Jumat, 25 Mei 2018

Belajar dan menyatu bersama Alam di Botani Sukorambi

Suatu hari, Nara dan kakaknya sedang berdiskusi mengenai rencana liburan mereka ke suatu tempat. Nara Ingin merefreshing pikiran sejenak setelah berkutat dengan kegiatan kampus yang demikian padat. Sang kakak, Dion, berusaha membantu adiknya untuk mencari tempat liburan yang indah namun mengedukasi.
Dion mencari informasi via media sosial mengenai tempat-tempat yang sedang hipe untuk dikunjungi. Namun, beberapa referensi tempat telah ia eliminasi dari daftar. Why? sebab Dion mempertimbangkan tempat yang tidak hanya indah pada pemandangannya tetapi juga mampu mengedukasi. Kemanakah mereka akan pergi berlibur?


Dion akan mengajak Nara untuk berlibur ke kabupaten Jember. Jember makin rame dan hipe karena tempat wisata yang memiliki pemandangan cantik namun tetap memiliki sisi edukatif. 

Kali ini, Dion akan berwisata alam di wisata Botani Sukorambi. Sebelum melihat mereka berlibur ke tempat wisata tersebut, ada baiknya kita mengenal dulu yuk tempat seperti apakah Botani Sukorambi itu.
Wisata Botani Sukorambi awalnya merupakan tempat rekreasi yang dimiliki secara pribadi oleh bapak Abdul Kahar Muzakir. Namun, setelah lahannya semakin diperluas, sayang rasanya jika tempat tersebut hanya bisa dinikmati secara pribadi oleh beliau dan keluarga. Pada tahun 2007 lalu, taman ini resmi dibuka untuk umum sebagai tempat wisata bernuansa edukasi. 

Wisata Botani Sukorambi memiliki letak yang cukup strategis lho Sob. Jarak antara tempat ini dengan kota Jember hanya sekitar 14 menitan jika menggunakan rute paling cepat. So, kamu gak perlu khawatir tersesat atau merasa bingung menyiapkan google map ketika handphone kamu lowbat. 
Hmmm, lokasi yang ideal ini jugalah yang telah menarik minat Dion dan Nara untuk berkunjung kesana lho. 

Baiklah Sob. Selanjutnya, mari kita menjelajah lebih jauh kedalam Wisata Botani Sukorambi, yang merupakan salah satu destinasi wisata Jember. Ada apa aja sih di tempat wisata ini? Mengapa wisata Botani Sukorambi ini rekomended buat kamu para traveller sejati. Nara dan Dion akan ngasih tahu kamu semuanya. 
Sebagai tempat refreshing dan liburan, Wisata Botani Sukorambi memiliki berbagai sarana rekreasi yang akan membuat kamu betah. 

Hmm, apalagi bulan ini bulan ramadhan. Biasanya, akan banyak orang mencari referensi untuk ngumpul menjelang buka puasa. Wisata Botani Sukorambi sangat cocok dijadikan tempat ngumpul untuk ngabuburit. 
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com
Menyenangkan ya rasanya ketika bisa refreshing ke tempat yang keren sekaligus edukatif. Biar seru, kamu bisa lho ajak banyak orang. Keluarga kamu, teman-teman organisasi atau sahabat kamu untuk menikmati panorama yang hijau nan segar khas pedesaan. 

Berikut merupakan wahana yang ada di taman Botani Sokorambi Jember.
Kamu suka sesuatu yang menantang? Jika iya, kamu bisa mencoba permainan flying fox Jungle. Dengan panjang sekitar 160 meter dan ketinggian 40 meter. Dijamin permainan ini akan mengolah adrenalin kamu. 

Masalah Safety? 
Kamu gak usah khawatir Sob. Wisata Botani Sukorambi sangat memperhatikan tingkat keamanan bagi pengunjung. Ada beberapa alat pengaman untuk kamu ketika mencoba permainan ini.
Sunber gambar : Google image
Di permainan ini, kamu akan mendapatkan sensasi meluncur atau terbang menggunakan seutas tali mengelilingi hijaunya nuansa alam Sukorambi. Berani mencoba?
Flying Fox Tombro, apaan sih. Sama gak ya dengan Flying Fox Jungle

Jadi gini Sob. Permainan ini sama-sama ditujukan untuk kamu yang suka dengan tantangan dan permainan tali diatas udara. Hanya saja, flying Fox Tombro lebih ditujukan untuk pemula. Jika Flying Fox Jungle areanya berada di sepanjang perkebunan di Sukorambi, Flying Fox Tombro berada di atas air. So, kamu akan bermain basah-basahan disini. 

Selain itu, permainan ini juga tidak se-ekstrim Flying Fox Jungle. Panjang areanya hanya sekitar 100 meter saja. Jadi gak sepanjang area pada Flying Fox Jungle.

Meski beda dan untuk pemula, namun permainan ini sama-sama menantang dan patut untuk dicoba kok. Sebuah wahana yang wajib dinikmati ketika berkunjung kesini.
Bagi kamu yang suka dengan ketinggian dan ingin melihat pemandangan dari atas, rumah pohon akan menjadi sarana bagi kamu untuk melihat secara keseluruhan area Botani Sukorambi. Wahana ini sangat cocok dijadikan tempat berfoto dengan latar belakang alam terbuka. 

Jangan lupa siapkan kamera canggih kamu disini ya. Are you ready for becoming hitz with the view?
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com
Pemandangan hijau yang terhampar akan menyejukkan mata. Tapi ingat, rumah pohon ini hanya bisa dinaiki oleh maksimal 6 orang ya Sob. Jangan sampai kelebihan. Soalnya itu demi keselamatan pengunjung juga. Ditakutkan ketika overload, rumah pohon ini ambruk. Kan bahaya.
Area Outbond jenis mana yang kamu sukai dan menguji adrenalin. Outbond di air, udara atau darat? 
Sumber gambar : facebook taman botani Sukorambi 
Wisata Botani Sukorambi menawarkan tempat outbond yang bisa dicustom oleh pengunjung. Kamu bisa memilih jenis permainan apa pada outbondmu. Biasanya nih, ketika ada acara keakraban di organisasi kampus atau kantor. kamu akan butuh wahana ini.

Pengelola akan menyiapkan berbagai kelengkapan yang kamu butuhkan untuk outbond, baik berupa safety maupun peralatan penunjang.
Ada kabar gembira nih bagi pengunjung wisata Sukorambi. Di wisata ini, akan ada berbagai pilihan kolam renang yang disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung. 
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com
Ada kolam renang khusus dewasa, kolam renang khusus remaja, kolam renang pelangi, kolam renang khusus anak-anak, dan yang terbaru, disediakan kolam renang bagi muslimah. Well, bagi pengunjung muslimah, kamu gak perlu khawatir dengan kebutuhan privat kamu ketika berenang. 

Oh iya, yang spesial dari masing-masing kolam renang adalah airnya berasal dari pegunungan langsung. Bisa dibayangkan, kesegaran dan kealamian yang bisa kamu dapat ketika berenang didalamnya. Bukan hanya itu, lokasi kolam juga dikelilingi oleh hijaunya pepohonan dan kolam-kolam ikan yang menambah sensasi "swim to the nature"
Sob, kamu bosan dengan kendaraan itu-itu doank? 
Sumber gambar : Google Image
Kalau iya. patut dicoba nih, wahana berkuda yang murah meriah. Cukup dengan uang Rp 10.000, kamu berkeliling dan belajar berkendara menggunakan kuda. Tentu kamu gak perlu khawatir. Kamu akan didampingi kok oleh pawang kuda. Kamu bisa berkuda untuk melihat berbagai tanaman, hewan, dan berbagai wahana yang lain.

Saat ini ada tiga ekor kuda yang bisa membawa  kamu berkeliling menikmati indahnya wisata botani Sukorambi. 
Mungkin setelah seharian kamu bermain ditempat terbuka, kamu butuh asupan lokasi yang bukan hanya edukatif tapi juga menyenangkan. Perpustakaan. Yap, wisata Botani Sukorambi memberikan fasilitas baca yang diberi nama pondok baca.
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com
Perpustakaan atau pondok baca, dibagi menjadi dua ruangan. Lantai dua yang dibuat terbuka sehingga kamu bisa langsung melihat langit dan lantai satu dibuat tertutup. Di dalamnya, disediakan berbagai macam bahan bacaan seperti buku-buku keagamaan, pengetahuan umum dan tentunya mengenai botani mengenai tanaman-tanaman. 
Sob, buat kamu yang suka dengan tanaman dan hewan, terlebih buat para emak yang memiliki anak. Wisata Botani Sukorambi menyediakan berbagai sarana belajar mengenai flora dan fauna lho.
Sumber gambar :tamanbotanisukorambi.com
Berikut merupakan area untuk kamu yang pengen mengenal berbagai jenis flora dan fauna.
Horaaaa, tempat yang begitu edukatif dan membuat kamu bisa menyatu dengan alam. 
Memiliki Lahan Parkir yang luas

Holla, kamu takut ketika kamu berkunjung bersama keluarga bingung nyari parkiran buat kendaraan kamu. Gak perlu deh. Di Wisata Botani Sukorambi,  disediakan dua lahan parkir yang kendaraan. Bagian luar untuk bus dan truk. Pada lahan parkir ini bisa menampung hingga 10 kendaraan truk atau pun bus. Sedangkan untuk mobil ada di bagian dalam dengan kapasitas hingga 100 kendaraan dan kendaraan roda dua dengan kapasitas 200 kendaraan. Cukup luas buka?

Terdapat Wifi area bagi para pengunjung
Hayooo, siapa nih yang sering galau nyari sinyal buat hape? Kamu? Iya, nara akui, Nara juga begitu kok. 

Bagi pengunjung Sukorambi, kamu gak usah khawatir deh jika butuh sinyal. Disediakan wifi gratis untuk menunjang hape kamu biar tetap hits. Kalau kamu senang berswafoto dan update kegiatan kamu di medsos, melalui wifi yang disediakan, kamu bisa upload-upload dengan mudah.

Oh iya, jangan lupa untuk mengambil foto, selfie, atau video di tempat-tempat menarik di Taman Botani Sukorambi. Jaringan wifi ini bisa dijangkau pada area seluas delapan hektare tersebut.

Lokasi dekat dengan kota Jember

Seperti yang sudah Nara informasikan sebelumnya, lokasi wisata ini sangat dekat dengan kota Jember. So, kamu gak perlu khawatir akan tersesat atau bingung saat kamu gak punya map. Waktu yang bisa kamu tempuh sekitar 14 menit jika kamu menggunakan rute tercepat. 
Menyediakan toilet biasa dan untuk penyandang difabel

Taman Botani Sukorambi juga bisa melayani pengunjung yang memiliki keterbatasan fisik. Di berbagai bagian, pemandu dengan senang hati akan melayani kebutuhan pengunjung yang membutuhkan peralatan khusus. Salah satunya dengan menyediakan kamar mandi khusus yang disediakan bagi kaum difable.

Ruang rapat bernuansa alam
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com
Selain sebagai tempat rekreasi, Taman Botani Sukorambi juga memiliki fasilitas rapat untuk perusahaan. Di antaranya, ada Pondok Rapat Gaharu. Bangunan dua lantai itu bisa menampung hingga 30 orang sekaligus. Interior yang ada telah didesain sedemikian rupa sehingga memiliki kesan natural "Back to Nature"

Manajemen Taman Botani Sukorambi juga menyediakan berbagai fasilitas rapat yang lengkap. Seperti, viewer, alat tulis, papan, pengeras suara. Selain itu, disediakan pula makanan dan minuman kopi. Biaya sewa Rp 300 ribu untuk pemakaian selama 8 jam.

Harga Tiket masuk terjangkau

Dalam memilih tempat wisata apalagi ketika bersama-sama, harga menjadi bagian penting dalam daftar. Kamu gak usah khawatir deh dengan harga tiket masuk ke Wisata Botani Sukorambi. Harga tiketnya sangat ramah kantong. Jadi gak bikin kamu bokek. 
Itulah beberapa hal yang wajib kamu ketahui mengenai Wisata Botani Sukorambi. Meskipun Nara dan kak Dion belum pernah kesana, namun kami telah membuat daftar Jember sebagai kota yang ingin kami kunjungi nantinya. 

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk belajar untuk bersatu dengan alam disini. Ayookkkk kita cuzzz traveling!!!!


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger 

30 komentar:

  1. sayang banget pas aku kesana wifinya gak nyala, heheh but so far keren banget itu t4nya yah sist hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakah mas, sayang banget kalau gitu nih. Padahal wifi merupakan sarana menghidupkan hape hahaha

      Hapus
  2. Lucu ya dibikin cerita ala Dion dan Nara gini. Bagus.

    BalasHapus
  3. Woaaah banyak banget ya fasilitasnya. Suka banget karena selain edukatif, Surokambi juga ramah disabilitas. Kalau ke Jember jadi pengen ke sana xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, saya juga pengen banget bisa mbolang kesana. Yah, kalau udah ada rezeki lebih, inshaallah saya mau main ke Jember :)

      Hapus
  4. Mbak, harga tiket masuknya bersahabat banget ya dikantong. Bisa jadi rekomendasi nih kalau ke Jember. ajak keluarga bakal seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, biasanya sih kalau tiket untuk wisata ginian itu mahal mbak. Lha ini, bisa bawa satu leluhur mbak wkwkwk

      Hapus
  5. Dengan fasilitas yang memadai harga tiketnya murah banget ini menurutku.
    Wahananya bnyak ya, aku tertarik naik flying fox.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu hari bisa main kesana mbak hehe
      Saya juga belumpernah kesana.

      Hapus
  6. Botani sukorambi kerwn ya. Pangling lihat foto fotonya tuh di postingan ini. Semoga kelak bisa berkunjung kesana. Suka lihat rumah panggungnya itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, soalnya itu sedikit saya edit mbak. biar kelihatan lebih fresh dan kece :D

      Hapus
  7. Harga tiketnya bersahabat, dengan wahana yang lengkap. Pengin uji nyali berada di ketinggian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu coba wahana Flying Fox Jungle aja mbak :D

      Hapus
  8. Wiih rekomen banget nih mbak buat destinasi wisata daku, yaitu Jember. Lokasinya asyik, ada outbond, botani nya adem. Mau-mau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, rekomen banget pokoknya. Aku pengen nyoba suatu hari nanti :D

      Hapus
  9. Kayanya Jember makin ser sekaran yah, banyak tempat wisata yang bikin hapy dan sayang banget kalau ngga dijelajahi. Paling ngga sekarang kalau ke Jember udah tahu mau kemana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Jember memang bagus banget bang. Makanya buat saya jatuh cinta :D

      Hapus
  10. Wah Jember banyak ya ternyata destinasi wisatanya, saya kalau ke Jember biasanya cuma ke daerah kampusnya aja hehe.
    Btw animasinya lucu, bikin sendiri kah mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak bagus.
      animasinya saya buat sendiri, tapi karakternya saya modifikasi dari freepik mba :)

      Hapus
  11. Aku belum pernah ke Jember. Di sana ternyata banyak destinasi bagus ya. Merakyat juga harganya. Ke depan objek wisata emang bakal jadi andalan tiap daerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya begitu, bahkan sekarang wisata cukup menyumbang pendapatan yang besar bagi daerah mba. Makanya perlu dikembangkan :)

      Hapus
  12. Aku salah fokus sama kolam renangnya mbak, warna-warni begitu, lucuuukk! Jadi pengin ke Jember nih kan, sepertinya asyik main-main ke sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masih satu kolam mbak, masih banyak kolam yang lain hehehe

      Hapus
  13. Pengin nyobain flying fox jungle-nya mbak. Sepertinya menguji keberanian banget flying fox di atas hutan begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak, asal gak takut ketinggian aja sih. Untuk safety kayaknya udah bagus mbak :)

      Hapus
  14. Omg keren banget yes lokasinya cocok nih buat piknik bareng keluarga, tiketnya juga terjangkau banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak pengen ajakin keluarga kesini :)

      Hapus
  15. ditunggu nih mampir ke Jembernya. Tengkyu udah ikutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, semoga ada rezeki untuk main ke Jember hehehe

      Hapus