Kamis, 15 April 2021

Memilih Bahan Kacamata Pria Terbaik

Kaca mata kini tidak hanya sebagai kebutuhan karena gangguan penglihatan melainkan telah menjadi item fashion. Tren penggunaan kaca mata ini pula yang menyebabkan perkembangan mode kacamata pria dan wanita.

Tidak hanya dari desain frame yang kian stylist, bahan frame juga jadi kian beragam. Bahan frame ini dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan setiap penggunanya.

Aneka Bahan Kacamata Pria

Selama ini ketika memilih kacamata pria selalu terfokus pada bentuk frame. Padahal selain bentuk yang tidak kalah penting adalah bahan frame yang digunakan. Bahan frame yang digunakan mempengaruhi kenyamanan, bobot  hingga harga kaca mata.

Berikut ini aneka bahan frame kaca mata dan penjelasannya untuk Anda:

Bahan metal

Pertama ada bahan metal yang dapat memberikan kesan tajam pada pria. Bahan ini memiliki kelebihan pada kekuatannya. Cocok untuk digunakan pada penggunaan sehari-hari namun tidak cocok bagi Anda yang memiliki alergi pada logam.

Bahan metal logam ini dapat dibedakan berdasarkan jenis logam yang digunakan. Yakni titanium murni yang paling ringan di antara yang lain. Lalu Titanium alloy lebih elastis dan tahan lama. Terakhir ada nikel alloy yang dijual dengan harga lebih terjangkau namun paling berat di antara bahan metal lainnya.

Bahan plastik

Bagi Anda yang alergi dengan bahan logam, memilih frame kacamata pria berbahan plastik dapat menjadi pilihan. Selain mengurangi risiko alergi bahan plastik lebih ringan dan nyaman digunakan.

Ada beberapa jenis bahan plastik yang digunakan sebagai frame kaca mata. Pertama ada asetat yang paling umum digunakan memiliki keunggulan tidak mudah terbakar. Bahan yang cocok bagi pemula adalah bahan plastik optil, bahan ini memiliki ciri transparan atau tembus pandang, ringan namun rentan panas.

Selanjutnya plastik seluloid lebih kuat terhadap panas bahkan dibandingkan asetat. Terakhir ada tipe TR yang paling cocok untuk penderita alergi seperti yang biasa digunakan untuk keperluan medis. 

Bahan kayu

Frame kaca mata dari bahan kayu mulai populer beberapa tahun terakhir. Selain unik frame dengan desain serat kayu memberi tampilan yang menawan. Namun frame dengan bahan kayu ini membutuhkan perawatan khusus agar lebih awet 

Pengrajin frame kayu sudah mulai banyak ditemukan. Harganya bisa beragam tergantung jenis kayu yang digunakan serta detail desain yang dibuat. Semakin lama proses pengerjaan bisa semakin mahal harganya.

Bahan bermutu tinggi

Kategori bahan bermutu tinggi ini bisa bermacam-macam, mulai dari emas hingga bahan eksklusif seperti tempurung penyu. Kacamata pria dari bahan bermutu ini memberikan tampilan stylish dan eksklusif.

Kelebihan bahan tempurung penyu adalah daya tahannya yang pastinya awet digunakan dalam waktu yang lama. Namun daya tahan tersebut harus ditebus dengan  harga sangat mahal. Perlu diketahui pula bahan alami kuli penyu ini dapat menyebabkan alergi.

Selanjutnya untuk frame berbahan emas bisa menggunakan kadar emas yang tidak terlalu besar yakni 12 atau 18 karat. Bahan ini cukup awet namun bobotnya juga cukup berat. Selain itu tentu saja harganya cukup mahal. Untuk bahan bermutu ini, Anda bisa juga memilih bahan lain seperti platinum, perak dan sebagainya.

Itu dia aneka bahan frame kacamata pria yang dapat ditemukan. Untuk memilihnya, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan serta kondisi medis yang dimiliki. Jangan asal pilih sebab selain sebagai kebutuhan, kaca mata juga menjadi aksesoris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam