Senin, 06 September 2021

Food Cooking : Memasak Ikan Suwir Pedas yang Endeus

Memasak Ikan Suwir Pedas yang Endeus-Suatu hari tatkala menyaksikan tutorial masak memasak di youtube, aku menemukan bahan makanan khas Manado bernama Ikan Fufu. Yap, ikan Fufu merupakan Cakalang yang dijepit dengan bambu lalu diasapi hingga berwarna merah kecoklatan.

Ikan Fufu ini biasanya dijual dengan harga lumayan tinggi. Masyarakat Manado biasa mengolah menjadi beragam kuliner atau masakan. Salah satunya Cakalang Fufu Suwir. 

Nah, karena kala itu saya tergoda dengan penampilan si Fufu pedas ini, akhirnya saya berusaha memasaknya dengan mencontek resep yang ada di youtube. Yah, walau saya tak menggunakan Cakalang asap, tetapi ikan Layang berukuran besar. Sama kok.

Gambar Ikan Cakalang Fufu yang dijual di Manado (Sumber : galeriwisata.com)

Di Pekalongan, segala jenis ikan termasuk sangat melimpah. Tak heran, harga ikan di kota ini lumayan murah yah, walau gak murah-murah amat sih. Bapak membeli ikan Layang dengan berat 8 kilogram dengan harga Rp 175.000.

Biasanya, ketika di rumah, ibu cuma memasak ikan dengan cara di goreng. Namun karena aku masih terpesona dengan Cakalang Fufu khas Manado, maka aku mencoba membuat menggunakan bahan Ikan Layang.

Jadi ceritanya, pagi hari sebelum ibu menggoreng ikan, aku mengambil beberapa ekor untuk kujadikan masakan suwir ini. Karena aku tak masak banyak, sekitar untuk 4 orang, jadi aku memakai 5 ekor ikan. Tapi, jumlah bahan bisa berubah sesuai kebutuhan ya.

Nah ini dia step-stepnya,

Bahan :

Ikan Cakalang/Layang 5 Ekor

Jamur Kuping 1/4 Kilogram

Bumbu : 

Cabai Merah panjang 5 Buah

Cabai Rawit 7 buah

Bawang Merah 5 buah

Bawang putih 2 buah

Tomat (diiris-iris saja)

Cara membuat : 

Pertama, bersihkan ikan terlebih dahulu dan hilangkan kepalanya. Goreng hingga empuk, gak perlu sampai kering. Tujuannya agar bisa disuwir-suwir saja. Untuk ukuran suwirannya jangan terlalu besar atau kecil, secukupnya saja.

Suwiran Ikan Layang sebelum dimasak dengan bumbu pedas (Dok.Pri)

Yang kedua, jamur kuping yang sudah dicuci bersih dipotong kecil-kecil. Selanjutnya, haluskan semua bumbu kecuali tomat. 

Tomat cukup diiris-iris. Panaskan wajan dan beri minyak goreng secukupnya. Masukkan bumbu halus plus irisan tomat. Beri garam, gula dan micin secukupnya. Aduk-aduk hingga tomat lumer ke dalam bumbu halus tadi.

Step selanjutnya, siapkan santan kental sekira 1 cangkir kecil. Kalau aku, kuberi sedikit air supaya santan mengencer. Lalu masukkan ikan suwir plus jamur. Aduk hingga bumbu dan bahan tercampur. 

Diamkan dan aduk-aduk hingga air menghilang dan menyisakan minyak. Bila ikan dan jamur sudah terlihat mengering, itu artinya sudah matang.

Sajikan di piring bersama dengan nasi hangat. Dijamin rasanya bakal nagih banget. Btw nih, yang kamu harus pahami bahwa garam, gula dan vetsin/micin disesuaikan dengan selera dan jumlah yang dimasak ya.

1 komentar:

  1. Ya ampuuun mbaaaa, ini kesukaaanku, yg versi asli menado atopun yg khas Aceh. Aceh juga ada kuliner mirip begini soalnya.

    Padahal sbnrnya aku ga terlalu doyan ikan yaaa, tp memang kalo utk kuliner seafood Makasar, selalu suka sih. Mungkin Krn bumbunya yg melimpah, pedas dan ikannya juga segar.

    Aku save dulu deh resepnya. Kalo ntr bisa dapet ikan layang begini, baru coba bikin :).

    BalasHapus

Mohon tidak memberikan komentar dengan link hidup karena akan langsung dihapus dan ditandai spam