Rabu, 24 Maret 2021

Bardi Smart Wake Up Light : Teknologi Lampu Pintar untuk Bangun Pagi Terbaikmu

Review Bardi Smart Wake Up Light. Memiliki kualitas tidur yang optimal tiap malam merupakan dambaan setiap orang. Apalagi bagi mereka yang sering begadang karena sibuk bekerja hingga terkena insomnia. Pada kondisi demikian, bisa tertidur nyenyak merupakan nikmat tiada tara. Rasanya seperti yang terobati oleh minuman dingin nan segar.

Aku termasuk orang yang memiliki masalah tidur setiap malam. Entah ini disebut insomnia atau hanya kebiasaan melek hingga malam aku tidak tahu. Yang pasti, aku tak bisa tertidur sampai pukul 3 pagi.

Kondisi semacam ini kadang berpengaruh dalam aktivitasku di siang hari. Badan jadi mudah lemas dan tak bersemangat. Beneran, rasanya ingin sekali memiliki kualitas tidur yang baik. 

Soalnya, tiidur yang baik mampu memberikan manfaat bagi tubuh. Menyuplik informasi dari SehatQ.com, manusia membutuhkan tidur yang cukup agar tubuh bisa bugar ketika bangun di pagi hari. Berikut ini manfaat yang bisa dihasilkan dari kualitas tidur yang baik.

Tubuh menjadi lebih sehat.

Meredakan rasa nyeri.

Menurunkan risiko terjadinya cidera.

Memperbaiki suasana hati.

Mengontrol berat badan.

Meningkatkan daya ingat dan daya fikir.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Adanya segudang manfaat yang bisa didapatkan melalui tidur yang berkualitas membuat banyak orang menjajal beragam cara. Melalui ulasan kali ini, Naramutiara akan membagikan tips-tips agar kualitas tidur bisa lebih baik. Kebetula, aku juga sedang melakukannya karena aku termasuk orang yang sering begadang.

Buat jadwal rutin waktu tidur

Membuat jadwal tidur  itu sangat penting. Apalagi bagi kita yang memiliki masalah tidur tak menentu karena sibuknya pekerjaan atau terbiasa begadang. Membuat jadwal tidur rutin membuat kita memiliki arahan/petunjuk, ya, meskipun diawal-awal pasti waktu tidur tak sesuai target sesuai yang kita rencanakan, tapi minimal ada referensi yang bisa memanipulasi otak supaya bisa mulai mengistirahatkan tubuh.

Semisal nih, hari senin hingga jumat, waktu tidur pukul 22.00 dan bangun  04.00, lalu tiap weekdays, tidur pukul 23.00 dan bangun 04.00. Itu baru malam. Bila tengah WFH seperti saat ini, minimal membuat waktu tidur siang pukul 13.00-15.30 Wib.Itu sekadar perencanaannya sih. Masing-masing orang pasti punya gambaran mengenai masa produktif dan masa untuk istirahat yang bisa disesuaikan.

Hindari minuman berkafein seperti Kopi atau Teh

Siapa disini yang suka minum Teh atau Kopi? Cunggg!!! Teh atau kopi merupakan minuman yang mengandung kafein, meski porsi kandungan antara keduanya berbeda. Kopi memiliki kafein lebih tinggi 40 kali dibanding teh menurut Hallosehat.com. 

Nah, dalam kaitannya dengan tidur, kafein membuat orang yang mengkonsumsinya tetap terjaga. Dengan demikian, bagi kita yang berkeinginan memiliki kualitas tidur yang baik, menghindari minum minuman berkafein seperti kopi atau teh sangatlah penting.

Buat jadwal penggunaan gadget tiap malam

Siapa sih yang sekarang ini tak menggunakan gadget dalam keseharian? Aku rasa, hampir semua orang yang memiliki akses terhadap teknologi internet, memiliki gadget layaknya laptop, tab atau smartphone sebagai daily driver

Mudahnya akses apapun via gadget membuat orang bergantung dengannya. Browsing, chatting, nonton film, main game hingga lainnya. Tak heran bila dimanapun dan kapan pun, gadget selalu berada di dekat kita. Gadget membuat kita mampu menunda pekerjaan termasuk tidur.

Bagi orang yang mengalami ketergantungan pada gadget, perlu sekali membuat jadwal penggunaan gadget. Apalagi ketika malam hari yang notabene dilakukan manusia untuk beristirahat. Jadwal pemakaian gadget yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh tentu bisa menaikkan kualitas tidur kita karena kita akan beristirahat di waktu yang tepat.

Lakukan olahraga secara teratur

Menurut riset yang dinukil dari Antara.News, olahraga memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap kualitas tidur seseorang. Olahraga membuat semua anggota tubuh bergerak termasuk sendi, otot hingga sirkulasi darah. Dengan kondisi itu, tubuh akan merasa lelah karena olahraga yang kita lakukan. Ini berpotensi membuat tubuh kita mudah berintirahat.

Buat kondisi kamar se-nyaman mungkin 

Kondisi kamar yang rapi dan bersih akan membuat penghuninya nyaman. Jujur, aku mengalami sendiri hal ini. Sebagai seorang yang acak, kadang kamarku tuh bisa rapi tapi kadang berantakan banget. Nah, kalau kamarku lagi berantakan nih, aku sering merasa sesak dan tak nyaman sehingga tidurku terganggu.

Berbeda ketika kamar telah rapi, wangi, serta tenang. Pasti tak butuh waktu lama untuk rebahan kemudian tertidur pulas. Kebetulan, aku termasuk orang yang sering tertidur dengan kondisi lampu mati atau redup. Biasanya aku menggunakan lampu kamar kecil. Tapi, sudah seminggu lalu lampu kamarku tak bisa dipakai karena rusak. Sedih sih.

Untungnya, beberapa waktu lalu, ketika scroll-scroll marketplace langganan, aku menemukan lampu tidur otomatis yang bisa dihidupmatikan manual atau menggunakan smartphone. Ya, produk lampu itu bernama Smart Wake Up Light dari Bardi Smart Home.

Sebelum mengulas mengenai produk Smart Wake Up Light, aku pengen nih kalian tahu sebenarnya Bardi itu perusahaan apa sih? Bardi merupakan brand penyedia produk-produk pelengkap rumah yang tak sekadar melengkapi rumah biasa.

Seperti namanya, Smart home, Bardi menjadi penyedia produk perlengkapan rumah tangga berteknologi. Tak heran, perlengkapan yang ditawarkan memiliki kecerdasan karena bisa terhubung dengan internet dan ponsel pintar yang kita miliki.

Kalian mungkin pernah melihat sebuah rumah di drama Korea yang bisa disetting oleh pemiliknya ketika tak berada di rumah. Semisal menyalakan lampu luar atau mengunci pintu yang kelupaan dikunci. Well, Bardi itu semacam itu, Gaes! Jadi, ada banyak produk yang bisa kita beli untuk kebutuhan rumah, termasuk Smart Wake Up Light.

Bardi Wake Up Light dapat membantu tiap orang yang mengalami kesulitan bangun di pagi hari tanpa mengurangi level kelelapan tidur penggunanya Bagi kita yang terbiasa tidur dengan lampu dimatikan, produk tersebut sangat cocok untuk dimiliki.

Lampu ini dapat menyala perlahan sampai ke paling terang untuk mencerahkan ruangan. Cahaya ini mensimulasi matahari terbit secara natural dan tidak menyilaukan. Di malam hari, lampu cerdas ini juga bisa digunakan sebagai lampu tidur dengan nyala LED yang bisa disetting.

Bila kita membutuhkan alarm pengganti smartphone, Smart Wake Up Light  dapat mengeluarkan nada/bunyi seperti alarm yang dapat diatur mulai dari ringan sampai kencang. Bisa juga memilih nada yang kita suka. Dilengkapi fitur FM radio yang akan menemani pagi kita dengan menyenangkan.

Dengan Spesifikasi produk : 

Bahan : ABS + PC + Silikon Tahan Cahaya

Penyesuaian Kecerahan : 20 Tingkat

Warna Lampu : 7

Penyesuaian Volume : 16 Tingkat

Kecerahan Layar : 3 tingkat

Grup alarm : 4

Jenis suara alarm : 7 suara alami dan 1 FM Radio

Mode alarm : Lampu dan suara, Hanya suara, Hanya lampu

Waktu alarm : 30 Menit

Waktu Snooze : 8-15 Menit

Jumlah waktu snooze : 5

Suara tidur : 3 Suara alam dan 1 FM radio

Waktu simulasi matahari terbenam : 10-120 menit

Frekuensi : 76-108 MHz

Suku Operasional :

Baterai : Sel Tombol CR2032

Output USB : 5V/2A

Tegangan Input : 100-200V

Produk Smart Wake Up Light bisa didapatkan dengan harga Rp 495.000 di website Bardi Official. Harga tersebut bisa berubah sesuai dengan ketentuan toko atau masing-masing marketplace langganan user, bisa lebih murah bila ada promo dan diskon.

Hari itu, Kang Paket datang mengetuk pintu yang membawakan Bardi Smart Wake Up Light ke rumah. Rasanya? Tentu saja seneng banget donk. Dengan hadirnya Bardi Smart Wake Up Light ini, maka aku bisa melengkapi kamar dengan perlengkapan cerdas yang bisa kuatur hanya berbekal sentuhan jari.

Dalam satu kardus ini, ada beberapa elemen yang bisa kita udar :

Perangkat lampu berbentuk bulat

Buku Panduan Smart Wake Up Light

1 buah kabel Micro USB

4 Buah kaki penyangga (2 untuk dipakai, 2 lagi sebagai cadangan)

1 buah Adaptor 

Setelah aku unboxing, isi dari kardus Bardi adalah seperti pada gambar di atas. Awalnya aku sempat bingung dengan jumlah kaki yang disediakan ada 4 buah, padahal yang dipakai hanya 2 buah. Ternyata itu untuk cadangan apabila hilang. Gak baik apa coba?

Smart Wake Up Light bisa hidup ketika dia dicolokkan ke listrik. Jadi dia tak bisa menyimpan daya layaknya smartphone atau power bank yang Gaes. Baik manual atau menggunakan smartphone, harus dihubungkan ke listrik.

Nah, supaya lebih memahami perihal instalasi, membaca buku panduan sangat diwajibkan apalagi Bardi Smart Wake Up Light memiliki banyak tombol yang harus diudar satu per satu fungsinya melalui buku panduan.

Beberapa waktu lalu, setelah produk Bardi tersebut touch down ke rumah, aku mulai menbuka satu persatu isinya dan kuletakkan di kamar. Tinggal menghubungkan ke listrik menggunakan kabel USB yang disediakan Bardi Smart Wake Up Light siap On.

Setelah kabel dihubungkan ke stop kontak, tampilan pertama yang bisa didapati user adalah lampu yang menyala berwarna kuning dengan angka jam yang masih acak. Kamu bisa mengaturnya secara manual melalui tombol-tombol pada produk atau melalui smartphone yang sebelumnya sudah dihubungkan dengan wifi dan perangkat dari Bardi tersebut.

Tampilan Bardi Smart Wake Up Light saat pertama kali On. Jam masih menggunakan PM/AM bukan 24 jam layaknya aturan waktu di Indonesia

Bagian belakang Lampu, ada speaker untuk suara dan lubang untuk USB (Dok.Pri)

Masukkan kabel USB pada bagian yang kecil ya untuk bisa
 membuat nyala si lampu Bardi

Tapi bila kamu ingin mengaturnya secara manual karena alasan wifi-mu yang lambat, kamu perlu mengenali tombol-tombol yang tertera di produk melalui panduan. So, jangan sampai malas membaca setiap informasi yang disediakan ya.

Aku sempat mencoba memilih jenis suara untuk menemani tidurku. Seperti yang pernah diungkapkan dalam tabel spesifikasi, ada 7 jenis suara. Kita bisa memilih suara yang paling meneduhkan dengan level bunyi rendah hingga tinggi.

Bagiku, setelah seminggu lebih menggunakan Bardi Smart Wake up Light ini, ada sensasi tersendiri ketika bangun tidur. Selain karena bunyi alarmnya yang ramah telinga (karena kusetting sebelumnya), cahaya yang muncul perlahan dari lampu membuatku bisa terbangun dengan perlahan tanpa rasa kaget. Berikut merupakan kelebihan dari produk lampu pintar ini.

Demikianlah review dariku mengenai Bardi Smart Wake up Light. Setiap teknologi diciptakan tentunya memiliki fungsi bagi kebaikan manusia. Namun terlepas dari apapun, gunakan teknologi yang ada disekitar kita secara bijak dan sesuai ketentuan.

Smart Wake Up Light adalah satu dari sekian produk Bardi yang pernah kureview. Sebelumnya, aku juga mencoba memakai bolam pintar dan remote IR dari Bardi.  Penasaran, kamu bisa baca ulasannya di Bardi Smart Bulb dan IR Remote, Inovasi Produk IOT Untuk Rumah Pintarmu. Salam hangat.

27 komentar:

  1. Produk Bardi keren bngt nih kalau pakai lampu ini dijamin tidak ada yang kesiangan bangun tidurnya ada bunyi alarmnya jugaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, ini hampur sama fungsinya seperti hape pas mau pasang alarm sih. Cuma bedanya, tiap pagi lampu bakal ngeluarin cahaya perlahan plus suara hehehe

      Hapus
  2. Bentuknya unik dan fungsinya luar biasa membantu banget ya si Bardi ini, aku belum ada nih dirumah, boleh juga jadi list belanja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, coba aja kak, kalau pas hape lagi off. Bisa banget menggunakan Bardi ini hehe

      Hapus
  3. Bermanfaat banget nih produk dari BARDI. Tadinya cuma pake alarm dari hp aja, tp kalu pake bardi ini, selain canggih, juga kamar jadi ada aksesoris yang menambah bagus dekorasi kamar terutama di meja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, bagi blogger atau konten kreator kayak kita, kehadiran Bardi ini bisa nambah artistik meja bahkan ruangan sih 😁

      Hapus
  4. Aku lagi berasa banget jadwal tidurnya kacau, apalagi sejak WFH. Lebih banyak kerja daripada santainya malah haha. Butuh banget Bardi Smart Wake up Light kayak gini, biar bantu tidur lebih nyenyak, pas bangun jadi seger.

    BalasHapus
  5. Waini... Bisa membantu mengontrol berat badan juga lgo. Wah, saya butuh nih Smart Wake Up Light

    BalasHapus
  6. keren banget lampunya bikin tidur nyenyak dan semangat buat kerja dari rumah

    BalasHapus
  7. Wah, lampunya baguusss. Emang ya Kak kalo kamar udah nyaman, tidur juga lebih enak. Aku juga biasanya rutin workout, bentaran doang 15 menit tiap pagi, tapi ngaruh banget bikin tidur tuh jadi lebih nyenyak & bangunnya lebih segerrr :)

    BalasHapus
  8. Wah lampunya bagoos, emang ya kalo kamar tuh udah nyaman, tidur juga jadi lebih enak. Apalagi kalo rutin workout, ngaruh juga ke kenyamanan & nyenyaknya tidur, bangun-bangun lebih seger.

    BalasHapus
  9. Di rumah baru pakai smart lamp-nya Bardi dan keren banget. Jadi oengen juga coba lampu tidurnya, apalagi bisa diubah-ubah warnanya. Bikin tidur semakin nyenyak ini ya, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah yang smart bulb itu ya mbak. Emang mantul kok 😁

      Hapus
  10. Pas baca diawal saya pikir yg dipasang di tembok atau plafon. Ternyata lampu duduk ya. Berarti bisa dibawa kemana aja nih buat jadi alarm kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak, kalau butuh sinar warn-warni utk konten aku ya pakai ini 😁

      Hapus
  11. Teknologi makin memanjakan kita ya.. Ini keren banget.. Kita jadi gak khawatir bangun kesiangan..

    BalasHapus
  12. Keren banget ya lampunya bisa mengeluarkan alarm segala, bisa ini buat ramadhan bangunin sahur hehe.. Bardi ini harganya berapa mba? Lihatnya mupeng, seperti bukan lampu ya. Apalagi kalau warna-warni bisa diatur asli mantul, bisa-bisa anak-anakku berebutan warna hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macem2 mbak. Kalau yg di Webnya Bardi kayak yg aku tulis di ulasan. Tapi di marketplace bisa beda harganya

      Hapus
  13. Ada pilihan suara alarm nya juga. Jadi kalau yang suara 1 gak mempan bangunin, bisa pakai suara yang lain hehe, apalagi ini plus lampunya juga. Hmm, mantul nih buat bangunan sahur juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, bentar lagi ramadhan, kalau semisal hape lagi gak disetel alarm, bisa pakai nih lampu. Ada radionya juga kok mba hehe

      Hapus
  14. kok keren sih kak. Saya jadi pengen punya walau cuma satu di rumah.
    Mana banyak banget lagi fitur dan keunggulannya..

    BalasHapus
  15. Milenial jamannya serba praktis, modern dan canggih yah

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam