Minggu, 11 Juni 2023

Pengalaman Menginap di Hotel Ciputra, Semarang. Apakah Worth it?

Bagian depan Hotel Ciputra Semarang
Pengalaman menginap di Hotel Ciputra, Semarang ini sebenarnya terjadi sudah tahun lalu, yakni sekitar bulan Juni tahun 2022. Tapi, aku ingin share saja ceritanya karena berkenaan dengan kegiatan Perayaan Hari Bhayangkara ke 76.

Waktu itu aku memenangkan lomba menulis yang diadakan oleh Polri. Nah, karena mendapat juara 1, akhirnya diundang lah aku dan beberapa kawan lainnya dengan predikat sama. Tujuannya, kami diajak untuk menyaksikan kemeriahan Hari Bhayangkara yang terlaksana di Akpol Semarang.
Semarak Hari Bhayangkara ke 76 di Semarang (dokumentasi pribadi)
Perjalanan aku mulai menggunakan kereta api. Di Stasiun Poncol aku mulai mencari ojek online dan meminta untuk mengantarkan ke Hotel Ciputra. Awalnya gak ngeh, mana ya hotel yang mau aku tempati, ternyata itu terletak di kawasan Simpang Lima. Wokay, lets start the review!

****

Hotel Ciputra termasuk tempat menginap dengan bangunan yang cukup tua. Lokasinya sangat strategis karena berada di area Simpang Lima yang notabene pusat kota.
Beberapa sudut di Hotel Ciputra Semarang (dokumentasi pribadi)
Saat aku menginap di sana sebenarnya rada ada crash di awal. Panitia mengatakan bahwa waktu check in ku pukul 14.00, yaudah aku tunggu sampai jam segitu. Eh, ketika jam 14.00 aku datang ke resepsionis, ternyata kamar belum siap sama sekali.

Pihak hotel bilang bahwa kamar yang akan aku dan Mba Seffin--pemenang lomba kategoi vlog--masih dalam perbaikan. Alhasil, aku waktu itu agak kesal. Kok gak dari awal gitu lho. Akhirnya, pihak hotel mengganti kamar.

Sebelum ke kamar, aku menyempatkan untuk duduk-duduk terlebih dahulu di lobi. Jadi keistimewaan menginap di sini yang notabene nyatu sama Mall, tamu jadi lebih mudah kalau mau beli-beli. Tinggal lewat dalam aja udah bisa belanja-belanja.
Pemandangan dari kamar hotel Ciputra saat itu (dok.pri)
Btw, gambar di atas ini diambil dari jendela kamar hotel. Aku lupa tepatnya di kamar berapa waktu itu. Tapi menengok ke jendela cukup asyik dan menyenangkan. Pandangan keriuhan Simpang Lima terlihat begitu jelas.

Suasana Kamar

Kala itu aku dapat kamar dengan satu kasur besar untuk berdua. Bukan tipe twin bed yang terpisah. Sebenarnya lebih suka model kasur yang terpisah. Terasa lebih bebas saja.
Dokumentasi pribadi
Suasana di kamar juga klasik. Temaram warna kuning dengan tembok bernuansa lawas.
Yang suka ngopi atau ngeteh (dokumentasi pribadi)
Wangi ruangan cukup nyaman untuk hidung karena tak terlalu membuat pusing. Aku biasanya ketika menginap di hotel selalu merasakan aroma parfumnya terlebih dahulu.

Perlengkapan Kamar

Saat berada di kota lain dan menginap di hotel, perlengkapan selalu menjadi data tarik bagiku. Biasanya dimulai dari yang ada di dekat kasur hingga yang ada di kamar mandi. Misalnya seperti kopi dan teh, perlengkapan mandi hingga sandal.
Dokumentasi pribadi
Perlengkapan toilet seperti sikap gigi kondisinya tertata rapi. Ruang kamar mandi juga bersih dan wangi sehingga membuatku nyaman selama menggunakan.
Perlengkapan mandi di Hotel Ciputra (dokumentasi pribadi)
Oh iya untuk sabun mandi. Biasanya aku temukan dalam bentuk batangan ya. Ini aku temukan conditioner, shampo dan sabun dalam bentuk cair. Menurutku ini lebih praktis dan tak terbuang percuma.

Kualitas Makanan saat Sarapan

Kalau mau sarapan di Hotel Ciputra Semarang, maka tamu harus menuju lantai dua. Ruangan saran tidak tertutup karena bisa dilihat dari lobi. Suasananya menyenangkan dan terang sehingga aku suka.
Nasi goreng hangat nan nikmat di Hotel Ciputra, Semarang (dokumentasi pribadi)
Waktu itu aku makan padi dengan nasi goreng, kue dan beberapa minuman jus. Rasanya segar dan lezat. Bila kalian tidak suka minuman buah, hotel juga menyediakan air mineral dan infus water. BTW, waiter yang mengantarkan makanan dan membersihkan meja sangat ramah. Bahkan mereka sigap menawarkan bantuan ketika sendokku terjatuh.

****

Pemandangan dari jendela hotel sembari ngopi (dokumentasi pribadi)
Yap, itu dia perjalanan sekilas ketika aku menginap di Hotel Ciputra Semarang untuk mengikuti Peringatan Hari Bhayangkara ke 76 di Akademi Kepolisian Semarang. Beneran, hari itu merupakan kesempatan yang begitu manis hingga aku begitu bahagia.

Lalu, apakah menginap di Hotel Ciputra Semarang worth it? Yap, sangat worth it jika kamu berkeinginan untuk melihat Simpang Lima yang begitu ramai. Yang pasti, tempatnya memang strategis.