Kamis, 23 Februari 2017

Kekagumanku pada Jepang dan mimpi-mimpiku dimasa lalu

Seorang anak mendongak keatas, melihat sebuah benda terbang diantara awan-awan putih dan langit yang biru. Benda itu merupakan pesawat yang entah, membawa penumpangnya pergi kemana. Tak tahu. 

Anak itu terus menatap pesawat itu hingga kemudian hilang karena jauh dari jangkauan matanya. Di lubuk hati anak itu dia merasa bahagia. Bersama senyuman penuh harap, doa-doa dan impiannya, ia tersenyum melambaikan tangan. "Pesawat, suatu hari kau akan membawaku ke Jepang dan berkeliling dunia"

Dan, anak itu adalah aku. Kadang aku merasa konyol ketika mengingatnya. Haha, sebuah tindakan yang mengalir begitu saja dari anak SMP kelas 2 yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Ke Negeri sakura. Jepang.


***

Jepang. Sebuah negara yang berada di daftar paling atas dalam buku catatanku ketika masih SMP.
Suatu hari di sebuah pagi yang damai, aku pernah menulis cerita tentang Jepang versi anak SMP. Aku bercerita tentang Jepang melalui anime yang aku tonton. Salah satu Anime itu adalah InuYasha---sebuah anime dan komik karangan Takahashi Rumiko. 
Dari Inuyasha itu aku mulai mengenal Jepang dan menjadi tertarik lebih jauh tentangnya. Hal yang paling kuingat mengenai Jepang kala itu adalah bunga sakura dan gerbang berwarna merah yang selalu ada pada setting tempat di anime-anime yang aku tonton, tak terkecuali Inuyasha. 
Sumber : Google

Jujur, dulu aku memiliki keterbatasan untuk mengetahui lebih detail tentang Jepang. 
Yap, karena aku masih anak-anak dan fasilitas untuk searching informasi sangat terbatas di kotaku.

***
Seminggu yang lalu teman satu kosku diberi satu dus komik dari berbagai negara. Salah satunya dari Jepang. Setumpuk komik yang membuatku tertarik adalah komik yang berjudul The Law Of Ueki karangan Fukuchi Tsubasa. Komik tersebut melayangkan kembali pikiranku mengenai hal-hal yang membuatku mengenal Jepang dan ketertarikanku pada nya. The Law Of Ueki adalah salah satu anime yang pernah ku tonton bersamaan dengan Inuyasha kala itu. Ceritanya sama tentang persahabatan dan petualangan. 
Well, komik dan anime menjadi perantara pertama yang membuatku berpikir betapa luar biasa dan menariknya negara Jepang. Terutama mengenai budaya dan pemandangan yang tiada duanya, seperti Fuji-yama yang terkenal itu dan bunga Sakura yang mekar dengan Indahnya setiap kali musim semi.

Mekarnya bunga sakura merupakan hal yang paling ingin kusaksikan bahkan sampai sekarang. Hanami, atau biasa disebut festival menikmati bunga sakura yang mekar. Andai aku bisa merealisasikan keinginan menikmati "hanami" tersebut, bakal menjadi sesuatu yang terlupakan dalam hidupku.

Wait,...
Berapa lama ya aku menyimpan keinginan itu?

Aku sekarang kuliah semester akhir pada program manajemen di salah satu universitas di kota Jogja.
Bayangkan saja deh waktuku untuk mengagumi dan menyimpan keinginanku untuk pergi kesana telah terdiam sejak lama. Rasanya bahagia jika suatu hari aku bisa menginjakkan kakiku disana.

Ketertarikanku pada Jepang membuatku belajar bahasa Jepang secara otodidak melalui buku-buku dan terkadang setiap kosakata baru yang aku temui selalu kucatat sebagai bahan pembelajaranku. Ya, aku memang masih belajar dasar, namun setidaknya aku memahami beberapa kalimat yang biasa digunakan orang Jepang saat pertama bertemu seperti kalimat perkenalan sederhana.
Aku pernah bermimpi melakukan perjalanan ke Jepang setiap kali aku melihat pesawat yang lewat. Entah melalui program pertukaran mahasiswa, liburan atau berkesempatan belajar disana. Sepertinya akan menjadi momen tak terlupakan dan menyenangkan jika itu bisa terjadi.

***
HIS Travel dan HAnavi
Di suatu sore yang ceria di depan laptop, aku searching beberapa informasi penerbangan dan agen travel yang memiliki destinasi ke Internasional, terutama negara-negara asia timur. Dan,
Taraaa...
Aku menemukan HIS Travel Indonesia yang memiliki informasi lengkap seputar traveling ke luar negeri. HIS travel merupakan sebuah agensi yang menyediakan paket wisata dimulai dari jasa travel, hotel, penerbangan dan juga jasa pendukung perjalanan lainnya seperti Visa, penyedia informasi seputar perjalanan, dan persewaan wi-fi serta transportasi pendukung.

Nah, khusus untuk paket perjalanan ke Jepang, HIS travel berkolaborasi dengan Ana (All Nipon Airways) dalam melayani para wisatawan asing yang akan melakukan perjalanan liburan ke negeri sakura tersebut. Kolaborasi tersebut bernama HAnavi. 

Well, Kolaborasi itu bertujuan untuk memudahkan para traveller ketika memilih penerbangan dan hotel sebagai tempat wisatawan menginap. HAnavi menawarkan berbagai macam pelayanan dan informasi mengenai hotel yang bisa di booking oleh para wisatawan.

Why, I Love Jepang?
Okay, sekarang saatnya aku bercerita kenapa aku suka dan bermimpi untuk bisa menginjakkan kaki di negara Jepang?
Bagiku, Jepang merupakan negara yang kental dengan budaya dan pemandangan musim semi yang tak biasa. Lho, mengapa tak biasa?

Karena pada musim semi, Jepang akan berwarna pink. Yes, pink yang diakibatkan oleh bunga sakura yang bermekaran. 
Pemandangan bunga-bunga yang bermekaran itu tak biasa ditemukan di negara-negara lainnya. Mungkin untuk negara yang berdekatan masih bisa ditemukan. Tapi tak semuanya.
Nah pada saat Sakura bermekaran, terdapat sebuah kebiasaan di Jepang yang disebut Hanami.
Hanami merupakan aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Jepang setiap kali pohon sakura bersemi. Mereka akan duduk-duduk dibawah pohon sakura yang sedang mekar dengan indahnya sambil menikmati kebersamaan bersama keluarga, rekan kerja dan teman-teman sekolah.

Keunikan lain yang bisa kulihat dari negara ini adalah budaya disiplin dan kerja keras masyarakatnya, aku juga mengagumi budaya yang berasal dari warisan leluhur yang masih dilestarikan oleh masyarakat Jepang, bahkan oleh pemuda-pemudinya. Budaya-budaya tersebut diantaranya Ikebana, Hinamatsuri, upacara minum teh, dan termasuk Hanami.

Seperti yang aku ulas pada kalimat pertama paragraf sebelumnya, yakni tentang budaya disiplin masyarakat Jepang. Aku hanya berpikir menggambarkan mereka sesuai ilustrasi yang ada di pikiranku berdasarkan beberapa artikel yang kubaca.

Masyarakat Jepang sangat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan dan kepatuhan terhadap lalu lintas. Tidak hanya pengendara kendaraan pribadi, bahkan pejalan kakinya pun melakukan tindakan disiplin dan menempatkan keselamatan pada hal yang utama. Thats it....

Selanjutnya, kebiasaan masyarakat Jepang dalam bertransportasi umum. Menggunakan transportasi umum menjadi bagian dari perjalanan mereka sehari-hari. Seperti yang sering kuamati, kereta api masih menjadi sarana favorit masyarakat Jepang. Jika mereka melalui jarak yang dekat, mereka lebih suka berjalan kaki atau bersepeda, nah bagian inilah yang membuatku merasa kagum pada masyarakat Jepang. Tindakan yang ramah lingkungan dan menyehatkan.
Ketiga, ketertiban sekaligus budaya  yang membuatku kagum adalah mengantri. 
Sumber : Google

Mengantri merupakan cara yang dilakukan oleh orang Jepang ketika berada pada situasi yang ramai. Mengantri sangat membutuhkan kesabaran. Dan mereka bisa belajar untuk mengelola rasa sabar dan menghargai oranglain melalui kegiatan mengantri tersebut. Budaya yang sangat berarti untuk membentuk karakter baik.

Demikian hal-hal mengenai negara Jepang yang membuatku kagum. Mulai dari budaya, media hiburan anak (komik) dan pemandangannya. Aku jatuh cinta. Jika suatu hari aku bisa melakukan wisata ke Jepang sekaligus belajar secara langsung. Aku akan merasa begitu bahagia. Sekali lagi. Itu akan menjadi perjalanan tak terlupakan dan penuh dengan keajaiban.

Teringat untuk Wisata ke Jepang dengan cara cepat dan mudah??
Cek langsung HAnavi :)

(Artikel ini diikutsertakan dalam kontes blog Amazing Sakura oleh HIS Travel)


#HISAmazingSakura

Post by : Nurul Mutiara R.A (Manajemen A 2013 Universitas Negeri Yogyakarta)

2 komentar:

  1. weeeewwwww keren...
    komentarin punya aku dong...
    http://grandie.blogspot.co.id/2017/02/potret-jepang-di-musim-semi-how-amazing.html
    Thanks :D

    BalasHapus