Minggu, 08 Oktober 2023

Review Ballerina : Balas Dendam Berdarah Demi Sahabat

Film Korea Balerina 2023
Poster Film Korea Ballerina 2023 oleh Netflix

Review Film Korea Selatan Ballerina - Pada tanggal 7 Oktober 2023 lalu, Netflix resmi menayangkan film thriller dan kriminal berjudul Balerina. Film tersebut cukup menarik perhatian saya karena genrenya. Nah, sebelum mengulasnya lebih lanjut, saya ingin memperkenalkan dahulu beberapa pemainnya,

Sutradara : Lee Chung Hyun

Para pemain :

  • Jeon Jong Seo sebagai Ok Ju
  • Kim Ji Hoon sebagai Choi Pro
  • Park Yu Tim sebagai Min-hee

Tanggal rilis : 7 Oktober 2023

Rate : 18 keatas. 

Genre : thriller, Crime, action. 

Platform : Netflix

Review singkat film Balerina, 

Cerita bermula ketika seorang gadis tangguh bernama Ok Ju kehilangan sahabat baiknya Min-Hee, karena bunuh diri. Min-Hee merupakan seorang Balerina sekaligus teman masa SMP Ok Ju. 

Sebelum meninggal, Min-Hee menulis sebuah pesan balas dendam dan meminta Ok Ju melakukannya. Dari pesan balas dendam itulah, Ok Ju akhirnya mencari tahu sosok yang membuat sahabatnya itu bunuh diri. 

Lho kok si Ok Ju mau maunya membalaskan dendam?

Kalau kulihat, Ok Ju telah lama tinggal dalam dunia yang suram sehingga ia sudah kehilangan semangat untuk bertahan hidup. Namun, si Min Hee lah yang membuat ia bangkit dan punya kehidupan yang sesungguhnya.

Well, karena satu-satunya orang yang bikin Ok Ju punya makna hidup telah meninggal, ya sekalian aja deh dia balas dendam ke pelakunya. Toh, setelah ditelusuri, orang yang membuat Min Hee bunuh diri memang pantas mati sih. 

Lelaki itu bernama Choi Pro. Dia merupakan bagian dari gembong kejahatan kelas tinggi. Kebiasaanya suka membius perempuan, melecehkan mereka dan merekamnya untuk dijual atau dijadikan ancaman. 

Nah, ternyata si Min Hee pernah dilecehkan oleh Choi Pro ini. Bahkan, beberapa video para korban, termasuk Min-Hee menjadi koleksi di rumah mewah Choi Pro. Kontan, itu membuat Ok Ju marah besar. 

Dia mulai menguntit Choi dan melakukan perlawanan untuk balas dendam. Tentu, adegan darah serta pertarungan tak terhindarkan dir sini. Seolah, aku melihat Ok Ju layaknya John Wick yang membunuh dengan berani dan entengnya. 

Lalu, bagaimana kisah lanjutan Ok Ju membabat habis pelaku pelecehan terhadap bestie-nya, Min Hee? Kamu tonton sendiri aja keseluruhannya ya. Karena aku yakin sensasi ketika menonton akan lebih menantang dibanding membaca spoiler. 

Kesan dan Pesan saat menonton

Selepas menonton film Ballerina ini, jujur aku cukup suka dengan akting Jeon Jong Seo. Pertama kali tahu akting dia di film The Call sebagai villain. Sosoknya yang terlihat bengis memberi kesan seorang psikopat. Kalau di film ini, ia terlihat garang dan tangguh. 

Wajar, dia seorang body guard berpengalaman yang telah menjalani profesi tersebut cukup lama---meski tidak dijelaskan gamblang. Namun begitu, kalau aku amati, Ok Ju ini terlalu pro dan memiliki perlengkapan khusus layaknya intel. 

Aku yakin Ok Ju bukan sekadar body guard biasa, dia mungkin mantan agen atau memang pembunuh profesional sehingga terbiasa memainkan senjata dan ahli tarung. 

Meski film Balerina ini mengundang banyak pertanyaan seperti, 

  1. Dimana para polisi? 
  2. Kok kayak isinya kejahatan semua? 
  3. Siapa si Ok Ju sebenarnya? 
  4. Apakah Ok Ju pahlawan super, atau John Wick versi Korea? 
  5. Apakah ada orang sebaik Ok Ju? 
  6. Apakah ada orang sekesepian Ok Ju? 
namun aku  tidak mempermasalahkan. Aku rasa, sutradara memang mengambil atmosfer dunia yang penuh dengan kejahatan dan harus dilibas melalui tangan tangguh seorang Ok Ju.

Jujur, pertama kali nonton Balerina, aku seolah menangkap sosok John Wick versi Korea Selatan dan versi cewek. Dia super pemberani walau ngelawan banyak orang. Menurutku, super sih si Ok Ju ini. 

Pengemasan cerita Ballerina ini cukup ringan karena alurnya memang tak dipilih yang sulit. Adegan aksinya juga banyak. Jadi kalau suka film genre action, ya masuk.

Well, bagi kamu yang mau nonton, aku sarankan jangan sampai ngajak saudaramu yang masih kecil. Adegannya cukup vulgar dan berdarah. Ini memang tontonan untuk 18+. 

Rate : 7/10

4 komentar:

  1. Aku belum nontom film ini, Mbak. Tapi penasaran pengen nonton. Padahal sebenarnya aku takut nonton film yang berdarah darah dan bikin kaget. Kayak deg-degan itu tapi tetap penasaran akhirnya aku nonton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan bagus kok Mba Farida, cuma kalau gak kuat adegan darah atau kekerasan memang kudu skip sih. Ada adegan vulgarnya juga di dalamnya

      Hapus
  2. Asiiiik dapat rekomendasi film Korea. Aku kdg kalo film Korea masih butuh spoiler supaya yakin endingnya happy mba. Jadi kalo endingnya sedih atau gantung, fix udah ga bakal aku tonton 😅.

    Untung ini ada di NF yaa.. mau langsung masukin mylist. Kalo udh genre action berdarah2 aku sukaa bgt soalnya 😁👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ini cukup seru sih ceritanya bagi yang suka action :D

      Hapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam