Rabu, 09 Januari 2019

14 tahun Gamatechno : Hatch The Dream For Indonesia


PT Gamatechno, perusahaan IT yang ada di Yogyakarta ini telah menginjak usia 14 tahun. Jika ia manusia, maka ia tengah memasuki masa remaja. Masa dimana sebuah kedewasaan tengah terbentuk secara internal maupun eksternal. Masa dimana mimpi-mimpi menjadi sesuatu yang intens untuk direalisasikan.

Perjalanan Gamatechno menuju ke tahun ke 14 bukanlah melalui proses yang sederhana. Banyak sekali tantangan dan problematika yang dihadapi pada awal-awal pembentukannya. Well, mulanya Gamatechno didirikan untuk membantu memperbaiki sistem informasi di kampus UGM. Namun ternyata, itu menjadi titik awal bagi perusahaan ini untuk melebarkan sayapnya. Tak hanya memperbaiki sistem di kampus UGM, ia juga turut membantu memperbaiki sistem informasi di kampus lain. 

Sekadar informasi, di tahun 2005, kebutuhan akan jasa pengelolaan dan perbaikan sistem informasi tiap kampus saat itu masihlah minim. Hanya ada sekitar 10 perusahaan yang bisa melakukannya. Dengan adanya permasalahan itu, Gamatechno kemudian mengambil peluang untuk menciptakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengelolaan dan perbaikan teknologi informasi.
Muhammad Aditya AN saat diwawancarai wartawan
Saat ini Gamatechno telah memberikan layanan bukan hanya pada pengembangan sistem informasi di kampus saja, namun juga pada perusahaan lain, penyedia transportasi, pelayanan publik dan pemerintahan. Berdasarkan informasi dari Muhammad Aditya AN selaku Direktur Utama, Gamatechno telah melayani lebih dari 200 klien diseluruh Indonesia. Termasuk beberapa layanan atau aplikasi yang dimiliki oleh kota Jogja.

Semakin ke depan, berbagai inovasi semakin banyak diciptakan oleh PT Gamatechno guna mendukung kebutuhan klien di bidang pengembangan teknologi informasi. Apalagi semenjak munculnya rencana pemerintah untuk membangun kota pintar atau SmartCity, menjadikan perusahaan ini kian berseri untuk melebarkan sayapnya. 

Apakah PT Gamatechno hanya bertempat di Yogyakarta saja? Ternyata tidak. Adanya peningkatan kebutuhan klien terhadap layanannya, membuat perusahaan ini membuka cabang di kota lain, yakni di kota Jakarta dan Bali.

Pada tanggal 4 Januari 2019 lalu di hotel Cavinton, Yogyakarta, PT Gamatechno merayakan ulang tahun yang ke 14. Tema untuk perayaan ulang tahun ke 14 ini adalah Hatchthedream. Harapannya tema tersebut bisa menjadi motivasi lebih bagi perusahaan untuk terus mengembangkan diri, melahirkan inovasi-inovasi mutakhir bagi Indonesia. 

Keseruan perayaan HUT mulai terlihat semenjak saya menjejakkan kaki di Prambanan Ballroom kala itu. Berbagai macam hiburan ditampilkan untuk memeriahkan acara, mulai dari nyanyian, tari-tarian hingga drama komedi bertajuk Opera Van GT. Bagi karyawan dan jajaran direksi, perayaan HUT ini menjadi semacam euforia tersendiri untuk menikmati keberhasilan setelah melewati berbagai macam tantangan hingga tetap jejak berdiri.

Ada sekitar 10 wartawan dan 6 blogger yang diundang untuk memeriahkan HUT PT Gamatechno. Kebetulan saya menjadi salah satu blogger yang diundang dalam acara itu sehingga cukup memahami bagaimana rangkaian acaranya.

Nah, selain mempersembahkan berbagai hiburan untuk setiap tamu yang hadir. Dalam HUT tersebut, Gamatechno juga memperkenalkan dua anak perusahaan barunya yakni PT Solusi Kampus Indonesia dan PT Global Data Inspirasi. Perkenalan keduanya disimbolkan dengan penyerahan kaos yang tertulis nama masing-masing usaha baru. PT Solusi Kampus Indonesia nantinya akan diarahkan untuk melayani kampus-kampus yang membutuhkan perbaikan di sistem informasi. Sedangkan PT Global Data Inpirasi diciptakan untuk pengelolaan big data. 

Menurut Bapak Aditya selaku Direktur utama, Gamatechno sedang mengembangkan program-program yang bisa menangkal munculnya hoax. Ya, hal itu dilakukan karena persebaran hoax serta ujaran-ujaran kebencian sempat meresahkan masyarakat akhir-akhir ini. Saya harap, program tersebut bisa menjadi gebrakan baru bagi anak negeri untuk menciptakan lingkungan digital yang sehat dan ramah.

Yap, demikianlah sekilas cerita mengenai Gamatecno dan keseruan perayaan ulang tahunnya yang ke 14. Melalui tema hatchthedream, semoga Gamatechno  bisa merealisasikan mimpi-mimpi terbaiknya untuk Indonesia, bisa menelurkan inovasi-inovasi baru di bidang teknologi informasi yang dibutuhkan masyarakat. Selamat ulang tahun Gamatechno, all the best wish for you.


"Artikel ini merupakan ulasan atas liputan saya pada ulang tahun Gamatechno tanggal 4 Januari 2019 di Cavinton Hotel kota Yogyakarta"

Sumber referensi :

https://krjogja.com/web/news/read/87826/HUT_KE_14_Gamatechno_Lahirkan_2_Anak_Perusahaan_Baru


https://www.gamatechno.com/about/management

https://blog.gamatechno.com/11-hal-yang-perlu-kamu-ketahui-tentang-gamatechno-2/


18 komentar:

  1. Baru tahu ini. Ternyata Gamatechno ada cabangnya juga di luar kota. Semoga semakin menginspirasi ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, sebenarnya aku juga baru tahu kalau udah nyabang ke jakarta dan Bali. Ya semoga semakin baik :)

      Hapus
  2. Tahu Gamatechno sejak awal-awal berdiri dulu. Turut bersyukur karena semakin berkembang. Terbukti dengan launching 2 anak perusahaannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya setiap ulang tahun Gamatechno beberapa kali memberikan kejutan. Kebetulan pas aku ikutnya yang tahun ini jadi ya tahunya kejutan yang tahun ini hehe

      Hapus
  3. Selamat untuk Gamatechno. Semoga terus eksis.

    BalasHapus
  4. Sudah 14 tahun ya. Sukses! Semoga terwujud Gamatechno dapat merealisasikan mimpi-mimpi terbaiknya untuk Indonesia. Amin

    BalasHapus
  5. Wah keren sdh punya 2 anak cabang...14 tahun perjalanan yg luar biasa..semoga selalu menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya mbak, tentunya dengan karya2 yang luar biasa.

      Hapus
  6. Semoga ga berhenti di 14 tahun ini, terus berkarya dan selalu memberikan inspirasi.

    BalasHapus
  7. Baru tahu kalau ternyata ada perusahaan Gamatechno yang bisa membantu memperbaiki sistem informasi di kampus-kampus.. bisa jadi rekomendasi nih buat kampus saya, SI-nya rada kuno dan kacau... hmm...

    Makasih ya kak infonya, kereen!

    BalasHapus
  8. Untuk ukuran sevuah perusahaan IT diluar jakarta dan bisa eksis selama 14 tahun merupakan pencapaian luar biasa. Mudah2n terus eksis kak

    BalasHapus
  9. padahal pas acara ini, aku lagi di Jogja lho, kirain meh diajak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana mau ngajak lha wong aku aja diajak 😲

      Hapus