Senin, 31 Juli 2023

Yuk Mengenal Kereta BIAS, Kereta Bandara Adi Sumarmo di Kota Solo

Mengenal Kereta BIAS Bandara Adi Sumarmo
Penampakan kereta BIAS Bandara Adi Sumarmo dari depan (dok.Pri)

Pengalaman naik Kereta Bandara BIAS di Solo. Saat melakukan perjalanan, kita selalu memperhatikan transportasi apa yang bakal kita gunakan. Hal itu sangat berkaitan dengan harga yang bisa kita bayar untuk mendapatkan kenyamanan.

Salah satunya dengan memilih mode transportasi saat menuju ke bandara. Nah, beberapa waktu lalu, aku melakukan perjalanan ke Bali untuk mengikuti sebuah event. 

Well, karena di area Jawa Tengah punya 2 bandara, aku memutuskan memilih salah satua yang memiliki penerbangan langsung yakni melalui bandara Adi Sumarmo, Solo.

Baca juga : Pengalaman Terbang Pertama ke Pekanbaru dari Bandara Ahmad Yani Semarang

Mulanya aku tak tahu kalau Solo punya kereta bandara layaknya YIA atau Bandara Soetta. Namun setelah membaca via tulisan di google, akhirnya saya tahu kalau Kereta BIAS milik Solo bisa diakses melalui KAI Access.

Caranya memang berbeda dari kita membeli tiket kereta Bandara ke YIA atau Bandara Soetta. 

Kalau mau memesan kereta Bandara bernama BIAS, kita klik bagian kereta lokal dan pilih tujuan dari Stasiun Balapan Solo ke Stasiun Adi Sumarmo atau sebaliknya. Kereta ini juga bisa mengantarkan penumpang ke Klaten lho. 

Cara memesan Kereta Bandara BIAS, Solo
Cara memesan Kereta BIAS dengan aplikasi KAI Access

Lanjut. Setelah memilih kereta lokal, klik bagian cari maka akan muncul beberapa jadwal yang bisa kita pilih untuk keberangkatan ke lokasi. Saat itu aku memilih Stasiun Adi Sumarmo sebagai tujuan akhir, berikut jadwalnya : 

  • Solo Balapan tujuan Adi Sumarmo pukul 08.35 sampai pada 08.54 wib
  • Solo Balapan tujuan Adi Sumarmo pukul 11.12 sampai pada 11. 31 wib
  • Solo Balapan tujuan Adi Sumarmo pukul 14,54 sampai pada 15.13 wib
  • Solo Balapan tujuan Adi Sumarmo pukul 17.22 sampai pada 17.41 wib

Sedangkan dari Stasiun Adi Sumarmo ke Stasiun Balapan Solo jadwalnya,

  • Adi Sumarmo tujuan stasiun Balapan Solo pukul 09.08 sampai pada 09.27 wib
  • Adi Sumarmo tujuan stasiun Balapan Solo pukul 12.32 sampai pada 12.50 wib
  • Adi Sumarmo tujuan stasiun Balapan Solo pukul 15.21 sampai pada 15.40 wib
  • Adi Sumarmo tujuan stasiun Balapan Solo pukul 18.11 sampai pada 18.29 wib
Dengan adanya jadwal tersebut, kamu yang berkeinginan naik kereta ini harus memperhatikan dengan benar agar tidak ketinggalan kereta ya. Pengalaman lalu, aku hampir saja ketinggalan karena bagasiku belum siap diambil akibat penundaan kedatangan dari maskapai.

Bagaimana sih kenyamanan selama naik Kereta BIAS?

Jujur, selama naik kereta BIAS, rasanya cukup nyaman. Stasiunnya bersih dan tak banyak orang serta memiliki fasilitas yang cukup mumpuni.
Suasana ruang tunggu yang cukup tenang, rapi serta bersih 

Bahkan ada lho ruang menyusui dan lift khusus difabel. So, bagi kamu yang difabel atau memiliki keluarga difabel bisa memanfaatkan fasilitas lift tersebut agar bisa lebih mudah saat turun ke ruang tunggu.

Berikut ini interior yang bisa kamu dapatkan ketika naik kereta BIAS menuju Bandara Adi Sumarmo, Solo.
Interiornya rapi dan bersih.Yang membuat aku suka, gak
 banyak orang jadi bisa pilih tempat duduk yang aku mau
Kursi-kursi berwarna hijau terang dengan berbagai letak bisa dipilih oleh penumpang. Di tiket, tidak tertulis pasti nomor kursi untuk penumpang sebab kita bisa memilih sebebas mungkin kursi yang kita mau. Ya, namanya saja kereta lokal.

Sebelumnya, aku pernah nonton salah satu vlog bahwa kereta BIAS ini memang tak padat penumpang. Hal ini karena berbagai faktor. Bisa jadi karena pemanfaatan bandara atau stasiun oleh penumpang belum optimal.

Padahal, dari segi fasilitas sudah sangat baik. Dalam kereta begitu bersih, kursi tertata rapi, ruang tunggu ada tersedia stop kontak serta harga tiket kereta yang terjangkau. 

Bayangkan, untuk sekali jalan, misalkan saya dari stasiun Balapan Solo ke Stasiun Bandara Adi Sumarmo, cuma menghabiskan uang sekitar Rp 7000. Jadi, kalau pulang pergi, kita hanya membayar Rp 14.000.


Berbeda dengan kereta Bandara YIA atau Soetta. Kalau saya cek, harganya lebih mahal yakni Rp 20.000 untuk YIA dan RP 70.000 untuk kereta Bandara Soetta yang berhenti di Stasiun Manggarai.

Wajar memang jika harganya berbeda. Sebab jarak antara Bandara dengan stasiun masing-masing memang lebih jauh. Kalau jarak Stasiun Balapan Solo ke Bandara Adi Sumarmo sekira 13 Kilometer yang membutuhkan waktu kurang lebih 28 menit. Kebayangkan kalau naik taksi atau ojol, biayanya?

Dibandingkan naik ojek online atau taksi, aku lebih merekomendasikan kamu naik kereta BIAS sih. Perbandingan harganya cukup jauh. Waktu itu aku cek ojek online sekitar Rp 25.000-30.000 sekali jalan. 

Baiklah kawan, itu dia sepenggal cerita dan informasi perihal Kereta bandara yang dimiliki oleh Solo yakni Kereta BIAS. So, kalau kalian hendak mengadakan perjalanan ke kota lain melalui Bandara Adi Sumarmo, kalian bisa memanfaatkan kereta BIAS yang murah meriah.

4 komentar:

  1. Aku kayaknya kalo mudik ke solo lagi, naik kereta aja deh, atau naik pesawat, trus sambung kereta gini ya mba 👍. Selama ini tiap mudik selalu bawa mobil pribadi 😅. Malah ga tau ada kereta bandara yaa 😍.

    Dengan tarif yg murah banget pula.. memang KAI skr ini jadi baguuus banget sih.saluuut. sbnrnya aku pun LBH suka naik KA kalo traveling around Java doang. Tapi khusus mudik solo, ntah Napa pak suami LBH suka bawa mobil supaya bisa kemana2 di sana 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah kalau suka traveling dan memang pengen menikmati perjalanan, better emang kereta lebih oke sih mbak. Tapi ya kalau ada mobil pribadi dan ada tujuan jelajah lainnya, ya gapapa, malah bagus.

      Kapan-kapan coba naik kereta bandaranya mba Fanny biar merasakan sensasinya Heheh

      Hapus
  2. pengen banget ke Stasiun Solo Balapan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa jalan-jalan ke sana kak. Asyik sepertinya. Aku aja yg kemaren cuma selintas, pengen banget bisa menjelajahi lebih jauh 😄

      Hapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam