Jumat, 08 Januari 2021

Bardi Smart Bulb dan IR Remote, Inovasi Produk IOT Untuk Rumah Pintarmu

Sebelum internet menjadi kebutuhan pokok, lebih tepatnya 15 tahun yang lalu, saya pernah membayangkan bila memiliki sebuah rumah yang di dalamnya terdapat perlengkapan otomatis. Smart home. Sepertinya akan menjadi sesuatu yang menarik?

Sebagai bocah yang masih belum memahami apapun tentang teknologi, tentu imajinasi tersebut menjadi sesuatu yang menyenangkan. Mau menyalakan lampu tinggal ngomong " Oke google, nyalakan lampu kamar", begitupun dengan mematikannya. Ketika hendak pergi dan lupa mematikan lampu rumah, bisa kita melakukannya hanya berbekal smartphone. Tak perlu turun kendaraan, apalagi buka tutup pintu rumah.

Ya, saya kira awalnya semua itu hanya akan berbentuk imajinasi. Lima belas tahun kemudian, setiap hal mulai berubah, termasuk menyoal internet. Internet bukan hanya difungsikan sebagai pelengkap kehidupan, tetapi justru kebutuhan bagi banyak orang. Kini, setiap orang memiliki barang-barang yang bisa terhubung dengan internet layaknya ponsel pintar, laptop, PC dan lain sebagainya.
Luar biasanya, di zaman yang serba digital seperti saat ini, inovasi produk teknologi tak sebatas membicarakan laptop ataupun ponsel pintar. Nyatanya, ada teknologi lain yang tak kalah canggih dan smart misalnya sebentuk teknologi smarthome besutan Bardi. Apakah kamu pernah mendengar atau bahkan sudah menggunakannya?

Bardi merupakan brand penyedia produk-produk pelengkap rumah yang tak sekadar melengkapi rumah biasa. Seperti namanya, Smart home, Bardi menjadi penyedia produk perlengkapan rumah tangga berteknologi. Tak heran, perlengkapan yang ditawarkan memiliki kecerdasan karena bisa terhubung dengan internet dan ponsel pintar yang kita miliki.
Produk Bardi Smart Home yang telah touch down ke rumah 
Beberapa waktu lalu, saya sedang browsing di sebuah marketplace dan menemukan dua produk yang menarik perhatian saya yakni Bardi Smart Light Bulb dan Smart IR Remote segala fungsi. Penasaran dengan dua produk tersebut, akhirnya keduanya telah touch down di rumah. Kepengan tahu seperti apa Bardi Smart Bulb dan Smart IP Remote? Baiklah ini dia ulasan mengenai keduanya.

Bardi Light Smart Bulb 9W-RGBWW


Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW adalah bohlam pintar yang bisa di mati nyalakan, diubah warna dan diatur kecerahan melalui aplikasi selama ada wifi/hotspot. Ketika memasangnya, kita tak perlu bingung apakah bakal berbeda dengan lampu biasanya. Itu sama. Hanya saja, ada pengaturan yang bisa kita lakukan untuk membuat lampu ini nyala sesuai kebutuhan kita.
Tinggal menggunakan smartphone yang kita miliki dengan menginstal aplikasi "Bardi Smart Home". Lampu ini memiliki kecerahan maksimal di 900 lumens dan bisa di redupkan hingga 90 lumens, kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white).
Bohlam ini sangat mudah di pasang, tinggal di putar kepada ulir E27, fitting lampu paling umum di Indonesia. Jika kamu membutuhkan untuk lampu belajar, kamu tinggal memasangnya tanpa harus bersusah payah.

Beberapa waktu ini, saya mencoba memasang lampu bohlam dari Bardi di kamar tidur. Harapannya dengan dipasang pada kamar, saya bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Pada aplikasi Bardi Smarthome, lampu yang sudah dipasang bisa menyala sesuai dengan mode yang kita atur.
Ketika saya memilih warna ungu pada mode color
Memilih mode warna hijau, oke juga kok
Semisal kita berniat membuat ruang ala warna-warni disko gitu. Kita bisa menggunakan mode color atau musik. Saya waktu itu pernah mencoba menggunakannya di ruang keluarga yang notabene memiliki speaker. Saat saya menggunakan mode musik, kedipan lampu menyesuaikan dengan suara musik yang ada.

Well. bagi saya yang setiap hari membutuhkan penerangan yang cukup untuk kegiatan menulis, saya biasanya menggunakan mode scene--->working agar terang optimal. Nantinya ada beberapa pilihan kecerahan menyesuaikan scene apa yang kita inginkan. Gimana, keren kan?

Seandainya kamu berkeinginan menyusun rumahmu layaknya rumah ala-ala film Korea sana yang begitu canggih. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan produk-produk peralatan pintar dari Bardi. Soalnya nih selain harganya terjangkau, Bardi juga tersedia di marketplace-marketplace kesayangan kamu.

Harga produk Bardi Smart Bulb 9W : Rp 115.000

Dengan Spesifikasi produk : 
  • Model: 9W-RGBWW
  • Wi-Fi: IEE 802.11b/g/n 2.4 GHz
  • Voltase: AC 200-230 Volt
  • Sistem Suport: IOS & Android OS
  • Mounting: e27 Edison Screw
  • Masa Pakai: 50.000 jam
  • Maximum Power: 9W
  • Maximum Lumen: 900
  • Temperatur Putih: 2700-6500 K 

Smart IR Remote 10 M-BLK


Pernah gak kamu mengalami kejadian remote televisi atau AC yang kamu miliki terselip entah kemana. Udah dicari ke segala penjuru ruangan tetap saja tak bisa ditemukan. Akibatnya, TV kamu tetap menyala. Padahal kamu lagi butuh untuk mematikannya karena hendak pergi.
Nah, pada kondisi semacam ini, kita membutuhkan peran remote cadangan sehingga bisa menonaktifkan atau menyalakan perangkatmu meski tanpa remote aslinya. Permasalahannya, membeli remote cadangan apa iya bisa secepat itu? Demi mengantisipasi kehilangan remote lagi. Kita memerlukan sebuah perangkat pintar pengganti remote utama.

Yap, itulah dia Bardi Smart IR Remote.  Bardi Smart IR Remote adalah pemancar infrared pintar yang bisa di kendalikan melalui aplikasi selama ada wifi/hotspot. So, kita tinggal menghubungkan saja perangkat elektronik yang kita miliki, entah TV, AC, Kipas angin atau lainnya dengan smartphone atas bantuan Bardi Smart IR Remote.

Remot ini dapat menggantikan semua remot infrared dengan mayoritas sudah ada dalam daftar dan bila tidak ada, bisa di duplikat signal infrared dari remot lama ke remot Bardi.

Dengan sudut pemancaran di 360 derajat dan jarak hingga 10m, remot Bardi dapat mengendalikan banyak perangkat yang dalam garis pandang karena signal infrared tidak dapat tembus halangan. Remot ini sangat mudah di pasang, hanya dengan menghubungkan ke listrik mengingat kepala adaptor sudah termasuk dalam dus IR Remote Bardi.

Sama seperti produk bohlam, Bardi Smart IR Remote juga bisa ditemukan di marketplace kesayanganmmu dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk satu produk Smart IR Remote berbentuk makaron ini harganya : Rp 160.000

Dengan Spesifikasi produk :
  • Model: 10M – BLK
  • Warna: Hitam
  • WiFi: IEEE 802.11 b/g/n 2.ghz
  • Voltase: DC 5V 1A w/ 220V Adaptor
  • Sistem Support: IOS & Android OS
  • Frekuensi Infrared: 38-56KHz
  • Sudut Infrared: 360°
  • Jarak Infrared: 10 meter
Bagi teman-teman yang penasaran dengan variasi produk yang dimiliki Bardi, bisa kok cek melalui website Bardi.co.id atau bisa juga melalui instagramnya. BTW , pas ngelihat-lihat produk dari Bardi, saya tertarik banget dengan Door Lock dan Pet Feeder. Keduanya punya guna masing-masing untuk rumah. Apalagi produk Pet Feeder.
Kebetulan saya memiliki seekor kucing yang membutuhkan pemberian makanan secara teratur. Dengan pet feeder yang disediakan, harapan saya itu bisa membantu mengontrol asupan bagi kucing saya, walaupun sedang tidak berada di rumah.

Ya, itu dia kedua ulasan produk smarthome dari Bardi. Sebenarnya, Bardi tidak hanya menyediakan bohlam dan IR Remote saja. Masih banyak produk smart lainnya yang bisa dipilih dan melengkapi rumah kita. Well, adanya Bardi ini, jelas akan membuat rumah canggih impian bisa terealisasi. Semoga aja deh bisa memiliki rumah pribadi dalam kurun waktu 10 tahun kedepan. Amiin.

2 komentar:

  1. Kereeeeen nih lampunya haha, bisa di customisasi juga warnanya disesuaikan dengan mood

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yang menarik, kalau mau tidorrr, matikan lampunya tinggal pakai hape aja, jadi gampang. Atau, kalau mau remang2 bagi yg takut gelap pas mau tidor, bisa pakai warna yang temaram 😁

      Hapus