Senin, 02 Oktober 2023

Review Drama Moving : Pahlawan Super Versi Korea Selatan

Poster Drama Korea Moving

Review drama Korea Moving - Siapa nih yang selama beberapa waktu ini selalu getol nonton drama Korea berjudul Moving, cung!! Kayaknya kita sama deh. Awalnya aku hanya iseng-iseng nemu di tiktok cuplikan scenenya. Eh, malah jadi penasaran donk. Drama Korea bergenre fantasi ini bisa kalian saksikan di Disney Hotstar dan berjumlah 20 episode.

Moving merupakan drama yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama. Meski diambil dari webtoon, tapi ternyata ada beberapa perbedaan. Di drama, ada tokoh lain yakni Jeon Gye-Do yang memiliki kekuatan listrik.

Nah, meski ada tambahan tokoh dan scene. Tapi ceritanya gak bakal pergi kemana-mana kok. Drama ini tetap akan pada jalurnya. Well, sebelum mereviewnya, ini dia beberapa informasi yang perlu kamu ketahui.

MOVING

Pemeran : 

  • Ryu Seung Ryong sebagai Jang Jo Won
  • Han Hyo Jo sebagai Lee Mi Hyun
  • Jo In Sung sebagai Kim Doo Shik
  • Lee Jung Ha sebagai Kim Bong Seok
  • Go Yoon Jung sebagai Jang Hee So
  • Kim Do Hoon sebagai Lee Kang Hoon
  • Cha Tae Hyung sebagai Jeon Gye Do
  • Kim Sungai Kyun sebagai Lee Jae Man
  • Moon Sungai Keun sebagai Min Yoon Joon
  • Kim He Won sebagai Choi Il Man
  • Shin Jae Hwi sebagai Bang Ki Soo
  • Kwak Sun Young sebagai Hwang Ji Hee

Sutradara : Park In Je

Karya/penulis : Kang Full

Tayang pada : 9 Agustus 2023 - 20 September 2023

Ptatform tayang : Disney +

Review Drama Korea Moving

Cerita bermula dari seorang anak laki-laki kelas 3 SMA bernama Kim Bong Seok yang berangkat ke sekolah dengan membawa tas dan barang-barang berat. Setiap pagi, dia akan naik bus menuju ke sekolah. 

Saat perjalanan menuju sekolah itulah, Bong Seok bertemu dengan seorang gadis yang menarik perhatiannya. Gadis itu terus berlari berlari dan berlari untuk berangkat sekolah. Si gadis berbeda sekolah dengan Bong Seok. 

Selama beberapa waktu bertemu, akhirnya si gadis naik bus yang sama dengan Bong Seok, meski keduanya belum saling mengenal tapi sudah terlihat tanda-tanda keakraban. Dari sanalah, persahabatan keduanya dimulai. 

Tak disangka, SMA Jeongwon---tempat Bong Seok bersekolah kedatangan siswa baru. Dialah Jang Hee Soo, gadis yang tiap pagi berlari bersamaan dengan bus yang ditumpangi Bong Seok.

Pertemuan Bong Seok dan Hee Hoo itupun lantas menjadikan keduanya terus bersama dan melengkapi satu sama lain sebagai sahabat. Suatu hari, secara tak sengaja Hee Soo mendapati Bong Seok terbang. Ia lalu mulai mencari tahu mengenai kekuatan tersebut. 

Setelah tahu rahasia Bong Seok, Hee Soo paham dan memaklumi, ia pun mengaku memiliki kekuatan super juga yakni tak bisa terluka. So, mau di pukul atau terkena senjata tajam pun, Hee Soo akan tetap pulih secara cepat. 

Tak disangka, di SMA Jeongwon, selain Hee Soo dan Bong Seok, ternyata masih ada anak lain yang punya kekuatan super yakni si ketua kelas bernama Lee Kang Hoon. Ia bisa berlari cepat dan punya tenaga yang besar, terutama saat memukul. 

Well, semua kekuatan yang dimiliki masing-masing anak ternyata tak lepas dari peran orang tua mereka. Kekuatan yang dimiliki Hee Soo, Bong Seok atau Kang Hoon ternyata keturunan alias dilungsurkan dari ortu mereka. Memang tak dijelaskan secara persis mengenai asal usul kekuatan para ortu. 

Serunya, konflik akan muncul justru karena kekuatan super tersebut. Banyak pihak yang berkeinginan menjadikan mereka senjata biologis. Ya namanya manusia super kan ya. Tentu tidak bisa dilepaskan begitu saja oleh negara. Apa saja bahaya yang mereka hadapi dan seperti apa perjalanan masa lalu para orang tua anak-anak berkekuatan super tersebut? 

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa nonton dramanya. Aku gak mau spoiler banyak-banyak karena menurutku, paling asyik kalau kamu bisa nonton dramanya langsung. 

Kesan-kesan saat menonton Moving

Jujur, sebenarnya aku termasuk orang yang gak terlalu suka nonton manusia super. Hanya saja, dalam drama moving ini ada pengemasan yang menarik dan berkesan lebih humanis. 

Akting para pemain nya memang patut diacungi jempol. Baik para orang tua maupun anak-anak, punya story yang cukup kuat. Aku paling ngerasa sad tiap kali membahas masa lalu Jang Joo Won, bapaknya Hee Soo. 

Meski si Bapak ini punya kekuatan super dan terlihat ngeri, tapi sebenarnya dia polos dan baik hati. Dia selalu berusaha untuk melindungi orang-orang yang dipercayai. Meski pada kenyataannya, bos yang ia lindungi ternyata hanya memanfaatkan saja.

Pemeran Bong Seok dan Hee Soo dalam Drama Korea, Moving

Bagian episode paling aku suka setiap anak-anak berinteraksi dengan ortu mereka atau ketika si Bong Seok bersama Hee Soo. Jadi romantis dan menyenangkan melihat mereka berdua bersama dan saling mendukung. Apalagi karakter mereka tuh gemesin banget.

Rate : 9/10

Harapan untuk Penulis Webtoon Moving

Drama Korea Moving sudah tamat beberapa waktu lalu. Beberapa warganet terlihat berkomentar ingin melihat sesion 2 dari Moving ini. Kalau aku pribadi bisa ngasih saran ke Mr Kang Full sih mending jangan ada sesion 2 ya. Udah cukup sampai di situ saja. Biar imajinasi liar penonton yang meneruskan.

Menurutku, lebih baik dibuat spin off dengan pemain dan story lain namun masih relate dengan Moving universe. Misal cerita secara mendalam tentang Lee Kang Hoon setelah lulus dari SMA dan bergaung dengan BIN. Jadi bukan menceritakan semua tokoh.

Atau, bisa juga cerita Kim Young Tak yang memiliki kekuatan mengendalikan waktu. Meski katanya di webtoon sudah ada. Menurutku bagus sih kalau dibuat versi orang asli dengan konflik yang  lebih seru.

Apakah webtoon Time akan dibuat drama?

Memang, dari beberapa artikel aku baca, penulis berkeinginan membuat drama versi orang untuk webtoon "Time" dengan pemeran utama (bisa jadi lho ya tapi belum pasti) Yoo Seung Hoo. Aihhhh, udah lama gak lihat akting dia.

BTW, kayaknya bakal seru kalau Kim Young Tak dipertemukan sekilas dengan pemain Moving. Ah, entar malah jadi kayak Avenger ya haha. So far, aku menunggu gebrakan yang akan dibuat oleh Kang Full dan Disney. Apakah akan membuat cerita yang lebih menarik? 

34 komentar:

  1. Aku baru tamatin kemarin Mbaaa. Dan sukaaaa banget. Walopun banyk plot holes dari ceritanya. Masih banyak yg belum aku paham juga.

    Contohnya cerita naju dan anaknya yang katanya cuma pura2 dimatiin supaya aman hidupnya, trs yang bikin puyeng, itu si idiot awal mulanya kan dia agen juga yaaa? Ada scene nya kok yg pas dia jalan Ama Naju dan Jang jo woon. Trus kenapa bisa jadi idiot tiba2? Ga dijelasin deh. Makanya masih banyak yg perlu dijawab memang, jadi aku berharap S2 nya ntr komplit semua 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang idiot itu yang mana sih mbak? Bapaknya Lee Kang Hoon kah? Kalau iya, dia bukan agen kok. Dia cuma orang biasa yang punya kekuatan hehe

      Hapus
  2. salah satu series drakor yang aku suka. nungguin dari season satu sampai tamat. sayang endingnya bikin kesel, kenapa bapake munculnya cuman sebentar ya?wkwkwk. sementara nungguinnya lama bet. kirain mau bantuin ajang berantem di sekolah, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah kayaknya memang pada nungguin Jo In Sung ya mbak supaya bisa gabung untuk gelut membela anak dan istri hihi

      Hapus
  3. salah satu series drakor yang aku suka. nungguin dari season satu sampai tamat. sayang endingnya bikin kesel, kenapa bapake munculnya cuman sebentar ya?wkwkwk. sementara nungguinnya lama bet. kirain mau bantuin ajang berantem di sekolah, hihihi

    BalasHapus
  4. Pastinya Kim Bong Seok happy sekali ya, Mbak. karena gadis yang selama ini jadi perhatiannya, eh jadi siswa baru di sekolahnya. Dan isitmewanya, gadis itu punya kekuatan super. Tapi begitulah, selalu saja diajadkan obyek. Jadi lebih enak menjadi remaja biasa, yang bisa menikmati masa remaja seperti apa adanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak Bambang, bener. Atau, meskipun punya kekuatan, lebih baik diem2 bae biar bisa selamat dan gak dimanfaatin orang lain sih

      Hapus
  5. aku belom nonton nih. berasa kudet banget karena tiap buka twitter yang selalu dibicarain ya moving ini.. sekeren itu yaa kayaknya mba.. disebut2 sebagai series superhero terbaik gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus sih mbak memang, tapi gak seger baik itu sih. Ceritanya nano2

      Hapus
  6. Wih ini drakor yang lagi viral ya? Banyak temenku yg nyaranin untuk nonton Moving juga. Ternyata ceritanya emang keren banget. Ga kebayang kalo manusia bisa terbang atau punya kekuatan listrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa iya mbak. Kalau ada manusia super kayak gitu, mungkin bakalan diburu sama orang sih kayak di drakornya

      Hapus
  7. Asyik. Akhirnya ada rekomendasi drakor untuk bisa dinikmati weekend nanti. Apalagi ada unsur kekuatan super didalamnya. Suka tema yang kayak gini sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang. Genre kayak gini seru banget kalau ditonton

      Hapus
  8. Aku baru tahu lho ini tuh diangkat dari komik hihi.. bagus ini kayaknyaa otw nonton juga aah. Soalnya kmrn sempet underestimate gituu nontonin trailernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, dari webtoon gitu. Dan katanya mau ada rencana bikin sequel kalau engga spin off

      Hapus
  9. Kalau udah kelar episodenya bisa nonton dengan nyaman sih ini. Soalnya kalau masih on going, daku gak kuku semisal nungguin episode rahasia Bong Seok ketahuan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mbak. Suka gemes sendiri kalau on going tuh

      Hapus
  10. Belum lihat sih mba hehe aku masih kudet untuk drama korea. Coba nonton juga deh karena banyak yang rekomendasikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di base twitter beberapa waktu lalu rame dibahas kak 😃

      Hapus
  11. Drama Korea paling banyak dibicarakan saat ini
    Bahkan di klaim sbg drama dengan budget termahal ya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Denger2 sih begitu. Makanya lagi bingung, bakal ada sekuel atau engga, karena budgetnya memang gak murah 😁

      Hapus
  12. Sudah banget sih ngapalin nama nama Korea. Biasanya aku lihat filmnya aja. Suka bingung kalau nyebutin nama aktor dan aktrisnya. Keren nih series drakor yang dibuat dalam webtoon. Penasaran dong pengen nonton juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, wajar sih mbak. Namanya susah diingat kadang 😃

      Hapus
  13. Drakor Moving ini pertarungannya udh kyk film kolosal/heroes movie kyk Marvels vs DC. Adegan berantemnya udh kyk Batman vs Superman atau Batman vs Iron Man. Haha. Buat yg ga suka kekerasan, jgn nonton dah.

    Tp movie ini seru bgt loh. Sampe ada adegan heroes dr Korea Utara. Perselisihan dua negara serumpun ini emg seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Pada akhirnya kedua negara dimanfaatkan oleh negara untuk jadi senjata biologis

      Hapus
  14. lihat rating dari Mba Mut kayaknya drama Koreanya bagus ya ratingnya 9/10 penasaran jadi pengen nonton dramanya full karena baru lihat sepotong-sepotong doang di toktok, makin banyak niy waiting list drakor bulan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Mei. Bagus kok. Cuma ada adegan berdarah-darah sih. Jadi bagi yang gak kuat ya memang bakalan terganggu.

      Hapus
  15. aku belum ikutan nonton drakor "moving" xD lagi ngikutin drakor ongoing di netflix :D drakor yang diangkakat dari webtoon biasanya keren2 sih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Aku juga sebenarnya baru ngikutin akhir2 ini. Ternyata bagus hehehe

      Hapus
  16. Keren banget emang drakor yang satu ini. Saya kemarin ikutin on going-nya dan merasa nggak puas karena kudu nunggu lama selama sepekan sedangkan nontonnya cuma sejam, hehe. Kurang durasinya dan berasa nggak pengen drakornya tamat. Saking bagusnya ya drakor Moving ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Nunggunya lama, eh tayangnya gak sampai sejam yak. Walaupun, 2 sekalian sih perharinya haha

      Hapus
  17. Suka nih sama jalan ceritanya, etapi aku kurang demen sama adegan kekerasan gitu, apalagi sampe berdarah². Hihi.. But aku bakal kasih rating 8/10 buat keseluruhannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya memang mbak. Ada adegan gore-nya. Bagi yang gak kuat pasti memang bikin ngeri.

      Hapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam