Minggu, 29 Oktober 2023

Malam Minggu Estetik, Jalan-Jalan Tipis Nonton Pekalongan Batik Night Carnival 2023

Salah satu peserta Karnaval Batik (dok : Nurul Mutiara R.A) 
Pekalongan memiliki julukan sebagai Kota Batik. Tak heran jika tiap tahun, lebih tepatnya di bulan Oktober, kota ini memiliki gawe yang berhubungan dengan Batik. Yup, itu dilakukan sebagai bagian dari upaya memperingati Hari Batik Nasional tiap 2 Oktober.

Pada tanggal 25-29 Oktober 2023 ini Pemerintah Kota Pekalongan berkolaborasi dengan banyak pihak mengadakan rangkaian acara Pekan Batik Nusantara 2023 dimana ada perayaan inti bernama Karnaval Batik yang dimeriahkan oleh peserta dari SD, SMP, SMA, Umum dan OPD.

Tahun ini Karnaval batik dilaksanakan pada malam hari. Mungkin karena cuaca akhir-akhir ini yang begitu panas sehingga diputuskan diadakan pada pukul 19.30 sampai 22.00. Rutenya dimulai dari GOR Jetayu hingga depan Maybank. So, penonton bisa meramaikan sepanjang Jalan Diponegoro.

Malam lalu, saya berkesempatan untuk melihatnya bersama adik. Kebetulan, Pekalongan Batik Night Carnival 2023 yang bertajuk 'Kawijayan Nagari' di laksanakan saat malam minggu sehingga ramai dihadiri muda mudi maupun keluarga untuk menyaksikan keseruannya.

Pukul 18.30, Saya dan adik bergerak sepanjang Jalan Diponegoro menuju GOR Jetayu. Kabarnya, venue utama berada di halaman Museum Batik sehingga kami bersiap menuju ke sana. Setelah sampai, ternyata acara belum dimulai. 
Halaman masjid yang berdekatan dengan venue utama, sudah ramai didatangi masyarakat (dok. Nurul Mutiara R.A)
Venue utama masih terlihat kosong namun penonton yang datang sudah bejibun memenuhi pinggir jalan yang diberi pagar besi. Waktu itu, kami duduk-duduk sembari menunggu acara dimulai. Namun sampai pukul 19.00 lebih, tamu-tamu penting belum datang. Panggung utama masih kosong. 

Akhirnya, kami memutuskan pindah lokasi nonton, siapa tahu ada lokasi yang tidak ramai orang. Tapi, ketika berjalan menuju Jalan Diponegoro lagi, suasana yang semula senyap sudah berubah. Masyarakat dari berbagai wilayah mulai memadati tepian jalan. 

Sampailah kami menemukan titik untuk menunggu peserta karnaval. Di sana sudah berjejer motor dan orang-orang. Beberapa merasa resah karena jam sudah menunjukkan pukul 8 malam namun peserta karnaval belum juga bergerak. Akhirnya, sebagian penonton memilih pulang karena rumah mereka yang jauh. 

Peserta karnaval kategori SD mulai bergerak sekitar pukul 20.30. Sampai ke Jalan Diponegoro sekitar pukul 20.50. Mereka terlihat keren dengan kostum Batik modifikasi yang dikenakan. Sangat kreatif dengan bentuk yang unik. 

Ada salah satu peserta---yang ternyata didaulat sebagai Juara 1 kategori SD. Dia memakai batik modifikasi dengan desain luar biasa. Ada dua burung merak di kostumnya. Beneran sih, untuk membuat satu kostum bakal lama sepertinya. 
Salah satu modifikasi kostum batik yang keren.
Dia ternyata juara 1 untuk karnaval ini pada kategori SD (dok. Nurul Mutiara R.A) 
Kebetulan waktu itu saya hanya bisa menangkap bagian belakang saja, sebab lokasi memang minim cahaya jadi hasil jepretan ponsel tidak begitu bagus. Berikut ini beberapa peserta karnaval batik yang berhasil saya jepret dengan hasil yang lumayan bagus.
Dokumentasi Nurul Mutiara R.A
Dokumentasi Nurul Mutiara R.A
Dokumentasi Nurul Mutiara R.A
Dokumentasi Nurul Mutiara R.A
Keren kan kostum-kostum batik yang dipakai oleh peserta. Jujur, ketika saya melihat mereka, yang ada dipikiran adalah kekaguman terhadap si desainer. Menurut saya, skill mereka luar biasa. 

Desainer-desainer yang membuat perlu diapresiasi karyanya sih ini. Dengan begitu, mereka akan selalu bersemangat menciptakan karya terbaik. 

Perlu dipahami bahwa kostum-kostum dalam karnaval tersebut dikompetisikan ya. Biasanya, pemenang akan diumumkan di akun Dinas Pemuda dan Pariwisata Kota Pekalongan atau di akun TIC Kota Pekalongan. Kamu cek saja, siapa tahu ada saudara atau dirimu yang menang. 

Baiklah, itu dia malam minggu estetik antara saya dan adik. Kali ini, malam minggu kami isi dengan mengagumi karya desainer-desainer Kota Pekalongan yang memukau. Saya berharap, ajang seperti ini terus diadakan sehingga mampu mengenalkan Kota Pekalongan lebih luas. 

Saran saya, jika memang bisa, jam acara jangan sampai molor, selain itu, semoga tahun depan acara bisa terselenggara pada sore hari. Hal ini supaya hasil jepretan lebih bagus dan terlihat. Itu saja cerita saya mengenai Pekalongan Batik Night Carnival 2023. 

Yuk bagi yang penasaran  pengen nonton, tahun depan jalan-jalan ke Pekalongan! Salam hangat dari Nurul Mutiara R.A

19 komentar:

  1. Jadi wakti kemarin nonton konser terakhir tuh kan dresscodenya Batik kan yaa.. Semua batik yang terlihat bagus di mataku ya.. Batik Pekalongan. Maksudku, UMKM sekarang tuh beneran secerdas itu.. selain motif batiknya, juga model bajunya yang bisa banget dipakai di berbagai acara formal atau non-formal.

    Gak salah kalah batik sekarang uda Go Internasional dan menjadi tren fashion dunia.

    BalasHapus
  2. Keren banget festivalnya. Tantangan berat nih buat yang ngerancang karena karyanya harus mentereng saat dibawakan di malam hari dan tengah jalan yang minim pencahayaan

    BalasHapus
  3. Kalau karnavalnya pas malam gini jadi tambah estetik karena diiringi cahaya lampu-lampu gitu ya. Semoga terus berkelanjutan acaranya, bisa nih jadi alasan orang² untuk berkunjung ke sana suatu saat

    BalasHapus
  4. Bagusnya desain yang dikenakan peserta, penasaran desain yang dibawakan peserta lain, setahuku setiap daerah punya desain batiknya masing-masing sih

    BalasHapus
  5. Wah sekarang makin banyak karnaval seperti ini ya di seluruh wilayah Indonesia. Jadi senang karena banyak kegiatan positif yang mengangkat budaya dan kreativitas

    BalasHapus
  6. Isssh aku pun kaguuum Ama designer nya mba. Bisa aja kepikiran bikin kostum begitu yaa. Kliaan megah, unik pula. Belum lagi kalo ukurannya besar 😄👍. Ga berat apa itu 😅?

    Baguus nih ada festival begini. Dan jadi bisa mengundang banyak turis asing juga kan. Mereka pastj seneng dengan perayaan khas Daerah yg mereka kunjungi

    BalasHapus
  7. Batik Pekalongan itu bagus-bagus. Beberapa batik yang saya gunakan juga banyak dari Pekalongan. Waah, semoga tahun depan saya bisa main ke Pekalongan pas ada Batik Carnival kayak gitu.

    Selain itu bisa jalan-jalan di Pekalongam, karena saya baru songgah di Kajen aja.

    BalasHapus
  8. Iya bener keren2 semuaa, desainernyaa patut diacungi jempolll, bikin gituan juga ngga mudah, salut sihh apalagi diikutin festival kek gitu kan biasanya butuh duit banyak yaa

    BalasHapus
  9. Ini kalau di Jember semacam JFC ya, Kak. Cuma bahan utama kostum berbahan dasar batik ya. Cara keren nih untuk promosikan batik ke publik

    BalasHapus
  10. Asli, Pekalongan Batik Night Carnival 2023 sih kudu wajib diadain terus nih. Biar masyarakat juga makin kenal sama batik² Indonesia.

    BalasHapus
  11. Sepakat, batik Pekalongan emang top. Saya ada saudara jualan batik Pekalongan di Pasar Kapasan Surabaya. Laris manis, saya bahkan jadi penggunanya juga. Dan saya baru tahu kalau ada karnaval batik di Pekalongan. Keren-keren desain batiknya. Pasti seru acaranya, apalagi malam-malam.

    BalasHapus
  12. Pekalongan ini udh trademark bgt soal batik. Jd kreasi ttg batik, apalagi dipadu dgn Carnival gini bakal jd daya tarik wisata unggulan deh.

    Smg bs menggerakkan perekonomian di sana ya kak. Batik ini udh terkenal bgt jd kain nusantara. Smg ga kalah saing dgn batik impor. Pemerintah hrs melindungi perajin batik lokal nih.

    BalasHapus
  13. keren2 euyy kostumnya, memang tak bisa dipungkiri bahwa Pekalongan itu terkenalnya dengan batiknya.. harus rutin diadakan terus nih eventnya setiap tahun agar batik Pekalongan semakin dikenal

    BalasHapus
  14. Bagus banget cosplay nya. Keren ya kalau diajak foto begitu.

    BalasHapus
  15. aku belum pernah nonton carnaval lagi loh kecuali pas agustusan dan itu pun yaaa standar agustusan lah yaa. gak se estetik apalagi semenarik carnival batik pekalongan nih, pengen nonton deh jadinya

    BalasHapus
  16. aku belum pernah nonton carnaval lagi loh kecuali pas agustusan dan itu pun yaaa standar agustusan lah yaa. gak se estetik apalagi semenarik carnival batik pekalongan nih, pengen nonton deh jadinya

    BalasHapus
  17. wah batik night carnival pekalongan ini keren2 yaa! kreatif2 sekali yang membuatnya. batik tuh mahakarya Indonesia, perlu dilestarikan, salah satunya dengan event menarik seperti ini. good!

    BalasHapus
  18. Wah, asik banget acara Pekalongan Night Carnival ini
    Meriah banget ya mbak

    BalasHapus
  19. aku kalau melihat karnaval budaya seperti ini, berpikiran sama kayak mba Nurul, kok ya nemu aja ide bikin kostumnya. Desainernya bener bener luar biasa mikirin konsep kostum
    Di kotaku, dari agustus sampe september lalu, tiap minggu full sama atraksi karnaval mbak, salah satunya Jember Fashion Carnaval.

    Sama kayak pekalongan batik night ini, antusias warga bener bener tinggi buat nonton langsung

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam