Kamis, 15 September 2022

Story of Naramutiara : Merindukan Jajanan-Jajanan Zaman SD

Ilustrasi jajanan zaman jadul (Sumber : Rukita)

Akhir-akhir ini aku merindukan sekali jajanan zaman SD yang dulu pernah kubeli. Entah kenapa, meski sudah bertahun berlalu, aku belum bisa menemukan jajanan dengan rasa yang sama. Padahal, jajanan tersebut terjual secara bebas di sekitar rumah.

*** 

Masa-masa Sekolah Dasar hingga SMP merupakan momen tergelap untukku. Dulu, keadaan ekonomi keluarga bener-bener pas-pasan. 

Bapakku yang hanya berdagang buah dingin dan ibuku yang seorang ibu rumah tangga hanya bisa memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan. 

Selama sekolah, aku jarang sekali mendapatkan uang saku. Alhasil, ketika istirahat dan banyak anak keluar untuk jajan, aku hanya diam di kelas. Pura-pura melakukan aktivitas yang sebenarnya hanya untuk mengusir rasa malu dan lapar. 

Tak heran nih, masa-masa SD dan SMP adalah zaman dimana aku tak bisa menikmati secara penuh jajanan-jajanan yang dijual sepanjang halaman sekolah. Terkadang, aku hanya bisa minta teman yang beli banyak.

Aku masih ingat sekali harga jajanan pada saat Sekolah Dasar yakni bekisar antara Rp 100 hingga termahal Rp 1000. Dengan uang saku Rp 2000 saja, sudah bisa membeli beragam jajanan ala anak-anak.

Nah, kira-kira jajanan apa saja yang aku rindukan rasanya dan sekarang sudah tak ada lagi penjualnya (meskipun ada, rasanya sangat beda dan kurang kusuka),

Batagor

Di SDku, adalah batagor yang rasanya enak bukan main. Perpaduan bumbu kacang plus cabe rawit nya benar-benar pas. Apalagi batagor nya kering dan renyah sehingga ketika dimakan nanti pun ia tetap renyah. Sampai sekarang, aku masih ingat lezatnya bumbu kacang kang batagor itu. Belum ada bumbu batagor yang menyamai. 

Mbah Biting

Dulu, di SD ada penjual biting yang biasa dipanggil Mbah Biting. Beliau memang sudah lanjut usia, namun tetap terlihat cantik dan sehat saat berjualan. 

Yang spesial dari Mbah Biting tentu dagangan Biting nya. Gak tahu ya, rasa bumbunya itu enak dan pedas. Sampai sekarang, aku berusaha mencari Biting dengan rasa yang hampir sama tapi tidak ada. 

Yang aku dengar, ketika aku SMP, Mbah Biting ini sakit dan kemudian meninggal. Innalillahi. Sampai sekarang, tak ada pengganti beliau untuk berjualan Biting yang rasanya memorable dan enak itu. Hiks

Sambal Kerupuk Usek 

Di Pekalongan, ada kerupuk bernama usek. Biasanya berwarna kuning dan dicampurkan dengan makanan lain seperti urap, pindang tetel dan juga mie bihun yang sudah dimasak. 

Nah, di sekolah dulu, ada mbah-mbah yang berjualan mie bihun yang di atasnya ditaburi kerupuk useng lantas diguyur sambal kacang yang rasanya nikmat. 

Beneran, sampai sekarang aku masih merindukan makanan dari Mbah Usek (sebutan kami saat SD) yang begitu nikmat. 

Warung Mak Rehon

Mak Rehon merupakan penjual jajanan di sekolah. Dulu, harga jajanan instan mulai dari Rp 100 sampai Rp 500 ada disana. Mak Rehon ini sebenarnya penjual yang aku kurang suka karena rada galak haha. Tapi karena harga jajan disana murah dan terdekat jadi kami sering membeli disana.

Warung Bu Har

Bu Har merupakan guruku. Beliau tinggal di rumah yang letaknya di dekat sekolah. Bu Har ini menjual berbagai macam makanan ala kantin seperti gorengan, lontong, jajanan Rp 100-500 dan es susu coklat yang enak. 

Saat sedang lapar, aku biasanya mampir ke warung Bu Har karena rasa gorengan beliau memang memorable. Enak. 

***

Sungguh, memiliki tempat-tempat masa kecil yang bisa diingat itu menyenangkan. Apalagi sekarang para penjual tersebut sudah tidak ada. Mulai dari Mbah penjual Biting hingga Mak Rehon, kabarnya sudah meninggal. 

Sedangkan untuk Bu Har, semenjak lulus SD, beliau pindah mengajar yang otomatis juga pindah rumah ke tempat lain. Aihhh, aku rindu rasa jajanan-jajanan itu. 

Bahkan sampai sekarang, meskipun aku memgembara untuk wisata kuliner kecil-kecilan di kotaku untuk jajanan tertentu, aku belum bisa menemukan rasa yang sama. 

1 komentar:

  1. Aduuuuh aku kangen permen klinci yg plastiknya bisa dimakaaaan 😄😄😄. Permen fav ku itu mbaaa. Ama ada dulu permen bungkusnya coklat, keciiiil, tapi enak bgt, rasa susu. Aku ga tau namanya, tp sering dijual di supermarket.

    Kangen sih memang Ama jajanan pas kecil. Aku ingwt dulu beli misoa pas SMP, yg jual istrinya guru ekonomi. Enak bangettt. Trus pas SMU kangen Ama soto di kantin 😄.

    Kalo zaman SD ada yg jual pempek Aci, enaak juga 🤭.

    Aku liat jajanan di sekolah anakku agak lebih modern sih. Tapi rasa standard lah. Atau mungkin lidahku aja yg udah makin terbiasa Ama makanan yg dimasak di rumah Yaa. Jadi pas liat jajanan sekolah langsung beda aja 😅

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam