Kamis, 28 Juli 2022

Benarkah Kucing Memiliki 9 Nyawa?

Benarkah Kucing Memiliki 9 Nyawa? Aku masih bingung. Entah siapa yang mengemukakan pertama kali bahwa kucing memiliki 9 nyawa. Meski sebenarnya peryataan tersebut tak mendasar, namun, beberapa orang kerap mengamini itu sebagai hal yang benar.
Lantas, apakah kucing memang memiliki 9 nyawa? 
Jawabannya tidak! Layaknya makhluk Tuhan yang lain, nyawa kucing hanya satu. Mungkin, banyak orang mengatakan kucing punya 9 nyawa karena kelincahan mereka ketika berada pada situasi bahaya. 

Mungkin kamu pernah menemukan kucing yang masih hidup meski ia jatuh dari tempat yang cukup tinggi atau terhindar dari kecelakaan. Nah, dari sanalah salah satu mitos mengenai kucing punya 9 nyawa berkembang.


Sebenarnya, berbagai kemampuan yang dimiliki kucing sehingga ia bisa "beruntung" dari jatuh berasal dari tubuhnya yang mampu menyeimbangkan diri. Ekor dan kumis dikatakan memiliki arti penting untuk keseimbangan bagi tubuh kucing.

Tak heran nih, kita dilarang keras untuk jail pada kumis maupun ekor kucing. Sebab, keduanya merupakan bagian vital yang membuat kucing mampu bertahan hidup.

***

Bicara soal kucing, sebenarnya, aku mau berbagi opini dan cerita tentang kucing Kembang Telon dan Kucing Oyen yang aku miliki. Beberapa waktu lalu, aku dan ibuku menemukan mereka berdua mati karena kesakitan.
Kembang telon saat masih kecil, selepas induknya tertabrak mobil 
Dugaan kami, mereka berdua memakan racun, entah secara sengaja atau tidak. Jujur, aku cukup sedih ketika menemukan mereka tak berdaya. Padahal, jika Kembang Telon dan Oyen dalam kondidi sehat, mereka selalu manja dan meminta makanan dengan semangat.

Emang gak disediakan wet atau dry food Ra?

Tentu saja kami sediakan. Tapi yang namanya kucing domestik terkadang suka sekali bermain ke tempat lain meski sudah kenyang. Aku menduga, saat berada di luar rumah untuk bermain itulah mereka berdua makan makanan yang mengandung racun.

Kenapa kami mengambil kesimpulan bahwa Oyen dan Kembang Telon keracunan, karena keduanya mengalami gejala keracunan berikut, 
  • Muntah dan diare. 
  • Pembengkakan pada tubuh
  • Sering buang air kecil
  • Sulit bernapas
  • Banyak air liur
  • Tremor dan kejang
Kala itu kami akan berupaya membawa keduanya ke dokter hewan, namun ternyata mereka bersembunyi dan baru bisa kami temukan ketika sudah mati. 

Sedih rasanya tiap mengingat keduanya. Mereka merupakan kucing yang kami rawat karena induknya mati tertabrak motor. Sebelumnya, kami memiliki 2 kucing saja yakni Cubit dan Bolu. Tapi karena Oyen dan Kembang Telon tak punya induk setelah tertabrak, akhirnya ibuku memutuskan untuk memeliharanya.


Aku cuma berpesan aja sih sama pemilik anabul, entah kucing, anjing, hamster atau lainnya, rawatlah mereka dengan cinta dan kasih sayang. Ketika kita memutuskan memelihara, maka konsekuensi biaya harus kita anggarkan untuk mereka. 

Jangan sampai kejadian anabul mati karena terlambat penanganan terjadi pada kalian. Beneran, rasanya bakal sedih banget. Apalagi jika anabul tersebut sudah jadi sahabat yang selalu ada untuk kita.
Vanilla, kucing yang memiliki corak bolu milik adikku
Nah, menyoal apakah kucing memang memiliki 9 nyawa? Aku katakan dengan tegas bahwa itu cuma mitos. Kucing hanya memiliki satu nyawa yang mana itu bisa terambil kapan saja bila kita tak menjaganya dengan benar. So, love your cat Gaes!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam