Kamis, 30 Juni 2022

ASUS Vivobook 13 Slate OLED : Melibas 6 Aktivitas dalam satu Laptop. Its My Dream to Have It!

"Saya suka traveling, menulis, dan drawing. So, memiliki laptop 2 in 1 dengan desain modern, multitasking dan bisa dibawa kemana pun? It's my dream Mas. It's my dream!" 

Siapa yang menduga, sebuah benda kotak berukuran 13,3 inci dengan berat 0,78 kilogram bisa membuat banyak hal berubah? Ya, perkembangan teknologi telah menyihir setiap kemustahilan menjadi mungkin. Termasuk untuk sebuah laptop yang berevolusi menjadi demikian canggih. 

Vivobook 13 Slate OLED merupakan teknologi terbaru besutan Asus yang memiliki itu semua. Kali ini, Asus memberi kejutan para pecintanya dengan menghadirkan fitur detachable sehingga bisa dibentuk menjadi tablet maupun laptop sesuai kebutuhan pengguna. 

Menyoal tampilan dan juga keamanan, pengguna juga tak perlu resah dan gelisah. Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Windows 11. 

Windows 11 memungkinkan pengguna mendapatkan tampilan lebih simpel dengan kemampuan yang lebih maksimal karena bisa terintegrasi langsung dengan aplikasi android.  

Saya pernah menyaksikan sebuah video menarik tentang teknologi. Mulanya dalam sebuah meja tertata kalender, alarm, buku notes, mesin ketik, hingga senter. Kemudian, semua benda-benda itu hilang dan berganti dengan sekotak teknologi bernama gadget.  

Dari video itu, lantas muncul sebuah pemikiran bahwa keberadaan gadget membuat segala hal menjadi ringkas. Bentuk gadget pun semakin beragam dengan fitur-fitur canggih yang disesuaikan dengan kebutuhan.  

Tak heran, masyarakat era kiwari sangat membutuhkan keberadaan gadget sebagai partner kerja yang bisa diandalkan dalam segala situasi, tak terkecuali sebuah laptop.  

Kabar gembiranya Asus memperkenalkan inovasi terbaru berupa gadget yang bisa berubah bentuk. Bisa jadi laptop dan bisa jadi tablet juga. Dialah Vivobook 13 Slate OLED. Wow, udah kayak power ranger aja ya? Hehe 

Sebagai seorang perempuan, saya memang bukan tipikal geek yang memahami seluk beluk dunia teknologi termasuk laptop. Namun, saya sadar bahwa paham kebutuhan dan spesifikasi partner kerja yang akan saya pilih adalah penting. 

Jujur, saya pernah punya pengalaman buruk saat memilih gadget. Kala itu saya masih kuliah, karena saya amatir soal spesifikasi, saya jadi asal memiilih perangkat. Alhasil, selama beraktivitas, gadget yang saya punyai membuat kesal minta ampun karena sering nge-lag dan lemot. 

Sejak saat itu, ketika memilih gadget, entah ponsel atau laptop, saya tak sembarangan. Saya harus paham kebutuhan, spesifikasi hingga memilih budget yang sesuai. 

Sebab, bila abai pada spesifikasi, bukannya kelancaran yang didapat tapi emosi karena laptop ngadat akibat spek yang gak sesuai dengan tuntutan aktivitas yang kita lakukan.

Mengenal Lebih Jauh Asus Vivobook 13 Slate OLED 


Bicara soal Vivobook 13 Slate OLED, kata “Slate” yang berarti “batu tulis” seolah mengingatkan saya pada fungsi batu pada masa kerajaan sekitar abad ke-7 hingga 11 sebelum masehi. Pernah dengar kan tentang prasasti? 

Pada masa lampau, selain logam, batu digunakan para Citralekha atau penulis prasasti untuk menggoreskan aksara-aksara kuno yang berisi perintah, aturan hingga catatan silsilah raja hingga kehidupan sosial.
Para Citralekha menggunakan alat penatah khusus agar aksara-aksara yang termuat bisa terbentuk sempurna pada batu atau logam. Tentu, untuk membuat prasasti, mereka membutuhkan waktu yang tak sebentar karena harus berkonsentrasi. 

Tak disangka, ratusan tahun berikutnya terjadi perubahan pesat pada peradaban manusia. Muncul inovasi batu tulis yang bisa dimanfaatkan manusia untuk berbagai kebutuhan mulai dari pekerjaan hingga hiburan. Tanpa harus bersusah payah memahat serta menghabiskan banyak waktu.  

Batu tulis itu kini telah bertransformasi menjadi sebentuk teknologi canggih bernama Vivobook 13 Slate OLED. Ya, laptop dengan fitur detachable ini merupakan inovasi dari Asus yang menggabungkan 2 fungsi sekaligus yakni laptop untuk produktivitas dan juga tablet untuk hiburan serta upgrade skill.


Sebagai gadget era kiwari, Asus Vivobook 13 Slate OLED didesain dengan berbagai kelebihan dan spesifikasi yang sangat cocok dipilih untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Berikut kelebihan Asus Vivobook 13 Slate OLED yang perlu banget kita ketahui, 

Performa mantap dengan Sistem Operasi Windows 11  

Ketika memilih laptop sebagai partner kerja, tentu performa menjadi nomor wahid yang dicari oleh pengguna. Sebab, performalah yang membuat tiap aktivitas menjadi sat set. Tidak lemot atau gampang nge-lag yang akhirnya membuat emosi. Performa optimal maka cuan juga maksimal. Iya gak? 

Ditenagai oleh prosesor Intel quad-core hingga 3,3 GHz, 8GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD, performa Asus Vivobook 13 Slate OLED sangat mumpuni untuk pekerjaan-pekerjaan yang bersifat multitasking.  

Terlebih, Asus Vivobook 13 Slate OLED telah dibekali oleh sistem operasi terbaru dari Windows 11. Kelebihan yang bisa didapatkan pengguna yang menggunakan laptop ber-windows 11 adalah,  
  • User interface yang lebih rapi dan simpel 
  • Tersedia tampilan widget 
  • Laptop bisa diintegrasikan ke perangkat android 
  • Memiliki teknologi gaming DirectStorage yang sebelumnya tersedia pada game console Xbox Seri X/S.  
  • Memiliki tampilan dark mode 
Prosessor mantap, penyimpanan yang sudah memakai SSD 256GB dan RAM 8 GB akan membuat aktivitas yang pengguna lakukan kian melesat yang pada akhirnya memunculkan produktivitas. 

Desain 2 in 1 dalam satu Perangkat (Detachable) 

Vivobook 13 Slate OLED merupakan produk pertama dari Asus yang bisa dijadikan tablet maupun laptop sesuai kebutuhan. Saat hendak berfungsi sebagai tablet, pengguna bisa mencopot bagian keyboard-nya, tetapi saat hendak dijadikan laptop, pengguna tinggal memasangkan keyboard-nya. 

Sudah 2 kali saya memiliki tablet namun memiliki spesifikasi yang biasa saja. Tentu, dengan performa tablet yang biasa saja itu, saya jadi kurang tertarik untuk memilikinya lagi.
Namun semua itu berubah tatkala saya tahu kalau Asus mengeluarkan produk laptop yang bisa dijadikan tablet. Bayangkan bila memilikinya, kita mempunyai tablet dengan kemampuan setara laptop. Punya RAM 8GB, SSD 256GB, Windows 11 home, prosesor quad core, dan dibekali MyAsusFeature yang hanya ada pada laptop. Beneran, ini keren banget sih! 

Layar OLED dengan Fitur Eye Care 

Layaknya produk terbaru dari Asus, Vivobook 13 Slate OLED juga dibekali dengan teknologi layar OLED, Fitur Eye Care dan Dolby Vision sehingga tampilan yang diberikan mampu memukau mata. By the way, kamu tahu gak sih kelebihan layar OLED? Jika belum tahu, berikut ini merupakan kelebihannya dan perbandingan layar OLED dengan layar LCD, 
  • Warna lebih kaya dan akurat 
  • Tampilan Tetap Jernih Meski Pada Tingkat Kecerahan yang Rendah 
  • Lebih ramah untuk Kesehatan Mata 
  • Detail Warna dan Visual Terbaik 
  • Visual Lebih Jelas Tanpa Efek Blur 
Dengan tampilan yang lebih jernih dan kaya warna, tentu membuat pengguna menjadi lebih asyik menikmati tontonan di depan layar. Apalagi Vivobook 13 Slate OLED  dibekali dengan layar sentuh 550-nits super terang yang responsif dan memiliki kontras luar biasa. 

Saya pernah memiliki pengalaman berpartner dengan ponsel yang punya tingkat kecerahan rendah. Alhasil, ketika berada di lokasi yang terik dan cerah, saya tidak bisa melihat layar ponsel saya. Harus mencari tempat yang cukup teduh dulu baru terlihat. 

Nah, dalam Vivobook 13 Slate OLED, fungsi kecerahan hingga 550-nits adalah menghindari layar tak terlihat saat berada di kondisi terik.


Yang lebih penting lagi, Vivobook 13 Slate OLED juga memiliki fitur ASUS Eye Care untuk mengurangi cahaya biru hingga 70%. Cahaya biru diketahui menyebabkan ketidaknyamanan visual dan mengganggu kualitas tidur. Dengan mereduksi jumlah cahaya biru ke mata berarti mengurangi efek gangguan yang ditimbulkan.

Saya akui, di rumah, gadget lebih banyak dipakai oleh adik saya. Terutama karena sekolah adi bergantung dengan laptop dan ponsel. Adanya layar OLED dan fitur Eyecare, maka efek cahaya biru yang dihasilkan akan lebih rendah. Itu berarti Vivobook 13 Slate OLED lebih ramah untuk mata anak-anak. 

Dilengkapi dengan Dual Kamera yang Ciamik 

Semenjak pandemi melanda, fungsi kamera pada laptop bukan lagi sekadar aksesoris tetapi menjadi sebuah kebutuhan. Hal itu karena kegiatan banyak dilakukan secara online baik sekolah maupun bekerja.  

Asus Vivobook 13 Slate OLED dilengkapi dengan dual kamera yakni kamera depan dengan resolusi 5 Megapixel dan kamera belakang 13 Megapixel. Bandingkan dengan laptop kebanyakan yang biasanya hanya memiliki kamera dengan resolusi VGA atau maksimal 2 Megapixel. 

Asus Vivobook 13 Slate OLED memiliki dua kamera yang sudah sangat mumpuni untuk foto dan rekam video pada acara berbasis online. Kalau sedang ada webinar yang harus menggunakan kamera misalnya, pengguna gak perlu khawatir terlihat blur atau lecek karena kamera yang buram.


Soal kamera laptop, saya pernah punya pengalaman mengsedih sih. Waktu itu saya ada acara awarding karena memenangkan lomba kepenulisan. 

Nah, biasanya ketika acara online, panitia bakal memberi background khusus agar foto senada dengan peserta lainnya. Namun, karena kamera laptop kurang bagus, background hilang dan foto saya di aplikasi zoom jadi kurang bagus hehe

Masalah semacam ini sebenarnya terlihat simpel bagi beberapa orang, namun bila itu berhubungan dengan acara penting yang hendak diabadikan, kamera yang bisa menangkap gambar secara detail dan bagus menjadi keharusan. 

Konektivitas Maksimal dengan Asus Wifi Master 

Konektivitas menjadi hal yang sangat penting bagi pengguna laptop di era kiwari. Tak heran, semakin canggih sebuah laptop, maka ia akan dibekali dengan port-port dan berbagai fitur yang melesatkan fungsi konektivitas.


Asus Vivobook 13 Slate dilengkapi dengan Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2. Ia juga dilengkapi dengan teknologi ASUS WiFi Master yang membuat konektivitas dengan internet lancar jaya.

Melalui Asus Vivobook 13 Slate OLED pengguna tak akan pernah kecewa soal konektivitas. Laptop ini memiliki dua port USB-C®, audio jack, port untuk microSD, dan DisplayPort yang bisa koneksikan dengan layar TV atau monitor layar lebar milikmu. Your PC your OLED TV.


Dengan konektivitas ini, maka menonton drakor, film horor ataupun nonton bareng bertandingan sepak bola bisa jadi lebih mudah dan memuaskan. Hayoooo, siapa yang biasanya suka rame-rame nonton drakor sambil nangis sesenggukan? 

Ukuran tipis dengan bobot ringan 

Asus Vivobook 13 Slate OLED diciptakan dengan ukuran yang super tipis dan bobot yang sangat ringan. Ia memiliki luas layar 13,3 inci dengan bobot 0.78 kg (785 gram) dan ukuran ketipisan 7.9 mm.
Keyboardnya sendiri memiliki ukuran penuh 19,05 mm yang sangat portable dibawa kemanapun. Baik tablet maupun keyboard sangat cocok dibawa oleh pengguna yang memiliki mobilitas tinggi atau sering bepergian. 

Dilengkapi dengan Stylus Microsoft Pen Protocol (MPP) 2.0 

Tak semua tablet tersedia stylus, jika pun berkeinginan memilikinya, pengguna biasanya membeli sendiri dengan harga yang variatif dari termurah hingga termahal. Berita baik yang perlu kamu ketahui, Vivobook 13 Slate OLED dilengkapi dengan stylus pen lho. Gak tanggung-tanggung, ia menggunakan teknologi Microsoft Pen Protocol (MPP) 2.0

Kelebihan dari Stylus Microsoft Pen Protocol (MPP) 2.0 yakni memiliki latensi sangat rendah dan respons cepat, sehingga ia sangat akurat digunakan untuk menulis maupun menggambar di layar tablet.

Bagi yang sering corat-coret di ponsel menggunakan stylus berharga murah, pastinya pernah mengalami ujung pen yang terlalu besar sehingga terasa kurang nyaman ketika digunakan. Nah, Stylus Microsoft Pen Protocol (MPP) 2.0 bentuknya seperti pena yang biasa kita gunakan untuk menulis sehingga terasa lebih nyaman. 

Baterai tahan lama 

Hayoooo, siapa disini yang suka bekerja di luar ruangan? Nah, bagi kamu yang suka bekerja outdoor dan gak mau khawatir soal baterai laptop, tenang, ASUS Vivobook 13 Slate OLED memiliki kapasitas baterai 50 WHr kok, so ia mampu bertahan hingga 9.5 jam dalam kondisi normal.
Saat pengguna kehabisan daya, tersedia charger 65 W untuk ASUS Vivobook 13 Slate OLED yang mampu mengisi daya hingga 60% hanya dalam waktu 39 menit. Port yang digunakan pun adalah USB-C® Easy Charge sehingga aman jika pengguna hendak mengisi daya menggunakan power bank.

Audio berkualitas dengan Quad-speaker 

Asus Vivobook 13 Slate OLED memiliki quad speaker dengan kualitas suara ala Dolby Atmos dan berteknologi smart-amplifier. Smart-amplifier sendiri menggunakan algoritma cerdas yang berfungsi untuk mengurangi distorsi (penyimpangan suara) dan mencegah kerusakan pada speaker ketika penggunanya banyak bergerak.

Gambar di atas merupakan perbandingan kualitas suara antara speaker biasa dengan speaker milik Vivobook 13 Slate OLED. Bisa dilihat bahwa perangkat yang menggunakan smart-amplifier akan memiliki suara 3,5 kali lebih powerful dan nyaring.


Bukan cuma itu saja, dengan adanya Dolby Atmos, pengguna bisa menikmati musik, film, atau podcast secara mendetail layaknya suara di bioskop-bioskop. Dolby Atmos sendiri merupakan teknologi surround sound yang membawa pengalaman sinematik 3D ke telingan pengguna. Keren bukan?

Dilengkapi dengan MyASUS Features seperti:
  1. System diagnosis
  2. Battery health charging
  3. Splendid
  4. Function key lock
  5. WiFi SmartConnect
  6. Link to MyASUS
  7. TaskFirst
  8. Live update
  9. ASUS OLED Care
  10. AI Noise Canceling

Dengan Vivobook 13 Slate OLED, Bisa Beraktivitas Apa Aja? 


Berdasarkan uraian sebelumnya, kita sudah melihat bagaimana ASUS Vivobook 13 Slate OLED memiliki berbagai macam keunggulan dan spesifikasi yang mumpuni. Tak heran, ia sangat rekomended dijadikan partner produktif bagi para pekerja kreatif. 

Kira-kira, apa saja sih aktivitas yang bisa dilibas melalui spesifikasi ASUS Vivobook 13 Slate OLED. Nah, untuk saya pribadi, menilik berdasarkan aktivitas secara indoor maupun outdoor, ini lah 6 aktivitas yang tersebut,

Bekerja--Bekerja disini bisa bermacam-macam ya. Saya sendiri meupakan seorang penulis blog maupun media. Bila dikaitkan dengan saya, maka laptop ASUS Vivobook 13 Slate OLED sangat berguna bagi saya untuk kegiatan mengetik, membuat presentasi, mendesain sederhana, browsing informasi hingga menyimpan berbagai data tulisan.

Dengan prosesor tangguh, RAM dan storage yang mumpuni itu, sudah cukup bagi saya melibas pekerjaan sebagai freelance writer. Oh iya, beberapa kali saya juga mengikuti lomba menulis, tentu itu membutuhkan performa laptop yang multitasking. Well, tentu saya bisa mengandalkan kinerja ASUS Vivobook 13 Slate OLED.

Entertainment--Sebagai seorang freelancer, ada kalanya saya merasa jenuh dengan pekerjaan. Istilah kerennya merasa burn out. Jika sudah demikian, salah satu cara healing atau mengembalikan kembali semangat yakni dengan mencari hiburan.


Biasanya, saya akan menonton film horor, mendengarkan lagu di youtube atau menyimak bacaan-bacaan yang menghibur melalui laptop. ASUS Vivobook 13 Slate OLED memiliki fitur detachable sehingga bisa dijadikan tablet untuk menonton berbagai acara hiburan. 

Traveling--Traveling selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi saya tiap ada kesempatan. Permasalahannya, di sela-sela traveling biasanya saya akan tetap membawa laptop karena harus terus produktif menulis. 

Adanya kondisi itu, membuat saya selalu membawa laptop kemanapun saya pergi. Seperti saat melakukan perjalanan ke Magelang beberapa waktu lalu.

Karena ada deadline pekerjaan yang tak  bisa ditunda, akhirnya saya ke Magelang sambil membawa laptop dan alat tempur lainnya. Jelas, di tas, semua gadget itu terasa berat.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED memiliki bobot ringan dan tipis sehingga cocok untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi dan doyan traveling seperti saya. Apalagi, ia  memiliki fitur detachable sehingga bisa dibawa sebagai tablet atau laptop sesuai kebutuhan.

Webinar dan aktivitas online--Setelah pandemi hadir, berbagai kegiatan banyak dilakukan secara online. Berbagai acara offline benar-benar ditiadakan. Alhasil, orang lebih banyak berkutat di depan laptop maupun ponsel untuk mengikuti webinar, awarding hingga gathering online.

Permasalahannya, kamera laptop yang saya miliki kurang mumpuni untuk acara semacam webinar, awarding maupun gathering online sehingga saya selalu mengandalkan ponsel ketika mengikutinya.

ASUS Vivobook Slate 13 OLED memiliki dual kamera yakni 5 MP untuk kamera depan dan 13 MP untuk kamera belakang. Menurut saya, peningkatan resolusi kamera ini menjadi sebentuk inovasi agar aktivitas online bisa lebih clear dan memorable.

Soalnya nih, dengan resolusi kamera 5 MP, saat diharuskan on came pun, kita lebih percaya diri karena obyek dalam foto atau video terlihat jelas.

Upgrade skill--saya dan adik sering belajar menggambar menggunakan aplikasi drawing di android. Biasanya, adik sering meminjam ponsel saya untuk menulis berbagai macam karakter animasi kesukaannya.
ASUS Vivobook Slate 13 OLED bisa dijadikan tablet dan memiliki Stylus Microsoft Pen Protocol (MPP) 2.0. Tentu ini menjadi kabar baik bagi pengguna yang menyukai aktivitas di bidang ilustrasi, edit foto, hingga desain menggunakan aplikasi serta berkeinginan upgrade skill tersebut.

Aktivitas akademik (Sekolah)--ASUS Vivobook Slate 13 OLED sangat cocok dipakai untuk aktivitas akademis seperti sekolah atau kuliah karena memiliki spesifikasi dan keunggulan yang tak bisa diabaikan. Dengan layar OLED dan fitur eye care, laptop ini cocok dipakai untuk anak-anak.

*** 
Yap, itu dia 6 aktivitas yang bisa dilibas dengan mudah oleh ASUS Vivobook Slate 13 OLED. Laptop ini memiliki spesifikasi dan keunggulan yang luar biasa termasuk soal fitur detachable, windows 11 home, prosesor quad core, storage dan RAM, stylus pen, dan tingkat keamanannya. 

Saya berharap diberi kesempatan untuk mencoba ASUS Vivobook Slate 13 OLED sehingga bisa langsung membuktikan sendiri keunggulannya untuk melibas aktivitas yang saya lakukan sehari-hari. Ya, semoga saja bisa terkabulkan. For me, memiliki ASUS Vivobook Slate 13 OLED, Its my dream!

Tabel Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook Slate 13 OLED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam