Sabtu, 16 September 2023

Cerita Tentang Para Gajah Sumatra, Saatnya Kita Peduli pada Mereka

Melindungi gajah yang kian punah (Sumber gambar : Pixabay)

Cerita tentang gajah-gajah sumatra - Beberapa waktu lalu, BTN Tessonilo memposting foto mengenai kelahiran gajah Sumatra betina dari indukan bernama Lisa. Gajah yang lahir pada 1 September 2023 lalu itu mempunyai bobot 90 kg dan belum diberi nama oleh petugas.

Melihat polah si gajah, memberikan kebahagiaan sendiri bagi follower karena gajah merupakan hewan yang terancam punah akibat perburuan liar dan deforestasi.

Gajah kecil yang saat ini belum diberi nama itu memberi sedikit harapan bagi Indonesia mengenai ruang konservasi bagi mereka. Hidup gajah-gajah itu kian tergerus zaman. 

Konflik antara gajah dan manusia terus terjadi karena mereka kehilangan tempat hidup. Tempat membesarkan anak-anak mereka. Gajah tak seperti manusia yang bisa menjajah dan menjarah. 

Gajah hanya makan secukupnya, tak mengambil secara rakus seperti manusia. Gajah tak mengenal uang, tak mengenal alat berat atau cara-cara perebutan lahan. Gajah hanyalah gajah. Mereka hewan yang bisa punah bila diracun, dijerat atau ditembak dengan senapan.

Manukil dari Media Indonesia, berdasarkan KLHK jumlah gajah sumatra yang ada di Riau berada di kisaran 200-300 ekor saja. Selama 8 tahun belakangan, ditemukan 28 kasus kematian hewan langka gajah, pertahunnya kadang ditemukan 2 sampai 3 kasus.

Sumber informasi : Media Indonesia

Beberapa penyebab yang mengancam keberadaan gajah sumatra yakni perburuan liar, keusakan habitat hingga peruasan perkebunan yang membuat rumah para gajah tergusur oleh manusia. Kasihan aku membayangkannya, ibarat kita punya rumah, tapi harus tergusur karena keserakahan orang lain.

Gajah sumatra yang mati mengeluarkan darah, diduga ia diracun (Sumber :Sindonews)

Sangat disayangkan, padahal gajah termasuk hewan yang punya manfaat bagi lingkungan. Gajah merupakan penjaga keseimbangan ekosistem di hutan kawasan khususnya di Taman Nasional Way Kambas. Gajah juga berperan sebagai penyebar benih tumbuh tanaman atau pepohonan di dalam hutan.

Kehidupan gajah sumatra maupun hewan-hewan langka lainnya bergantung pada manusia. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita menjaga keberadaannya melalui pemberian hukuman tegas bagi oknum-oknum yang membunuh gajah. 

Melihat semakin mengecilnya jumlah para gajah Sumatra. Tindakan melindungi dari banyak pihak harus diperbesar agar tak ada lagi korban-korban gajah yang mati karena diracun, ditembak atau dijebak. 

Serius!! saatnya kita peduli keberlangsungan hidup mereka sehingga anak cucu bisa menemui gajah sumatra tak sekadar tergambar di atas buku pelajaran sebagai hewan yang telah punah, tapi bisa memegangnya langsung dengan penuh kasih.

23 komentar:

  1. Ya allah kayak mau nangis Mbaaa liat foto gajah trakhir 😭😭😭. Kok tega yaaa .. manusia itu terkadang memang kayak iblis yg menyamar. Tega melakukan hal begini ke makhluk hidup lainnya 🤧

    Saking serakahnya, kok ya ga ada perasaan sedikitpun saat membunuh binatang 😔. Semoga yaa gajah2 ini bisa dipertahankan kehidupannya, dan bertambah habitatnya. Ga pernah tega kalo baca ttg hewan2 yg harus mati hanya karena keserakahan manusia 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Sedih rasanya tiap lihat hewan-hewan pada mati karena keserakahan manusia. Gak kuat sebenarnya pas nulis ini huhuhu

      Hapus
  2. sedih rasanya denger kematian gaja yang disebabkan ulah manusia, wilayah yang dibabat habis, perburuan gading gajah, dan masih banyak lagi. Harus ada peduli dengan kelestariannya, kasihan anak cucu kalau hewa ini sampai punah. Bisa ya ikut jadi relawan gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau sampai punah, sayang sekali sih mbak. Aset berharga Indonesia hilang :(

      Hapus
  3. Aku ngga tega lho liat gajah2 mati yang jadi korban perburuan liar. Asli ini kalo ngga karena keserakan manusia, pasti mereka bisa nyaman tinggal di habitatnya. Kalau bukan kita yang peduli keberlangsungan hidup mereka, mau Siapa lagi dan menunggu sampai kapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener. Sebenarnya gak hanya gajah sih. Sedih juga kalau lihat burung, kera atau badak yang jumlahnya semakin menurun karena manusia.

      Hapus
  4. mungkin daku belum pernah secara langsung melihat gajah sumatera. Namun baru kemarin daku bareng ponakan ke Ragunan melihat gajah sumatera lalu membaca artikel ini, memang sudah sepantasnya mereka itu kita lestarikan karena jangan sampai generasi penerus kita hanya melihat gambarnya saja, hix.

    BalasHapus
  5. Sedih sekali saat melihat foto gajah yang mati karena diracun. Padahal gajah istilah 'memberontak" kepada manusia, karena habitatnya dirusak dan diusik oleh manusia. Jadi memang harus ada tindakan tegas bagi pelakunya.

    BalasHapus
  6. duh gambar terakhir asli bikin nyesek. jadi ingat juga cerita yang warga protes karena katanya gajah menghancurkan tempat mereka padahal kenyataannya tempat tersebut adalah rute jalan gajah dan gajah nggak pernah ambil jalan yang lain yang artinya wargalah yang sebenarnya merusak wilayah gajah

    BalasHapus
  7. ya Allaah, nyesek bacanyaa kalo kek gini lama2 ngga ada gajah yang bertahan hidup lamaa di sana :(( jadi keinget sama film kartun jungle, itu anak kecil ke gajah aja sampe sujud, eh di siniii

    BalasHapus
  8. Sungguh sedih banget melihat gajah terbujur kaku dengan luka dan darah
    Sekelas kucing, ayam atau ikan saja saya gak tega apalagi ini gajah yang langka...
    SDM Indonesia memang beneran kudu direvolusi!

    BalasHapus
  9. Astagfirullah, tega banget ya... Lihat foto terakhir beneran bikin sedih. Sungguh tega banget manusia-manusia yang tak punya hati itu.

    BalasHapus
  10. Duh miris banget bacanya, sebagai pecinta gajah geram juga bacanya, kenapa masih banyak orang yang ga peduli dengan kepunakan mereka, apalagi sampai memburunya dengan cara seperti itu, semoga setelah ini tidak ada lagi kejadian seperti ini dan gajah-gajah bisa hidup bebas di lingkungan mereka tanpa ada gangguan apapun

    BalasHapus
  11. duhhh sedih melihat gajah yang semakin terdesak karena habitatnya yang semakin mengecil, belum lagi ada kasus pembunuhan gajah yang belum 0. Harus beneran dapat perhatian khusus karena untuk berkembang biak, mamalia ini butuh waktu yang panjang

    BalasHapus
  12. Ga tega kalo ngelihat gajah mati sia2 kyk gt. Ngelihat di tempat sirkus atau tempat wisata aja aku udh nangis meski yg naik itu hny anak kecil. Soalnya kdg ada yg meneteskan air mata meski itu terkena debu/entah krn apa. Yuk lindungi gajah yuk agar tdk punah.

    BalasHapus
  13. Duhh liat gajahnya ikut sedih ksk, gajah itu termasuk salah satu hewan purba katanya. Jadi harus dilindungi ya kak & hrus dpet perhatian khusus.

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu bahwa gajah membantu penyerbukan, ya. Sedih banget liat hewan segede itu terluka apa lagi mati

    BalasHapus
  15. Duuhhh aku ga tega liat gajah yang tersiksa, sakit, apalagi sampai mati hhuhuhu. Aku pengen sekali dalam seumur hidup liat gajah bahagia hidup di alam bukan di kandang kebun binatang 🤧🤧🤧🤧

    BalasHapus
  16. Aku setuju banget hukuman buat pelaku pembunuhan gajah harus lebih tegas. Harusnya kita semua sadar ya, bukan cuma demi gajahnya doang, tapi buat kebaikan alam kita juga. Semoga makin banyak yang peduli dan aksi nyatanya diperlihatkan bukan cuma omongan doang. #SaveGajahSumatera 🐘❤️

    BalasHapus
  17. Halo induk Lisa dan baby gajah, sehat² yah. Semoga siapa pun yg coba menyakiti kalian dengan merusak alam kalian, akan dapet ganjaran yg seberat²nya. Huwaaaa.. jadi sedih kalo liat foto di atas, sebegitu teganya orang² jahat ini.

    BalasHapus
  18. Kalau berkaitan dengan hukum dan satwa yang dilindungi ini keadaannya gak seindah yang dibayangkan. Nyatanya, satwa langka indonesia kerap menjadi perburuan liar dan ujung-ujungnya lolos juga. Sedih sekali melihat banyak gajah yang kehidupannya terancam. Semoga manusia mampu menjaga demi kelangsungan hidup seimbang bersama di alam ini.

    BalasHapus
  19. Satwa-satwa langka di Indonesia sangat butuh perhatian khusus. Selain memang sudah langka, habitat mereka sudah semakin berkurang.

    BalasHapus
  20. Kasihan banget gajahnya.. memang perlu sering share ke sosmed sih soalnya banyak yang belum tahu hewan liar itu untuk keseimbangan ekosistem..untuk hidup kita juga sih

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam