Rabu, 19 Februari 2020

Suka Film Horor Hollywood? Ini Rekomendasi Film Terbaik Ala Naramutiara

Siapa disini yang suka banget ngendon depan layar laptop atau televisi untuk nonton film horor? Kalau itu kamu, berarti kita samaan, toss dulu donk!! Film horor memang selalu mampu membuat adrenalin dalam diri kita tertantang. Apalagi jika adegan jumpscarenya banyak. Jantung harus bersiap-siap mendapatkan kejutan setiap saat. Nah berkenaan dengan film horor nih, aku mau merekomendasikan beberapa judul film yang mungkin kamu akan suka. Eh tapi ini film horor holywood lho ya bukan Indonesia. Soalnya kalau horor Indonesia, aku baru lihat beberapa aja yang kuanggap bagus.

By the way, film-film ini kurekomendasikan bukan berdasarkan anyarnya film alias keluaran terbaru. Tetapi berdasarkan pengalamanku selepas menontonnya. Ada sekitar 10 film horor holywood terbaik yang pernah aku saksikan. Well, yang kumaksud terbaik disini adalah berdasarkan jalan cerita, ending, hingga para pemain-pemainnya. Film-film tersebut bukan hanya film terbaru yang akhir-akhir ini tayang, tapi aku juga lawas yang menurutku bagus dan rekomended untuk ditonton. Penasaran film apa sajakah yang menjadi favorit naramutiara selama ini?

1. Sleepwalker (1992)
Sleepwalker merupakan film horor yang diadaptasi dari karya Stephen King. Bagi pecinta film horor, pastinya tahu donk siapa Stephen King itu? What!! Gak tahu. Waduh. Kamu berarti perlu memperbanyak informasi nih mengenai Stephen yang berhasil membuat karya-karya ciamik. memang, yang pernah aku baca, film ini bukan karya terbaik dia, apalagi karena ada beberapa adegan yang dirasa aneh. Hanya saja, untukku yang saat itu masih kecil, film ini berhasil membuat aku tak bisa tidur semalaman. 

Berkenaan jalan cerita Sleepwalker, aku hanya ingin menginformasikan bahwa itu tak bercerita mengenai pembunuhan atau orang yang berjalan saat tertidur. Namun bercerita tentang mahluk bernama Sleepwalker. Entah, aku bingung alasan Stephen memberi judul tersebut. Soalnya mereka bukan mahluk yang muncul setiap malam ketika jam tidur.

Sleepwalker merupakan mahluk yang ada setiap waktu dan bisa mencari mangsa kapanpun, hanya saja mereka memiliki kelemahan. Mereka takut pada Kucing. Hah, kok bisa? Ya lihat aja sendiri filmnya. Ini film udah cukup lama sebenarnya, sekitar tahun 90-an. Jadi wajar jika gambar hingga pemerannya masih jadul gitu. Dari segi cerita juga masih banyak sesuatu yang kurang greget. Mungkin karena keterbatasan alat atau gimana, entah. Namun, sebagai pecinta horor, tak ada salahnya kamu menilik ke film jadul ini untuk melihat ceritanya.

2. Doctor Sleep (2019)
Film rekomendasi yang kedua ini juga merupakan karya Stephen King. Tapi jangan salah. Meski ada kata Sleep di dalamnya, film ini gak ada hubungannya sama sekali dengan film Sleepwalker.

Doctor Sleep merupakan sekuel dari The Shining--film yang dibuat pada tahun 1980--yang berlatar pada sebuah hotel. Awalnya aku kurang ngeh juga dengan ceritanya, karena aku belum pernah menonton film pertamanya, The Shining. Tetapi, setelah melihat lebih lanjut, ternyata Doctor Sleep ini hampir mirip ceritanya dengan Mrs Peregrin's Home for Peculiar Children, yakni berkenaan dengan anak-anak spesial yang diburu. Nah kata "Shining" pada film pertama ternyata merajuk pada anak-anak dengan kemampuan bersinar atau kemampuan luar biasa. Gampangnya tuh anak indigo gitu, yang punya kemampuan bermacam-macam.

Well, konflik yang terjadi nantinya, si pemeran utama (Danny Torrance) yang udah dewasa harus menyelamatkan anak-anak istimewa yang diburu oleh makhluk penyerap energi. Kesanku ketika melihat film ini cukup gemas, apalagi memasuki adegan Danny harus bekerjasama dengan salah satu anak bernama Abra (Kyliegh Curran) untuk melawan kelompok  bernama The Hat yang dipimpin oleh perempuan bernama Rose (Rebeca Ferguson).

3. Get Out (2017)
Film Get Out merupakan film yang aku sukai. Bukan bercerita horor hantu sih, tapi semacam horor psikologis karena ini berhubungan dengan praktis hipnotis. Nah, yang jadi masalah dalam film Get out adalah mengenai hilangnya orang-orang kulit hitam. Sepintas membaca saja, mungkin dari kalian ada yg berpikir bahwa film ini cukup rasis. Yap, memang. Aku juga berpikir begitu.  Get out mengambil sudut pandang perbudakan yang dilakukan oleh orang-orang kulit putih.

Cerita bermula ketika Christ Washington (Daniel Kaluuya) diajak oleh pacar kulit putihnya, Rose Armitage (Allison Wiliams) untuk datang ke rumah. Rose bersikeras akan memperkenalkan Chris pada keluarga besarnya yang tinggal di sebuah rumah di tengah hutan. 

Saat pertama membayangkan lokasi rumah Rose yang ada di tengah hutan, aku udah menduga kalau ada sesuatu dengan keluarga Rose. Dan ya, permasalahan pelik Chris hingga rekan-rekan kulit hitam lainnya mulai terkuak satu persatu ketika memasuki rumah tersebut. Ada misteri besar di balik tingkah manja Rose terhadap Chris. Apakah itu? Nonton aja langsung filmnya ya.

4. It 1 dan 2 (2017 dan 2019)
Bagi kamu pecinta horor, rasanya gak mungkin bakal melewatkan film yang satu ini. Dengan tokoh antagonis berbentuk badut, It mampu membuat penonton menjadi phobia dengan sebentuk badut. Apakah badut menurutmu lucu, atau menyeramkan seperti persepsiku?

Sebenarnya, kalau ngomongin badut, aku memang merasa cukup bergidik. Bahkan jauh sebelum aku tahu film It. Aku sudah takut dengan badut. Yayaya, munculnya Penywise dalam film ini cukup membuat banyak orang tak bisa tidur. Apalagi It juga memiliki sequel yang gak kalah seru dari film pertamanya.

It bercerita tentang kumpulan anak-anak yang melawan badut kejam bernama Penywise. Diketahui bahwa kota Dery sering terjadi kehilangan anak-anak yg mana tak pernah ditemukan. Setelah melalui proses mencari, anak-anak itu menemukan fakta bahwa Penywise merupakan dalang dibalik hilang dan meninggalnya anak-anak di Kota Dery.

5. Crimson Peak (2015)

Sebelumnya secara terpisah, aku pernah mengulas mengenai  film Crimson Peak. Kalau ingin membacanya kamu bisa mengkliknya di Review Film Crimson Peak : Perpaduan Sempurna Cerita Horor dan Fantasi. Film horor ini bagiku sangat bagus. Sebuah gabungan antara thriller dan horor hantu-hantuan. Yah, meskipun disini hantu bukan menjadi poin utama, namun tetap masuk menjadi bagian penting cerita.

Oke sedikit kubahas, film ini dimulai dari tokoh bernama Edith Cusning (Mia Wasikowska) yang memiliki kemampuan bisa melihat hantu. Suatu hari ia bertemu dengan arwah ibunya yang mengatakan "Hati-hati dengan tempat bernama Crimson Peak". Edith tak paham dengan peringatan ibunya dan melupakan itu, hingga ia bertemu laki-laki bernama Thomas Sharpe (Tom Hiddlestone). 

Serasa memiliki banyak kesamaan, Edith akhirnya jatuh cinta pada Thomas. Nah, dari sinilah konflik dimulai. Ternyata Thomas dan saudarinya, Lucille Sharpe (Jesica Chastain), memyimpan rahasia yang mengerikan di rumah sebuah rumah bernama Allerdale Hall. Rahasia tersebut merupakan sesuatu yang bisa membahayakan kehidupan Edith. Seperti apa bahaya yang mengancamnya? Penasaran kan pastinya? Kamu bisa lihat sendiri filmnya. Film ini merupakan garapan sutradara terkenal Guillermo Del Torro. Well, dijamin kamu yang menontonnya gak akan menyesal.

6. Lights out (2016)
Aku menonton film Lights Out sekitar tahun 2018 lalu, padahal film ini udah tayang 2 tahun sebelumnya. Nah, bagiku, film horor yang satu ini telah sukses membuatku takut kegelapan. Bagaimana enggak? Poin utama dari ceritanya adalah mengenai sosok hantu yang muncul ketika gelap.

Adegan cerita bermula pada seorang wanita yang melihat sebentuk mahkluk setiap mematikan lampu di gudang. Ternyata 'sesuatu' tersebut berhasil membunuh pemilik gudang yg tak lain adalah suami dari Maria Bello. Maria memiliki 2 anak tapi berbeda ayah. Anak pertama bernama Rebecca (Teresa Palmer)---pergi dari rumah setelah kematian ayahnya---dan anak kedua bernama Martin.

Martin berusia sekitar 10 tahunan lah. Dan ia selalu takut dengan gelap. Alasannya, Martin tahu setiap kali lampu mati, akan ada sosok mengerikan yang memghampirinya. Sebenarnya ia berniat kabur dari rumah, namun karena merasa kasihan dengan ibunya yg tengah sakit (secara kejiwaan terganggu) ia tetap tinggal dirumah.

Nah, suatu hari saking gak kuatnya, Martin kabur dan menuju rumah kakaknya, Rebecca. Disana, Martin bercerita bahwa ia selalu didatangi sosok memgerikan yang muncul setiap gelap. Itu sebabnya ia tak pernah berani tidur dengan mematikan lampu.

Merasa adiknya memiliki gangguan yang sama, Rebecca kemudian berusaha menenangkan dan mencari tahu mengenai makhluk tersebut. Ternyata, itu berhubungan dengan masa lalu Sang Ibu dan menguak rahasia yang tak Rebecca tahu. Well, kalau menurut aku pribadi, ceritanya serem banget. Aku aja yang nonton sampai gregetan dan selalu menyalakan lampu. Bagi kamu yang pengen banget tahu kelanjutannya, bisa nonton sendiri ya. Aku gak mau terlalu banyak spoiler hehe

7. Mama (2013)
Apa yang ada dibenakmu kalau aku menyebut kata Mama? Pastinya akan muncul sosok wanita yang melahirkan dan membesarkanmu bukan? Ya, kamu memang tak salah. Namun kali ini, aku ingin membahas horor yang judulnya Mama.

Mama merupakan film horor yang rekomended untuk ditonton menurutku. Cerita bermula ketika seorang ayah (Jeffrey) dan 2 anaknya (Lily dan Victoria) mengalami kecelakaan jatuh ke jurang. Usut punya usut, si ayah ternyata berniat membunuh kedua putrinya karena stress setelah mengalami masalah keuangan.

Nah, sebelum si ayah menembak dua anaknya di sebuah pondok (setelah berhasil keluar dari mobil yg jatuh ke jurang), tak disangka dari belakang dia ditarik oleh sesuatu dan membunuhnya. Lily dan Victoria selamat. Namun mereka dirawat oleh sesuatu yang mereka panggil Mama.

Beberapa tahun kemudian, saudara kembar si Ayah yang bernama Lucas berusaha mencari keberadaan 2 keponakan itu melalui petunjuk yang dikumpulkan. Mereka kemudian menemukan Lily dan Victoria dalam keadaan yg memprihatinkan. Kedua anak itu bertingkah seperti binatang, yang berjalan merangkak.

Melihat kondisi tersebut, Lucas membawa keponakannya ke psikiater untuk disembuhkan. Victoria yang saat itu berusia 7 tahun mampu mengenali pamannya yang ia kira ayahnya, namun Lily, ia masih liar meski telah lama dirawat.

Nah, konflik dari cerita Mama tuh memuncak ketika kepindahan 2 anak itu bersama Lucas dan kekasihnya, Anabel. Selain terancam tak bisa mengasuh karena mereka dianggap tak mampu secara finansial, Lucas dan Anabelle juga terancam oleh sosok Mama yang selama 5 tahun mengasuh Lily dan Victoria. Si Mama ini berusaha mengambil kembali kedua anak itu untuk dibawa ke hutan.  Pada momen inilah yg menurutku epik. Ada perjuangan hebat dari Lucas dan Anabel. Dan ya, hal yang menurutku utama dari cerita ini adalah cinta keluarga.

8. Darkness Falls (2003)
Memurut mitos luar negeri, katanya kalau gigi susumu copot, kamu harus menaruhnya dibawah bantal. Kenapa? Karena Peri gigi akan mengambil dan menggantinya dengan emas. Tapi ada syaratnya, jika kamu mengintip Peri gigi maka kamu akan mati.

Kurang lebih cerita Darkness Falls dimulai dari percakapan antara seorang anak dan ibunya mengenai Peri gigi. Nah, pada suatu malam ketika hendak tidur, si anak merasa didatangi sosok berjubah hitam, penasaran dengan wujud itu si anak yang bernama Kyle mengintip. Sialnya, itu merupakan nasib buruk bagi Kyle. Si peri ternyata memburu siapapun yang melihat wajahnya.

Ibu Kyle malam itu terbunuh karena tak sengaja melihat wajah si peri gigi ketika mengecek kamar Kyle. Cerita berlanjut, Beberapa tahun kemudian Kyle telah dewasa. Namun ia masih takut kegelapan. Ia masih menyimpan puluhan senter dirumahnya. Suatu hari Kyle bertemu dengan teman masa kecilnya, Caitlin. Adik Caitlin ternyata punya nasib yang sama seperti Kyle. Dan mulai saat itulah, mimpi buruk Kyle kembali nyata. Mereka harus melawan si Peri gigi agar bisa bertahan hidup.

Menurutku, cerita Darkness Falls ini beneran bagus dan ngeri. Saat aku melihatnya, aku sempat jengkel dan berpikir. Kenapa sih gak nyiapin senter aja segudang atau kenapa malam terus sih. Geregetan terus rasanya pengen banget lampu dinyalakan setiap waktu. Yaps, si peri gigi ini takut banget sama terang. Mungkin hampir sama kayak film Lights Out. Ngaku suka horor, kudu nyari film Darkness Falls ini deh. Aku dulu saja nonton di TV, sebelum tayangannya dilarang karena horor wkwkwk. 

9. The Fog (2005)
Siapa disini yang suka nonton Smallvile, film series asal muasal Superman? Bagi kamu yang suka, pasti tak asing bukan dengan tokoh Clark Kent (Tom Welling) si pemeran utamanya. Baiklah, jika kamu kangen dengan aktor ini karena serial Smallvile udah selesai, kamu bisa menemukan si ganteng Clark di film horor The Fog. 

Bagiku The Fog mungkin bukan film terbaik yang mampu membuatku bisa berucap "Amazing" atau berteriak "Serem". Namun, The Fog cukup menghadirkan ketegangan dan rasa penasaran melalui ceritanya. Ceritanya berpacu pada klimaks dimana sebuah pulau bernama Antonio tertutup kabut misterius yang berasal dari lautan. Kabut tersebut ternyata mengganggu aktivitas di pulau tersebut dan membunuh orang satu persatu.

Ada alasan masuk akal mengapa si kabut menyerang. Ia ternyata hendak mengambil apa yang seharusnya diambil. Usut punya usut, kehadiran kabut tersebut berhubungan dengan kembalinya kekasih Nick Castle (Tom Welling) yang bernama Elizabeth Wiliams (Maggie Gracee) dari perjalanan dia. Lah apa maksudnya tuh? Bagi kamu yang penasaran bisa kok cari-cari filmnya langsung. Film ini memang bukan terbaik tapi bagiku ini cukup rekomended untuk ditonton.

10. The Conjuring (2013)
The Conjuring merupakan salah satu film horor yang rekomendasi untuk ditonton. Tahu kan dengan cerita Ed Warren dan Lorraine Warren yang memiliki kemampuan merasakan kehadiran makhluk gaib dan mampu menjelajah ke alam mereka.

Ya, bagi kamu yang pernah menontonnya dijamin bulu kuduk bakalan berdiri. Bagiku, adegan ketika Warren berada di sebuah pohon yang digunakan untuk bunuh diri itu cukup membuat bergidik. Tiba-tiba di belakang nya ada sosok melayang. Oh my god, adegan tersebut sontak membuatku ingin nutup mata pakai tangan donk.

Ed Warren dan istrinya akan mendatangi sebuah rumah yang dianggap angker, lalu berusaha mencari sumbernya dalam bentuk benda. Nah, biasanya si istri akan masuk ke dunia lain dan menjelajah sebentar untuk berkomunikasi dengan para hantu. Di film ini, musuh utama mereka sih emang si valak yang selalu mengganggu. Wujudnya seram berbaju biarawati. Kalau kamu sudah nonton Valak, kamu akan tahu bahwa ada hubungan antara film tersebut dengan film Conjuring. Udah pernah menonton film ini?

Gimana, apakah dari 10 film itu ada beberapa film horor yang kamu pernah lihat dan sukai? Jika ada, kira-kira film paling legend dan membuatmu bergidik ketakutan yang mana? Kalau aku sih film Lights out dan It. Soalnya aku memang gak sula gelap dan suka ngelihat badut. Baiklah, demikian rekomendasi film horor ala hollywood yang aku suka dan rekomendasikan. Untuk tahu lebih lengkap ceritanya, kamu nonton sendiri ya soalnya aku gak spoiler banyak :)

Salam....

Catatan :
Gambar-gambar film berasal dari google

4 komentar:

  1. Tosss dulu haha, nonton horor ini suka bikin penasaran tapi di sisi lain suka bikin lemes kalau kebanyakan kena jumpscare ��

    Oh ya, coba deh nonton horor india macam "andhadun, stree, dan Pari", kisahnya original dan nyeremin juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah saatnya toss :D
      Aku pernah lho nonton horor India, emang serem2 sih. India filmnya bagus2 sekarang termasuk yg genre kriminal juga.

      Hapus
  2. Aku nonton Crimson Peak cukup sekali aja, lebih ke thriller emang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, lebih banyak thrillernya. Hantu adalah pemanis dalam cerita

      Hapus