Kamis, 31 Januari 2019

Asus Zenfone Max M2 : Siapa bilang Smartphone Gaming Selalu Mahal?

Gaming, gaming dan gaming. Yap, setiap kali aku melihat sebuah ulasan mengenai smartphone baru, banyak sekali netizen yang kemudian bertanya mengenai kekuatan smartphone yang diulas untuk bermain game. Entah dari segi grafis, daya baterai, kejernihan layar hingga kekuatannya. Mengenai banyaknya pertanyaan itu, aku kemudian sadar bahwa game di smartphone bukan lagi dianggap sebagai fitur tambahan, tapi ia juga dijadikan patokan oleh pembeli untuk mengukur kualitas smartphone itu sendiri.

Berbicara mengenai game, di jaman kiwari ini, ia bukan sekadar hiburan bagi orang untuk melepas kepenatan. Seringkali, ia juga dijadikan media unjuk kemampuan. Unjuk ketepatan menembak, drifting, kekompakan, berpikir logis dan kreatif. Bahkan, diakuinya game oleh masyarakat Indonesia terlihat dari penyelenggaraan turnamen akhir-akhir ini. Aku sering mendapati sebuah lembaga baik pemerintahan maupun swasta mengadakan turnamen game seperti AOV, PUBGM, dan Mobile Legend.

Di tahun 2019 ini misalnya, pemerintah akan menggelar turnamen Mobile Legend bertajuk “Piala Presiden Esport 2019” yang dimulai babak kualifikasinya 28 januari 2019 lalu. Panitia turnamen ini tak main-main. Nantinya, penyelenggaraan turnamen akan ditangani langsung oleh Kantor Staf Presiden, Badan Ekonomi Kreaktif (Bekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bekerjasama dengan Indonesia Esports Premier League (IESPL).

Baiklah, informasi tadi adalah pertandingan game tingkat nasional. Belum lagi dengan pertandingan-pertandingan lainnya yang diadakan oleh organisasi tertentu. Pihak kampus atau perusahaan misalnya. Sungguh, seringkali aku melihat pamflet mengenai turnamen game online tersebar di media sosial. Ini jelas menginformasikan ke kita bahwa dunia game bukan lagi dipandang sebelah mata.
Besarnya minat masyarakat terhadap game juga terlihat melalui konten-konten di youtube. Ketika aku stalking di youtube, aku bisa dengan mudah menemukan para youtuber yang mengulas tentang game. Entah itu game PC, konsol atau mobile. Tak tanggung-tanggung, subsciber mereka begitu luar biasa jumlahnya, bisa mencapai ribuan hingga jutaan. Dan yang menarik, para subscriber youtuber ini terdiri dari berbagai kalangan baik perempuan, laki-laki, tua, remaja hingga anak-anak.

Gaming sendiri sebenarnya telah memiliki peminat sejak lama. Ada beberapa negara yang sudah memiliki group turnamen sendiri untuk ajang kelas dunia. Seperti turnamen Dota 2 oleh The internasional 7 misalnya. Ia telah berhasil mengumpulkan total dana hingga 24,8 juta dollar AS sebagai hadiah pada tahun 2017. Pemenang utama yakni tim Liquid berhasil mendapatkan hadiah sebesar 10,8 juta dollar. Bukan main! Jumlah yang demikian fantastis untuk hadiah turnamen game.

Nah, sejak diakuinya ajang e-sport di tingkat internasional, kemudian menginisiasi pemerintah Indonesia untuk mengadakannya. Masih ingat donk dengan ajang Asian games 2018 lalu? Jika kamu adalah orang yang getol mengikuti perkembangan ajang olahraga ini, tentunya kamu tahu kan kalau e-sports juga diperkenalkan dan dipertandingkan di dalamnya. 

Perkenalan itu kemudian diterima secara positif oleh masyarakat, terutama mereka yang menyukai game-game berbasis online. Dengan menjamurnya minat akan game membuat berbagai industri terkait game mulai menginovasi berbagai produk untuk mendukungnya. Industri perangkat game dan smartphone misalnya. Meskipun game seringkali dimainkan melalui PC atau konsol, namun kenyataannya pendapatan terbesar berasal dari game mobile. Seperti data yang dilansir oleh Global game report.
Sumber data : Presentasi gathering Asus Yogyakarta
Tentu, adanya angka yang tinggi terhadap penjualan game mobile, membuat industri smartphone mulai tergugah untuk menciptakan produk-produk yang bisa maksimal dalam memainkan game mobile. Tak terkecuali Asus. Besarnya potensi game dan e-sports di Indonesia, membuat Asus berusaha menciptakan produk-produk smartphone ramah gaming dengan berbagai level.

Beberapa waktu lalu, aku sempat hadir dalam acara perkenalan smartphone gaming oleh Asus. Muhammad Firman selaku head of marketing menjelaskan mengenai lini produk smartphone yang dibuat oleh Asus untuk memanjakan para gamer di Indonesia. Ada 3 level smartphone yang diperkenalkan.
Nah, dari ketiga entri level smartphone gaming buatan Asus di atas, yang akan aku bahas adalah mengenai Asus Zenfone Max M2. Meskipun berada pada urutan terakhir, bukan berarti smartphone ini minim spesifikasi lho ya. Ia hanya memiliki beberapa perbedaan dengan saudaranya, Asus Zenfone Max Pro M2 yakni spesifikasi baterai, kartu grafis dan desain. 

Namun demikian, ia juga tak kalah handal. Bagi pecinta game yang menginginkan performa lebih namun dengan budget yang ringan, Asus zenfone Max M2 bisa menjadi pilihan paling tepat. Well, kita tahu bukan ada istilah tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Baiklah, supaya kamu bisa jatuh cinta terhadap Asus Zenfone Max M2 ini, aku bakal mengulas beberapa hal berkenaan dengannya.
Beberapa reviewer gadget yang pernah mengulas mengenai smartphone Zenfone Max M2 memang pernah mengatakan, bahwa smartphone ini merupakan pilihan paling oke untuk pengguna yang menyukai gaming tapi memiliki budget standar. Well, meskipun rentang harga yang ditawarkan cukup terjangkau namun ia memiliki performa yang tak kalah saing kok. Nah, ini dia hal-hal yang bisa kamu dapatkan saat memiliki Zenfone Max M2.
Kalau berbicara soal kinerja, ZenFone Max M2 ini memang tak bisa disepelekan. Dengan dibekali SoC terkini Qualcomm Snapdragon 632 dan RAM hingga 4GB, kamu akan mendapatkan kecepatan akses yang tak main-main. No lag-lag club. Tak hanya cepat untuk bermain game, untuk aktivitas yang lain pun kamu gak bakal emosi karena drama kelemotannya.

Bagiku yang menyukai game-game seperti Angry bird, Plant vs Zombie, Dancing line, atau Sugar Crush. Smartphone ini sangat worth it.
Lalu, dalam menjalankan game yang cukup berat pun, ZenFone Max M2 masih cukup handal dengan beberapa ketentuan. 
Sumber : Youtube (Review Asus Zenfone Max M2 saat tidak full display)
BTW, penggunaan SoC terbaru membuat ZenFone Max M2 tampil dengan performa CPU 40% lebih tinggi dan performa grafis 10% lebih baik dari perangkat yang menggunakan Snapdragon 625. Smartphone ini sangat efisien dalam konsumsi daya sehingga tak ada drama "Hape setrikaan" atau "Baterai cepat habis". Apalagi dengan adanya pure android 8.1 akan membuat smartphone ini kinerjanya lebih ringan, lancar dan bebas hambatan.
Performa baterai merupakan salah satu fokus utama di seri ZenFone Max. ZenFone Max M2 menggunakan baterai lithium-polymer berkapasitas besar yaitu 4.000 mAh. Dengan keberadaan baterai yang berkapasitas besar ini mampu membuatmu beraktivitas lebih lama bersamanya. Sekadar informasi, baterai smartphoneku saja yang berkapasitas dibawahnya bisa bertahan hingga seharian, apalagi ini.
Baterai milik ZenFone Max M2 diproduksi secara khusus agar mampu standby di jaringan 4G selama 33 hari. Selain itu, smartphone ini juga bisa menemani penggunanya menonton video selama 21 jam, berselancar di internet menggunakan WiFi selama 22 jam, hingga bermain game selama 8 jam non-stop. Keren bukan?
ZenFone Max M2 merupakan smartphone pertama di seri ZenFone Max yang menggunakan layar 6,3 inci all-screen 19:9 HD+  dengan resolusi layar 1520 x 720.
Dengan visual yang lebih luas, aktivitas berselancar di internet, menonton video dan bermain game pun terasa menyenangkan. Layar pada ZenFone Max M2 juga membuat smartphone ini tetap ramping dengan ketebalan hanya 7,7 mm, lebih tipis dari pendahlunya yang memiliki ketebalan bodi hingga 8,7mm. Meski lebih ringkas, smartphone ini tampil lebih powerful dan hemat daya.
Dalam memilih smartphone, selain kinerja atau baterainya yang besar, kualitas kamera juga menjadi perhatian lho. Nah, untuk memanjakan pengguna dalam berfoto dan membuat video, Zenfone Max M2 ini telah dibekali kamera yang cukup baik.
Sistem kamera ganda di ZenFone Max M2 mengusung sensor beresolusi 13MP dengan aperture lebar f/1.8 yang bisa menghasilkan gambar dengan detail di situasi apapun. Kamera tersebut sudah didukung fitur AI Scene Detection yang memungkinkan ZenFone Max M2 mengenali 13 tipe foto.
Agar hasil pengambilan gambar tetap stabil dan tidak blur, kamera ZenFone Max M2 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS). Well, fungsi EIS sendiri adalah untuk kestabilan ketika membuat video. Pernah gak sih kamu kalau take video hasilnya goyang-goyang gak jelas. Padahal pengambilannya juga udah pas. Fungsi EIS ini untuk menstabilkan goncangan sehingga video yang kamu buat lebih teratur dan stabil.

Kok kamera keduanya cuma 2 Megapiksel? Yaps. Jadi fungsi kamera kedua di ZenFone Max M2 ini untuk menghasilkan efek bokeh di mode potrait sehingga hasil dari gambar yang tertangkap memiliki efek blur. 

Nah, bagi pecinta selfi, ZenFone Max M2 juga telah dibekali kamera depan dengan ukuran 8 Megapiksel lho. Dengan ukuran kamera depan ini, tentu saja akan membuat fotomu lebih bagus dan jernih. Saat berfoto selfi di malam haripun tak menjadi masalah karena kamera depan telah dibekali dengan flash.
Saat ini kebutuhan smartphone akan audio yang optimal dan berkualitas juga diperlukan. Adakalanya aku ingin mendengarkan musik-musik atau menonton film melalui smartphone yang kumiliki. Apalagi bagi orang sepertiku yang suka menyaksikan video-video gaming di youtube. Aku membutuhkan kualitas suara dari smartphone yang lebih keras dan jernih.

Well, agar pengalaman hiburan atau multimedia semakin maksimal, ZenFone Max M2 hadir dengan lima magnet speaker dengan metal voice coil. Lima speaker tersebut dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier agar menghasilkan suara yang jernih dan keras.
Ada 2 hal yang akan aku ulas mengenai keamanan pada smartphone ini. Yang pertama soal keamanan layar dan yang kedua adalah privasi smartphone itu sendiri. Soal keamanan layar, ZenFone Max M2 telah dibekali corning gorilla glass 6 yang dikenal sangat kuat. Ketika aku melihat review via youtube mengenai hape yang memakai anti gores ini, ia menjadi tahan banting dan tak mudah tergores. Padahal, ia dijatuhkan dan tergesek aspal berkali-kali. Amazing bukan?

Sekadar informasi, anti gores corning gorilla glass 6 juga dipakai oleh ROG Phone untuk mengamankan layarnya. Well, ini menjadi bukti bahwa Asus tak main-main dalam menciptakan ZenFone Max M2 ini. Kekuatan perlindungannya bahkan disamakan dengan smartphone level di atasnya.
Keamanan yang kedua adalah soal penjagaan terhadap privasi. ZenFone Max M2 telah dilengkapi fingerprint unlock dan face unlock. Keduanya mampu mengamankan datamu dari orang yang tak berkeprntingan. Dengan adanya konsep pengaman tersebut, kamu bisa membuka sandi di smartphonemu hanya dengan sidik jari atau wajahmu.

Baiklah itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui terkait dengan Asus Zenfone Max M2 ini. Memang, kebutuhan masing-masing orang akan smartphone berbeda-beda. namun demikian melalui penciptaan smartphone ini diharapkan masyarakat bisa memiliki alternatif membeli smartphone bagus namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Kalau kamu seorang reviewer game di youtube dimana membutuhkan spesifikasi gahar untuk game, kamu bisa membeli produk Asus pada level flagship, namun jika kamu sekadar mencari smartphone yang mumpuni untuk game tapi berharga murah, Asus Zenfone Max M2 adalah pilihan yang bisa kamu ambil.
Oh iya, ada hal menarik selanjutnya, yang kudapatkan berdasarkan informasi dari reviewer mengenai smartphone ini lho. Apakah itu? Ternyata eh ternyata, Asus Zenfone Max M2 ini sangat mudah untuk didapatkan gaes, baik melalui toko online atau offline. So, tidak ada lagi kata "Ghoib" pada smartphone yang satu ini.
Okay, setelah aku mengulasnya secara detail, bagaimana? Apakah kamu sudah tercerahkan dengan informasi mengenainya. Jika iya, sekarang kita tahu bukan bahwa smartphone gaming berkualitas pun tidak semuanya berharga mahal. Well, jika begitu, sudah siapkah kamu going to the Max bersama Asus Zenfone Max M2?


"Artikel ini diikutsertakan dalam Asus Zenfone Max M2 writing competition oleh Oom Yahya"

Sumber Informasi : 

https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-Max-M2/Features/

https://nasional.kompas.com/read/2019/01/28/15413631/pemerintah-gelar-turnamen-mobile-legend-piala-presiden-2019

https://iespl.id/pialapresiden/berita/baca/pemerintah-berkolaborasi-dengan-iespl-hadirkan-piala

https://jalantikus.com/tips/turnamen-esport-terbesar-di-dunia/

Presentasi Asus pada gathering Asus di Yogyakarta tanggal 17 Desember 2018

Press realease Asus Zenfone Max M2

48 komentar:

  1. Cocok nih buat para gamers.
    secara aku kl main game bisa ampe pagi sampe ter DO wkwkwk
    sukses mbak, infografisnya makin joss tenan,, terbaiquee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk Ya Allah main game sampai ter DO, yaudah yang penting sekarang kan sudah mulai belajar lagi :D
      Makasih mas Aldhi sudah berkunjung :D

      Hapus
  2. Kualitas Asus udah gak diragukan lagi deh, saya sudah membuktikannya sensise dengan Asus ZenFone Max Pro M1, yang ciamik speknya... Mantap ulasannya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, keren banget memang. Asus gak main2 kalau kasih spesifikasi ke produknya :)

      Hapus
  3. Keren bgt pokoknya mah buat casual gaming kayak kamu kak, sptnya itu kolam renang di Grand Zuri ra tho?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih makasih Bang, wah kok kamu tahu kalau itu di Grand Zuri hahaha

      Hapus
  4. Worth it untuk dimiliki dengan harga yang terjangkau untuk smartphone gaming Zenfone Max M2 ini, mbak
    Speknya ngedukung banget buat main game berat apapun,
    Smoga bisa meminang Zenfone Max M2 nya, mbak ^^
    btw ulasannya lengkap anet mbak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku juga suka dengan smartphone ini. Semoga bisa meminangnya haha
      Terima kasih ya mbak sudah mampir :D

      Hapus
  5. Ulasannya tersaji dengan mantab dan lengkap ... 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha terima kasih mba semoga bermanfaat ya. Terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  6. kayaknya aku tahu dimana foto main game itu diambil, ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapakah yang mengambil foto itu, aku lupa #Upss :D

      Hapus
  7. Saya sekarang pakai Asus Zenfone Max M2
    Baru sebulan ini. Suaranya mantap. Kecepatannya beneran kenceng

    BalasHapus
  8. iya ini harga tampilan dan baterenya bikin nyaman aman lho. Harganya berteman deh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, spek bagus dan harganya gak terlalu nguras kantong. Suka aku mbak sam nih hape :)

      Hapus
  9. Untuk spek kayak gitu, harga sekian termasuk affordable banget lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, bener banget mbak Disma. makasih ya sudah mampir :D

      Hapus
  10. Hpnya rekomended banget ya mbak, aku soale naksir juga. BTW suka dengan tampilan postinganmu mbak. Rame gitu deh foto2 menarik 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha makasih mba, itu sebenarnya lihat tutorial di youtube sih

      Hapus
  11. Smartphone yang mampu memberikan semua yang dimau oleh para gamers dan mampu menunjang kebutuhan mereka sepanjang waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kalau dilihat dari speknya emang udah menunjang banget buat kebutuhan

      Hapus
  12. Benar-benar ya, ASUS Zenfone Max M2 ini memanjakan para gamers banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, makanya aku suka banget sama nih hape :D

      Hapus
  13. Oh, ini beda toh sama yang Pro. Ternyata harganya lebih murah ya. Tapi kecanggihannya gak kalah sama yang pro. Pantesan anak bujangku mupeng banget sama hape ini. Kirain ini sama dengan yang Pro. Kalo gitu aku suruh dia nabung sendiri biar punya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini speknya hampir sama tapi lebih terjangkau harganya. Gak kalah kok mba ama yg pro hehe
      Makacih mba Nia dah mampir :D

      Hapus
  14. Lengkap banget ini mah, malah bikin aku ngiler pengen beli huaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe Makasih mba Ver, semoga bermanfaat ya informasinya :D

      Hapus
  15. Yg warna biru cantik yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga suka banget yang biru. Toss kita mbak :D

      Hapus
  16. Wow di Indonesia yg masuk ke industri gaming makin gede ya? Saya sih berharapnya suatu saat Indonesia jg banyak yg bisa bikin games keren dan dimainkan org luar jg :D
    Performanya bagus ya Zenfone Max M2 ini, jd pengen punya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak semakin banyak yang tertarik dengan dunia game.

      Semoga bisa punya mbak :D

      Hapus
    2. Aamiin, gud luck buat lombanya ya mbak :D

      Hapus
  17. Suka kesel kalo lagi main games, HP nya nge hank. Kalo pake HP gaming dari ASUS sepertinya ngegames jadi semakin asyik ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Oke oke aja emang nih hape. lancar jaya dah untuk nge game :D

      Hapus
  18. wah bener bener nih ya..dengan fitur yang mumpuni harganya terjangkau. BTW kalau buat ngegame lama cepet panas gak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga penasaran sih, tapi kata temenku yang udah punya gak panas mbak asal sesuai ketentuan aja, gak dipanjer seharian :D

      Hapus
  19. Yang ngga mahal dan punya spesifikasi bagus banyak.. seperti asus zenfone max m2 ini ya.. bakalan jadi best seller ponsel menurut aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mereka yang nyari spek bagus harga murah memang ini solusinya sih mbak, hanya saja smartphone ini memang kurang banyak reviewnya karena lebih banyak orang nyari di atasnya, Padahal ya sama2 bagus.

      Hapus
  20. Bagi pecinta gaming pasti senang banget ada Zenfone Max M1 ini karena selain memang handphone gaming juga harganya yang terjangkau

    BalasHapus
  21. yang seperti ini dibutuhkan para gamer dengan budget ga terlalu banyak.. oke lah ini cocok secara memang didesain buat gaming. Grafis dan baterainya mantap.

    Kalau memang hobi ngegame, untuk kelas entry disarankan pakai Zenfone Max M2,

    BalasHapus
  22. Dengan harga ringan di kantong dan spek yang mumpuni Zenfone Max M2 bisa mendulang sukses dancocok buat penggemar game yang butuh ketahanan baterai.

    BalasHapus
  23. Baru tahu ada istilah hape setrikaan. Hahahaha...ulasannya lengkap banget. Jadi pengen ganti hape deh. Hape gaming tapi harga terjangkau

    BalasHapus
  24. Ya ampuun, aku terpukau oleh tampilan foto-fotomu... hahaha...

    BalasHapus
  25. Ga cuma laptop yaa, brand Asus juga punya inovasi tersendiri untuk produk smartphone terutama bagi para gamers. ManTul!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bang, soalnya sekarang mah game itu dicari banget ama netijen hehehe

      Hapus