Minggu, 24 Maret 2019

Asus Vivobook Pro F 570 : Kombinasi Dua Kekuatan Tak Terkalahkan

Pertama kali melihat wujud Asus Vivobook Pro F570, aku memang sedikit bingung. Seolah melihat sebuah laptop series gaming dengan model terbaru. Warna biru tosca yang tergurat di bagian pinggir dan tulisan "Asus" telah menuntun sudut pandangku mengenainya. Sebenarnya aku tak sendiri, pada saat mengapload gambarnya via status WA, beberapa orang bertanya padaku.

"Itu laptop gaming ya Ra, kok bagus bentuknya?"

Well, jangan salah Ferguso, ini ternyata bukanlah laptop gaming. Ini adalah laptop seri Vivobook terbaru yang Asus launching pada bulan februari 2019 lalu. Ya memang sih, secara sepintas awalnya aku juga mengira demikian. Tetapi saat kepo lebih lanjut melalui youtube, aku baru tahu kalau Asus Vivobook Pro F570 adalah hasil inovasi lebih lanjut dari Asus untuk mengambil hati konsumen yang menyukai keunikan.
Bagi seorang pekerja profesional yang menyukai gaming, tentu terobosan ini menjadi kabar menggembirakan. Apalagi masih ada kejutan-kejutan tak terbayangkan yang Asus berikan pada laptop kelas mainstream ini. Entah dari segi desain, spesifikasi hingga performa yang sangat mumpuni.
Baiklah, menjawab pertanyaan sebagian orang mengenai jenis laptop apakah ini? Yes, ini adalah laptop mainstream (seri VivoBook) yang di desain dengan tampilan ala laptop gaming.

"Hah, cuma tampilan doang yang bernuansa gaming?"

Tentunya tidak seperti itu Ferguso! Meskipun ia bukan termasuk lini produk yang dirancang untuk game kelas hardcore layaknya ROG atau seri TUF. Namun bukan berarti ia tak bisa melejitkan imajinasi kamu untuk bermain game. Nyatanya, GPU dan CPU yang ia miliki sangat suport terhadap game. Dan kamu tahu apa yang membuatnya istimewa? Laptop ini telah berani memadukan 2 kekuatan yang berasal dari 2 kreator yang berbeda. AMD dan Nvidia. Wow,  its amazing, Dude!
Berbicara mengenai AMD dan Nvidia yang menjadi satu, aku jadi teringat game "Devil May Cry 5" atau biasa disebut DMC 5. Sebagai pecinta gaming, pastinya kamu tak asing bukan dengan nama game yang satu ini? DMC 5 saat ini tengah hipe dimainkan para gamer di youtube. Setiap kali scroll beranda, pasti ada saja channel gamer yang muncul untuk memainkannya.

Dalam game Devil May Cry 5, ada 2 tokoh yang selalu berkompetisi dalam memperlihatkan kekuatan masing-masing. Mereka adalah Vergil dan Dante. Keduanya sama-sama hebat dan tak terkalahkan. Dan pastinya Dante maupun Vergil memiliki senjata pamungkas berupa pedang yang keren. Its so badass Dude!
You know, Vergil dan Dante selalu bertarung demi membuktikan pada dunia mengenai skill masing-masing. Jika jeli melihat jalan cerita dari Devil May Cry 5, sebenarnya ada kesimpulan yang bisa didapatkan, yakni tentang sebuah persaingan dan pembuktian akan kekuatan terkuat dari masing-masing tokoh.

Di dunia nyata, aku seolah melihat AMD dan Nvidia seperti Dante dan Vergil. Baik AMD maupun Nvidia merupakan kreator hebat di bidang teknologi. Sama-sama menghasilkan produk yang mumpuni untuk perangkat komputer dan sama-sama memiliki pengagum atas teknologi yang dihasilkan. Semenjak dulu, keduanya selalu bersaing secara positif untuk membuktikan pada dunia mengenai produk prosesor, kartu grafis, dan teknologi mereka yang paling mutakhir.
Siapakah yang terbaik? Tentu saja keduanya terbaik. Produk AMD dan Nvidia memiliki kelebihan masing-masing. Lalu, Bagaimana jika keduanya digabung menjadi satu, kekuatan seperti apakah yang bisa didapat? Thats it!! Itulah yang unik dari Asus VivoBook Pro F570. CPU dan GPU nya merupakan kombinasi produk ciptaan kedua perusahaan yang bersaing ketat di bidang teknologi.

Adanya kombinasi antara AMD dengan Nvidia dalam satu laptop, menjadi bukti tersendiri bahwa Asus tak main-main dalam menciptakan produk seri VivoBook Pro F570 ini. AMD dalam hal ini adalah Ryzen 5 dan 7 akan menguatkan laptop ini pada sektor CPU sedangkan Nvidia akan membersamai di sektor GPU yakni melalui Nvidia GeForce GTX 1050. Luar biasa bukan?
Ya, itu dia sepintas gambaran AMD dan Nvidia jika kuanalogikan dengan dunia game. Dua tokoh, Dante dan Vergil itulah yang terbesit ketika pertama kali mendengar AMD dan Nvidia tergabung dalam satu laptop. Nah, melalui penggabungan keduanya, harusnya Asus VivoBook Pro F570 bakal menjadi laptop paling beda, unik dan hebat dalam kecepatan maupun grafis. Yes it is.
Penasaran rasanya dengan performa yang bakal ditampilkan Asus VivoBook Pro F570 ketika melakukan pekerjaan seperti mengedit video, membuat animasi, desain grafis, menulis atau bermain game. Dengan CPU Mumpuni ala Ryzen 5 atau 7, kinerja yang dihasilkan akan lebih baik. Apalagi ditambah dengan grafis ultimate Nvidia Geforce GTX 1050 dimana dikenal sebagai pengolah grafis yang baik.

Nah, berbicara tentang AMD Ryzen sebagai CPU atau Nvidia sebagai GPU. Sudah pahamkah kamu mengenai fungsi keduanya? Jika belum, mari belajar bersama. Melalui ulasan ini, aku akan memberi informasi ke kamu mengenai CPU dan GPU. Soalnya, bagi laptop, keduanya adalah sesuatu yang sangat penting. So, jangan sampai kamu gak tahu mengenai kedua komponen tersebut ya.
Bagaimana, sudah tahu bukan mengenai fungsi kedua komponen tersebut? Jadi nih ya, tanpa adanya CPU atau GPU, sebuah laptop tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Banyak orang menganggap bahwa CPU sebagai otak dari komputer. Canggih tidaknya komputer yang kamu miliki bergantung dari chip prosesor yang disematkan. Dan melalui Ryzen 5 maupun 7, kecanggihan serta performa laptop yang cepat itu bisa didapatkan. Lalu bagaimana dengan GPU dari Asus VivoBook Pro F570?
Well, berbicara mengenai tampilan, ia bisa terlihat detail alias nyata dipengaruhi oleh jenis GPU yang dipakai. Semakin tinggi level GPU nya, tampilan grafis yang dihasilkan semakin terlihat realistis dan menawan. Yap, itu berlaku untuk kegiatan bermain game, desain atau multimedia kamu. Bebicara mengenai Nividia Geforce GTX 1050 nih ya, ia merupakan GPU yang dikenal cukup mumpuni untuk menghasilkan tampilan optimal ketika bermain game.

Pihak Nvidia mengatakan bahwa kartu grafis GTX 1050 hanya mengonsumsi daya maksimal sebesar 75 watt sehingga tak membutuhkan konektor daya tambahan, di samping  itu, ia memiliki kinerja hingga tiga kali lebih tinggi dibandingkan kartu grafis dua generasi lalu, GeForce GTX 650. Well, demikianlah hal yang harus kamu tahu mengenai fungsi CPU dan GPU dalam laptop.
Sebagai seorang yang berkecimpung dalam dunia blogging, desain grafis dan gaming, aku membutuhkan sebuah laptop yang tidak hanya bisa diandalkan untuk melakukan aktivitas tersebut, tapi juga cakep dari segi tampilan. Hari gini kalau bawa laptop dengan tampilan kece ke tempat kerja, auranya terasa gimana gitu. Bisa menambah semangat dan kepercayaan diri. Kadang gitu gak sih?

Well, lebih dari itu, ukuran ramah ransel juga begitu kupertimbangkan. Apalagi saat aku sedang masuk ke mode "Liputan", aku bakalan membutuhkan mobilitas tinggi yang artinya bakal ngerjain job di luar rumah. Entah itu di kafe atau dimanapun. Nah, pertanyaannya sekarang, worth it gak sih kalau Asus VivoBook Pro F570 melakukan semua itu dan cocok gak kalau ia jadi daily driver untukku?
Baiklah. Sebelum menjawab pertanyaan itu, aku mau share mengenai keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Asus VivoBook Pro F570 ke kamu. Apa sajakah itu? Check this out Dude!
Seperti yang pernah aku katakan sebelumnya, melihat laptop ini seakan aku mendapati sebuah laptop gaming. Warna hitam keabu-abuan yang dibalut biru tosca pada setiap sisi dan pada tulisan Asus, menampakkan kegarangan tersendiri. Ini laptop jenis mainstream tapi rasa laptop gaming. Wow, begitu membuatku tercengang akan ketampanannya. Beneran deh, udah berasa ngelihat wajah Dilan aku. Eh.

Asus VivoBook Pro F570 gak hanya mengandalkan ketampanan aja kok. Dia juga memiliki bobot yang cukup ringan di kelasnya yakni 1,9 kilogram dengan dimensi 21,9 milimeter. Well, artinya ia ramah ransel donk, cukup portabel untuk di ajak liputan atau traveling kemanapun. Nah, bisa kita lihat gambar dibawah ini mengenai penampangnya yang begitu oke. So much eyecatching.
Jika mengamati atau pernah memegang laptop gaming seperti ROG atau seri TUF, kamu bakal mendapati bobot yang  lebih berat dengan ukuran yang lebih besar. Maklum, ia memang dirancang sebagai laptop rumahan, alias bukan untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi. Nah, kelebihan Asus VivoBook Pro F570 itu disini Dude, kamu seolah membawa laptop gaming namun tetap ringan dan ramah ransel.

Asus VivoBook Pro F570 memiliki fitur konektivitas yang lengkap lho Dude. Port-port eksternal yang tersedia telah dirancang sebaik mungkin demi kenyamanan pengguna. Dan tentunya, port itu disesuaikan dengan teknologi jaman kiwari. Sekarang kan lagi zamannya konektivitas cepat tuh, makanya disediakan prot USB type C.
Asus VivoBook Pro F570 menempatkan pembuangan hawa panas di area belakang laptop. Dengan demikian, saat pengguna bekerja dengannya, tangan yang memegang mouse tidak akan terganggu oleh hembusan hawa panas dari dalam laptop. Lubang-lubang pembuangan juga desainnya oke lho. Jadi terlihat lebih gahar aja ngelihatnya. Coba deh kamu perhatikan.
Ini simpel sih sebenarnya, tapi sangat penting. Tentunya kamu gak mau kan ngerasa gerah karena aliran panas yang keluar dari laptop? Jangan deh, aku pernah merasakan dan gak enak banget. Gegara gerah aku bahkan sering mengubah posisi mouse ke sisi yang lain dan itu ribet.
Baiklah, dari segi desain, Asus VivoBook Pro F570 ini sudah membuatku kepincut sekali pandang, lalu bagaimana dengan performa. Apakah ia sejalan dengan kegaharan desainnya? Yap, dan jawabannya adalah iya. Mengapa? karena kekuatan CPU dan GPU yang terpasang di dalamnya sudah cukup menjadi bukti kehandalan kinerja laptop ini.
Sumber : Youtube Gaptech.id
Kita tahu bahwa Ryzen merupakan prosesor andalan dari perusahaan AMD, begitu juga dengan grafis Nvidia Geforce GTX 1050 yang merupakan produk GPU andalan Nvidia. Well, ketika itu menjadi satu, ada fusi kekuatan yang menghasilkan kecepatan dan detail grafis yang baik.
Untuk mendukung kecepatan performa, Asus VivoBook Pro F570 menyediakan RAM 8 GB dan storage kecepatan tinggi demi meningkatkan produktivitas kerja, yakni SSD M.2 SATA3 berkapasitas 256GB pada VivoBook Pro F570 versi AMD Ryzen 7 dan juga harddisk berkapasitas ekstra 1TB 5400 rpm. Adapun untuk versi Rzyen 5, ASUS VivoBook Pro F570 dilengkapi oleh harddisk 1TB dimana pengguna dapat menambahkan SSD M2 jika ingin mendapatkan performa lebih. Gimana Ferguso, mantul kan?
Bercerita sedikit, dulu ketika awal masuk kuliah, ayahku pernah mengajakku membeli laptop di toko. Kemudian si penjual menawarkan sebuah laptop dengan kualitas audio biasa dan audio Sonic Master. Dia lebih menyarankan kami membeli yang beraudio Sonic Master. Nah, karena pertimbangan budget, akhirnya ayahku membelikanku laptop dengan spek biasa dan tentu saja bukan beraudio Sonic Master.
Lantas dari pengalaman membeli laptop tersebut aku jadi bertanya, emang apa bedanya sih memakai audio Sonic Master atau bukan? Ternyata nih Dude, ada perbedaan mendasar antara keduanya lho. Sonic Master dikenal sebagai teknologi yang  mendukung fitur sound pada laptop. Well, fitur ini memunculkan efek yang bisa di setting manual melalui audio wizard. Suka suara lebih nge-Bazz atau tidak, kamu yang menentukan.
Bagi mereka yang membutuhkan hiburan seperti nonton film, nge-youtube, bermain game, mendengarkan podcast atau musik, tentu audio Sonic Master sangat dibutuhkan. Ia terkenal sebagai teknologi yang menghasilkan suara jernih dan keras.
Siapa disini yang laptopnya di privasi dan buka kunci dengan cara mengetikkan password? Baiklah aku juga angkat tangan. Mengintegrasikan laptop dengan password memang dilakukan oleh sebagian orang. Apalagi untuk mereka yang memiliki data penting yang tak ingin di ulik oleh siapapun. Keamanan menjadi sebuah kebutuhan dalam sebuah laptop.
Nah, dengan melihat kebutuhan akan keamanan. Asus melihat itu sebagai sarana untuk menginovasi diri. Layaknya sebuah smartphone jaman kiwari, laptop VivoBook Pro F570 juga telah memiliki fingerprint sensor yang terintegrasi dengan windows hello pada touchpadnya. Well, dengan ini pengguna tak perlu lagi mengetikkan password, cukup dengan satu sentuh, laptop sudah bisa menyapamu.

Ada yang menarik lagi dari touchpadnya, selain telah memiliki fingerprint sensor, ia juga dibekali dengan windows Gesture.
Fungsi windows gesture sendiri untuk memudahkanmu sehingga kamu tak bergantung dengan keyboard atau mouse. Yap, hanya dengan jarimu saja bisa melakukan semuanya.
Selain performa, desain, audio dan fingerprint sensor yang handal, Asus VivoBook Pro F570 juga memiliki spesifikasi lain yang keren. Berikut spesifikasi yang menurutku worth it banget untuk kamu ketahui.  
Ini fitur empat mode tampilan: Normal, Vivid, Eye Care dan mode Manual, yang dapat diakses dengan satu klik. 
Teknologi Asus Tru2Life Video secara cerdas mengoptimalkan setiap piksel dalam bingkai video untuk meningkatkan ketajaman dan kontras sebesar 150% sehingga kamu akan menikmati kualitas gambar yang sempurna.

Asus Splendid memberikan tampilan warna yang lebih kaya, lebih dalam dan lebih akurat untuk semua jenis konten. Jika kamu ingin menyeting sesuai dengan kebutuhan kamu, ada mode manual yang bisa kamu pilih. Baiklah, aku rasa penjelasan mengenai laptop ini sudah cukup. Bagi yang ingin tahu lebih mengenai spesifikasi lengkapnya, check this out ya Dude!
By the way, bagi kamu yang terlanjur kepincut dengannya, “ASUS VivoBook Pro F570 Ryzen 7 juga dijual eksklusif di JD.ID". Melalui mobile site klik di https://m.jd.id/camp/asus-f570zd-r7591t-316210179.html. Melalui desktop site klik di https://www.jd.id/campaign/asus-f570zd-r7591t-3162.html

Baiklah Dude, setelah melihat ulasan lengkap mengenai Asus VivoBook Pro F570, bagaimana komentarmu tentangnya? Apakah kamu kepincut sama halnya denganku? Yap, bagiku sendiri, aku sangat suka dengan laptop ini sejak pertama kali melihatnya. 

Mengenai pertanyaan, apakah Asus VivoBook Pro F570 Worth it enggak untuk produktivitasku? Jawabanku adalah sangat worth it. Dua kombinasi kekuatan Ryzen dan Nvidia sudah mewakili kalimat, "Ia tak terkalahkan, ia luar biasa"

Sumber Informasi :

  • https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-F570ZD/
  • https://mbah4us.blogspot.com/2014/04/sonic-master-asus.html
  • http://windoten.blogspot.com/2016/03/apa-fungsi-windows-hello.html
  • https://www.youtube.com/watch?v=UCvBVArXYSc
  • https://www.youtube.com/watch?v=ib9bNw-TIfc

27 komentar:

  1. Bagus banget ulasannya, Teh. Jelas dan fokus pada tema yang ditentukan tentang AMD dan Nvdia dalam satu laptop.
    Bahasanya juga mengalir dan jernih, membuat yang baca paham serta tak bosan. Biasanya pembahasan masalah teknis mengenai produk komputer terasa berat, Teh Nara mengulasnya dengan cara yang asyik dan menarik. Yang baca ikut baca sampai selesai karena ada tenaga dalam tulisan ini.Salut!
    Semoga sukses, Teh. Saya bisa belajar banyak dari ikut lomba blog ASUS, beroleh ilmu cara menulis yang baik dengan ulasan menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mbak alhamdulillah kalau memang begitu, saya hanya mengulas seperti yang saya bisa kok hehe

      Hapus
  2. Waduh bisa ya duet kayak gitu.

    Tapi aku mupeng sih sama fiturnya

    Ulasannya mantul. Lengkap. Suka infografisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba Arinta, iya, emang kali ini Asus menyatukan mereka. hehe

      Hapus
  3. Ulasannya mantap, infografisnya itu lho.. menarik dan bikin kita yang baca gak bosan. keren mba.. Mantul dah pokoknya. Sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bang sudah mampir.aamiin ya Allah.

      Hapus
  4. AMD memang rajanya gaming ,,
    mantap sih visualnya bakal keren abis klo AMD+NVIDIA jadi 1
    ah mupeng deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Aldhi, aku juga berpikir demikian. Soalnya kutahu juga bahwa Ryzen itu emang keren ditambah Nvidia pula.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Aamin ya Allah. Terima kasih doanya.
      Yang bagus ulasannya juga banyak kok bang :)

      Hapus
  6. Ulasannya komplit bangettt, jadi bikin aku pengin 2019 ganti laptop.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mbak, ganti dengan Asus Vivobook Pro F570 ini aja :D

      Hapus
  7. Aku udah nyobain beberapa laptop khusus games. Tapi yang ini belum. Baca ini kujadi ingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nyoba laptop gaming aku blm mba, nah karena itu pas lihat ini aku jga demen banget 😁

      Hapus
  8. wih amd sama nvidia jadi satu, rasanya kaya bikin omelet telor bebek dicampur telor ayam... jadi penasaran deh...

    BalasHapus
  9. Super gemes dengan specnya Asus VivoBook Pro F570, kece badai banget ya. Kalau pakai laptop ber spec gaming gini, jika edit video lebih lancar jaya kali ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mbak, soalnya dari GPU dan CPU aja udah bagus. Ryzen dan Nvidia itu dikenal bagus 😁

      Hapus
  10. Keren ulasannya detail plus didukung gambar yang eye catching bikin betah bacanya.

    Baca ini ngingetin pas dulu kuliah di fak IT, rasanya sudah hampir lupa dengan istilah2 IT, yang diingat hanya CPU, RAM sama ROM aja hheheheh

    Dari tadi nunggu sampai akhir ngulas warnanya, tapi kayaknya ga ada ya cuman 1 warnakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matirnuwun mbak.
      Iya mba utk varian ini memang warnanya hitam dengan nuansa tosca. Btw terima kasih udah mampir :)

      Hapus
  11. maksudnya cuman 2 black sama blue aja, dan ga ada warna yang cerah2 gitu ya Mba

    BalasHapus
  12. Wih canggih bener yaaa. Jadi pingin ganti laptop 🥳 Ohya lagi2 mau komen, infografisnya keren. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, semoga bisa ganti laptop yg bagus ditahun 2019 ini :)

      Hapus
  13. Desain laptopnya memang keren, stylist gitu.
    Itu salah satu alasaan aku ikut berkomentar disini, ya siapa tau kecipratan sponsor dikirimi laptop sama produsennya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya bang, pengen kan hanya dengan sekali pandang hahahah

      Hapus
  14. Wah Iki, laptopnya amfibi yaa Nvidia AMD ya. Kereen

    BalasHapus