Rabu, 10 Februari 2021

Tanya Veronika, Asisten Virtual Dari Telkomsel

Tanya Veronika, Asisten Virtual Dari Telkomsel. Dunia digital telah mengubah segala aspek dalam kehidupan manusia, termasuk yang berhubungan dengan arus penerimaan informasi hingga beraktivitas. Semakin maju sebuah peradaban, semakin dibutuhkan pula media penyampai informasi yang berkualitas.

Demi terserapnya informasi itu untuk berbagai kalangan, tak heran bila manusia kian gencar melakukan inovasi penciptaan produk teknologi yang memudahkan. Salah satunya penciptaan layanan Tanya Veronika Asisten Virtual canggih dari Telkomsel.

Namanya cantik ya? Kebetulan teman sekelasku di SMA dulu ada yang bernama Veronika. Gak heran, ketika menyebut nama itu, aku jadi ingat dia yang pernah jadi rebutan cowok-cowok. Eitttts, tapi ini bukan ngomongin si Veronika temenku atau mantan pacarmu yang mungkin namanya sama ya, upssss. Aku kali ini membahas  suatu chatbot cerdas yang bisa membantu manusia.

Sebagian orang mungkin belum mengenal lebih lanjut teknologi cerdas yang satu ini. Padahal, ia telah melayani pelanggan sejak tanggal 24 Agustus 2017 lho. Udah cukup lama, bukan?Ada pepatah, tak kenal maka tak sayang, kalau tak sayang ya gimana mau cinta. Well, biar kamu bisa kesengsem nih, mari kenalan dengan Tanya Veronika Asisten Virtual dari telkomsel ini.
Yuk, kenali lebih lanjut mengenai layanan Veronika Telkomsel. Tanya Veronika (Voice Response and Info Care) adalah Asisten Virtual Telkomsel untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa, mengecek sisa kuota internet, menukar Telkomsel poin, mencari lokasi MyGraPARI atau informasi lainnya seputar layanan Telkomsel.

Layanan Veronika Asisten Virtual menggunakan teknologi chatbot, yaitu program komputer berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam bentuk robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan seperti manusia. Jadi, tampilannya itu seperti kamu ngechat dengan seseorang gitu. Cuma yang membalas chat itu robot pintar.

Seperti yang pernah aku ungkapkan sebelumnya, Veronika Telkomsel hadir untuk mempermudah para pelanggan dalam mengakses segala informasi yang dibutuhkan terkait layanan. Yang perlu kamu ingat sebagai pelanggan Telkomsel, layanan Asisten Virtual ini dapat digunakan oleh seluruh pengguna, kecuali pelanggan kartu Halo corporate dan nomor tambahan.

Pernah gak kamu memiliki pengalaman pahit karena gak bisa internetan akibat kuota habis? Bila pernah, tosss! Kita sama. Sedikit berbagi cerita, dulu waktu masih kuliah dan memasuki waktu genting mengerjakan skripsi, setiap malam aku selalu online untuk cari referensi di internet.

Lagi enak-anaknya searching, eh loading mulu donk jaringannya. Aku kira awalnya lagi ada trouble karena perbaikan. Eh, ternyata aku kehabisan kuota. Permasalahannya, mau beli kuota tapi kok udah malam. Terus kalau gak beli kuota, aku gak bisa lanjut ngerjain skripsi. Sebel banget rasanya. Udah gitu, dosen pembimbing minta aku konsul pagi harinya lagi. Beneran! Itu bikin gregetan minta ampun.

Dengan kemungkinan tercipta problem seperti yang aku alami, maka tak heran kalau Telkomsel berinisiatif membuat layanan Tanya Veronika ini, pelanggan jadi lebih dipermudah. Beli kuota internet gak perlu susah-susah, hanya berbekal sentuhan jari dan  rebahan, kuota udah keisi melalui pembayaran digital. Asyik kan?
Empat tahun yang lalu, tepatnya tanggal 24 Agustus 2017, Telkomsel meluncurkan GraPARI Virtual demi memberikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik untuk penggunanya.

Berangkat dari pengalaman-pengalaman pengguna yang membutuhkan akses cepat seputar informasi produk hingga layanan, provider ini berusaha merealisasikannya melalui chatbot cerdas.
Sumber gambar : website Telkomsel.com
Aku yakin, sebelum Veronika tercipta, para teknisi maupun tim pengembang di dalam perusahaan telah mendengarkan berbagai keluhan yang dialami pelanggan. Adanya keluhan dari konsumen berarti harus dicari solusinya donk.

Asisten Veronika merupakan solusi pelayanan di ranah digital yang menggabungkan sisi artificial intelligencecustomer analytycs hingga interaksi manusia untuk menghasilkan layanan produk terbaik dan tercepat.

"Kami terus melakukan berbagai perbaikan dan peningkatan layanan di ranah digital untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berinteraksi dengan kami" 
(Ririek Ardiansyah--Direktur Utama Telkomsel)

Pernah gak sih kamu mengamati di media sosial, bila ada pelanggan ingin menyampaikan keluhan terkait produk, mereka akan langsung mention perusahaan brand yang bersangkutan. Siapapun, aku yakin membutuhkan akses yang cepat terkait informasi yang dibutuhkan.

Dengan demikian, Telkomsel berusaha memberikan layanan terbaiknya melalui penciptaan teknologi virtual yang diharapkan bisa mendampingi pelanggan. Cukup  diakses melalui 6 aplikasi yang pelanggan miliki di ponsel.

For your information, namanya juga chatbot, tentunya Veronika belum sesempurna kinerja manusia. Meski demikian, berbagai trial and eror dan riset untuk perbaikan akan terus dilakukan para teknisi Veronika demi menyempurnakan teknologi tersebut.
Cara menggunakan virtual asisten tanya Veronika. Layanan digital ini bisa diakses melalui aplikasi My Telkomsel, situs web Telkomsel, whatsapp, facebook messenger, telegram, dan Line. Bagaimana cara mengaksesnya, sebelum bertanya apa kebutuhan atau keperluanmu kepada asisten Veronika ini, kamu kudu terhubung pada salah satu dari 6 aplikasi pesan instan yang aku sebutkan sebelumnya.
  • LINE @Telkomsel
  • Telegram @Telkomsel_official_bot
  • Facebook Messenger telkomsel
  • Web www.telkomsel.com
  • WhatsApp 0811 111 111  (Asisten Virtual Telkomsel)
  • Aplikasi MyTelkomsel
Untuk melakukan percakapan dengan Asisten Virtual Telkomsel, ketik “Hai”, “Halo”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang telah disediakan. Jangan malah nanya sama Mbak Veronika, "Udah makan belum?". Dijamin, Mbak Veronika gak bakalan jawab modus kamu, wkwkwk
Bila tadi aku membahas mengenai 6 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan layanan Veronika Telkomsel. Selanjutnya, aku akan membahas fitur yang bisa kita gunakan. The real Telkomsel lover pastinya tahu donk!

1. Informasi produk Telkomsel yang kamu gunakan

Jelas ini bagian penting dan sering kita lakukan. Veronika membantu para pelanggan mengetahui berbagai informasi produk. Misalkan seperti informasi masa aktif kartu, sisa pulsa/kuota internet, poin-poin Telkomsel yang sudah kamu kumpulkan, promo-promo menarik, dan lain sebagainya.

Di masa pandemi seperti saat ini, lebih banyak orang berada di rumah. Mereka melakukan aktivitas mulai dari bekerja hingga berbelanja menggunakan smartphone. Dengan promo-promo menarik yang ditawarkan oleh Telkomsel yang bisa diakses melalui Veronika, pelanggan bisa dengan mudah memilih promo-promo yang diinginkan.

Pun dengan kuota internet. Bila pelanggan membutuhkan layanan cek kuota, Veronika bisa diandalkan karena memiliki 6 aplikasi layanan yang bisa dipilih. So, jika salah satu layanan tengah bermasalah, masih ada 5 pilihan lainnya. Praktis, mudah dan aman.

2. Tukar Poin Telkomsel

Setiap mengisi kuota, kamu akan mendapatkan poin. Nah, dari poin-poin ini kalau dikumpulkan bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik atau undian ciamik. Kamu mau milih hadiah apa? Ada Toyota Yaris, pulsa Telkomsel 1 juta, Samsung Galaxy A02s, Samsung Galaxy Note20 Ultra dan Yamaha Nimax.

Beberapa kategori yang bisa dipilih saat kamu memiliki poin berlebih adalah menukarkan dengan produk health and beauty, makanan, donasi, telko, belanja, hiburan, jalan-jalan, undian, serta sport dan edukasi.

Beberapa waktu lalu, karena aku lagi pengen banget punya Samsung Galaxy Note untuk kebutuhan kontenku, jadi aku tukarkan deh poin yang aku miliki dengan smartphone kece tersebut di aplikasi. Memang, kemungkinan menangnya gak banyak, tapi bukan berarti gak ada kesempatan kan?

3. Mengetahui lokasi GraPARI terdekat.

Aku iseng bertanya mengenai lokasi GraPARI terdekat di Pekalongan. Veronika langsung memberikan lokasi terdekat yang aku maksud. Untuk bertanya mengenai lokasi jangan lupa aktifkan fitur share location di ponsel kamu ya. Soalnya nih, kalau kamu gak mengaktifkannya, Veronika juga gak bakalan bisa deteksi lokasi kamu lagi dimana.

4. Membeli kuota internet dan pulsa.

Pandemi, hujan deras plus banjir kayak di Pekalongan beberapa waktu ini. Males gak sih kalau kamu harus menerjang banjir demi kuota. Nah, kamu bisa membeli pulsa via Veronika. Lebih praktis, hemat energi, dan waktu.

Namun tentunya sebelum membeli pulsa atau kuota internet saldo di dompet digitalmu mencukupi ya. Kalau nol ya sama aja boong, hehehe. Semua mah sekarang serbadigital. Apa-apa tinggal klik-klik, tap-tap. Apa enggak dimanjakan kamunya?
Aturan-aturan mengenai kode OTP saat berinteraksi dengan Veronika Telkomsel. Kode OTP (One time password) adalah deretan angka penting yang keberadaannya tak boleh dibagikan sembarangan. Layaknya kita mendaftar layanan Whatsapp atau membuat akun ojek online pertama kali, kita akan diberi kode angka lewat sms, biasanya 6 angka. 

Kode OTP ini sifatnya rahasia sehingga yang bisa mengetahuinya adalah pemilik akun. Bisa ada yang meminta untuk dikirim kode tersebut, jangan pernah mau. Bisa jadi itu tindakan untuk meng-hacking akun yang kita miliki.
Beberapa waktu lalu, seorang teman akunnya terhack karena membagikan kode OTP secara sembarangan. Dia dikirimi pesan via WA agar mengirimkan 6 angka yang bertuliskan huruf Thailand. Modus si penipu meggunakan embel-embel suatu nama minimarket dan mengatakan bahwa kode tersebut merupakan sandi game yang nyasar.

Tak curiga sama sekali, temanku ini memberikan kode OTP tersebut ke penipu. Beberapa waktu kemudian, akun Whatsapp yang dimiliki temanku ini telah berganti pemilik. Dari sinilah, dia kemudian mewanti-wanti ke media sosialnya agar tidak membagikan kode OTP kepada siapapun. Katanya "Cukup aku saja yang kena, yang lain jangan". Wah..wah, udah kayak Dilan dan Milea aja ya.

Nah, melihat begitu pentingnya kode OTP ini, layanan Virtual Telkomsel pun memiliki aturan ketika berinteraksi dengan pelanggan :
  • Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, interaksi pelanggan melaui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.
  • Jika pelanggan melakukan permintaan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, maka interaksi pelanggan melaui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.
  • Jika pelanggan salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak sembilan kali, maka interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 1x24 jam.
Dengan adanya aturan tersebut, Veronika Telkomsel bisa mengenali apakah itu memang berasal dari user pemilik nomor atau dari penipu yang hendak mengambil alih kartu yang user miliki. Well, sebagai pengguna Telkomsel yang baik, kita harus memahami itu ya!

Beberapa Larangan yang harus diperhatikan user ketika melakukan chatting menggunakan Veronika, si asisten virtual dari Telkomsel :
  • Dilarang menggunakan bahasa hujatan, cacian dan bahasa kasar lainnya.
  • Dilarang iseng mengirimkan konten vulgar yang tak pantas dilihat.
  • Dilarang memberikan informasi palsu yang tak memiliki hubungan dengan layanan Veronika
  • Diarang menyebarkan sentimen-sentimen SARA yang mampu memunculkan konflik pada pesan.
  • Dilarang mencari nama "Mantan" di layanan Veronika Telkomsel (dijamin gak bakal ketemu karena mbak Veronika bukan biro jodoh wkwkwkw).
Meskipun Veronika merupakan asisten virtual yang tak memiliki perasaan---yang notabene kamu hujat pun gak bakalan baper---berkomunikasi dengan Veronika pun memiliki larangan tak tertulis. 

***

Andaikata Tanya Veronika sudah aku kenal ketika membuat skripsi dulu, mungkin aku gak bakal keteteran nyari kuota yang habis tiba-tiba, di malam hari pula. 

Aku gak perlu bingung nyari konter yang masih buka hanya untuk beli pulsa atau kuota internet. Apalagi, waktu di tempat kos dulu, lokasi konter pulsa sangat jauh. Biasanya aku pakai sepeda untuk menuju kesana.

Nah, berikut ini merupakan tampilan chat yang pertama kali bisa didapati pelanggan apabila hendak menggunakan layanan asisten virtual Veronika.

Ingat, seperti yang udah aku ungkapkan sebelumnya mengenai larangan chat, gunakan bahasa yang sopan dan umum sehingga mudah dipahami oleh robot virtual layanan ini. Utamanya, jangan pernah nyari nama "mantan" di chat, okey!! Soalnya percuma. Gak bakalan ketemu!!

Baiklah kawan Naramutiara, itu dia pengalaman dan ulasan mengenai aplikasi Veronika Telkomsel. Cukup dengan memainkan smartphone di tangan sembari rebahan, kuota atau pulsa udah dengan santuy menemanimu mengerjakan skripsi plus streaming video tanpa khawatir.

Yak, akhir kata cuma mau ngomong, bravo Veronika Telkomsel! Terima kasih telah hadir untuk pelangan-pelangan tercintamu di Indonesia. Salam hangat.