Selasa, 05 September 2023

Review Drakor Mask Girl : Ketika Hukum Tabur Tuai Berlaku

Poster untuk drakor Mask Girl (Edit by Canva)

Review drama Korea Mask Girl - Beberapa waktu ini aku sempat tergiur dengan diskusi-diskusi menarik yang dilakukan warganet pecinta drama Korea di Twitter. Diskusi tersebut membahas Mask Girl sebagai drama dengan genre menantang tapi punya cerita tak biasa. Emang iya?

Awalnya, aku berpikir bahwa cerita Mask Girl ini mengenai psikopat berdarah dingin yang suka mencari mangsanya via online berkedok kencan buta. Namun ternyata bayanganku itu salah besar Gaes! Mask Girl punya jalan cerita tersendiri yang menurutku patut diacungi jempol.

Mask Girl merupakan drama yang berasal dari Korea Selatan yang rilis tahun 2023 dan layak untuk mendapatkan apresiasi karena akting dari pemainnya yang bagus serta punya story line yang seru. 

Drama ini disutradarai oleh Kim Yong Hoon. Ia juga bertindak sebagai penulis skenario. Nah, untuk pemeran utama ada Lee Han-byeol, Nana, Go Hyun-jung, Ahn Jae-hong, dan Yeom Hye-ran.

Kalau kamu pernah nonton The Great Queen Seondeok, nah, Go Hyun Jung aka Misil akan berperan di dalamnya. BTW, drama ini berjumlah total 7 episode dan didasarkan pada webtoon Naver dengan nama yang sama oleh Mae-mi dan Hee-se, yang diterbitkan antara 2015 dan 2018.

Alur Cerita Mask Girl

Cerita dimulai dari seorang pekerja Asuransi bernama Kim Mo Mi yang bermimpi menjadi artis namun harus mengurungkan niat karena wajahnya yang tak cantik. 

Sejak kecil, Mo Mi dibesarkan oleh seorang ibu yang memuja kecantikan. Tak ayal, ketika memiliki anak seperti Mo Mi, si ibu merasa kesal. 

Lalu, si ibu mengatakan kalimat-kalimat hinaan pada anaknya yang membuat Mo mi tumbuh menjadi perempuan yang insecure karena wajahnya. 

Suatu hari ia memiliki ide untuk tampil di dunia maya menggunakan masker. Mo mi menamai dirinya dengan Mask Girl dan membuat para penggemarnya jatuh cinta padanya. Termasuk salah satu penggemar rahasia yang bernama "Dulu tampan".

Suatu hari, Mask Girl memberanikan diri bertemu dengan salah satu penggemarnya dengan nama "Biksu tampan". Tapi naas, penggemarnya itu ternyata hanya memanfaatkan Mo Mi. Ia bermaksud memperkosa Mo Mi dan membuat Mo Mi terlihat sebagai lelucon saja.

Merasa terancam, Mo Mi pun berusaha melawan dan tak sengaja memukul Biksu Tampan hingga terjatuh bersimbah darah. Mo Mi mengira Biksu Tampan sudah tewas dan ia pun tertunduk lesu di dekat ranjang. 

Tak berapa lama, datangnya seorang lelaki berperawakan gemuk bernama Oh Jung Nam. Dia merupakan rekan kerja Mo Mi di perusahaan Asuransi. 

Oh Jung Nam lah yang kemudian membantu Mo Mi menyingkirkan tubuh Biksu Tampan. Sementara Mo Mi terlihat shock berat dengan kejadian itu. Ya iyalah. Secara, dia mukul orang sampai terkapar. 

Tak disangka Oh Jung Nam ternyata punya perasaan mendalam pada Mo Mi. Semuanya bermula ketika ia tahu bahwa Mask Girl adalah Mo Mi, rekan kerjanya di perusahaan asuransi. Sebagai manusia dengan karakter introvert akut, Oh Jung Nam tidak pernah berkencan. 

Jangankan berkencan. Baginya, menatap wajah seorang perempuan adalah hal yang menakutkan. Sebagai ganti, ia hanya mau menatap tangan perempuan. Nah, dari situlah awal mula Oh Jung Nam tahu bahwa Mo Mi adalah Mask Girl. Sebab, Mo Mi punya tahi lalat sama persis seperti yang dimiliki Mask Girl. 

Kembali ke adegan Mo Mi membunuh Biksu Tampan. Semenjak kejadian itu, Mo mi tak pernah datang ke kantor dan ia telah menuliskan surat resign. Ia juga sulit dihubungi oleh teman sekantornya termasuk si Oh Jung Nam. 

Hingga suatu hari, channel streaming milik Mask Girl menyala. Ia berniat melakukan siaran terakhir dan berpamitan. 

Melihat itu Oh Jung Nam segera pergi ke apartemen milik Mo mi dan berusaha masuk. Disana Mask Girl sudah menunggu.

Beberapa karakter di drakor Mask Girl 

Mask girl dan Oh Jung Nam sempat berdebat karena pada akhirnya Mask Girl mengetahui bahwa Oh Jung Nam adalah penggemar channelnya yang bernama "Dulu tampan". Momi juga menyadari bahwa Oh Jung Nam lah yang mengancamnya lewat pesan singkat mengenai identitas sebagai Mask Girl.

Oh Jung Nam tiba-tiba khilaf, ia pun melecehkan Mask Girl dan melakukan hubungan terlarang. 

Mask Girl yang tak terima diperkosa akhirnya menikam Oh Jung Nam hingga tewas. Sejak saat itu, Mask Girl menghilang dan berganti identitas. Di sinyalir ia melakukan operasi plastik. 

***

Nah, lanjutan kisah Mask Girl ini masih sangat seru karena pada akhirnya Kim Mo Mi berhadapan dengan ibu Oh Jung Nam yang membalas dendam atas kematian anaknya secara sadis.

Bagi kamu yang suka dengan drama dengan genre thriller. Drama Korea Mask Girl ini bisa jadi pilihan. 

Tapi bagi kamu yang takut darah atau gak terbiasa dengan adegan dewasa, mending skip beberapa adegan di episode 2. Soalnya episode 2 memang agar vulgar sih. 

KESAN MENONTON MASK GIRL

Bagiku, drakor Mask Girl seperti menceritakan lingkaran karma tokoh-tokohnya. Jika kalian pernah dengar istilah "Siapa yang menabur dia akan menuai", nah drakor ini jawabannya. 

Drakor ini juga mengajarkan bahwa parenting yang buruk akan membawa dampak buruk pula pada perkembangan anak. 

Jujur, aku sempat menangis melihat bagaimana Mo Mi diperlakukan tidak baik oleh ibunya karena bermuka jelek. 

Pun dengan Oh Jung Nam. Dia dikarakteristikkan sebagai lelaki wibu yang menyukai hal-hal berbau dewasa. 

Dia suka mengoleksi benda-benda 18+ dan boneka-boneka perempuan karena tak berani berbicara secara langsung dengan perempuan. 

Semua karakternya itu terbentuk karena ibu Oh Jung Nam yang posesif. Ia tipikal orang tua yang full mengatur apapun dalam kehidupan anaknya sehingga Oh Jung Nam hidup sebagai pribadi yang penakut, pendiam dan mes*m. 

Bagian ending dari drakor ini menurutku cukup bagus dan memuaskan. Pada akhirnya tiap tokoh seperti mendapatkan karma mereka masing-masing. 

Ya, penokohan dalam Mask Girl rata-rata dibuat jahat, kecuali anak Kim Mo Mi yang bernama Kim Mi Mo. Jangan sampai salah baca, karena cuka dibalik doank nama anaknya.

PESAN YANG BISA DIAMBIL DARI CERITA 

Dari awal hingga akhir aku menonton, ada beberapa pesan yang bisa diambil dari Mask Girl,

Tentang bad parenting

Parenting yang buruk akan berdampak buruk pula pada perkembangan anak. Dalam drakor Mask Girl diceritakan bahwa orang tua kedua tokoh, Mo Mi dan Oh Jung Nam punya cara buruk mengajari anaknya. 

Gak heran parenting buruk itu membentuk sikap anak hingga dewasa. Mo Mi menjadi perempuan yang "terlalu kepedean". Bisa dilihat dari cara dia berpikir seolah bosnya menyukainya padahal tidak. 

Lalu, Oh Jung Nam. Kebiasaan ibunya yang menuntut ini itu, melarang ini itu hingga terlalu posesif, membuat ia tumbuh sebagai manusia yang insecure, mesum, dan introvert. Dia tak bisa mengambil keputusan sendiri. Tak pandai bersosialisasi dengan orang lain. 

Tentang Karma (Hukum Tabur Tuai)

Seperti yang aku tuliskan sebelumnya. Drama ini benar-benar memperlihatkan hukum tabur tuai bagi masing-masing karakternya, dari awal hingga akhir. Baik pemeran utama, Kim Mo Mi hingga pemeran-pemeran lainnya. 

Memang, beberapa netizen mengatakan kalau ini terlalu dark karena dari awal hingga akhir, pemerannya kayak sial semua. Tapi bagiku, kesialan itu terjadi karena tiap karakter telah menabur sikap-sikap buruk sehingga harus menuai hal buruk pula.

Tentang Standar kecantikan

Kalau bicara tentang standar kecantikan memang banyak sekali pro dan kontra. Tapi jika dilihat dari drama ini seolah tengah mengkritisi bahwa kecantikan itu bisa membuat orang beruntung. 

Kim Momi tak terlahir cantik, makanya dia tak beruntung di keluarga dan pekerjaan yang ia impikan yakni menjadi bintang. Gak heran, dia melakukan operasi plastik untuk menghantam insecuritas dalam dirinya. 

Memang, beberapa netizen mengatakan kalau ini terlalu dark karena dari awal hingga akhir, pemerannya kayak sial semua. Tapi bagiku, kesialan itu terjadi karena tiap karakter telah menabur sikap-sikap buruk sehingga harus menuai hal buruk pula. 

Sedih sih sebenarnya, tapi di Indonesia pun, kecantikan  masih jadi privilege yang membantu. Banyak orang-orang yang dianggap beruntung karena ia punya wajah tampan atau cantik. Nah, kalau standar kecantikan atau ketampanan ala kamu gimana?

×××

Bagi kamu yang penasaran dengan ceritanya, kamu harus nonton langsung supaya bisa menikmati jalan cerita plus mendapatkan insight mengenai drakor tersebut. Katanya nih, Mask Girl menjadi drama paling populer lho.

Mengapa di judul aku tulis hukum tabur tuai? Yup, itu karena masing-maaing karakter punya karakter jahat yang pada akhirnya mereka menuai balasan melalui karma buruk. 

Untuk skor Mask Girl : 9/10

7 komentar:

  1. Aku suka adegan Kim Mo Mi ngejar-ngejar yang ngebully dia sampai ketakutan pelakunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, puas aja rasanya karena emang nyebelin banget.

      Hapus
  2. Sukaaaaa banget Drakor ini. Langsung aku tonton aps muncul mba. Apalagi cuma sedikit eps nya.

    Tapi memang ga puas Ama ending. Kenapa sampe mati si ibu psycho ga tau juga kalo anak yg mau dia bunuh cucunya 🤣🤣🤣🤣. Sebeel aku wkwkwkkw

    Setuju sih ini ada kaitan Ama tabur tuai. Karena memang mereka juga awalnya ngelakuin hal yg ga baik, jadinya berujung ga baik semua sampe akhir. Makanya kenapa penting utk selalu berbuat baik dan benar ya mba 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Fani. Suka juga. Cuma memang kalau episode 2 ada adegan nganu. Jadi harus diskip2 wkwkw. Sangat tida baik kalau ditonton ada anak dibawah umur hehehe

      Hapus
  3. aku nonton ini karena ada my girl crush aka Nana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak yang nonton juga katanya karena ada Nana. Aku sendiri gak tahu sih nana itu siapa. Tapi emang dia cakep bgt

      Hapus
  4. Alurnya maju mundur bikin bingung tapi bagus sih ceritanya. Geregatan sama si nenek karena berbuat jahat dengan cucunya sendiri. Pas nonton episode awal agak gimana gitu karena aku kaget dan terheran-heran. Episode awal sampai akhir bagus sih. Tapi aku kurang suka dengan endingnya.

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam