Minggu, 15 Oktober 2023

Ngeblog Asyik dengan Asus Vivobook 14 (A1400) FHD Laptop? Lets Go!

Tahun 2014 akhir adalah pertama kalinya aku punya laptop setelah sebelumnya selalu meminjam dari teman sekamar ketika mengerjakan tugas kuliah. Tahun 2013, waktu itu masih ingat rasanya jadi mahasiswa baru yang gak tahu apa-apa tentang aktivitas perkuliahan.

Awalnya, aku mengira bahwa menjadi mahasiswa itu seperti anak SMA, tugas tinggal mengerjakan dan dosen punya andil untuk mengoprak-oprak mahasiswanya. Namun, ternyata aku salah, Ferguso!! Menjadi mahasiswa, segalanya harus dilakukan secara mandiri, termasuk dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan  oleh dosen.  

Beruntungnya, tugas-tugas semester 1-2 belumlah banyak sehingga aku dan teman-teman lainnya masih bisa santai dan belum membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas membuat makalah hingga presentasi. Dengan demikian, aku masih bisa meminjam kakak angkatan di kos yang kebetulan punya laptop dan tak terpakai 

Nah, tahun 2014 akhir, tugas-tugas kuliah berupa makalah dan presentasi ternyata semakin banyak. Tak mungkin kalau aku selalu pinjam laptop milik Mbak Kos. Alhasil, aku pergi ke warnet milik universitas dan selalu mengerjakan tugas-tugas di sana.  

Waktu pun berlalu, beratnya tugas kuliah yang sering kutunda (karena aku ikut organisasi) membuatku berpikir harus punya laptop sendiri. Aku akhirnya meminta bapak membelikan. Jujur, waktu itu aku maupun bapak tak paham babar blas soal dunia per-laptopan. Jangankan laptop, memahami spesifikasi ponsel yang bagus saja aku tidak tahu.  

Ketidakpahaman bapak dan aku mengenai spesifikasi laptop, ternyata sangat berpengaruh besar terhadap produk yang kami beli. Kami membeli laptop bekas dengan harga lumayan tinggi, namun performa kurang optimal. 

Tak heran, sampai semester 7 kuliah, laptopku mulai sering ngambek gak karu-karuan. Kadang, nge-lag ketika buka tab yang cukup banyak, kadang muncul pop up tertentu. Bahkan, pernah muncul layar berwarna biru.

Semenjak saat itu, aku sadar bahwa memahami spesifikasi itu penting dalam memilih produk teknologi, termasuk laptop.  Soalnya laptop tersebut bakal jadi partner beraktivitas, sehingga tahu jenis prosesor hingga ukuran layar merupakan pengetahuan penting. 

Dari situlah aku tahu, bahwa ukuran layar laptop juga berpengaruh terhadap kualitas laptop itu sendiri. Misalnya layar HD (High Definition) yang memiliki nilai 1280×720 piksel atau FHD (Full High Definition) dengan nilai 1980 x 1080 piksel. 

Jika kamu termasuk orang yang suka dunia tulis menulis atau suka nonton film-film di laptop. Jangan lupa untuk memilih kualitas layar yang lebih baik. Dengan begitu, selain nyaman di mata, kualitas layar yang baik akan membuatmu betah berlama-lama di depan laptop.

Layaknya merekam video, ukuran HD dan Full HD jelas akan berbeda kualitas. Begitupun dengan laptop. Laptop dengan layar Full HD akan memiliki banyak benefit ketimbang ukuran HD. Lho, iyakah?  

Gampangnya begini, ketika kamu nonton video youtube ukuran 1080 akan terlihat lebih jernih dari ukuran video 720, iya gak? Sama saja dengan laptop, ukuran HD dan Full HD jelas memiliki perbedaan cukup besar. Nah, berikut ini merupakan kelebihan layar Full HD, 

  1. Tampilan gambar terasa lebih clear dan detail bila dilihat. 
  2. Layar FHD memberikan pengalaman menonton yang memuaskan 
  3. Lebih hemat energi karena menggunakan teknologi LED backlight sedangkan layar HD menggunakan teknologi CCFL backlight. 
  4. Lebih nyaman untuk mata karena layar lebih luas 

Memilih laptop yang pas memang tricky, selain memperhatikan budget dan kebutuhan, kepandaian konsumen dalam memahami spesifikasi juga tak kalah penting. Hal ini untuk menghindari pembelian laptop yang tak sesuai ekspektasi.  

Untuk pengetahuan, berikut ini macam-macam ukuran layar yang bisa kita pahami,

Nah sebelum itu, udah tahukah apa itu piksel? Piksel (picture element) merupakan titik-titik cahaya yang membentuk objek pada layar.  

Bila dilihat, maka setiap layar dari HD hingga Ultra HD akan memiliki angka piksel yang berbeda-beda. Semakin besar angka perkaliannya, maka ukuran piksel yang ada semakin mengecil sehingga tampilan di layar terlihat semakin halus/clear. 

Permasalahannya, semakin besar ukuran piksel pada layar, maka semakin canggih pula teknologi yang dibutuhkan. Tentu, nantinya itu berimbas pada harga produk yang lebih mahal.  

Saat ini, demi memenuhi kebutuhan konsumen, sudah banyak laptop yang diciptakan mengusung teknologi layar Full HD namun tetap memiliki harga affordable. Salah satunya laptop Asus Vivobook 14 (A1400). Tahu berapa harga dari laptop FHD ini? Yuk ikuti ulasannya sampai akhir!

Asus memang dikenal sebagai perusahaan teknologi yang memproduksi berbagai gadget untuk kebutuhan konsumen, termasuk laptop. Bahkan untuk laptop sendiri, ia punya lini produk yang beragam seperti Expertbook, Zenbook, Chromebook hingga Vivobook. 

Nah, salah satu yang akan aku bahas dalam artikel ini adalah Asus Vivobook 14 (A1400). Pernah mendengar mengenainya? Baiklah kalau begitu, lets check the show!

Asus Vivobook 14 (A1400) merupakan laptop yang diciptakan untuk menunjang kebutuhan blogger, pelajar maupun mahasiswa untuk kegiatan pengetikan hingga hiburan yang imersif. Berikut ini beberapa spesifikasi yang perlu kita ketahui,  

Performa laptop 

Asus Vivobook 14 (A1400) dibekali oleh prosessor up to Intel® Core™ i7 untuk jenis tertingginya. Sedangkan untuk jenis terendahnya menggunakan prosesor Intel Pentium Gold 7505.  

Nah, pilihannya bergantung kebutuhan pengguna. Bila pengguna memanfaatkan laptop untuk kegiatan kepenulisan, browsing, nonton film dan presentasi, maka bisa memilih Asus Vivobook 14 berprosesor Pentium Gold 7505. 

Akan tetapi, jika kinerja yang kamu butuhkan lebih dari itu, mengambil Prosesor Intel® Core™ i7 adalah pilihan paling tepat. Berikut ini merupakan list yang mungkin sesuai budget dan kebutuhanmu,  

  • Prosessor Intel® Pentium Gold 7505, RAM 4 GB, storage 256 GB SSD,  Windows 11 Home.  
  • Prosessor Intel® Pentium Gold 7505, RAM 8 GB, storage 256 GB SSD,  Windows 11 Home.
  • Prosesor Intel® Core™ i3, RAM 8 GB DDR4, 512 GB SSD, storage 512 GB SSD, Windows Home 11. 
  • Prosesor Intel® Core™ i7, RAM 8 GB DDR4, 512 GB SSD, storage 512 GB SSD, Windows Home 11. 

Ukuran Layar 

Meskipun harga dari laptop terjangkau tapi nyatanya ia telah mengusung layar 14 inci Full HD dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Menggunakan layar nano edge, ia menawarkan sudut pandang yang luas yakni hingga 178⁰ dengan screen ratio ke tubuh sebesar 82%.

Asus Vivobook 14 (A1400) didesain dengan anti-glare panel sehingga mengurangi sinar terang dari matahari atau lampu. Dengan begini layar akan tetap terlihat meski mengerjakan aktivitas di tempat terang.

Bagi kamu yang suka kegiatan nonton bareng, laptop ini sangat worth it karena memiliki tampilan luas. Mau nonton bersama sama bestie atau saudara, bakalan tetap asyik. Gak perlu berebut posisi, karena layar bakal tetap kelihatan hingga 178°. 

Desain Laptop 

Bila diperhatikan, Asus Vivobook 14 (A1400) memiliki desain yang cantik, tipis dan elegan. Meski dikatakan bahwa ini termasuk laptop entry level, namun desainnya seperti laptop dengan harga di atas Rp 8 jutaan. 

Asus Vivobook 14 (A1400) memiliki bobot ringan yakni 1,5 kilogram dengan baterai. Dimensinya 325 x 216 x 19,9 mm (WxDxH). Bayangkan lho, dengan bobot seringan itu, maka bisa dipastikan kalau laptop ini portabel dibawa ke mana saja. Utamanya, gak bakal menuh-menuhin ransel.

RAM dan Kapasitas Penyimpanan 

Asus Vivobook 14 (A1400) untuk jenis prosesor Intel Pentium Gold 7505 memiliki RAM 4 GB DDR4 dan 8 GB dengan kapasitas memori sebesar 256GB M.2 NVMe. Sedangkan untuk jenis Intel® Core™ i7, ia dibekali RAM 8GB dengan memori sebesar 512GB SSD yang bisa diupgrade.

Daya Tahan Baterai 

Asus Vivobook 14 (A1400) dibekali oleh 50 WHrs, 3-Cell Li-ion. Memiliki baterai tersebut, menurut salah satu reviewer tekno, bisa digunakan sekitar 4-6 jam kedepan. Tentu, semuanya disesuaikan dengan jenis software yang dibuka.  

Semakin lama dan besar ukuran software atau video yang kita tonton, semakin tinggi pula kinerja yang harus laptop lakukan sehingga menguras daya.  

Audio laptop 

Soal audio, Asus Vivobook 14 (A1400) dibekali dengan teknologi Sonic Master dan stereo sehingga suara yang dihasilkan keras dari speaker laptop. Apalagi, ia juga punya teknologi AI Noice Cancelling.  

Teknologi ini memungkinkan laptop meredam kebisingan dari eksternal sehingga pengguna bisa tetap menikmati video atau film tanpa terdistraksi suara lain.  

Bagiku, teknologi AI Noice Cancelling sangat bermanfaat. Kondisi rumahku berada persis samping jalan raya dan warung makan membuat suara motor hingga manusia begitu kencang. Jelas, suara-suara itu menganggu aktvitas nonton film atau mendengarkan musik.

Keamanan dan Konektivitas 

Touch it and open! Begitulah kira-kira ketika menggunakan Asus Vivobook 14. Di bagian touch pad, tersedia sebuah kotak kecil untuk sidik jari. Adanya kotak itu, memungkinkan kita membuka laptop hanya dengan sentuhan. So, tak perlu ribet lagi memasukkan password.

Untuk konektivitas, Asus Vivobook 14 (A1400) dilengkapi oleh port-port multifungsi seperti 2 USB 2.0, USB 3.2 Type-A, USB-3.2 Type-C, HDMI dan audio combo jack untuk aktivitas mendengarkan video menggunakan headphone atau headfree.

Asus paham bahwa semakin kesini, pengguna membutuhkan berbagai jenis konektivitas agar kegiatan mentransfer data bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Terlebih, ponsel zaman now telah memakai port jenis Type C sehingga disediakan port tersebut di laptop.

Touchpad dan Keyboard 

Asus Vivobook 14 (A1400) telah mengusung Windows 11 Home ori di dalamnya. Itu berarti, pengguna tak perlu lagi kesusahan membeli dengan harga yang tinggi atau mencari versi bajaannya. 

Nah, salah satu keuntungan Windows 11 Home, tersedia gesture pada touchpad sehingga pengguna bisa sat-set bekerja dengan zoom in/zoom out dan menggeser layar kerja. Genture pada touchpad ini sangat memudahkan. Kita tak perlu lagi menggunakan mouse.

Untuk pengguna Windows 11 Home, tentu akan berbeda dengan series sebelumnya yakni windows 10. Nah, karena laptop ini sudah dibekali Windows 11 sehingga perintah gesture yang ditampilkan juga akan berbeda,

Pengguna bisa menyeting gesture yang ada di touchpad laptop Windows 10. Caranya, pilih Mulai Pengaturan >> Perangkat > touchpad. Gulir ke gerakan Tiga jari atau Gerakan empat jari untuk mengubah pengaturan gerakan sentuhmu.

Keyboard Asus Vivobook 14 (A1400) didesain simpel dengan lampu backlit. Keuntungannya, kita bisa memanfaatkan ia meski dalam kondisi mati lampu. Sebab, kotak-kotak huruf dan angka pada keyboard akan menyala kala gelap. Memang, ini terlihat sederhana, namun menurutku keyboard backlit sangat bermanfaat.

Pada touchpad, tersedia number pad untuk memudahkan pengguna memasukkan angka dan menyimpan ketika tidak digunakan. Untuk keamanan, juga tersedia kotak kecil pojok kanan atas touch pad agar kamu bisa membuka laptop bermodalkan sentuhan.

Dilengkapi Windows 11 Home Ori

Salah satu poin menarik terkait Asus Vivobook 14 (A1400) yakni ia telah dilengkapi oleh Windows 11 Home original saat membelinya. Tentu, itu artinya pengguna tak perlu cemas untuk membeli lagi. Wajib diketahui bahwa menggunakan Windows bajakan bisa berdampak bagi laptop yakni,

  1. Fitur dan layanan terbatas
  2. PC / laptop tidak optimal
  3. Tingkat keamanan rendah
  4. Berisiko terkena virus
  5. Tidak mendapat dukungan teknis Microsoft

Asus Vivobook 14 (A1400) hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu kita menyelesaikan pekerjaan. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan kita mengekspresikan diri melalui kinerja terbaik.

Aktivitas blogging bukan hal yang bisa disepelekan di era kiwari. Bila dulu kita menulis di blog sebagai hiburan saja (curhat-curhat), kini, menulis di blog bisa menuai cuan. 

Pernah tahu mengenai google Adsense? Ya, itu merupakan salah satu sumber penghasilan yang bisa didapatkan dari blogging. Selain itu, mengikuti kompetisi menulis hingga mengerjakan job dari brand juga bisa jadi sumber uang.

Beberapa waktu lalu, sebuah email masuk dan memberiku penawaran untuk mengulas sebuah produk kecantikan. Untuk tiap ulasan, aku dibayar sekitar Rp 400.000. Waktu itu, aku diminta mengulas 3 produk sehingga total penghasilan yang kudapatkan sekitar Rp 1200.000. 

Itu masih satu produk, belum yang lain. Tahu kah kalian? Meski banyak orang beralih membuat video sebagai bagian dari review. Namun blog tetaplah blog. Platform ini memiliki target pasarnya sendiri. Blog masih jadi primadona untuk mengulas produk yang diharapkan  menjadi page one di halaman pertama google.  

Nah, demi menjadi seorang blogger yang punya profesionalitas kerja serta ulasan yang baik, perangkat perang menjadi hal krusial. Laptop merupakan salah satu senjata ampuh para blogger untuk memproduksi konten baik tulisan hingga infografis.  

Keberadaan Asus Vivobook 14 (A1400) menjadi salah satu jalan bagi blogger untuk upgrade produksi konten yang semula dikerjakan melalui ponsel, berubah dikerjakan melalui laptop.  

Sedikit bercerita, aku termasuk orang yang jarang menulis di blog menggunakan ponsel. Alasannya? Untukku yang bermata minus, layar ponsel terlalu kecil sehingga tidak bebas. Keypad ponsel juga tidak seluas ketika menggunakan keyboard laptop.  

Bukan itu saja, pengalaman, ketika menggunakan ponsel, tingkat typo-ku bisa sangat tinggi. Dengan demikian, aku perlu mengedit tulisan yang kubuat satu per satu agar tidak parah dan enak dibaca orang lain.

Karena alasan itu, meski bepergian dan aku ada deadline tulisan, aku akan tetap membawa laptop untuk aktivitas pengetikan hingga edit infografis. Well, karena kebetulan laptop Asus yang aku miliki punya layar luas dan FHD, sehingga aku bisa membuktikan sendiri kenyamanannya.

Untukku pribadi, dengan spesifikasi yang tersedia, Asus Vivobook 14 (A1400) sudah sangat menunjang aktivitas para blogger dalam berkarya, berprestasi dan menghasilkan cuan. Jujur, selama mengamati kawan-kawan blogger, tak semua orang mengerjakan tulisan melalui laptop. 

Alasannya? Laptop rusak atau memang belum ada rezeki untuk membeli. Melihat hal itu, aku bisa menarik kesimpulan bahwa blogger bisa menabung untuk membeli Asus Vivobook 14 (A1400) karena harga terjangkau tapi tetap powerful untuk segala aktivitas.

For more, Jika melihat spesifikasi yang ada, Asus Vivobook 14 (A1400) juga sangat cocok digunakan tidak hanya untuk blogger tetapi juga pelajar dan mahasiswa. Tak bisa dimungkiri bahwa saat ini kurikulum sudah berubah menjadi Merdeka Belajar. 

Perubahan kurikulum membuat para pelajar dan mahasiswa harus aktif mempresentasikan project-project yang diberikan oleh guru atau dosen. Tentu, project berbasis presentasi akan membutuhkan laptop sebagai partner. 

Gak heran, hadirnya Asus Vivobook 14 (A1400) membawa angin segar bagi pengguna yang menginginkan fungsi optimal dengan budget miring. Bagi kalian yang sejak awal penasaran dengan harga laptop ini, berikut rinciannya ya.

Gimana, cukup terjangkau bukan? Bagi blogger pemula. Laptop Asus Vivobook 14 (A1400) ini worth itu untuk dipilih. Sebab, bila kita diperhatikan, harganya relatif murah untuk spek oke seperti ukuran layar Full HD dengan RAM, Storage besar dan Windows 11 Home original.

Salah satu alasan seorang memilih membeli laptop pastinya karena kebutuhan. Digitalisasi era membuat semuanya terhubung ke internet melalui gadget, tak kecuali seorang blogger. Bagi seorang blogger, laptop menjadi perangkat tempur penting. 

Meski demikian, tak semua blogger memiliki laptop karena berbagai alasan. Salah satunya menyoal budget.  Gak heran, hadirnya Asus Vivobook 14 (A1400) bisa menjadi pilihan sempurna bagi blogger untuk menunjang aktivitas blogging namun dengan budget ringan. 

Terlebih, layarnya sudah FHD yang memberikan keleluasaan dan kenyamanan pada mata selama menulis, mengolah foto dan mendesain infografis. So, kalau ada yang nanya laptop harga affordable dengan spesifikasi powerful serta desain yang elegan, Asus Vivobook 14 (A1400) lah jawabannya! 

13 komentar:

  1. Luar biasa keren ya Mbak. Kalau bicara layar, ASUS dari dulu yang terdepan. Yang lain-lain tak kalah unggulnya dengan merk lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Apalagi kalau untuk produk yang ini menurutku cukup worth it untuk blogger pemula.

      Hapus
  2. Duh jadi kangen deh masa2 jadi mahasiswa. Beneeerrr segalanya dilakukan secara mandiri, makanya butuh disiplin banget kalau niat kuliah biar gk ngeluh setres di akhir semester hehe.
    Wah kalau kuliha punya laptop secanggih Vivobook 14 ini sih dijamin lancar ngerjain segala tugas. Buat ngeblog juga asyik ya mbak. Speknya kuat dan awet. Bikin semangat lha kalau punya amunisi bagus buat beraktivitas tuuuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bener mbak. Zaman kuliah, kalau udah punya laptop tuh bakalan lega banget karena udah bisa ngerjain tugas2 dari dosen.

      Hapus
  3. Laptop tuh jadi kebutuhan yang gak bisa ditunda, apalagi untuk mahasiswa. Karena zaman sekarang, anak-anak sekolah juga sudah butuh gadget mumpuni untuk mempercepat pekerjaan atau mempelajari materi sekolah.

    Semoga pemanfaatan teknologi secara positif ini bisa mendorong anak semakin cepat dan tepat dalam belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mbak. Soalnya kalau ngerjain di ponsel, masih banyak typonya. Jadi mending kerjain di laptop

      Hapus
  4. Ngeblog jadi lebih asyik dengan Asus Vivobook 14 (A1400) FHD Laptop! Kinerja canggih, desain ringkas, dan layar FHD membuat setiap tulisan dan kreasi lebih memikat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Bang. Kitanya jadi lebih bebas berkreasi kalau laptopnya udah FHD tuh. Nyaman di mata soalnya

      Hapus
  5. Bener kak, sebelum beli laptop bisa disimak komponen dan keunggulan fiturnya seperti yang terurai lengkap di artikelnya kak Nara ini, jadi pas beli Vivobook ini hati jadi semringah, apalagi udah tahu kelebihannya yg bisa mendukung rutinitas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mbak Feni, kalau udah tahu fiturnya jadi seneng aja

      Hapus
  6. Aku klo laptop suka merhatiin foturnya dulu, sesuai gak dengan yang kubutuhin. Nomer pertama sih ttp harga, disesuaiin dengan kantong xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. I see kak. Biasanya untuk kalangan mahasiswa biasa (bukan jurusan butuh spek berat) memang beli laptop murah adalah kunci.

      Hapus
  7. Ini kalau aku ada uange pengen langsung ku beli kak, lagi butuh laptop yang murah tp performanya keren gini.

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam