adalah ketika ingin buang air kecil. Jika sudah terjadi, maka maka kami harus mencari pom atau masjid terdekat. Ya, masjid merupakan tempat yang kami cari. 

Setiap berhenti di masjid, kami akan beristirahat sejenak atau melepas lelah dengan memakan bekal yang kami bawa dari rumah. Pernah, pengalaman kami berhenti di masjid cukup besar di Magelang. 

Di masjid tersebut, disediakan bukan hanya alat alat ibadah untuk sholat atau mengaji, tetapi juga air minum untuk traveler yang beristirahat. 

Yang perlu kita pahami, bagi traveler, ada 3 manfaat masjid yang dibutuhkan, tempat ibadah, aktivitas MCK (mandi, cuci, kakus) dan beristirahat. Manfaat tersebut tentu membuat aku bersyukur bahwa banyak didirikan masjid atau mushola di sepanjang titik perjalanan. 

Pengalaman perjalanan lain. Saat aku ada acara ke Riau beberapa waktu lalu. Hati itu pesawatku terbang pada pukul 7 pagi. Otomatis aku harus sudah berada di bandara sebelum itu. Nah, di bandara Semarang, aku beristirahat di masjidnya. 

Baca artikel : Pengalaman Menginap di Masjid Bandara Ahmad Yani

Sebenarnya bisa saja aku berada di kursi-kursi yang disediakan. Namun, menurut penjaga pintu bandara, beristirahat di masjid lebih aman. Ada charger pula untuk mengecas ponsel. 

Meski begitu, beberapa orang menyuruh untuk hati-hati terhadap barang bawaan karena keamanan kita gak pernah tahu kan? Banyaknya orang bisa saja riskan memunculkan  aksi-aksi pencurian. 

*** 

Itu dia secuil ulasan mengenai masjid (atau mushola) bagi para musafir atau bahasa kekiniannya traveler. Masjid bukan hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja. Lebih jauh dari itu, masjid bisa jadi tempat melepas lelah dan kegiatan MCK. 

Pengalaman di perjalanan jika ingin ke toilet, pastinya langsung akan mencari SPBU atau masjid terlebih dahulu. So, jangan pernah sepelekan peranan masjid di sekitar kita ya. Jika memang mampu, bisa lho berdonasi untuk pembangunan masjid sehingga fasilitas bisa lebih baik.

Aku berharap sih, untuk masjid-masjid dengan ukuran besar menyediakan ruang istirahat untuk perempuan sehingga ketika bepergian sendiri, terdapat ruang aman untuk perempuan agar tak diganggu orang.

Pengalaman, pernah nunggu kereta selama 5 jam karena keretaku datang pukul 4 pagi. Supaya aman, akhirnya aku pesen penginapan saja meski agak jauh dari stasiun. Padahal, memesan penginapan tidak murah. Tapi ya mau gimana lagi?

Update. Hari ini, 16 November 2023 adikku lakukan tes CPNS. Dia kebetulan mendapat tes di sesi 1 (6.30-7.30). Otomatis, adikku harus berangkat lebih awal. Menurut bapakku yang mengantarnya, mereka berdua memilih stay di masjid terdekat. 

Kalau mau rehat di rumah saudara, gak enak rasanya. Diputuskan, menginap selekas di masjid saja. Beneran sih, bagi traveler, masjid itu penting banget keberadaannya.

Well, itu saja sih cerita dan sharing pengalaman mengenai manfaat masjid bagi traveler. Semoga bermanfaat bagi kita dan semoga kita selalu dicukupkan rezeki sehingga semakin besar berdonasi ke masjid atau mushola di sekitar kita. Salam hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam