Laman

Senin, 31 Desember 2018

Merapah Jejak Kemuning, Surga Tersembunyi Di Tengah Alas Jati Wanagama

Saya masih tertidur pulas ketika alarm berbunyi pukul 03.00 WIB. Biasanya, saya akan bangun sekitar pukul 9.00 WIB. Namun hari itu ada yang berbeda. Saya harus bangun pagi karena acara liputan blogger ke daerah Kemuning, Gunung Kidul. Lebih tepatnya ke sebuah kampung besutan Astra yang dikenal dengan kampung Berseri Astra (KBA).

Selasa, 25 Desember 2018

Gathering Asus Yogya : Berkenalan dengan Asus Zenfone Max Pro M2

Pada tanggal 11 Desember 2018 lalu, publik Indonesia sempat tertuju pada acara grand Launching smartphone gaming terbaru dari Asus. Yess, the next generation of smartphone gaming, Asus Zenfone Max Pro M2. Bagi pecinta mobile gaming, nih smartphone termasuk paling dicari lho. Hmm beneran? Iya, soalnya selain memiliki spek yang bagus harganya juga cukup terjangkau dibanding smartphone level sekelasnya.

Rabu, 19 Desember 2018

Kenali Gejala Pneumonia, Selamatkan Anak-Anak Indonesia

Sumber : Desain Pribadi
Ilustrasi di atas adalah sebuah cerita yang menggambarkan seorang ibu yang kurang tanggap dalam mengenali penyakit yang diderita anaknya. Padahal si anak sudah mengatakan bahwa ia menderita sesak dan merasa demam. Sang ibu mengira itu hanya batuk biasa yang disebabkan oleh perubahan cuaca. Lalu Sang ibu menyepelekan dan tidak menindaklanjuti keluhan anaknya. Nah, pada akhirnya kondisi si anak justru bertambah buruk. Sang ibu kemudian tahu bahwa si anak bukan menderita batuk biasa melainkan Pneumonia.

Jumat, 14 Desember 2018

Ekonomi Digital: Tinggal Scroll, Klik dan Bayar, Apapun Bisa Dilakukan Sendirian.

Selamat datang di era digital, sebuah era dimana kemajuan teknologi menjadi peranan kunci dalam perubahan di segala bidang. Sebuah era dimana manusia bisa melampaui batas keinginan hanya bermodalkan gadget dan internet.  Sungguh, sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan 10 tahun yang lalu.

Rabu, 12 Desember 2018

Gathering Blogger Jogja dan MPR : Mengenal Lebih Jauh 4 Pilar Kebangsaan

Apa yang ada dipikiranmu ketika mendengar kata MPR? Bagian dari pemerintahan? Tempat penyaluan aspirasi? Yess, tepat sekali keduanya benar. Secara lengkapnya nih ya MPR itu lembaga perwakilan rakyat yang bertugas mengawasi jalannya kegiatan yang dilakukan oleh pemegang kekuasaan eksekutif. Tentu saja, semuanya berdasarkan pada aspirasi dari rakyat, Pancasila dan UUD 1945.
Hmmm, kalau ngomongin MPR, aku jadi ingat pelajaran jaman SMA dulu. Aku saat itu hafal betul fungsi dan wewenang dari MPR seperti apa. Tapi kalau sekarang, entahlah. Terlalu banyak hal yang dilakukan sampai pengetahuan seperti itu terlupakan.

Senin, 10 Desember 2018

Tak ada Narkoba yang membuat Hidup menjadi Berwarna

“Seorang Artis bernama Bla bla bla ditangkap oleh aparat kepolisian karena kedapatan membawa sabu sebanyak bla bla bla”
Berita semacam itu sudah seringkali kudengar di media apapun, entah televisi ataupun media sosial. Bahkan saking gencarnya, setiap infotainment mulai membicarakannya lengkap dengan argumen-argumen khas mereka. 

“Lho tuh artis terlihat baik padahal, kok bisa pakai narkoba ya?” kata ibuku tiba-tiba ketika berita mengenai tertangkapnya artis tersebut muncul di TV.

Sabtu, 08 Desember 2018

Tampil Harum dan Percaya Diri dengan Azalea Hijab Hair Care

Pada bulan november lalu, aku dan kawan-kawan blogger diundang dalam acara pengenalan produk baru Azalea, tepatnya produk Shampo Hijab Anti Dandruff. Di acara pengenalan tersebut, para blogger diinformasikan untuk menggunakan pakaian bernuansa putih dan biru. Well, warna itu ternyata hampir sesuai dengan produk yang nantinya akan dikenalkan.

Rabu, 14 November 2018

Lampaui Batas Gaming dan Bloggingmu dengan Asus Zenfone Max Pro M1

“Kartini jaman Kiwari pun bisa memainkan game dengan mudah karena inovasi dari game dan perangkat teknologi yang beragam”
kalimat tersebut benar-benar menancap di pikiranku. Ketika itu aku mengikuti sebuah seminar bertema teknologi yang diadakan oleh salah satu kampus di Yogyakarta. Dalam seminar tersebut, pembicara mengatakan bahwa teknologi telah menembus batas-batas persepsi dari manusia. 

Minggu, 04 November 2018

Seribu HPK untuk Ananda, Seribu Cinta untuk Indonesia

Demikianlah ucapan Asuma Sarutobi kepada anak didiknya Shikamaru Nara. Asuma merupakan salah satu tokoh dalam sebuah komik dan animasi Jepang karangan Masashi Kishimoto, Naruto Shippuden. Bagi pecinta Naruto, tentu ucapan tersebut telah menjadi kutipan tersendiri dan melegenda di dalam hati, tak terkecuali saya. 

Rabu, 31 Oktober 2018

Sehat itu Berharga, Sehat Itu Merdeka


“Kesehatan yang baik bukanlah sesuatu yang dapat kita beli. Namun, sesuatu yang dapat menjadi tabungan yang sangat berharga.” – Anne Wilson Schaef

Benar. Bagiku juga demikian. Kesehatan merupakan asset yang mahal dan berharga. Sama halnya seperti uang atau harta yang lain, kesehatan adalah tabungan yang harus dipersiapkan untuk masa depan. Mengapa aku bisa berkata demikian? Yap, karena aku pernah memiliki pengalaman sakit akibat cuek terhadap kesehatan. Dan aku tak mau mengulangi semua itu lagi.
Beberapa tahun silam, tepatnya empat hari menjelang ujian Nasional SMA, aku pernah melakukan opname di rumah sakit. Saat itu, aku merasakan sakit yang teramat sangat dibagian perut. Awalnya, aku mengira itu hanya penyakit maag biasa yang bisa disembuhkan dengan obat dari warung. Namun, dugaanku meleset. Rasa sakit yang ku derita tak kunjung usai. Selama sehari semalam aku tak bisa tidur dan meringis-ringis sambil memegang perut. Orangtua begitu khawatir dengan keadaanku, kemudian aku langsung dibawa kerumah sakit malam itu juga. 

Minggu, 30 September 2018

Best Moment 2018 : Good Bye Masa Skripsiku, Hello Wisuda dan Smartphone Impianku

Setiap orang pasti memiliki momen terbaik dalam hidup mereka. Ya, sebuah cerita berbalut perjalanan waktu yang penuh dengan kejutan dan warna-warni kehidupan. Momen terbaik akan membuat pikiran di otak ini terus tergelincir untuk mengarungi waktu. Tetap mengingatnya dan menyimpan erat dalam catatan-catatan kecil di diary atau blog pribadi.

Jumat, 28 September 2018

Meretas Jerat-jerat Stunting melalui Pencegahan dan Kesadaran Diri

Stunting. Awalnya saya tak begitu memahami kata tersebut. Terdengar anyar rasanya di telinga ini. Namun yang membuat saya heran, kata tersebut pernah menjadi viral dan berada pada trending topik di twitter beberapa waktu lalu. Saya mulai searching maknanya melalui Google dan menemukan ulasannya dengan sangat mudah. 

Kamis, 13 September 2018

Budaya Sadar Bencana, Jadikan Indonesia Negeri Tangguh dan Berdaya

Nusantara masih berduka. Ya, pada awal agustus 2018 lalu, sebuah gempa berkekuatan cukup besar mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya. Gempa tersebut, tak hanya membuat ratusan rumah rata dengan tanah, ia juga memakan korban ratusan jiwa.

Jumat, 31 Agustus 2018

Bersama Natsbee, Merdekakan Pikiran dan Tubuh dari Toxic itu Harus!

Merdeka!! Yap, itu merupakan kata yang muncul dari pikiran ini karena aku telah terbebas dari satu hal penyebab stress. Skripsi. Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 18 agustus 2018, aku telah melaksanakan wisuda. Yeayyy!! Bahagia rasanya bisa melepaskan semua tanggungjawabku sebagai seorang mahasiswi. Berbicara mengenai skripsi nih ya, banyak sekali cerita menarik dalam proses pengerjaannya.

Rabu, 01 Agustus 2018

Mencegah Generasi Stunting dengan #RokokHarusMahal

"Merokok dapat menyebabkan terjadinya Stunting?"
Awalnya aku memang tak begitu memahami makna Stunting. Terdengar anyar rasanya di telinga ini. Namun, kata tersebut telah viral dan sempat menjadi trending topik di Indonesia pada waktu itu. Aku mulai searching maknanya melalui google dan menemukan ulasannya dengan sangat mudah. Hanya dalam waktu 0,38 detik, aku sudah bisa menemukan cukup banyak artikel yang mengulas mengenai Stunting.

Senin, 30 Juli 2018

Ayo Menabung Di Bank, Ayo Menjadi Generasi Cerdas Keuangan!!

"Apa inspirasi yang membuat kamu mau menabung?"
Tidak semua orang paham mengenai pentingnya mengelola keuangan bagi rumah tangga. Apalagi jika dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan hidup, maka intensitas pendapatan akan lebih banyak diarahkan untuk melakukan pembelian barang-barang kebutuhan daripada yang lain. 

Senin, 23 Juli 2018

Melindungi Anak Indonesia dengan Memahalkan Harga Rokok

Realisasi menaikkan harga rokok sedang diupayakan bersama saat ini. Bukan tanpa alasan sejumlah pihak menggaungkan dan menginisiasi supaya harga rokok lebih mahal, yakni sebesar Rp 50.000 hingga Rp 70.000 perbungkus. Ini dilakukan dalam rangka menyelamatkan generasi muda Indonesia dari bahaya kecanduan rokok. Ya, tugas kita bersama untuk melindungi para raja masa depan. Anak-anak Indonesia. 

Minggu, 15 Juli 2018

Mahasiswa UNY Menciptakan Alat untuk Meningkatkan Hasil Budidaya Ikan Laut

Tiga Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta berhasil membuat Windmill 2 in 1 Sebagai Sumber Energi Listrik dan Meningkatkan Oksigen Terlarut (Dissolved Oxigen) untuk Optimalisasi Hasil Budidaya Ikan Laut Bekualitas. 

Inovasi penelitian yang termasuk dalam Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) ini,  membantu menyelesaikan permasalahan perternak ikan air laut. Alat yang terinspiraisi dari permasalahan yang ada dalam budidaya ikan air laut, yaitu kurangnya oksigen terlarut dalam kolam ikan sehingga menyebabkan kematian pada ikan.

Kamis, 12 Juli 2018

Kerokan, Kearifan Lokal yang Harus Diwariskan

Bercerita mengenai kerokan, ah saya jadi teringat kembali sosok Mbah Sumi, seorang ahli pijat plus kerokan tradisional di kampung saya di kota Pekalongan. Sebagai pemijat handal dan legendaris di kampung Silirejo, Mbah Sumi tidak pernah sepi pelanggan. Bahkan bagi Mbah Sumi, pekerjaan sebagai pemijat telah menjadi panggilan dari jiwanya. Setidaknya, itulah yang pernah beliau katakan pada saya.

Minggu, 17 Juni 2018

Asus VivoBook A 407: Upgrade Level Konten Menjadi Outstanding? Siapa takut!!!

Waktu telah berlalu begitu cepat. Tak terasa sudah 4 tahun lamanya gue menjadi penulis sekaligus admin dalam blog yang gue miliki. Awalnya blog ini memang lahir tanpa gue duga, tepatnya pada tahun 2011 silam karena tugas TIK dari guru gue. Setelah tugas selesai, gue tak pernah menjamahnya sekalipun hingga akhirnya gue menemukan kembali cara untuk membukanya.

Minggu, 03 Juni 2018

Menjadi Blogger Keren yang Tak pernah Pupus oleh Waktu

Awalnya aku tak menyangka mampu menjejakkan diri menjadi seorang penulis pada blog yang aku miliki. Blog milikku ini dibuat secara tak sengaja. Lebih tepatnya, karena aku remidi ujian TIK saat SMA tahun 2011 yang lalu. 

Senin, 28 Mei 2018

Melawan Stunting Melalui Cinta Terencana Untuk Membangun Keluarga Hebat

Stunting. Awalnya saya tak begitu memahami kata tersebut. Terdengar anyar rasanya di telinga ini. Namun yang mengherankan, kata tersebut menjadi viral dan berada pada trending topik di twitter. Saya mulai searching maknanya melalui Google dan menemukan ulasannya dengan sangat mudah.

Jumat, 25 Mei 2018

Belajar dan menyatu bersama Alam di Botani Sukorambi

Suatu hari, Nara dan kakaknya sedang berdiskusi mengenai rencana liburan mereka ke suatu tempat. Nara Ingin merefreshing pikiran sejenak setelah berkutat dengan kegiatan kampus yang demikian padat. Sang kakak, Dion, berusaha membantu adiknya untuk mencari tempat liburan yang indah namun mengedukasi.
Dion mencari informasi via media sosial mengenai tempat-tempat yang sedang hipe untuk dikunjungi. Namun, beberapa referensi tempat telah ia eliminasi dari daftar. Why? sebab Dion mempertimbangkan tempat yang tidak hanya indah pada pemandangannya tetapi juga mampu mengedukasi. Kemanakah mereka akan pergi berlibur?

Menemukan Surga di kabupaten Jember

Siang itu hawa begitu panas. Terlihat banyak orang berjejal memadati stasiun kereta api Lempuyangan. Mataku tajam bagai elang, melihat kesegala penjuru, berharap menemukan sosok yang sejak setengah jam yang lalu kutunggu. Dialah Vera, sahabatku yang berasal dari Jember. Kebetulan hari itu dia libur dari pekerjaannya, sehingga menyempatkan diri untuk mampir ke kota Yogyakarta. 

Sabtu, 05 Mei 2018

Bolu Susu Merapi: Gak Sekadar Cake Kekinian Tapi juga Bikin Bahagia

Kamis, 3 Mei 2018, Sinergi Cowork and Network Space Yogyakarta telah dipenuhi beberapa rekan media dan para blogger. Saat itu, kukira aku datang terlambat karena jam telah menunjukkan pukul 09.46 wib, namun setelah kucek kembali undangan via whatsapp, ternyata acara dimulai pukul 10.00 wib. Aku lega. Yes, bisa datang tepat waktu. Bahagia rasanya.

Senin, 30 April 2018

Shell Eco-marathon untuk Melangitkan Masa Depan Energi Dunia


Siang itu, sebuah notifikasi masuk ke hape saya. Satu pesan broadcast via whatsapp dari grup organisasi kampus yang saya ikuti muncul pada bagian teratas chat. Dalam pesan tersebut, diinformasikan mengenai kompetisi yang akan diikuti oleh tim mobil Garuda UNY dalam Shell Eco-marathon 2018 di Singapura. Tim mobil Garuda UNY juga meminta doa restu kepada kami semua agar bisa tampil terbaik dan memenangkan kejuaraan.

Sabtu, 14 April 2018

Memaknai Harkonas dengan menjadi Konsumen Cerdas di Era Digital

"Konsumen itu bagian yang paling penting dalam sebuah lini bisnis, tanpa mereka, bisnis perdagangan tak akan pernah berjalan" 
Kalimat itu masih terngiang jelas di dalam ingatan takkala dosen saya mengatakannya di depan kelas ekonomi bisnis beberapa waktu silam. Kalau dipikir secara mendalam kalimat tersebut memang benar. Sebab, konsumen merupakan subyek yang paling utama dalam menentukan pembelian sebuah produk. 
"Konsumen adalah Raja"
Apakah kamu pernah mendengar pepatah diatas. Bagaimana menurutmu? 

Jumat, 06 April 2018

Mendukung Bermedia Sosial Positif untuk Indonesia lebih maju dan kreatif

Pagi itu saya bersama rekan saya bersiap-siap untuk datang dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh kementrian Kominfo. Acara tersebut diselenggarakan di hotel New Saphir Yogyakarta. Dengan niat positif untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru, kami segera berangkat menuju ke lokasi menggunakan Go Car.

Jumat, 30 Maret 2018

Hijratunna : Sharing ilmu dan Belajar menjadi Muslimahpreneur

”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”
Mempelajari ilmu yang bermanfaat tentunya menjadi sebuah kebutuhan untuk setiap manusia. Melalui ilmu yang kita pelajari, kita jadi memahami sesuatu yang belum pernah kita tahu sama sekali. Bahkan untuk hal yang paling sederhana. Jika ilmu yang kita serap mampu bermanfaat dan mengembangkan kemampuan kita, kenapa tidak?

Kamis, 29 Maret 2018

Cerita Gue dan Tol Cipali : Toilet yang di nanti

Apa kesan pertama lu ketika gue menyebut kata "Toilet"??
Gimana dengan peran toilet dikehidupan lu?
Jawaban lu mungkin bakal beragam. Bisa penting, biasa aja atau gak terlalu penting. Okelah, gue mau sedikit cerita mengenai pengalaman gue yang membuat gue bersyukur banget kalau ketemu toilet. Sebenarnya ini tentang cerita perjalanan gue beberapa waktu yang lalu karena ada acara penting. Cielahhh sok penting banget gue, hehe

Rabu, 14 Maret 2018

Jagoan Hosting dan Resolusi yang Terealisasi #WaktunyaMoveOnSob

Well, kalau gue punya blog pertama kali tahun 2011 sob. Awalnya dibuat untuk melengkapi tugas TIK dari guru gue pas ulangan praktik. Suatu hari, gue menemukan harta karun terpendam gue. You know? sebuah buku diary yang zaman old selalu gue gunakan untuk curhat dan nulis sesuatu yang penting. Dan ternyata, di dalam diary itu, gue menemukan password blog yang telah lama terlelap.
Melalui password tersebut, pada akhirnya blog gue yang udah tidur lelap selama beberapa tahun itu bisa terbangun dari mimpinya. 

Rabu, 14 Februari 2018

Nutrisi Terbaik 1000 HPK? Best Parent Wajib Tahu.

Saat itu saya sedang berada di kos ketika hape saya berdering. Dan, satu pesan WA masuk ke hape saya. Sebuah grup WA baru telah muncul di deretan teratas list chat saya. NUB.
Yeaay, akhirnya saya bisa ikutan juga acara yang saya apply beberapa waktu lalu melalui grup facebook. Sebenarnya saya belum tahu lho mengenai NUB atau 1000 HPK secara detail, kira-kira akan membahas mengenai apa saja sih, dalam hati saya berkata.

Rabu, 10 Januari 2018

Kolaborasi BPK dan Masyarakat untuk Indonesia Lebih Maju dan Sejahtera

Seorang mahasiswa jurusan Ilmu Sosial menghampiri saya. Dia adalah seorang kawan yang pernah satu meja dengan saya dalam forum dialog kebangsaan bersama MPR RI yang pernah diadakan di kampus saya beberapa waktu lalu. Dia mendapat tugas dari dosennya untuk mewawancarai orang yang memahami mengenai audit keuangan. Kebetulan saya merupakan mahasiswi jurusan manajemen Fakultas Ekonomi, sehingga sedikit banyak saya tahu mengenai ilmu tersebut meskipun waktu mempelajarinya hanya satu semester. Dia mencoba menanyakan beberapa hal mengenai tugas dan fungsi seorang auditor serta penenrapannya di Indonesia. Saya menjawab pertanyaan demi pertanyaan darinya sesuai apa yang pernah saya pelajari. Dan itu cukup memuaskannya.