Rabu, 31 Mei 2023

Jangan Sepelekan Kebiasaan Menunda Buang Air Kecil di Perjalanan

Ilustrasi sakit (Sumber gambar : Pixabay/HansMartinPaul)
Beberapa waktu lalu, sebuah postingan di media sosial ramai dibahas netizen perihal batu ginjal yang berbentuk seperti jahe. Padahal, biasanya batu ginjal berukuran kecil-kecil layaknya kristal. Namun itu berukuran besar dengan wujud yang tak biasa.

Postingan tersebut mulanya dibagikan melalui tiktok oleh seorang tenaga medis bernama Fuji Harto Ramud. Fuji bercerita bahwa ia mendapatkan seorang pasien dengan keluhan sakit pinggang yang tak biasa selama 2 tahun.

Setelah diperiksa, akhirnya terkuak bahwa pasien punya batu ginjal berukuran besar dan berbentuk seperti jahe. Jujur, pertama kali aku melihatnya, cukup kaget juga. Berasa ngeri aja membayangkan sakit yang diderita pasien tersebut selama ini.

Usut punya usut, ternyata batu ginjal itu diderita karena si pasien sering mengonsumsi minuman manis instan, jarang minum air mineral karena bekerja di ruangan ber-AC ( yang bisa membuat bolak-balik kamar mandi), serta sering menahan buang air kecil.

Yap, ternyata menahan buang air kecil terlalu sering bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Beberapa artikel kesehatan menyatakan bahwa menahan buang air kecil bisa menyebabkan,
  • Rasa nyeri dan tidak nyaman
  • Risiko terkena batu ginjal
  • Nyeri pinggang parah
  • Batu kandung kemih
Aku pernah punya pengalaman tak menyenangkan ketika menahan buang air kecil di perjalanan. Saat itu aku naik travel dari Jakarta ke Yogyakarta. Nah, karena travel harus melewati jalan tol yang jarang sekali terdapat rest area, akhirnya aku harus menunggu hingga menemukan toilet.

Waktu itu jaraknya gak main-main gaes, berkilo-kilo meter. Bayangkan aja nahan pipis dalam waktu yang lama. Rasanya sangat ingin turun dan ingin pipis di pinggir jalan. Gak banget kan.

Bisa ditebak setelahnya. Ketika aku sampai ke toilet di salah satu pom bensin, bagian kemih rasanya tidak nyaman. Sakit dan terasa ada sesuatu yang nyeri beberapa jam. Sejak saat itu, aku kapok. Gak mau lagi nahan pipis di perjalanan.

Mungkin ini beberapa tips yang bisa aku bagikan saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan seperti travel atau mobil pribadi. 
  1. Jangan minum air terlalu banyak. 
  2. Usahakan lakukan buang air kecil sebelum berkendara. 
  3. Jangan ragu untuk berhenti di pom bensin, rest area atau masjid jika merasa ingin buang air kecil
Yap, itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait bahaya menahan buang air kecil. Memang, pada kasus batu ginjal, faktor penyebab bukan hanya dari sering menahan pipis, tapi juga sering minum minuman instan dan jarang minum air mineral. 

Namun demikian, hal-hal penyebab penyakit tersebut bisa kita hindari sedemikian rupa agar tidak mengganggu produktivitas kita. Terlebih, pergi ke Rumah sakit bukan sesuatu yang menyenangkan bukan? Apalagi bila harus melakukan operasi. 

Semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Tuhan melalui aktivitas-aktivitas yang kita lakukan dan semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat untuk pembaca blog naramutiara. Salam hangat dan Terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam