Minggu, 12 Juli 2020

ASUS TUF A15: Laptop Gaming dalam Balutan AMD Ryzen 4000 Series

Teknologi Ryzen 4000 Series dikembangkan oleh perusahaan AMD untuk memudahkan aktivitas pengguna menyoal kecepatan dan konsumsi daya yang lebih hemat. Kerennya, ia merupakan chipset pertama untuk laptop dengan fabrikasi 7 nm
***
Penelitian mengenai teknologi memang tak pernah mengenal limitasi. Setiap waktu manusia selalu berambisi menciptakan inovasi terbaru yang mampu mendukung kinerja tiap orang, termasuk perusahaan chipset bernama AMD atau Advanced Micro Device. Tahun 2020, perusahaan yang berbasis di California ini telah merilis teknologi chipset terbarunya yakni Ryzen 4000 series.

Ryzen 4000 series merupakan inovasi yang dihadirkan oleh AMD berupa prosesor dengan teknologi 7 nm pertama  yang disebut Zen 2. Teknologi ini ditengarai pertama di dunia sehingga belum ada perusahaan kompetitor yang mampu menandingi. Nah, mungkin sebagai orang awam masih banyak yang merasa bingung, mengapa fabrikasi 7 nm dielu-elukan oleh banyak orang?
Generasi chipset yang dimiliki AMD (Sumber : Web AMD)
Fabrikasi 7 nm berarti chipset akan lebih kecil dari ukuran sebelumnya (14 nm) dimana nm sendiri berarti nanometer. Bayangkan, benda sekecil itu mampu menjadi otak canggih bagi komputer atau laptop. Tentu, pengembangan teknologi ini tidaklah main-main. Perlu uji coba berkali-kali sehingga mampu berfungsi optimal.

Dalam dunia ponsel, beberapa smartphone jenis flagship pun mulai membubuhkan teknologi chipset 7 nm untuk produk mereka yang sebelumnya menggunakan chipset ukuran 10 nm. Chipset dengan fabrikasi 7 nm diyakini mampu melesat lebih cepat dan memiliki 35 persen performa yang lebih baik. Siapa sih yang gak mau perangkat yang kita miliki secepat itu?
Series dari Ryzen 4000 yang mana disesuaikan dengan jenis laptop (Sumber : web AMD)
Dalam dunia komputer atau laptop, chipset dengan fabrikasi 7 nm baru bisa dikembangkan oleh AMD yakni Ryzen 4000 series sehingga ini merupakan inovasi yang bukan kaleng-kaleng. Btw nih, demi menghadirkan kinerja lebih, Ryzen 4000 series juga dibekali tenaga hingga 8 Core 16 Thread. Di dunia komputasi istilah core mengarah pada inti dari suatu prosesor sedangkan thread merupakan jalurnya.
Semakin besar core dan thread yang dimiliki sebuah chipset, semakin tinggi pula performa yang bisa dihasilkan. Oleh sebab itu, Ryzen 4000 series sangat cocok disematkan pada laptop-laptop level atas seperti laptop ultrathin, laptop gaming dan laptop untuk bisnis. Mungkin kalian kepo, pekerjaan seperti apa yang bisa dilakukan oleh laptop dengan chipset ini. Apakah kamu tahu sofware desain bernama  Autodesk Inventor?

Dulu, semasa berada di organisasi yang berisi anak-anak teknik, saya sering menemukan mahasiswa merancang tugas dari dosen berupa  desain mesin tepat guna---contohnya pemarut kelapa otomatis---menggunakan software Autodesk Inventor. Itu merupakan software untuk membuat gambar 3 dimensi. Nah, ternyata demi membuat satu gambar saja, membutuhkan waktu yang sangat lama. Berikut contoh desain yang bisa dibuat memggunakan Inventor.
Contoh gambar teknik yang menggunakan Autodesk Inventor
(Sumber gambar : engineerblog007)
Gambar di atas merupakan tugas yang biasa dikerjakan anak-anak teknik mesin atau otomotif. Sekali lagi, karena organisasi yang saya ikuti berbasis teknik, jadi saya sering menemukan kawan yang ngendon di sekretariat untuk mengerjakan tugas berupa gambar teknik tersebut. Sebagian besar dari mereka sering mengeluhkan laptop yang berprosesor rendah, sehingga sering nge-lag. Kadang, software yang diinstal tak bisa dibuka karena spek laptop tak mumpuni. Jika sudah seperti ini, mereka akan mencari teman yang memiliki spek laptop baik.

Berangkat dari kendala semacam itu, AMD kemudian mulai menggarap inovasi berupa prosesor 7 nm yang mana lebih tipis sehingga mampu mengurangi biaya produksi. Efeknya, laptop yang dibekali prosesor tersebut kemungkinan memiliki harga yang lebih terjangkau.

Well, well, berita baiknya, AMD bekerja sama dengan Asus tengah menggarap laptop-laptop gaming canggih berbasis Ryzen 4000 series. Katakanlah seperti Asus Gaming Tuf A15 yang telah disematkan prosesor Ryzen 4000 series untuk menghasilkan performa lebih kencang, daya lebih hemat dan tentunya dengan harga lebih murah.
Sebagai milenial yang berkecimpung dalam dunia konten kreator, saya paham betul bahwa memiliki laptop dengan spesifikasi yang mumpuni adalah kewajiban. Beberapa waktu lalu ketika menonton channel dari "GadgetIn" yang tengah mengulas tentang Asus Gaming Tuf A15, David Brendi selaku pemilik channel berbagi pengalaman mengenai teman perempuannya di kampus yang menggunakan laptop Asus seri Tuf gaming.

Diketahui teman David bukanlah seorang gamer, namun dia memilih Asus Tuf karena mampu merealisasikan fungsi sebagai laptop yang kuat untuk anak jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Mungkin diluaran sana ada yang memiliki cerita senada dengan teman David. Mereka memilih laptop dengan spesifikasi tinggi demi menunjang pekerjaan sehari-hari bukan untuk keperluan gaming layaknya youtuber gaming sekarang ini.

Asus Tuf A15 memang memiliki embel-embel "Gaming". Namun pada kenyataannya ia punya fungsi lain yang tak hanya sekadar untuk bermain game. Laptop ini didesain untuk pekerjaan-pekerjaan berat seperti menggarap proyek animasi, membuat desain permesinan menggunakan sofware CAD atau Inventor bahkan sarana membuat ilustrasi yang mampu dikomersialkan.
Pernahkah kamu melihat mereka yang berkecimpung di dunia pembuatan animasi? Kebetulan teman saya merupakan lulusan salah satu universitas di Semarang. Ia pernah mengerjakan proyek pembuatan video animasi untuk mengikuti ajang lomba kreativitas berbasis IT bernama INAICTA beberapa tahun silam.

Dalam proses membuat video animasi, teman saya mengaku bahwa proses paling lama adalah rendering. Apalagi software yang digunakan cukup berat. Namanya Blender. Dalam tulisan ini saya tak akan membahas banyak mengenai software tersebut, namun yang perlu diketahui, Blender biasa dipakai oleh animator profesional. Permasalahannya, software tersebut cukup berat, apalagi untuk urusan render.
Contoh membuat gambar cangkir menggunakan software Blender
 (Sumber Youtube)
Dengan spek laptop yang biasa saja, untuk membuat video 5 detik dengan frame sebanyak 300, teman saya membutuhkan waktu 3 jam lebih. Bagaimana dengan proyek-proyek animasi yang memiliki durasi lebih dari 60 menit? Tentunya waktu yang dibutuhkan menjadi lebih banyak. Apabila laptop yang digunakan low spek, bisa dipastikan animator akan mengalami kesulitan menyoal waktu render.

Dengan adanya kondisi tersebut, sangat wajar jika Asus menciptakan laptop sekelas Tuf A15 untuk para pekerja kreatif di dunia. ASUS gaming Tuf A15 memiliki harga paling terjangkau di level laptop pergamingan. Dibekali dengan AMD Ryzen 4000 series. Berikut merupakan variannya :
Melalui ilustrasi di atas, kita bisa melihat bahwa laptop Asus Gaming Tuf A15 memiliki 4 pilihan spek untuk kecepatan performanya. Meskipun berbeda, masing-masing memiliki kelebihan serta harga yang cukup worth it untuk kalangan profesional.

Bagi profesi apapun yang membutuhkan performa maximal, bisa memilih varian Ryzen 7 4800H dengan RAM 8GB, storage 512Gb dan grafis GTX2060Ti 6 GB dengan harga Rp20.290.000. Nah, demi melihat seperti apa kinerja dari Asus Gaming TUF A15 ini, mari kita rangkum dulu dalam bentuk poin-poin utama yang menjadi kekuatan laptop ini,
  • Prosesor AMD Ryzen 4000 Series.
  • Dibekali chip grafis minimal Nvidia Gforce GTX 1650 sehingga grafis menjadi optimal.
  • Layar luas dengan IPS Level FHD dan refresh rate 144Hz
  • Desain ringkas dengan konektivitas lengkap
  • Baterai kapasitas besar 48Wh
  • Memiliki sistem pendingin yang mampu menjaga performa.
  • Keyboard Full-Size dan bisa menyala
  • Memiliki sertifikasi Military Grade
  • Memiliki kualitas suara yang mumpuni dengan teknologi DTS Ultra dengan fidelitas tinggi.
Baiklah, itulah beberapa elemen yang bisa saya temukan sebagai ringkasan dari keunggulan Asus Gaming Tuf A15 ini. Harapannya, pembaca bisa mengetahui langsung spesifikasi yang dimiliki.
Sebagai laptop gaming, Asus Tuf A15 memiliki kekuatan untuk mengatasi pekerjaan yang sulit. Laptop ini menawarkan performa yang bisa diandalkan untuk gaming, kegiatan desain, programing, dan pekerjaan-pekerjaan berat lainnya. Diperkuat prosesor AMD Ryzen 4000 series yang punya 8 core dan hingga 16 thread, ia bekerja secara multitasking.
Saat mengerjakan konten, pastinya kita sering membuka banyak software di laptop atau tab baru di mesin pencari. Apabila laptop yang digunakan memiliki prosesor yang relatif rendah. Kita mungkin akan dihadapkan dengan kondisi layar yang bermasalah "Ngelag". Namun, itu tak akan terjadi pada Asus Gaming Tuf A15. Dibekali prosesor teranyar dari AMD, Ryzen 4000 series, kondisi ngelag hanya sebatas ilusi belaka.

Berpasangan dengan GeForce GTX 1660Ti atau RTX 2060, laptop ini mampu menghasilkan frame rate level tinggi untuk memainkan game-game terkenal. Demi menjadikan loading lebih cepat ketika menggunakannya, ASUS menyediakan storage berbasis SSD hingga berkapasitas 1TB. Tak hanya itu, ada pula slot tambahan untuk memasang storage SSD lainnya di dalam.

Seperti diketahui, game berat dan aplikasi dapat diload dengan lebih cepat jika menggunakan SSD berasis NVM Express. Dengan storage jenis ini, apalagi dengan kapasitas yang cukup besar, pengguna bisa menyimpan instalasi game-game AAA, rendering project serta file-file multimedia. FYI, game tipe AAA merupakan game yang memiliki skor tinggi dalam bidang grafis, kualitas gameplay, dan hasil penjualan alias laku keras.

Load time yang lebih cepat artinya lebih sedikit waktu untuk menunggu dan lebih banyak waktu untuk benar-benar bermain atau bekerja. Tambahan slot M.2 juga memungkinkan pengguna melakukan upgrade storage dan menyimpan lebih banyak data.

Selain dioptimalkan untuk gaming, keyboard milik TUF Gaming A15 juga dapat dikostumisasi lebih jauh, bahkan tanpa batas. Backlight RGB dapat dimodifikasi sedemikian rupa, sementara tombol WASD yang diberi ketegasan dengan tombol transparan akan mempermudah pengguna menemukan tombol ketika sedang bertanding serius atau bermain di dalam gelap. Well, ketika sedang bertanding dan tiba-tiba mati lampu, kita tak perlu khawatir. Keyboard menyala setidaknya memberi titik terang pada pengguna.
Sumber : Website Asus Indonesia
Tak hanya itu, ada juga overstroke technology akan membuat setiap penekanan pada tombol akan mendapatkan respons yang lebih cepat. ASUS mengklaim, setiap tombol keyboard pada TUF Gaming ini cukup tangguh untuk menahan 20 juta kali tekan, demi mendapatkan kehandalan dan presisi jangka panjang.

Dengan dukungan up to 32GB dual channel DDR4 3200 memory, ASUS TUF Gaming 15 dapat menangani multitasking serius sampai rendering multimedia dengan kecepatan tinggi. RAM berkecepatan tinggi menawarkan bandwidth yang cukup untuk belajar, menjelajah web, streaming video secara simultan dengan performa yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Meskipun memiliki chassis yang dimensinya lebih ringkas dan bobot yang lebih ringan dibanding generasi sebelumnya yakni FX505, TUF Gaming A15 FX506 bisa menampung baterai dengan kapasitas lebih besar. Prosesor AMD Ryzen 4000 series yang efisien, ditambah dengan baterai yang tersedia dengan kapasitas 48Wh menawarkan masa aktif baterai yang panjang.
Sumber gambar : Website Asus Indonesia
Versi TUF Gaming A15 FX506 dengan baterai 48Wh yang juga tersedia di pasaran Indonesia menawarkan masa aktif yang cukup baik untuk sebuah laptop gaming. Dalam pengujian yang dilakukan, baterai tersebut sanggup bertahan hingga 5 jam lebih pada pengujian PCMark 10 Battery untuk Modern Office.
ASUS TUF Gaming A15 FX506 tersedia dalam dua opsi desain warna gaming yang bisa dipilih sesuai dengan identitas penggunanya. Pilihan yang tersedia adalah Fortress Gray chassis yang misterius dan tangguh atau Bonfire Black yang mencolok dengan aksen crimson stripe.
Agar layak mendapatkan nama TUF Gaming, laptop tersebut harus didesain dengan baik agar sanggup bertahan dari serangkaian pengujian standar MIL-STD-810H. Perangkat ini harus lolos uji jatuh, guncangan, kelembaban dan temperatur ekstrem untuk memastikan kehandalannya. Sebagai laptop yang bisa diandalkan bahkan untuk kondisi paling sulit sekalipun, ASUS TUF Gaming A15 akan sanggup bertahan dari tekanan atau benturan tak sengaja yang mungkin terjadi saat penggunaan sehari-hari.

Pendinginan yang komprehensif memastukan bahwa laptop ASUS TUF Gaming bisa mempertahankan performa tinggi dan efektivitas dalam jangka panjang. Serangkaian heatpipe dan tiga buah heatsink bertugas untuk menarik panas jauh-jauh dari komponen utama dan melepaskannya secara cepat terutama saat sedang dalam sesi gaming yang intens.
Sumber gambar : Website Asus Indonesia
Desain kipas yang punya fitur self-cleaning memastikan bahwa setiap perangkat bisa tetap mampu digunakan untuk jangka panjang. Di sisi lain, pilihan mode operasi akan mengimbangi tingkat kebisingan dengan tingkat temperatur sistem, tergantung tugas apa yang sedang dibebankan pengguna pada laptop ini.

Tiga buah heatsink tersebut juga akan menjaga performa tetap stabil dan bisa diandalkan, meskipun pengguna berada dalam sesi gaming marathone dimana panas akan mempengaruhi tingkat FPS game yang pengguna mainkan. Desain chassis yang lebih cepat dan handal juga memungkinkan lebih banyak ventilasi, meningkatkan jumlah aliran udara melalui laptop. 

Adapun dua buah anti-dust tunnel yang tersedia di ujung kipas akan menangkap debu dan partikel yang masuk serta mengarahkannya langsung keluar dari chassis. Metode ini meningkatkan stabilitas sistem secara keseluruhan dengan mencegah penumpukan kotoran yang berpotensi untuk menurunkan performa komponen pendinginan internal. Self-cleaning cooling system juga bisa diandalkan, dan ini tentunya sejalan dengan nama TUF milik laptop ini.
Pada laptop ini, pengguna tidak akan mengalami kekurangan jumlah port input-output. Mereka bisa menyambungkan perangkat favorit dan langsung menggunakannya di manapun. Ada dua port USB 3.2 Type-A yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta tambahan sebuah port USB 2.0 Type-A, sehingga total ada tinga port input untuk aksesoris kesayangan pengguna.

Fitur Bluetooth juga tersedia jika pengguna ingin menghubungkan mouse, headphon dan perangkat kompatibe lainnya agar meja kerja bisa lebih rapi, terbebas dari kabel-kabel yang mengganggu. Dan jika pengguna ingin menghubungkan laptop ini dengan monitor, bisa melakukannya melalui port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4. Adapun untuk konektivitas, pengguna bisa memanfaatkan Wifi 802.11ac (2x2) untuk koneksi jaringan yang cepat. Wow, kalau bisa secepat ini sih, kita jadi tak perlu nunggu waktu lama ya!
Sumber gambar : Website Asus Indonesia
Well, bagi pengguna yang ingin menggunakan laptop ini dalam jangka panjang, ASUS menyediakan kemudahan upgrade. Cukup membuka panel bagian bawah maka langsung dbisa mengakses slot memori, storage SSD dan juga dua buah port SSD tambahan, cukup dengan obeng kembang biasa. Kemudahan upgrade ini juga yang menjadi kekuatan dari Asus Gaming Tuf A15.

Dengan menambah kapasitas RAM serta storage, laptop ini akan punya kemampuan yang cukup untuk menemani penggunanya hingga beberapa tahun ke depan. Di dalam laptop ini, ASUS menyediakan dua buah speaker yang telah mendapatkan upgrade dibanding seri sebelumnya, demi pengalaman audio yang lebih kaya. Teknologi DTS:X Ultra yang kini tersedia memnghadirkan high-fidelity 7.1 channel virtual surround sound untuk audio yang hebat.
Secara software, laptop ini juga menyediakan 8 buah preset audio, mulai dari musik, film dan genre-genre gaming untuk mengoptimalkan pengalaman bermain pengguna. Tersedia pula built-in equalizer yang bisa dikustomisasi.

Sama seperti gaming notebook ASUS lainnya, seri TUF Gaming terbaru ini juga menawarkan mode operasional yang beragam, sehingga cocok digunakan untuk skenario dan kebutuhan pengguna yang berbeda-beda.

Pilihannya mulai dari mode Windows yang akan mengikuti setting default sistem operasi. Opsi Silent untuk performa maksimal namun pada tingkat kebisingan kipas di bawah 35dB. Pada mode ini, performa laptop masih cukup baik untuk beban kerja ataupun multimedia ringan.
Kustomisasi melalui Armory Crate layaknya laptop gaming besutan Asus yang lain
(Sumber gambar : Website Asus Indonesia)
Pada mode Performance, laptop meanwarkan keseimbangan antara kinerja dan temperatur dengan tingkat kebisingan yang masih rasional, yakni di bawah 40dB. Mode ini cocok untuk gaming di berbagai skenario, dan dipilih oleh ASUS sebagai mode standar laptop ini. Di mode Turbo, pengguna akan menikmati performa tertinggi dari laptop ini, tanpa ada hambatan apapun dari sisi setting. Adapun opsi Manual memungkinkan pengguna untuk mengatur setting performa dan kebisingan kipas sesuai dengan preferensi pribadi.
TUF Gaming FX506 tidak hanya kembali menawarkan durabilitas tinggi, tetapi juga performa yang kencang berkat adopsi prosesor generasi terbaru yaitu AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors. Dukungan komputasi grafis dari NVIDIA Turing GPU ditambah layar dengan refresh rate 144Hz juga membuat TUF Gaming FX506 semakin tidak tertandingi.
Ia ditenagai chip grafis NVIDIA GeForce yang telah menggunakan arsitektur Turing terkini. Bahkan jajaran laptop ini merupakan laptop pertama di dunia yang mengadopsi NVIDIA GeForce GTX 1650Ti terbaru. GPU kelas entry tersebut lebih kencang dari GTX 1050 dan 1650 dan merupakan pilihan tepat bagi gamer yang menginginkan performa grafis lebih namun dengan harga yang tetap terjangkau.
Sumber gambar : Website Asus Indonesia
NVIDIA GeForce GTX 16-Series merupakan chip grafis terkini dengan arsitektur Turing terbaru. Dibekali memori GDDR6 yang sangat kencang, GPU tersebut dipastikan memiliki performa grafis yang mampu menjalankan berbagai game terkini. Tidak hanya untuk gamer, NVIDIA GeForce GTX 16-Series yang telah dilengkapi dengan CUDA core juga sangat optimal untuk video encoding dan rendering dan membuatnya pilihan tepat untuk para profesional kreatif.
Tak bisa dipungkiri, di zaman digital seperti sekarang ini  persepsi mengenai karier telah berubah. Pekerjaan yang tak pernah terpikir bakal menghasilkan cuan seperti menjadi konten kreator, blogger, podcaster, video maker, youtuber dan gamer sekarang justru lebih disukai. Anak muda concern pada pekerjaan yang mengandung unsur kreativitas dan menantang imajinasi.

Meski demikian, kelengkapan dan kecepatan perangkat masih menjadi kendala bagi kelancaran aktivitas pekerja kreatif. Pengalaman teman saya yang merupakan animator  dan anak teknik misalnya. Itu sudah menjadi bukti bahwa membuat animasi atau gambar mesin, tidak segampang yang dibayangkan. Mereka membutuhkan perlengkapan canggih untuk mendukung kelancaran proses desain maupun render. Namun demikian, nyatanya tak semua animator atau desainer 3 dimensi memiliki laptop canggih.
Melihat adanya kebutuhan tersebut, Asus sebagai perusahaan teknologi terkemuka berusaha untuk menciptakan laptop canggih dengan harga relatif terjangkauAsus Gaming Tuf A15 (FX 506). Laptop ini sangat cocok dipakai oleh siapapun, termasuk gamer profesional dan pekerja kreatif. Selain harganya paling murah diantara level sejenis, Asus Gaming Tuf A15 dibekali otak buatan AMD, Ryzen 4000 Series.

Dengan kemampuan yang sebegitu hebat, maka sudah pasti bahwa Asus Gaming Tuf A15 mampu menunjang semua aktivitas sehari-hari seperti streaming, mendengarkan lagu, mengerjakan tugas sekolah, dan melakukan tugas-tugas  ringan lainnya. Jangankan melakukan aktivitas tersebut, untuk bermain game dan membuat desain tingkat tinggi saja mampu kok!

Baiklah, itu dia secuil review laptop kawakan, Asus Gaming Tuf A15 FX506. Sekali lagi, perangkat merupakan bagian penting dalam melancarkan pekerjaan-pekerjaan kita. Meskipun memakai embel-embel gaming, laptop buatan Asus ini tetap rekomended dipakai oleh siapapun. Tak terbatas gender, tak terbatas profesi, tak terbatas usia. Dengan spek tinggi dan masa lebih ringan, laptop ini masih worth it dibawa di ransel milik kita. Ketika kamu memiliki  Asus Gaming Tuf A15 FX506, ucapkan selamat tinggal pada "Laptop tukang nge-lag" ucapkan selamat datang pada "laptop super cepat".

Berikut merupakan daftar spesifikasi lengkapnya ya!

Referensi : 
  • Microsoft Word dari Press Release Asus Gaming TUF A15
  • Website Asus Indonesia.
  • Youtube review Gadgetin
  • Youtube Review Crow Tech
  • https://www.merdeka.com/teknologi/amd-rilis-prosesor-anyar-ryzen-mobile-4000-series-simak-kelebihannya.html
  • https://www.amd-id.com/2020/06/ryzen-4000-series-mobile-processor-prosesor-laptop-tercanggih-pertama-dan-satu-satunya-prosesor-7nm-untuk-laptop/?
  • https://www.bhinneka.com/asus-tuf-gaming-a15-fx506ii-r55tb6t-fortress-gray-sku3332615809
  • https://tekno.kompas.com/read/2020/01/07/09200007/amd-umumkan-ryzen-4000-series-prosesor-7nm-untuk-laptop
  • https://www.amd-id.com/2020/05/asus-tuf-gaming-fx506-laptop-gaming-canggih-dengan-prosesor-ryzen-4000-hingga-8-core/
  • https://www.amd-id.com/2020/01/amd-ryzen-mobile-4000-series-prosesor-mobile-pertama-dengan-teknologi-7nm-gemparkan-dunia-komputasi/
  • https://www.amd-id.com/2017/02/prosessor-amd-ryzen-7-hadirkan-8-core-16-thread-dengan-kinerja-tinggi-efisien/

27 komentar:

  1. Ini kan laptop yang kemaren muncul ulasannya di youtube. Eh betewe memang bentuknya bagus sih. Ala ala anak gamer banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, segmennya memang untuk gamer. Tapi karena speknya yang tinggi ya bisa multitasking utk pekerjaan berat apa aja :D

      Hapus
  2. Pengen beli tapi kantong belum mencukupi

    BalasHapus
  3. hmmm, read your blogpost make me want to change my laptop Asus this. Asus still improve and good product

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, soal update produk emang Asus jago banget, termasuk utk seri Asus Tuf ini

      Hapus
  4. Wow..memang keren ya Asus yg satu ini. Kumplit banget spek nya. Bikin ngiler deeh.. BTW, semoga sukses yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super duper keren sih mba Mecta menurut aku. Ini laptop impian aku banget 😍

      Hapus
  5. Dari tampilannya ajah udah kelihatan gahar yah, apalagi jeroannya. layak lah ini disebut laptop gaming. Keceeee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Bang, gak kalah emang sama saudaranya sih ROG

      Hapus
  6. Salfok aku dg nama varian Ryzen, cakep ya 😍 itu kalau diucapakan jadi raizen ya bacanya mb?

    BalasHapus
  7. Juarak banget Asus Gaming Ryzen ini yaa...
    Masku juga pakai Asus Gaming, tapi yang apa, aku gak hapal.
    Yang pasti, mendukung kerjanya banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kan mbak, kalau laptop jenis ini pasti bisa dukung aktivitas

      Hapus
  8. Asli melihat laptop dan spek lengkap gini langsung ngiler banget. Mantap buat main game dan edit video yah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener banget Mba Ratna cucok lah kalau mau edit apapun pakai ini

      Hapus
  9. Info nya lengkap bgt. Model nya aq suka, pas bgt buat para gamers, tp spek nya yg tinggi bs buat multytask jg. Cocok bgt buat pekerja yg membutuhkan kinerja laptop lbh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ini nih yang membuat aku merekomendasikan laptop gaming ini

      Hapus
  10. Laptop idaman banget ini mut, aku pengen punya hiks apalagi buat mas suami yang gaweannya bikin flyer kalau make lattopku ngelag terus. MUdah-mudahan punya rejeki bisa punya ini aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalahh gitu ya, semoga mbak Nyi dan Suami ada rezeki untuk beli Laptop Asus Gaming Tuf A15 ini ya. Aamin

      Hapus
  11. Duhh cakep bener laptop ASUS TUF A15 ini. Spesifikasinya juga mantap banget nih. Bakal puas dah dipakai ngegaming yaa mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super duper mantap kak, aku pengen bgt punya 😍

      Hapus
  12. Keren banget deh si Asus ini,apalagi konsumsi daya nya juga hemat. Jadi lebih betah berlama lama duduk di depan Asus canggih yang spesifikasinya udah sangat canggih menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Elva, apalagi dari fisiknya aja udah kelihatan cakep banget, jadi happy pokoknya kalau bisa punya :)

      Hapus
  13. Speknya mantul bgt ini, sesuailah sama harganya, tp ini lumayan berat juga ya, dulu aku pernah pny laptop asus juga 2kg an berat bgt, tmn2ku yg pake merk lain lebih ringan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalau dibandingkan dengan laptop biasa Asus Tuf ini berat kak, soalnya kalau gaming emang butuh memasukkan perangkat yg lbh banyak di internalnya. Ya, sebenarnya lbh cocok di dalam rumah, tapi kalau musti kerja berat dan wajib bawa laptop, ya bisa diandalkan hehe

      Hapus
  14. Ya ampun greget banget ya ASUS GAMING TUF ini. Gahar mah klo di aku. Seru kali ya klo meeting di coffee sho sambil nenteng si Gaming TUF. Entar ditanya temen, mbaknya gamer ya hahahaha. Seru-seruan aja sih

    BalasHapus