Minggu, 13 Maret 2022

Menjejak Rasa dan Cerita dalam Perjalanan 7 tahun Bloggercrony Community

Semua cerita dan rasa ini bermula ketika aku menemukan kembali blog yang kubuat zaman SMA. Kira-kira pada tahun 2014, tak sengaja, aku menemukan email yang mengarahkan pada blog ini.

Ketika kubuka, wow, amazing sekali template yang dipunyai. Masih ramai dengan widget dan tulisan ala kadarnya. Meski begitu, mulai dari saat itulah aku menorehkan semua uneg-uneg  di dalam otakku, tentang dunia perkuliahan dan beberapa kegiatan organisasi.

Saat pertama kali ngeblog, aku masih sangat awam---bahasa kerennya "Newbie". Aku tidak pernah berpikir bahwa blog juga bisa difungsikan untuk hal lain, meraih cuan dan menjaring pertemanan misalnya. 

Beberapa waktu kemudian, aku mengikuti kegiatan temu blogger dari satu kementerian yang mengundang Mbak Wardah Fajri sebagai Master of Ceremony di acara tersebut.
Dari acara itu akhirnya aku tahu bahwa Mbak Wardah Fajri merupakan founder dari Bloggercrony Community, sebuah komunitas yang mewadahi para blogger untuk berkembang dan berjejaring melalui berbagai program.

Nah, salah satu acara yang cukup membekas di memoriku adalah kompetisi blog bertema teknologi. Mulanya aku iseng mengikuti lomba tersebut karena hanya ingin menambah pengalaman. Tapi ternyata, aku bisa mendapakan juara favorit dengan hadiah power bank.
Dari kemenangan itulah semangatku untuk menulis di blog lebih membara. Apalagi waktu itu aku sedang mengalami burn out karena kegiatan perkuliahan. 

Sebagai blogger pemula, aku begitu antusias untuk mengenal lebih jauh komunitas Bloggercrony. Pada akhirnya, aku mengikuti semua sosial medianya bahkan bergabung dengan grupnya di facebook.

Mengenal Bloggercrony Community lebih dekat


Bagi blogger pemula, mungkin belum banyak yang tahu mengenai asal muasal dipilih nama Bloggercrony Community. Bahkan, dalam acara #7thBloggercrony lalu, belum banyak orang tahu mengapa mengambil nama "Crony" bukan kata yang lain.

Dalam KBBI sendiri, istilah crony mengacu pada arti sahabat karib atau sahabat dekat. 

Mas Satto Raji selaku Co-Founder dari bloggercrony mengatakan bahwa awalnnya berinisiatif menamai bloggercolony karena perspektif kata "crony" di Indonesia yang negatif. Namun setelah melalui proses panjang, diputuskanlah Bloggercrony sebagai nama komunitas yang ia bangun bersama Mbak Wawa.
Baik Mas Satto maupun Mbak Wawa berharap komunitas Bloggercrony bisa menjadi sahabat karib bagi para blogger sekaligus merevitalisasi istilah crony menjadi lebih positif. Gak heran, keduanya menyematkan tagline Blogging-Networking-Empowering.

Well, untuk lebih lengkapnya, aku mencuplik beberapa informasi mengenai komunitas ini melalui website Bloggercrony, kamu yang baru ngeblog dan berkeinginan mengenal lebih jauh kudu paham sejarah komunitas ini.

BloggerCrony merupakan komunitas blogger Indonesia, multiplatform, yang berdiri 24 Februari 2015 berbasis di Jakarta. Ia lahir merespons dinamika dan perkembangan blogging dan pertumbuhan blogger. 

Komunitas blogger ini lahir untuk mewadahi dan memfasilitasi para blogger agar
  • Mengembangkan kualitas dirinya melalui (capacity building), 
  • Membangun jejaring yang dapat membuatnya bertumbuh (networking), 
  • Berkegiatan khusus untuk blogger supaya dapat memproduksi tulisan-tulisan yang informatif, bermanfaat dan inspiratif bahkan membuatnya berdaya secara moral dan material (Empowering).
Visi BloggerCrony

Menjadi komunitas andalan blogger untuk meningkatkan kualitas diri dan profesinya dalam bidang penulisan (capacity building), untuk bertumbuh dengan jejaring positif dan bermanfaat untuk diri, profesi, dan lingkungannya, serta untuk berdaya dan memberdayakan orang lain, untuk terus bertumbuh dan berkembang memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain melalui berbagai kegiatan atau program kreatif baik online (menggunakan media sosial secara cerdas dan bermanfaat) serta offline.

Misi BloggerCrony:
  • Fasilitator untuk blogger dalam menghasilkan konten blog berkualitas dan memberikan manfaat luas, dengan blog berisi konten yang informatif,bermanfaat, edukatif, inspiratif, menghibur, memberdayakan, terkait berbagai kebutuhan warga sebagai individual juga anggota masyarakat bahkan warga negara.
  • Fasilitator untuk blogger dalam meningkatkan kualitas dirinya dan menggali potensi dirinya untuk terus berkembang sebagai pribadi dan sebagai blogger khususnya dan sebagai netizen secara umum.
  • Fasilitator untuk blogger dalam melakukan kegiatan aksi sosial dan kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian kalangan blogger terhadap lingkungan/masyarakat
Untuk kegiatan sendiri, Bloggercrony memiliki beberapa program utama yang perlu diketahui,

Blogger Hangout

Blogger Hangout diadakan untuk memfasilitasi para blogger agar bisa belajar bersama, upgrade wawasan dan kemampuan yang berhubungan dengan dunia blogging. Sebelum Korona Merebak, biasanya diadakan beberapa kegiatan seperti workshop gratis dengan pemicara handal.

Workshop gratis reguler setiap bulan khusus anggota membahas topik yang mendukung aktivitas blogging dan networking blogger sekaligus empowering blogger untuk meningkatkan kualitas konten dan potensi dirinya. 

Bloggerpreneur

Bloggerpreneur merupakan kegiatan komunitas memfasilitasi blogger pelaku UMKM untuk mengembangkan dan mempromosikan usahanya melalui jaringan komunitas, dengan semangat networking dan empowering.

Jadi, bila anggota BCC ada yang memiliki usaha dan membutuhkan dana untuk pengembangan usaha atau berniat menjadi sponsor di acara yang diadakan komunitas ini, bisa melalui program bloggerpreneur ini. 

Blogger Care

Blogger care merupakan kegiatan sosial yang melibatkan blogger. Blogger care bisa berupa penggalangan dana untuk bencana, selain juga kontribusi blogger secara sukarela untuk menyebarluaskan pesan publik sebagai bentuk kepedulian blogger terhadap isu sosial menyangkut kemanusiaan dan kesehatan masyarakat.

Para anggota BCC yang ingin berpartisipasi di program Blogger Care bisa mendonasikan dananya melalui rekening BCA 2181649773 atas nama Siti Khoirunnisa dengan nenambahkan angka 7 sebagai kode verifikasi.

Blogger View

Blogger view merupakan kegiatan partnership yang memberikan kesempatan kepada blogger untuk menyalurkan kemampuan dan potensi diri, sebagai bentuk empowering komunitas kepada anggotanya, dengan pola kemitraan dengan berbagai pihak melalui skema kerja sama yang disepakati bersama secara profesional.

Blogger Day

Blogger Day merupakan program tahunan dari BCC yang diadakan sebagai ajang silaturahmi dan kopi darat para anggotanya sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun BCC. 

Yang perlu kamu tahu, acara ini biasanya diikuti oleh para blogger dari berbagai kota di seluruh Indonesia lho. Biasanya dipilih 100 dari ratusan blogger yang mendaftar melalui form.

Aku dan Bloggerday 2022


Nah, pada tanggal 27 Februari 2022 lalu, aku berhasil menjadi salah satu dari 100 peserta yang bakalan memeriahkan acara BloggerDay 2022 dengan tema #ScaleUpYourSkill. 
Sebelumnya, aku sudah pernah mendaftar untuk ikut acara BloggerDay tahun 2021, namun ternyata belum beruntung untuk menjadi 100 peserta yang diundang. Tapi, tak apa, nyatanya kesempatan itu datangnya di tahun 2022 yang mana acara berlangsung secara virtual melalui zoom.
Pada kegiatan Bloggerday 2022, diselenggarakan webinar seru untuk meningkatkan pengetahuan para peserta. Waktu itu aku mengikuti acaranya selama kurang lebih 5 jam melalui zoom.

Seperti yang bisa dilihat di poster, ada 3 webinar dengan masing-masing pembicara, moderator dan pembahasan. Hayooo yang kemaren gak ikut, pasti penasaran kan webinarnya membahas apa saja,
  1. Webinar Pertama membahas tentang "Dunia Digital" : Metaverse dan Kejahatan Berbahasa dengan narasumber Anwari Natari (Editor dan Dosen Bahasa Indonesia) dan Tuhu Nugraha (Digital Business Consultant & Trainer).
  2. Webinar kedua tentang Blogging yang membahas tentang Organik vs Monetisasi dengan narasumber Matahari Timoer (Blogger & content Creator) dan Joe Chandra (Blogger & CEO of Seven Creative Media).
  3. Webinar ketiga membahas tentang Mental Health dengan tema materi : "Bisa Yuk,  Gali Potensi Jadi Pribadi Terbaikmu" dengan narasumber Tsurayya Syarif Zain,  S.Pd.I, S. Psi. M.A.
Dari awal hingga akhir acara, yag membuat seru itu pembagian hadiahnya lho. Entah berupa saldo e-wallet, kaos BCC Squad maupun produk-produk dari bloggerpreneur. 
Alhamdulillah, dalam acara blogger day 2022 ini aku mendapatkan hadiah dari bloggerpreneur. Kami semua juga berhak mendapatkan merchandise dari BCC berupa pin, stiker dan masker yang super cakep.
By the way, semua hadiah hingga merchandise didapatkan dari beberapa sponsor yang memeriahkan kegiatan tersebut lho, salah satunya Cera Production. Cera production merupakan sponsor pendukung BloggerDay 2022 yang memproduksi souvenir dan kaos BCC Squad.

Yang perlu kamu ketahui, Cera Production merupakan perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, Souvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). 

Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Perusahaan ini bahkan menyediakan souvenir kantor dan seminar kit kantor dengan harga yang afordable. So, bila instansi atau kantormu sedang memerlukan tempat penjualan souvenir, kamu bisa memesannya di Cera Production.

***

Demikianlah cerita sekilas cerita dan rasa yang ingin kubagikan sebagai blogger yang telah mengenal komunitas Bloggercrony yang saat ini menginjak usia 7 tahun. Ada berbagai kesan, rasa dan harapan agar komunitas tersebut terus berkembang dan menginspirasi. 

Aku juga berharap, di Blogger Day selanjutnya bisa bergabung kembali untuk memeriahkan acara. Sebagai pamungkas cerita, aku ingin mengucap "Selamat Ulang Tahun yang ke 7 untuk Bloggercrony, teruslah berinovasi layaknya tagline Blogging-Networking-Empowering. Salam hangat dari Pekalongan.

2 komentar:

  1. Weih gak kerasa ya, tahu tahu 7 thn aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbak. Dulu padahal sering adain acara offline juga. Dan pas pandemi ini, udah 7 tahun aja hehehe

      Hapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam