Jumat, 30 September 2022

6 Tempat Wisata Anti Mainstream di Surabaya yang Unik dan Instagramable

gambar : Pixabay/ignartonosbg

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, kamu tidak akan menyangka jika Surabaya ternyata punya banyak spot wisata lain yang unik. Tidak hanya deretan mall dan Tugu Pahlawan yang mainstream, masih banyak lokasi menarik lainnya yang bisa dijelajahi dan di eksplor. Termasuk tempat-tempat wisata seru yang instagramable. 

Sebagai akomodasi bagi para pelancong, ada banyak hotel di Surabaya yang bisa dipilih, misalnya The Life Styles Hotel Surabaya yang memiliki fasilitas lengkap.  Apa saja wisata anti mainstream di Surabaya yang unik dan instagramable? Berikut rekomendasinya untuk kamu.

Rekomendasi Wisata di Surabaya


1. Monumen Parasamya Purnakarya Nugraha

Diresmikan Gubernur Jawa Timur pada Desember 2018, monumen ini lokasinya masih satu kawasan dengan kantor gubernur. Monumen Parasamya Punakarya Nugraha didesain oleh seniman pembuat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen indah ini sekaligus menjadi Titik Nol Kilometer Surabaya, sebagai ibu kota Jawa Timur.

2. De Javasche Bank

Museum De Javasche Bank atau museum mata uang juga disebut sebagai Museum Bank Indonesia. Museum ini berada di Jalan Garuda Nomor 1, Krembangan, Surabaya. Kamu bisa berkunjung setiap hari di museum ini kecuali Senin atau hari libur. 

Museum yang dibuka pada 2012 ini terdiri dari tiga lantai dan menyuguhkan sejarah sistem perbankan Indonesia pada para pengunjung. 

Kamu bisa menemukan tiga bagian utama di sini, yaitu ruang koleksi mata uang lama, ruang koleksi konservasi, dan terakhir ruang koleksi harta budaya. Selain menawarkan wisata sejarah, Museum ini juga kerap menjadi spot foto yang menarik karena instagramable. 

3. Hutan Kota Pakal

Hutan Kota yang dibangun pada 2008 ini ramai dikunjungi masyarakat. Ruang terbuka hijau yang berada di daerah Pakal, Benowo, Surabaya Barat ini memiliki luas 13 hektar dan akses masuknya cukup mudah. 

Di tempat ini, tersedia tujuh gazebo untuk bersantai, taman bermain, taman bunga, hingga kolam ikan. Ada juga pembangkit listrik bertenaga biogas yang diperoleh dari kotoran sapi dan kambing.

4. Taman Cahaya

Secara infrastruktur, sekilas penataan taman ini mirip dengan Taman Bungkul yang sangat populer di Surabaya. Bedanya, Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk olahraga, seperti jogging track, lapangan basket, lintasan batu refleksi, dan lainnya. Taman cahaya berada di Jalan Raya Pakal, Surabaya Barat dan masih jaraknya berdekatan dengan Hutan Kota Pakal.

5. Patung Budha Empat Wajah

Tempat wisata instagramable berikutnya yaitu Patung Budha Empat Wajah. Spot yang juga disebut dengan Four Faces Buddha ini bisa kamu temukan di sudut Pantai Ria Kenjeran. Patung yang dibangun pada tahun 2003 ini berada di atas lahan seluas 1,5 hektar. Patung ini sekilas tampak mirip dengan patung Buddha di Bangkok, Thailand.

Sesuai namanya, patung dengan tinggi 36 meter ini adalah sosok Buddha duduk dengan empat wajah yang menghadap di berbagai sisi. Empat wajahnya masing-masing melambangkan empat sifat baik Buddha, yaitu adil, murah hati, pengasih, dan meditasi.

6. Pagoda Tian Ti

Pagoda Tian Ti berdiri sejak 2010 dan menjadi salah satu spot wisata populer di Surabaya. Pagoda ini terletak di Jl Sukolilo No 100, Bulak, Surabaya. Desain pagoda yang kerap disebut sebagai Sky World ini terinspirasi dari Pagoda Tian Tan di Beijing, Tiongkok. 
Namun, pagoda ini tidak dibuat untuk acara keagamaan tapi dibangun sebagai ikon pariwisata di Surabaya 

Ada tiga lantai dengan diameter 60 meter di pagoda setinggi 58 meter ini. Konstruksi utama pagoda ini terbuat dari material baja dan bukan kayu. Meski begitu, kamu bisa mendapatkan kesan megah saat menyaksikannya dari jarak dekat.

7. Mangrove Gunung Anyar

Wisata mangrove di Surabaya identik dengan wisata Mangrove Wonorejo. Padahal ada lagi lokasi ekowisata lainnya yaitu Gunung Anyar. Ekowisata mangrove yang jaraknya sekitar 30 menit dari mangrove Wonorejo ini dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya secara langsung. 

Destinasi ekowisata ini mempunyai walking track yang panjang dan menembus hutan. Kamu bisa menembus hutan bakau dengan menggunakan perahu nelayan. Cukup dengan membayar Rp 50 ribu per orang kamu sudah bisa berkeliling dan menyusuri sungai sambil melihat deretan hutan bakau yang indah. Ekowisata ini berada di Jl Medokan Sawah Timur, Medokan Ayu, Rungkut.

Itulah wisata anti mainstream di Surabaya yang unik dan instagramable. Untuk urusan tiket pesawat dan akomodasi, kamu bisa memesan  semuanya di Traveloka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam