Senin, 22 Juni 2020

Menjaga Hutan dengan Cinta, Menyelamatkan Indonesia dari Karhutla

Sumber : dishut.sultengprov.go
Percayakah kamu bahwa cinta yang tulus mampu mencegah kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di Indonesia? Apabila kamu percaya, maka sudah saatnya menyimak dan merealisasikan perasaan cinta tersebut melalui tindakan. Sebab, kebakaran hutan bukan hanya tanggungjawab 1 atau 2 pihak saja, tetapi juga ratusan juta manusia yang hidup di bumi pertiwi ini. Seperti apa makna cinta yang tulus dalam menjaga hutan itu? Mari kita simak melalui kisah berikut.

Selasa, 02 Juni 2020

Ketika Asap Rokok dan Korona Mengancam Kesehatan Keluarga di Rumah

Saat ini, kesehatan anggota keluarga terancam bukan hanya oleh virus Korona, tetapi juga asap beracun yang disebarkan melalui kebiasaan merokok di area rumah.

***
Bapak dari teman masa kuliah dulu, sebut saja Pak Doni (bukan nama sebenarnya) merupakan seorang perokok berat. Suatu hari ketika hendak mengerjakan tugas presentasi, saya datang ke rumah teman tersebut dan duduk di ruang tamu. Begitu santai, terlihat Pak Doni merokok di area TV yang berdekatan dengan ruang tamu. Otomatis asapnya menjalar kemana-mana, termasuk ke tempat dimana kami mengerjakan tugas.

Senin, 01 Juni 2020

Menjadi Lebih Smart dan Produktif Bersama Aplikasi Kumparan

"Menjadi smart dan produktif melalui aplikasi berita, bisakah?"

Beberapa waktu lalu, sebuah artikel mengenai “Seba Baduy” muncul melalui notifikasi di smartphone. Sebagai orang yang awam mengenai istilah Seba, saya mulai menguliknya dengan mengeklik notifikasi tersebut. Ternyata itu merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Baduy untuk bertamu dan menyerahkan hasil bumi. Mereka juga menyampaikan aspirasi kepada para pemimpin daerah yang dalam hal ini adalah Bupati Lebak dan Gubernur Banten.