Minggu, 03 Juni 2018

Menjadi Blogger Keren yang Tak pernah Pupus oleh Waktu

Awalnya aku tak menyangka mampu menjejakkan diri menjadi seorang penulis pada blog yang aku miliki. Blog milikku ini dibuat secara tak sengaja. Lebih tepatnya, karena aku remidi ujian TIK saat SMA tahun 2011 yang lalu. 

Ternyata ketika aku kuliah, ia telah menjadi sahabat karib sekaligus media bagiku untuk menyampaikan kreativitas dan ide-ide melalui tulisan. By the way nih ya, aku mulai membuka kembali blogku ini pada tahun 2015. Saat itu aku terinspirasi dengan sebuah tulisan milik blogger asal Buton bernama Bapak Yusran Darmawan. 

Cara beliau menyampaikan cerita dan menggoreskan kisah, benar-benar membuatku terinspirasi. Sedikit berbagi, sebenarnya, melalui tulisan-tulisan beliau itulah aku mampu merangkai sedikit demi sedikit cerita dan mengulasnya melalui blog. Ya, bagiku beliau merupakan salah satu kriteria blogger keren. Sosok yang menginspirasiku untuk menghidupkan kembali blog yang telah lama tertidur pulas. 

Baiklah, berbicara mengenai blogger keren nih ya, aku masih memiliki kriteria tambahan mengenainya. Namun, sebelum aku mengutarakannya, aku ingin melihat pendapat dari beberapa blogger kece disekitarku mengenai kriteria blogger keren versi mereka. Soalnya, keren itu relatif kan ya? hehe
Nah, itu dia pendapat dari beberapa sahabat blogger yang kukenal. Masing-masing memiliki pandangan yang begitu memukau mengenai sosok blogger keren. Apa kamu memiliki pendapat yang sama dengan mereka? Mungkin saja. Aku juga iya.

Oke, sekarang saatnya aku mengutarakan blogger keren menurut versiku ya. Ada enam kriteria blogger yang menurutku termasuk kategori keren. Beberapa kriteria mungkin sama dengan apa yang telah disebutkan oleh sahabat-sahabat blogger yang telah kuwawancarai. Apa aja kriterianya, ini dia!!!
Memiliki tulisan yang inspiratif artinya mengandung pesan-pesan mendalam kepada pembacanya sehingga para pembaca mampu menangkap pesan baik yang disampaikan blogger tersebut ketika menulis. Sedangkan memiliki tulisan yang informatif berarti memiliki beragam ilmu yang dibutuhkan oleh pembaca sehingga menambah pengetahuan pembaca. 

Yang lebih penting lagi, informasi yang disampaikan melalui tulisan bersifat aktual, bermanfaat dan jelas (No Hoax) sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. 

Oh iya, satu hal. Tulisan yang inspiratif, kalau bagiku biasanya mengandung pengalaman pribadi. Penulis blog bercerita mengenai pengalamannya selama hidup, baik itu pengalaman baik ataupun pengalaman buruk. Dia berusaha mengisahkannya dengan sederhana tetapi memiliki hikmah dan mampu memberi semangat bagi pembacanya. 
Nah, kalau berprestasi ini terkait dengan apa yang pernah diraih blogger selama dia menulis. Dia sering memenangkan kompetisi blog dalam berbagai event. Bagiku, blogger yang seperti itu termasuk blogger yang keren. Why? karena bisa memenangkan kompetisi berarti kualitas kontennya diakui. 

Jujur, aku awalnya juga merasa tertantang dengan blogger senior yang banyak menorehkan prestasi didunia perbloggingan, entah itu melalui kompetisi SEO atau kompetisi blog biasa. Maka dari itu, aku sering ikut kompetisi blog seperti mereka, meskipun aku jarang sekali mendapat juara. 

Ya, aku bahagia bisa turut berkompetisi dengan tulisanku sendiri. Setidaknya, aku harus belajar dari para blogger senior itu bagaimana cara berprestasi dengan menulis. 
Memiliki hubungan baik maksudnya, selain blogger tersebut berprestasi dan menginspirasi  banyak orang melalui tulisan, ia juga memiliki hubungan baik dengan orang disekitarnya. Karakter dia keren dalam ditulisan maupun di dunia nyata.
Karakter seperti itu misalnya, ramah, suka menolong saat dibutuhkan, supel, dan ceria. Banyak sebenarnya para blogger yang seperti ini, mereka selalu menampakkan kebersamaan ketika bertemu dalam forum terbuka. Mau berbagi dengan siapa saja dan tidak memilih-milih dalam pertemanan. Blogger yang memiliki karakter seperti itu menurutku keren.
Memiliki gaya penulisan tersendiri? Yap. Begitulah. Bagiku, blogger keren itu punya kekhasan ketika menulis. Ia memiliki kemampuan menuliskan ide-ide dalam tulisannya dengan bahasa yang interaktif dan mudah dipahami. Tidak terikat dengan banyak pertimbangan. 

Blogger yang demikian, ketika membuat ulasan benar-benar menggunakan gaya bahasa ala dia. Misal nih, dia menulis mengenai humor. Ya, dia tulis sesuatu yang lucu, meski kadang kata-katanya mengandung umpatan (but bukan umpatan yang terlalu sadis kok), tetapi tetap memiliki kualitas dalam penulisan. 
Taraaa, multitalent itu yang gimana yak?
Nah, menurutku blogger yang multitalent itu adalah blogger yang tidak hanya memiliki skill dalam menulis saja, tetapi juga memiliki skill lain seperti fotografi, desain grafis, membuat atau mengedit video dan lain sebagainya. 

Kadang, kalau aku ngelihat konten dalam sebuah blog memiliki foto-foto yang lucu dan cantik, aku penasaran dengan cara pengambilannya. Pas banget dalam pemilihan angle dan pencahayaan. Apalagi kalau blogger tersebut pandai memberikan tambahan grafis yang lucu-lucu. Wahhhh, jadi pengen belajar buat grafis kayak gitu.

Aku aja masih belum apa-apa dalam membuat grafis untuk konten blogku. Masih belum terlalu ekspert. 
Beberapa kawan blogger yang aku miliki, sudah begitu kenal dengan sesuatu bernama endorse. Yap, mereka selalu mendapatkan tawaran job menulis melalui blog yang mereka miliki. 

Keren, kok bisa? Iya donk.

Dengan adanya tawaran tersebut, otomatis blog yang dimiliki sudah cukup dikenal oleh berbagai kalangan. Namanya aja di endorse, berarti pihak yang mengendorse merasa udah percaya donk dengan blog yang dimiliki blogger tersebut. Ya begitulah.
Beberapa kriteria yang aku atau sahabat bloggerku sebutkan diatas adalah kriteria para blogger yang tak pernah pupus oleh waktu. Well, konten-konten yang mereka buat selalu kujadikan acuan dalam membuat tulisan di blogku. Konten-konten yang mereka buat akan selalu teringat sepanjang masa. Ya, itulah kriteria blogger keren versiku. Gimana dengan blogger keren versi kamu?


“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!

54 komentar:

  1. Banyak versi blogger keren itu seperti apa. Menurut saya, blogger termasuk keren kalau salah satunya tidak meninggalkan hutang. Maksudnya hutang bw. Soalnya selama ini banyak blogger yg komitmen mau saling bw tapi tidak bw balik alias ninggalin hutang2.

    Blogger yang tidak pernah membaca itu bukan blogger keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener-bener mba, itu masuk dalam karakter si bloggernya 👍

      Hapus
    2. Karena hutang itu harus dibayar... :)

      Hapus
    3. Iya kalau gak dibayar bakalan dosa hehehe

      Hapus
  2. buat saya blogger termasuk keren kalau komit, nggak cuman maunya PV dan fully money oriented. di grup beberapa hanya nongol kalo share link saja, terlepas kontennta bagus dan enggak yah, kalo nongol link doang ya udah malesin di dunia nyata sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm, gitu ya mba. Kalau menurutku sih asal kontennya bagus dan dia mau komitmen sih ya gak masalah mba hehe

      Hapus
  3. Semoga aku bisa menjadi blogger keren walaupun sekarang masih tahap belajar

    BalasHapus
  4. Kriteria Blogger keren versi Mba Mutiara ini bagus, dan saya pun setuju sih konten tetap yang utama, sebab namanya blogger yang dilihat paling pertama adalah kualiatas kontennya.

    Good luck buat lombanya ya Mba :)

    BalasHapus
  5. Aku ada beberapa list blogger keren menurut aku...heheh

    Buat aku pribadi, setiap blogger itu sebenarnya unik dan punya ciri lhas tersendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang begitu mbak, dan yang bisa menilai keren atau enggak ya pastinya orang lain hehe

      Hapus
  6. Buat saya blogger keren itu adalah blogger yang memang keren namun tidak sombong heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah iya, keren itu yang gimana mba jadinya hehehe

      Hapus
  7. Banyak cara ya mba untuk bisa menjadi blogger keren. Dan menurut saya yg terpenting itu adalah menjaid blogger yg bermanfaat. Entah untuk diri sendiri, keluarga atau org sekitar dan lingkungan. Kalau bisa bemrnafaat untuk semua lebih baik. Tapi kalau baru bisa bermanfaat untuk diri sendiri sudha lebih dari cukup. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalau dasarnya udah membuat diri menjadi bahagia mah inshaallah udah bisa menjadi blogger keren bagi orang-orang terdekat :)

      Hapus
  8. Wah sama, saya juga ngefans sama Pak Yusran Darmawan. Tulisannya itu bagus pakai banget. Gayanya menulisnya enak dibaca. Tulisannya berbobot. Tiap baca tulisan beliau, saya jadi nambah wawasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, story yang beliau sajikan begitu cantik dan menginspirasi :)

      Hapus
  9. blogger keren adalah blogger yang tidak malu menampilkan bahwa ia seorang blogger..
    untuk apa malu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, blogger keren itu termasuk yang seperti itu hehe

      Hapus
  10. Blogger keren tuh tulisannya original, bukan hasil copas hehehe.. btw, umur blognya berarti sudah lama juga ya.. kalau aku dulu awal ngeblog isinya kebanyakan curhat! dear diary nya pindah ke blogpost hahaha.. sudah kuhapus tapinya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya sih emang blog curhat dan cerita sehari-hari mba. Tapi lama kelamaan pengen nyoba berprestasi di dunia blogging hehe

      Hapus
  11. Wow...
    7 tahun ngeblog ya? Saya mah. Jauh di belakang.
    Salut! Masih konsisten untuk ngeblog.
    Tapi bagi saya, salah satu kerennya bloger itu satu. Kelihatan sepele tapi besar nilainya. BW balik. Hehehe...

    Salam
    @nuzululpunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget pak Nuzul, itu hal yang sederhana banget tapi penting hehe

      Hapus
  12. Blogger keren itu juga harus profesional yah, nggak boleh datang telat harusnya. Kan nggak etis aja masak acara udah mau kelar eh baru dateng, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh, ada ya mbak yang kalau gitu? Kalau kami mah di Jogja rata2 ontime datangnya :D

      Hapus
  13. Yess setuju sama kriteria blogger keren versi Mba Nurul. Apalagi Blogger keren tersebut mau berbagi ilmu dan tetap rendah hati sehingga dapat memberikan manfaat kepada orang banyak.

    Gud luck untuk lombanya ya Mbaa!

    BalasHapus
  14. Blogger keren itu yang gak beli follower #eeeeeeehhh wkwkwkw.
    Hmmm, definisi keren itu beda2 ya :D
    Yg pasti aku salut sama blogger yg tulisannya bagus, informatif (soalnya dasarnya ngeblog kan emang pengen tulisannya kasi info ke org), trus attitudenya jg oke. Moga kita semua bisa jd blogger keren, cemunguuutt :D

    BalasHapus
  15. Blogger keren itu, menurut saya, yang konsisten dalam mengurusi blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sering update juga ya mas, gak membiarkan blognya menganggur hehe

      Hapus
  16. Blogger keren sama saja dg manusia lain,.dia yang paling bermanfaat bagi manusia lain

    BalasHapus
  17. Muda banget ya, 2011 baru sma, saya mah udah nikah, hehe.. memang jadi blogger keren ada tipsnya, saya aja masih merasa kurang sama blog. Jadi bisa belajar gimana caranya jadi blogger keren nih, mantapss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2011 itu saya waktu itu udah kelas 2 SMA mba. hehe

      Hapus
  18. Untuk keren itu banyak versi dan definisi dari tiap orang..., Yg bilang keren atau nggak biasanya ..orang lain.

    Tapi kita harus tetap jadi yang terbaik..dan berusaha terus belajar.., kalo blogger malas..jarang update..itu mah gak keren..hi2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Blogger keren ya yang bisa nilai ya orang lain. Bukan diri sendiri hehe

      Hapus
  19. Setuju dengan poin2 yang disebutkan di atas mbak,,,
    Yang pasti, terus menulis dan menebar manfaat untuk orang lain ^_^

    Salam kenal mbak
    rurohma[dot]com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mba, menebar manfaat itu pasti.
      Salam kenal juga mba :)

      Hapus
  20. saya masuk kategori mblogger keren ga ya? wawakakaka blog udah lama banget tapi isinya yang lompat lompat....hihihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi? Blogger keren itu yang bisa menilai kan orang lain kak hehe
      pasti bisalah hehe

      Hapus
  21. Wah... Saya salut dengan blogger multitalenta yang bisa mengerjakan semuanya. Tentu butuh banyak waktu dan mau terus belajar untuk bisa berhasil dan sukses menjadi blogger keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya juga terkesima kalau melihat beberapa blogger yang bisa berkarya dengan baik. Mereka blogger yang keren :)

      Hapus
  22. Kurang lebih sepwrti itu menurutku arti seorang blogger keren. Yang terpenting adalah tulisan kita menebarkan manfaat dan bisa membantu memberikan informasi kepada orang lain.

    BalasHapus
  23. Blogger keren itu yang terus semangat membagikan cerita2 yang punya banyaak manfaat

    BalasHapus
  24. Menjadi bloger sekarang enggak cuma harus bisa menulis ya. Tapi kemampuan fotografi dan videografi juga jadi dibutuhkan. Belum lagi memainkan media sosial dengan cantik.
    Semangat, Mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Sekarang ini menjadi blogger itu harus mampu menyeimbangkan skill. Gak hanya menulis tapi yang lain juga :)

      Hapus
  25. Salut,udah 7 tahun konsisten jadi blogger.
    Terus semangat ya,kak.

    Menurut pendapatku, blogger keren itu harus konsisten menulis artikel, pandai bidang fotografi (karena foto sangat maha penting untuk menarik orang datang melihat), pandai bersosialisasi di media sosial dan pandai jalin hubungan dengan sesama blogger.

    Maaf ya kalau opiniku salah ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh, hampir sepemikiran berarti ya kak. Enggak kok, enggak salah. Dalam beropini, seseorang bebas untuk memberikan pendapatnya :)

      Hapus
  26. Wah kalau saya ngeblog buat isi waktu saja supaya bisa bermanfaat, buat diri sendiri (refleksi) dan buat orang lain (aamiin). Jauh dari deskripsi blogger2 keren yang banyak saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjadi blogger keren itu kan yang menilai orang lain, tetap jadi diri sendiri dan berusaha bermanfaat saja hehe

      Hapus