Rabu, 02 Agustus 2017

Aku, Motor Matic dan Oli Federal Pilihanku

Siang itu kulihat wajah emak begitu kesal. Padahal beberapa jam sebelumnya baik-baik saja. Usut punya usut, ternyata emak kesal karena motorku yang beliau kendarai ngadat dan hampir mogok di jalan. Duh

Kurang lebih seperti inilah percakapanku dengan beliau. Beliau heran dengan kondisi motor matic yang biasa kupakai berangkat kuliah mulai tak enak dikendarai.

 Beberapa saat kemudian


 Dan aku hanya bisa diam diomeli sama emak

Kata emak, motorku terasa berat banget tarikan mesinnya saat jalan. Kadang kayak mau berhenti mendadak gitu. Emak juga ngomel kalau aku jarang periksa busi dan ganti oli. Bener sih, tahu aja si emak, padahal beliau gak tahu tentang otomotif. Eh...

Walaupun gak tahu otomotif, tapi sebenarnya emak emang sering ngerawat motor matic itu sebelum kubawa untuk kuliah. So, beliau sedikit banyak paham kondisi motor saat lagi sehat atau ngambek.
Well, sebagai mahasiswi, motor merupakan bagian penting untuk mobilitasku. Apalagi di semester tua yang notabene kesana-sini nyari data buat skripsian, penting banget pokoknya. Dan lagi, aktivitasku juga gak hanya berkutat di kampus, aku juga tergabung dengan beberapa komunitas yang mengharuskanku bergerak aktif.

Mobilitas yang tinggi dan aktivitas selain di kampus yang padat, membuatku harus memilih motor yang mudah untuk kukendarai dan bisa membawa barang bawaan yang bejibun. Yap, aku memilih motor matic.

Mengapa??

Naik motor matic, aku gak harus secara aktif ganti persneling. Cukup pakai gas tangan aja, tuh motor udah bisa jalan secara otomatis. Apalagi kalau pemula yang sedang belajar mengendarai motor dengan jarak  yang jauh, motor matic sangatlah kompatibel dengan kebutuhanku. Bagiku, banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh penggunaan motor matic. 

Seperti yang udah aku omongin tadi, motor matic gak perlu gonta-ganti persneling apalagi kopling, sehingga dalam pengoperasiaannya cukup pakai gas tangan dan rem yang ada di kanan kiri bagian stir. 

Motor matic memiliki ruang untuk kaki yang cukup luas, sehingga kaki bisa bertumpu secara leluasa dan itu membuat terasa lebih nyaman. Selain itu, ketika membawa barang yang cukup besar, kapasitas ruang di kaki itu bisa digunakan. Dan perlu diketahui juga, bagi orangtua yang membawa anak, mereka juga bisa ikut leluasa berdiri diatas tumpuan kaki yang luas. 

Oh iya, aku pernah ada pengalaman di kampus. Saat itu organisasiku mengadakan suatu acara dan aku menjadi salah satu panitianya. Aku menjadi koordinator sie konsumsi. Saat hari H, aku harus membawa beberapa kardus air mineral dan itu cukup merepotkan. Untung Matic yang kupakai punya space kaki yang luas. Tuh kardus-kardus bisa kuselipkan di kaki dan kardus lain di bawa stafku yang membonceng.
So, aku gak perlu terlalu banyak mondar-mandir ngambil kardus. Soalnya sekali jalan udah bisa bawa 3 kardus.
Motor matic memiliki kapasitas bagasi yang luas untuk membawa beberapa barang. Tahu donk, barang bawaan cewek itu banyak banget. Biasanya aku membawa barang, mulai dari dompet, hape, jas almamater universitas, notebook, jas hujan dan lain-lain. Kalau misalnya tas udah penuh, biasanya aku naruh barang ke dalam bagasi motor. 

Nah ini juga penting nih, motor matic juga mudah ketika dioperasikan di jalan yang relatif nanjak seperti pegunungan. Lho kok mudah?
Iyap, soalnya ketika jalan nanjak itu dibutuhkan tenaga mesin yang optimal. Nah kalau pakai motor bebek, kita perlu aktif ganti persneling di kaki. Kalau yang udah mahir ya gapapa, tapi untuk yang belum mahir, jangan coba-coba ya. Bisa mundur nanti motornya karena salah atur persneling. Beda kalau pakai matic, kita cukup ambil ancang-ancang dan memperkuat gas yang ada di tangan saja. Dan bisa langsung cuzzz nanjak...

Okey, itulah beberapa  alasanku memilih menggunakan motor matic ketimbang motor jenis lain untuk aktivitasku di luar maupun di dalam kampus.
Oh iya, pada cerita awal ada percakapan antara aku dan emakku soal motorku yang ngadat.

Emang sih, semenjak aku pakai itu motor, aku jarang melakukan servis di bengkel. Yup, itu karena motorku saat kupakai baik-baik saja, selain itu aku cukup sibuk di berbagai kegiatan kampus maupun non-kampus. Nah, alasan lainnya adalah karena aku kurang paham perihal perawatan motor matic.
Suatu hari aku menghubungi salah satu temanku yang memahami segala hal yang berhubungan dengan otomotif. Sebut saja namanya Bang Oto. Aku nanya beberapa hal yang bisa aku lakukan agar motor matic-ku gak ngambek dan bisa sehat kembali. 
Sebulan kemudian aku hubungi lagi Bang Oto karena merasa motorku perlu servis (ngadatnya udah kerasa banget saat kupakai). Itung-itung minta saran juga untuk memilih perlengkapan motor seperti busi, aki serta oli. Ya maklumlah, aku awam banget soal itu semua. 
Hmmm, mungkin karena aku bukan anak teknik otomotif tapi anak fakultas ekonomi, jadi gak tahu banyak hal yang berbau otomotif. Padahal tahu tentang otomotif ternyata penting banget. Minimal tahu basic-nya lah.

Jangan ditiru ya Girls kebiasaanku gak peka sama motor....

Pesanku untuk kita para cewek nih, ternyata kita juga harus tahu banget loh kebutuhan motor kita (pengalaman, biasanya cewek lebih awam dengan informasi perawatan motor hehe). Soalnya kalau motor kita sehat, kita juga untung karena mendapat perjalanan yang nyaman. Iya gak?

Oh iya, Bang Oto juga menyarankan pemakaian Federal Oil untuk motor matic-ku. Ya, dia juga tahu kok, kalau motorku udah mulai ngadat karena kebanyakan keluyuran.
Federal oil Matic 2x Revolusi dingin merupakan oli motor yang telah dirancang secara handal untuk mendinginkan mesin motor matic. 

Federal Oil memiliki kandungan Viscoelastic Molecules yang berfungsi sebagai pelindung mesin dan Heat Protection Formula untuk mengendalikan mesin motor supaya memiliki dingin yang stabil. Karena formula handalnya itu, Federal menjadi oli motor terbaik dan telah teruji kedahsyatannya dalam mendinginkan mesin motor 2x lebih efektif.

Federal oil memiliki berbagai keunggulan dalam melindungi mesin motor. Apa aja keunggulan Federal Oil sebagai Oli motor matic ??
Check it Out gaess,
Well, dengan berbagai keunggulan yang diciptakan itu Federal oil memiliki manfaat dahsyat bagi motor matic kita. 
Saat motor dinyalakan, komponen-komponen dalam mesin akan saling bergesekan. Nah, gesekan yang berulang itu akan membuat mesin menjadi panas. Pada saat mesin panas, oli yang ada didalam pun terpengaruh untuk menjadi panas. Ini membuat performa mesin motor menjadi menurun dan secara tak sadar akan membuat pengendara memaksa menarik gas lebih dan lebih. 

Tentu, ini membuat bahan bakar menjadi terserap banyak. Berbeda ketika ada pelumas yang melapisi mesin motor. Federal oil memiliki manfaat melapisi mesin, sehingga gesekan antar komponen tidak terlalu berlebihan. Hasilnya, kinerja mesin lebih halus dan 2x lebih kencang. Pengendara tak usah susah payah nge-gas berlebih dan bahan bakar pun terserap secukupnya.
Federal oil bekerja secara optimal dalam melapisi komponen mesin dengan 2x revolusi dingin, suhu didalam mesin menjadi terjaga. Itu membuat mesin terbebas dari kotoran yang mengganggu kinerja komponen karena kotoran tersebut telah diikat secara optimal.
Coba kita amati pada air yang mendidih. Kalau air mendidih itu kita diamkan dalam kurun waktu yang lama, maka volume air didalamnya akan berkurang karena menguap. Begitupun dengan oli. Oli yang memiliki kualitas kekentalan (Viskositas) yang buruk akan mudah untuk mengalami penguapan. 


Why? 

Ia terpengaruh suhu panas mesin yang membuatnya menguap. Federal oil telah dirancang dengan formula Advance Active Moly untuk mengurangi gesekan dan Heat Protection Formula dengan pendinginan 2x lipat, sehingga panas yang dihasilkan mesin bisa distabilkan. Mesin yang memiliki panas yang stabil menjadikan penguapan oli didalam mesin terkontrol secara optimal.

Hasilnya, oli akan irit sehingga pelumasan didalam mesin tercukupi dan kinerja mesin akan 2x lebih efektif, 2x lebih cepat serta motor yang kita kendarai menjadi 2x lebih bandel.
Gimana Gaess dengan kehebatan Federal oil dalam melindungi motor matic kamu? Masih bingung dan males buat ngerawat motor? Mending jangan deh. Aku aja sekarang menjadi lebih hati-hati dalam merawat motor maticku. Ya iyalah, kalau dia rusak aku juga bakalan kerepotan nanti karena gak ada kendaraan untuk mobilitas kesana kemari.

Setidaknya omelan emak beberapa waktu yang lalu ketika mudik menyadarkanku kalau naik motor ngadat itu gak enak banget rasanya.

Oh iya Gaess, 

Di sini aku juga mau jelasin nih cara milih oli Federal yang pas untuk motor kamu. Jangan salah pilih ya, soalnya federal menawarkan beberapa pilihan untuk perawatan motor matic. Lha, trus kudu pilih yang mana?
Yaps, aku kasih tahu nih via bang Oto ya. Pokoknya kita kudu cermat. Jangan asal beli trus pada akhirnya gak jadi deh di pakai karena salah milih.


Yukk kita perhatikan penjelasan dari Bang Oto...

Federal Oil Y-Matic


Oli ini dibuat dan diformulasikan khusus untuk kamu yang punya motor matic ber-merk Yamaha dan Suzuki yang memiliki pencapaian odometer yang tinggi. Artinya apa??
artinya, ia digunakan untuk kamu yang memiliki motor Yamaha atau Suzuki keluaran lama. Untuk formulasi handalnya tetap sama kok yakni diperkaya dengan Heat Advance Formula untuk menjaga agar mesin tetap dingin.


Federal Matic 30 dan Federal Matic 40

Kalau dilihat sekilas hampir sama yah. Eitttss, tapi jangan salah. Meskipun warna botolnya sama abu-abu dan untuk matic, Ternyata kegunaannya berbeda lho. Federal Matic 30 di formulasikan untuk matic Honda keluaran terbaru yang memiliki cc besar (125-150). Nah kalau Federal Matic 40, Ia diformulasikan untuk matic Yamaha, Suzuki, dan merk Piaggio.

Federal Ultratech Matic


Oli yang memiliki cover warna orange ini diperuntukkan bagi kamu yang memiliki matic merek Honda. Nah, apa bedanya sama yang Federal 30??
Jadi, Federal Ultratech Matic ini untuk motor Honda yang sudah berusia kurang lebih 2 tahun ke atas. Beda lho ya? tadi yang Federal 30 untuk motor matic keluaran terbaru, Biasanya matic yang punya cc yang besar.

Well, selanjutnya aku akan menjelaskan mengenai oli disamping. Federal oil disamping adalah pelumas yang digunakan untuk melindungi gear atau roda gigi motor matic kamu. Dalam kendaraan bermotor, gear berfungsi untuk mentransmisikan daya yang pada akhirnya berpengaruh pada putaran roda motor kamu. Kebayangkan kalau gear motor kamu rusak. Pergerakkan roda yang harusnya lancar akan tersendat-sendat. Nah kalau gear rutin dirawat, diberi oli, kerusakan yang ia alami akan kecil. 

Ternyata banyak juga ya pilihannya. Sekarang tergantung dari merek motor kamu dan spesifikasi masing-masing motor. Memilih oli yang tepat merupakan salah satu hal penting yang harus kita lakukan untuk merawat motor kita. Terlebih lagi, jangan asal beli aja bagi yang masih awam (termasuk aku) hehehe

Gimana nih udah jelas atau masih perlu info lagi dari Abang Oto??

Hmmm kalau kamu memang masih butuh referensi/ informasi lagi untuk oli motor kamu, gampang. Kamu bisa kok kepoin semua info via smartphone kamu. Hah, emang bisa??
Bisa donk. Federal punya sarana untuk ngasih info ke konsumennya via aplikasi. Jadi kalau memang pengen tahu segala informasi atau berita-berita keren seputar perawatan motor dan otomoif. Kamu bisa install aplikasinya. Wooow, gak baik apa coba. Pokoknya Federal ngasih kita kemudahan banget deh.

Well, informasi tambahan nih untuk  kita pengguna matic. Walaupun satu jenis oli sama-sama untuk matic, tapi belum tentu sesuai lho dengan motor matic kita. Soalnya, masing-masing motor matic punya spesifikasi tersendiri. Perlu dengan cermat membaca dan memahami petunjuk pemakaian serta informasi dari referensi manapun. Bila perlu kita bisa langsung datang ke gerai Federal yang lebih terpercaya.
Nah saran aja, Kalau motor dirasa udah gak enak dikendarai, mending segera di servis ke bengkel terpercaya. Pilih orderdil maupun oli yang asli dan tepat.
Yaw, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa aku kasih tahu ketika kamu milih oli Federal. Yang asli yang kayak apa ya?
Biar kamu tambah yakin dengan pilihanmu, aku kasih nih info mengenai penghargaan yang udah didapat sama Federal oil dengan 2x revolusi dingin.
Woowww, keren kan Federal Oil?

Sipppp dah, sekarang saatnya kita peduli sama motor kesayangan kita. Jangan sampai ia ngambek dan buat kita kelabakan. 
Okay, selamat menjaga motor tercinta milik kita supaya tetap sehat dan nyaman untuk dikendarai.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Federal Oil 2x Revolusi Dingin.

Sumber referensi :

Federaloil.co.id dan informasi lain via Google.



DiPost oleh : Nurul Mutiara Risqi Amalia. 

14 komentar:

  1. Wah mantap kak postingannnya. Infografisnya menarik dan mudah dipahami orang awam seperti aku. Untuk urusan oli aku biasa serahin ke bengkel, ternyata motor matic pun butuh oli khusus juga. recommed deh federal oil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kak,
      Awalnya juga aku ke bengkel, tapi karena banyak aktivitas jadi ya jarang juga ke bengkel jadinya hehe

      Hapus
    2. Wawah ternyata urusan motor matic bikin ribet

      Hapus
  2. Pas banget sama motorku yg lagi ngadat gak jelasπŸ™†
    Makasih kak infonya sangat membantu sekali. Ternyata gak boleh pakai oli sembarangan ya duuuhhh khawatir deeh jadi pingin langsung service deh besok. Makasih banyak loh kaak.....

    BalasHapus
  3. Keren kak infografisnya, ceritanya juga renyah enak dibaca.. πŸ˜ŠπŸ˜‹
    Pengalaman motor ngadat hampir sama. Aku ada motor bebek, udah gonta-ganti oli blm nemu yg cocok.
    Boleh deh besok pake oli federal, recomended bgt nih... Mksh infonya kaak 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak wafer donk kalau renyah wkwkwk
      Oli Federal juga gak hanya untuk matic kok kak hehe

      Hapus
  4. Infografisnya mantap nih, bisa dicoba pake Oli federal motornya.. terimakasih atas infonya yang sunggguh bermanfaat

    BalasHapus
  5. Aku juga udah pake dong, dan motor jadi enak diajak keluyuran jauh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe keluyuran gak papa kak, asal tetap terjaga perawatannya :)

      Hapus
  6. wuidih....... ternyata oli federal sehebat itu ya...?
    nais artikel sist, ane jadi makin suka ke yang nulis eh oli federal maksudnya :D :D :D

    gambar dan desainya keren nih, bikin betah yang baca. mantapz!!!
    sukses ya!

    salam blogger dan salam hoki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe makasih kak, oli Federal emang uyeeee kak. Btw salam kenal ya 😊

      Hapus
    2. Tadinya bawa aja ke tukang service biar dikasih perbaikan kan udah beres

      Hapus