Selasa, 27 Februari 2024

Jalan-jalan Tipis Kota Pekalongan sambil Menonton Lampion Cap Go Meh 2024

Lampion perayaan Cap Go Meh 2024 Kota Pekalongan
Setiap dua minggu, atau 15 hari perayaan Imlek berdasarkan penanggalan tionghoa, biasanya akan ada perayaan besar-besaran bernama Cap Go Meh di beberapa kota. Di Pekalongan pun juga ada.

Acaranya berupa Kirab Ritual dan Budaya Imlek 2024 yang bakal dilakukan dengan mengarak tandu para dewa akan dimeriahkan oleh Perkumpulan Liong Samsie Dharma Asih Semarang, Pastiga Pekalongan, Marching Band SUPM Nusantara Batang, Sanggar Kudo Bekso Utomo 1970, Rampak Putra Pandawa, SSTD Mekar Teratai Semarang, dan Toa Kok Tui Po An Thian Pekalongan.

Poster acara perayaan Cap Go Meh 2024 di Kota Pekalongan 

By the way guys, Kirab Ritual & Budaya Imlek 2024 dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Februari 2024, pada pukul 13.30 WIB lalu. Start dan Finish Kirab Ritual dan Budaya bakal dilakukan di Klenteng Po An Thian Pekalongan. 

Pada perayaan Cap Go Meh 2024, aku dan adikku tak absen untuk menyaksikannya. Bagi kami, acara semacam itu bisa sejenak me-refreshing otak dari kepenatan duniawi hehe, soalnya banyak jajan dan tentu saja keramaian. 

Jujur, kali ini kami tak menonton kirabnya karena acara sudah dimulai sekitar pukul 13.30 sedangkan aku dan adikku datang ke area pukul 14.30, jelas kirab sudah dimulai duluan dan mereka mengitari area yang dipersiapkan.

Well, karena kirab udah jalan, akhirnya kami hanya melihat dan berfoto dibawah lampion-lampion cantik yang dipasang di sepanjang Jalan Belimbing, dekat Klenteng Po An Thian. Keramaian kala itu juga sangat menghibur.

Baca juga : Dari Sudut Po An Thian, Semburat Kisah Toleransi Hidup dan Mekar 

Btw guys, di Kota Pekalongan, setiap tahunnya selalu mengadakan acara-acara menarik yang berhubungan dengan wisata. Misalnya Festival Batik tiap Hari Batik, Kirab menjelang Isra Miraj, Syawalan (10 hari setelah Lebaran) dan Kirab Budaya Cap Go Meh.

So, bagi kamu yang berkeinginan untuk jalan-jalan ke Pekalongan, bisa loh dilakukan pada hari-hari besar tertentu. Siapa tahu bisa beruntung merasakan keseruan menonton kirab atau festival apapun.

Nah, tak berlama-lama lagi aku akan sharing nih beberapa foto ketika aku ke Jalan Belimbing untuk melihat lampion Cap Go Meh 2024.

Lampion-lampion di sepanjang Jalan Belimbing (Saat siang hari)
Lampion-lampion di Jalan Belimbing ketika malam hari 
Lampion di sepanjang Jalan Belimbing, Kota Pekalongan
Keramaian depan Klenteng Po An Thian, Kota Pekalongan

Keren kan lampion-lampion yang terpasang? Sayangnya, aku melihat banyak sekali sampah pasca acara. Tak ada tempat sampah di sepanjang lokasi. Kalau pun ada, kesadaran masyarakat menyoal buang sampah masih sangat minim. So sad, sebenarnya.

Baca juga Keramaian Kirab Akbar Budaya di Kota Pekalongan tiap 5 Tahun Sekali

Wokay, itu dia tulisan singkat mengenai jalan-jalan tipis bersama adik menonton lampion Cap Go Meh 2024. Next, tanggal 1-3 Maret 2024 ada acara Festival Pintu Dalem, yang di dalamnya terdapat berbagai tenan UMKM. Tertarik untuk datang?

Jika kamu tertarik, kamu bisa jalan-jalan tipis ke Jalan Belimbing Kota Pekalongan. Menurut pamflet, acara dimulai sekitar pukul 17.00-22.00 wib. Selama itu, akan disuguhkan barongsai dan tontonan lain di depan Po An Thian. 

So, jangan sampai terlewatkan. Aku sendiri, nantinya bakal ke Festival Pintu Dalem 2024 untuk membeli Gohyong bersama adikku. Udah lama pengen Gohyong dan ternyata di poster ada loh yang jual haha

Pokoknya, aku bakal capcus lah besok tanggal 1-3 Maret 2024. Lets Go bergabung! 

31 komentar:

  1. Wahhh ternyata ada juga ya dikota lain acara ini, kalau ditempatku kemaren beuh super rame banget yang ikut merayakan. Tapi memang pasca acara jadi banyak banget sampah yang menumpuk, tapi untunglah petugasnya juga sigap langsung ambil kalau ada yang berserakan disekitaran area. Debest pokoknya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sebenarnya pemandangan bagus. Tapi jadi rada gimana gitu di kamera karena sampahnya

      Hapus
  2. Seru banget siii liat Kirab Imlek ini, bener2 bisa bikin refreshing wkwkwk. Apalagi bisa poto2 di bawah lampion, banyak jajanan juga. Eh ngomong2 di sana Gohyong-nya enak ngga si mba? Di sini lagi viral deh belakangan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kok mbak. Memang harganya kemaren pas beli rada mahal, tapi emang daging ayamnya banyak.

      Hapus
  3. Bener sih kalo lihat acara² meriah kayak Cap Go Meh ini, lumayan bikin refreshing sejenak, hihi.. Seru banget tinggal di Pekalongan yg selalu adain acara² besar, toleransinya tinggi, jadi semua bisa menikmati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, setiap kali ada acara keagamaan di sini, pasti ada acara-acara kayak gini.

      Hapus
  4. Bener sih kalo lihat acara² meriah kayak Cap Go Meh ini, lumayan bikin refreshing sejenak, hihi.. Seru banget tinggal di Pekalongan yg selalu adain acara² besar, toleransinya tinggi, jadi semua bisa menikmati.

    BalasHapus
  5. wah bagusnya, merah sepanjang jalan, ramai banget ya, semoga event selanjutnya sudah banyak tempat sampah yang disediakan di sepanjang jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga saja kak. Memangnya, sampah selalu jadi problematika di mana pun.

      Hapus
  6. Senangnya melihat keragaman di Kota Pekalongan khususnya yang berkaitan dengan Festival Cap Go Meh. Sayang kirabnya kelewat ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Soalnya aku kalau datang biasanya belum dimulai. Lha ndilalah ini telat datang dikit aja udah mulai kiranya haha

      Hapus
  7. Wah Pekalongan keren nih, setiap tahu selalu ada event kirab yang menarik ya. Mulai dari isro' mi'roj, sampai cap go meh. Kelihatan sekali kerukunannya di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kalau di Pekalongan memang acaranya seramai itu. Biasanya yang datang juga lintas agama dan suku

      Hapus
  8. semoga kedepannya tatkala ada acara lagi (apapun eventnya) bisa lebih peduli dengan sampah
    karena sayang juga sih kalau acaranya udah asik tapi banyak sampah malah jadi gak genah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Kesadaran membuang sampah memang masih kurang eh. Selain itu, di lokasi juga gak banyak tempat sampah.

      Hapus
  9. Kalau pas cap go meh emang paling menarik perhatian tuh lampionnya. Sama makanannya ya. Terus kalau ada sih pertunjukan barongsai ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, biasanya kalau lampion nya banyak jadi lebih indtagramable untuk di foto kak

      Hapus
  10. Wah cantiknya lampion lampion ini
    Kalau malam akan semakin cantik ya pemandangannya
    Festival Cap Go Meh biasanya emamg meriah ya

    BalasHapus
  11. Wah, Pekalongan keren. Tak kirain hanua identik dengam batiknya saja. Ternyata, Pekalongan selalu aktif merayakan kegiatan budaya setiap tahunnya. Jadi penasaran karena pasti meriah.

    BalasHapus
  12. Saya itu sudah lama ingin ke pekalongan, Mbak. Apalagi keluarga saya banyak di pemalang. Terus kalau pas ada perayaan kayak Cap Go Meh ini seru ya, Mbak. Semoga tahun depan saya bisa ke Pekalongan.

    BalasHapus
  13. Waw lumayan meriah ya perayaan Cap Go Meh di Pekalongan. Btw ada yang jualan atau dapat hidangan lontong cap go meh ngga sih kak?

    BalasHapus
  14. Di Bandung mestinya juga ada yaa..
    Seru banget melihat bagaimana akulturasi budaya bersatu dengan damai di perayaan Cap Go Meh. Dan bersyukur banget karena kini pandemi tlah berakhir, jadi bisa kembali berkumpul menikmati kebersamaan.

    BalasHapus
  15. Waah meriah banget. Pemandangan lampion merahnya bikin perayaan cap go Meh jd seru yaaa

    BalasHapus
  16. kalau malam hari lampionnya cantik yaaaa dan kerasa banget vibe perayaan Cap Go Meh-nya. kalo disini ga ada klenteng, kalaupun ada itu jauh banget di kota pusat. Jadi setipa hari imlek, ya disini mah sepi kak, yang rame di mall aja itupun cuman barongsai aja.

    BalasHapus
  17. kalau malam hari lampionnya cantik yaaaa dan kerasa banget vibe perayaan Cap Go Meh-nya. kalo disini ga ada klenteng, kalaupun ada itu jauh banget di kota pusat. Jadi setipa hari imlek, ya disini mah sepi kak, yang rame di mall aja itupun cuman barongsai aja.

    BalasHapus
  18. Seru banget ya di Pekalongan berasa lagu "semua aku dirayakan". Iya banyak festival dan perayaan, mulai dari festival batik setiap peringatan hari batik, Kirab menjelang Isra Miraj, Kirab Budaya Cap Go Meh, dan lainnya. Itu lampionnya aku setuju banget kalau dibilang keren

    BalasHapus
  19. wahcaep bangetya lampionnya kalau malam begitu. saya salah satu orang yang suka menonton perayaan imlek ataupun cap gomeh. terutama lihat barongsainya dan juga kembang api.

    BalasHapus
  20. Wah, seru banget nih acaranya! Pengen banget ikutan jalan-jalan ke Pekalongan pas Festival Pintu Dalem 2024. Udah kebayang serunya ada barongsai dan banyak tenan UMKM yang menarik. Semoga aja kesadarannya soal buang sampah bisa ditingkatkan ya, biar lingkungannya tetep bersih. Yuk, kita capcus bareng! 🎉🏮

    BalasHapus
  21. hua seru banget mba saya belum pernah menyaksikan acara cap go meh ini, kayaknya seru banget ya, apalagi saya suka melihat lampion gitu, wah semoga kesmapaian menikmati Cap Go Meh suatu saat nanti dan baru tahu di Pekalongan ternyata ada perayaan ini ya

    BalasHapus
  22. wah festival-fetival kayaak gini seru banget, di tempatku kayaknya belum ada. aku juga kudet banget ga paham Cap Go Meh

    BalasHapus
  23. dari dulu penasaran explore kota Pekalongan, awalnya aku kira kalau disana cuman ada wisata batik dan batik aja
    ternyata juga ada festival kayak cap go meh ini, menarik kalau bisa liat langsung sambil kulineran gitu ya

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam