Selasa, 25 Desember 2018

Gathering Asus Yogya : Berkenalan dengan Asus Zenfone Max Pro M2

Pada tanggal 11 Desember 2018 lalu, publik Indonesia sempat tertuju pada acara grand Launching smartphone gaming terbaru dari Asus. Yess, the next generation of smartphone gaming, Asus Zenfone Max Pro M2. Bagi pecinta mobile gaming, nih smartphone termasuk paling dicari lho. Hmm beneran? Iya, soalnya selain memiliki spek yang bagus harganya juga cukup terjangkau dibanding smartphone level sekelasnya.

Pertama kali saya melihat review dari Asus Zenfone Max Pro M2, saya masih jatuh cinta dengan kapasitas baterainya yang jumbo. Ya, bagaimana tidak, untuk kelas menengah, smartphone dengan kapasitas baterai jumbo masih jarang ditemui. So, sangat wajar kan kalau perhatian utama saya tertuju padanya, meskipun masih banyak sekali spek keren dari smartphone yang satu ini.

Nah, jika sebelumnya saya hanya melihat melalui layar laptop perihal tampang dari smartphone gaming ini, pada hari senin 17 desember 2018 lalu, saya diberi kesempatan untuk datang di gathering Asus dan melihat langsung Asus Max Pro M2 & Max M2. Gathering tersebut diadakan di hotel Grand Zuri Yogyakarta. 

Oh iya, sebelum saya bercerita mengenai smartphone gaming ini. Saya juga mau sedikit berbagi mengenai Asus. Kan ada slogan tuh, tak kenal maka tak sayang. Jadi biar bisa jadi sayang, maka tak kenalkan deh merk gadget yang sedang hipe ini. 

ASUS merupakan salah satu perusahaan yang termasuk dalam daftar World’s Most Admired Companies dari majalah Fortune. Ia berdedikasi untuk menghadirkan berbagai jenis produk komprehensif seperti Zenbo, ZenFone, ZenBook dan rangkaian perangkat IT serta komponen lain, termasuk AR, VR dan IoT.

Saat ini ASUS memiliki lebih dari 16.000 orang karyawan di seluruh dunia, di mana 5.000 orang di antaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) berkelas dunia. Di tahun 2017 lalu, ASUS juga berhasil mendapatkan revenue sebesar 13 milar dolar AS. Sebagai bukti dari komitmen terhadap inovasi, desain dan kualitas, ASUS telah memenangkan 4.511 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT sedunia di tahun 2016, dan telah meraih lebih dari 721 penghargaan untuk seri Zenfone sejak tahun 2014. 

Wow, banyak juga ya penghargaan yang telah didapatkan oleh Asus. Ya gak heran memang jika merk gadget ini mampu membuat berbagai inovasi produk yang layak di acungi jempol, termasuk smartphone gaming seperti Asus Zenfone Max Pro M2 dan Max M2. 

Nah berkenaan dengan terciptanya smartphone gaming, ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Dalam gathering Asus beberapa waktu lalu, mas Muhammad Firman selaku bagian dari Kepala Publik Relation menjelaskan bahwa perkembangan game sudah begitu pesat di Indonesia baik versi konsole maupun PC, maka dari itu Asus memikirkan perkembangan itu menjadi bentuk warna baru dalam pengembangan produk. 

Warna baru itu kemudian menginspirasi Asus untuk menambah varian produk yakni samatphone gaming. Apalagi melihat besarnya permintaan pasar terkait game di dunia industri Ini menjadi peluang dan semangat tersendiri dalam penciptaan the next generation smartphone gaming.

Saat gathering, para blogger diperkenalkan produk zenfone Max Pro M2, meski sebenarnya Asus juga meluncurkan produk Zenfone Max M2. Apa bedanya? Tentu saja masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda namun tetap memiliki kualitas spesifikasi maksimal. Well, maksimal dalam apa saja nih. Lets go deh kita cari tahu. 

ZenFone Max Pro M2 ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 660 yang dibangun di atas arsitektur 14nm. SoC tersebut sudah dilengkapi dengan AI Engine untuk performa yang lebih lancar. Didukung dengan RAM hingga 6GB, Snapdragon 660 memiliki peningkatan performa CPU hingga 11% dan performa GPU hingga 33% dari generasi sebelumnya. Snapdragon 660 dipastikan mampu menghadirkan performa superior ketika bermain game.

Performa baterai yang tahan lama sudah menjadi tradisi dari seri ZenFone Max sejak pertama kali hadir. Meski hadir dengan desain yang lebih ramping, ZenFone Max Pro M2 masih hadir dengan baterai super besar berkapasitas 5.000 mAh. Dengan baterai tersebut, ZenFone Max Pro M2 mampu memiliki waktu standby di jaringan 4G hingga 35 hari. Baterai ini juga mampu menghadirkan pengalaman bermain game hingga 10 jam non-stop serta menonton TouTube selama 19 jam.

ZenFone Max Pro M2 merupakan smartphone pertama di kelasnya yang menggunakan Corning Gorilla Glass 6. Dalam pengujiannya, smartphone yang dilapisi Corning Gorilla Glass 6 bisa bertahan hingga 15 kali uji jatuh dengan ketinggian satu meter. Performa ketahanannya setara dengan dua kali lipat dari Corning Gorilla Glass 5 yang merupakan seri sebelumnya. 

“Smartphone merupakan perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita semua. Riset kami menunjukkan rata-rata pengguna menjatuhkan smartphone-nya 7 kali dalam setahun dan hal tersebut sangat berbahaya,” ujar Scott Forester, Division Vice President, Marketing and Innovation Products, Gorilla Glass. 

“Kami senang bisa bekerja sama dengan ASUS untuk menghadirkan Corning Gorilla Glass 6 untuk melindungi ZenFone Max Pro M2.

Sistem kamera ganda di ZenFone Max Pro M2 merupakan yang terbaik dari semua seri ZenFone Max. Sistem kamera di smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur AI Scene Detection yang sama seperti yang ada di seri ZenFone 5. Kamera canggih tersebut membuat pengguna ZenFone Max Pro M2 bisa mengambil foto berkualitas dan merekam video beresolusi 4K dengan mudah.

Sistem kamera ganda di ZenFone Max Pro M2 menggunakan sensor premium berseolusi tinggi Sony IMX486 yang memiliki kepekaan lebih tinggi terhadap cahaya ketimbang sensor kamera lain sekelasnya. Sensor ini mampu menghasilkan gambar yang lebih nyata baik dalam kondisi terang maupun minim cahaya. Ditambah dengan fitur Phase-detection Autofocus (PDAF) dan Electronic Image Stabilization (EIS), pengguna ZenFone Max Pro M2 akan bisa mengambil gambar yang stabil bebas dari blur.

Agar bisa menghasilkan foto potrait yang cantik, kamera kedua ZenFone Max Pro M2 memiliki teknologi depth-sensing sehingga bisa menampilkan efek bokeh dengan sangat baik. Kamera ini juga bisa memberikan efek tajam pada bagian yang fokus serta efek blur pada background yang sangat natural.

Pada saat gathering lalu, kami para blogger diberi kesempatan untuk melakukan sesi memotret menggunakan Zenfone Max Pro M2 ini. Hasil fotonya bagaimana ya? Nah ini dia hasilnya.



ZenFone Max Pro M2 menggunakan layar 6,3 inci FHD+ (2280 x 1080) dengan rasio lebar 19:9. Kualitas tampilan layarnya lebih baik dari generasi sebelumnya dengan color gamut NTSC hingga 94%, tingkat kecerahan hingga 450cd/m2, dan rasio kontras 1500:1. Dengan layar tersebut, ZenFone Max Pro M2 cocok digunakan untuk menikmati beragam konten multimedia.

Untuk pengalaman multimedia yang lebih baik, ZenFone Max Pro M2 juga menggunakan lima speaker dengan voice coil berbahan metal. Speaker tersebut dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier sehingga mampu menghasilkan detail suara dengan sangat baik.

ZenFone Max Pro M2 merupakan varian ZenFone pertama yang menggunakan desain dengan tampilan Wave Pattern yang eye-catching. Bodinya juga didesain sangat ergonomis dengan bentuk 3D-curved di untuk bagian belakangnya, sehingga sangat nyaman digenggam. Tidak hanya itu, desain tersebut juga membuat ZenFone Max Pro M2 terlihat lebih mewah dan elegan.

Agar bisa menghadirkan konektivitas sekaligus penyimpanan tambahan, ZenFone Max Pro M2 sudah hadir dengan fitur triple-slot yang bisa mengakomodasi dua kartu SIM dan satu kartu MicroSD. Dua slot kartu SIM tersebut sudah mendukung teknologi 4G LTE (dual SIM / dual standby). Sementara slot memungkinkan penyimpanan tambahan hingga 2TB.

Baiklah itu dia beberapa spesifikasi utama dari Asus Zenfone Max Pro M2. Hmm, sebenarnya selain smartphone ini, masih ada lagi satu varian yang diluncurkan pada waktu yang sama, yakni Asus zenfone Max M2. Well, keduanya memang memiliki beberapa perbedaan. Namun tetap saja sangat rekommen buat kamu para zenfans.

Dalam gathering tersebut banyak sekali hal-hal yang dilakukan peserta termasuk kompetisi Instagram berhadiah utama Asus Zenfone 5. Yak, dan saya belum beruntung untuk mendapatkannya hehe. Hmmm, tapi tak apa. Rezeki orang memang beda-beda kok. Well, itu dia cerita saya mengenai gathering blogger Jogja bersama Asus Zenfone Max Pro M2 kali itu. Semoga next time bisa berkumpul lagi dan memperoleh pengalaman baru mengenal smartphone dari Asus. See ya gaes!

Tulisan ini merupakan review dari gathering blogger Jogja dan Asus Zenfone Max Pro M2 pada tanggal 17 Desember 2018 di hotel Grand Zuri Yogyakarta.

29 komentar:

  1. Sayang saya belum berkesempatan ikut gatheringnya nih.

    BalasHapus
  2. Wah aku kemarin pengen ikut gatheringnya tapi ga lolos seleksi hahahahahah padahal penasaran banget sama asus zenfone max pro m2 ini. Ponsel pintar yang kuat, judulnya smarphone gaming. Tapi penasaran kalaj buat ngevlog gimana ya secara memori dan ketahan baterainya juga mumpuni

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke juga sih mbak untuk kamera belakangnya menurutku, memang sih kalau yang depan masih kelihatan noise begitu. tapi teteplah kalau ini hape baterainya kece badai :D

      Hapus
  3. Wah keren yaaa hapenya! Btw gatheringnya asyik, pengen ikutan kalo gathering-gathering gitu hihi

    BalasHapus
  4. Lengkap banget Mbak. Kemarin aku cukup puas dengan hasil foto pakai Asus max pro M2. Apalagi yg menangkap langit malam pada bagus2 fotonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang menagkap malam aku malah belum coba mbak dian. Kayak apa ya kira2?

      Hapus
  5. Wah, Keren. Para gamers bener-bener dimanjakan ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener banget. pas sama speknya soalnya :D

      Hapus
  6. Aku udah nyobain kemarin niih.. kameranya lemayan banget buat foto malem yaa :)

    BalasHapus
  7. Baterai 5000mAh memang oke. Ini saya juga pake, seharian masih tahan, ga harus bawa2 power bank. Mantep pokoknya!

    BalasHapus
  8. Yeay sampai juga ya Gatheringnya di Jogya nih, seru ya aksi foto foto hahaha. Dijamin batere aman ini kalau mau game

    BalasHapus
  9. Ihh mantap kali itu speakernyaaaa! Duh sayang gak bisa ikut eventnya, kalo ikut bisa nyoba sepuasnyaaaaa! Mmm apa ganti hape lagi nih? Duhhh malah modus ��

    BalasHapus
  10. Serunya dobel2 nih ikut acara ini. Ya bisa lihat dan nyoba gadget canggih tebaru dari ASUS, ya bisa ngumpul bareng temen2 blogger, ya dapet ilmu baru. Kapan ya di Bandung? :D

    BalasHapus
  11. Kece juga ya mbak smartphonenya, jadi pingin deh 🤣 ASUS ni rmh terkenal berkualitas tp harga terjangkau. Dulu suami pake awet juga.

    BalasHapus
  12. Cocok sama reviewnya, smartphone gaming membuat performa, baterai dan storagenya besar. Didukung kamera Sony yang bagus dipakai moto dan mideo, membuat smartphone #ZenFoneMaxProM2 ini menjadi smartphone pilihan terbaik 2018.

    BalasHapus
  13. Sumpah ini tuh hapenya asyik bangettt. Paket lengkap lah bisa dibilang. Cocok buat nge game dan travelling!

    BalasHapus
  14. Sejak di-launching aku pun penasaran dgn performanya. Beruntungnya aku ikut gatheringnya, dan bisa nyobain gear ini.. emang bagus ya, performa nya bagus..

    BalasHapus
  15. Wah keren banget soeknya. Saya tahun ini in blm berjodoh dong event Asus. 3 Kali dot undangan, kesehatan Saya menjadi hambatan .Terus ikuti update, berharap suatu waktu, dot kesempatan lagi

    BalasHapus
  16. Baterai yang tahan lama, desain yang lebih ramping, berkapasitas 5.000 mAH, ZenFone Max Pro M2 mampu memiliki waktu standby di jaringan 4G hingga 35 hari. Wah pecinta gamers bakalan langsung jatuh hati ini, bakal dapet pengalaman bermain game hingga 10 jam non-stop serta menonton TouTube selama 19 jam.

    BalasHapus
  17. Duh ini ASUS ZEnfone MAx Pro, ponsel idaman banget dengan batre yang tahan lama dan kamera yang keren, cocok banget buat bikin video

    BalasHapus
  18. Asus produknya selalu inovatif dan menyesuaikan kebutuhan pasar dan secara berkala mengeluarkan produk baru. keren banget sih

    BalasHapus
  19. ZenFone Max Pro M2 juga menggunakan lima speaker dengan voice coil berbahan metal ----> ini sih gilaaakk. Gilaaakkk. Banget. Gila ya. Skr hp aja canggih2

    BalasHapus
  20. Spesifikasinya keren siy ini, bener2 kabar bahagia buat gamers sejati. Apalagi saat ini dunia gaming di Indonesia sendiri lagi booming juga, jadi inovatif dari smartphone ini tepat banged, dapat memenuhi permintaan pasar.

    BalasHapus
  21. ini acara asus kemarin di jogja ya..mau ikutan tapi gak jadi. keren handphonenya,,baterainya mantab harganya terjangkau juga

    BalasHapus
  22. Akhir 2018 kyknya ASUS ngluarin bbrp produk langsung ya, baik hape maupun leptop. Penasaran 2019 awal bikin gbrakan apa lagi. Aku dah kenalan sama M2, gak sabar menanti M3 :D

    BalasHapus
  23. Sedihhhh saya ga bisa datang ke acara ini.. huhuhuhu...

    BalasHapus
  24. Oalah baru tau toh kalo mbak nara ini blogger dari jogja. Kapan-kapan kalo aku ke jogja kita nulis bareng ya hehehe. Btw emang nih ASUS gak ada habis-habisnya memberikan produk yang berkualitas. Asus Zenfone Max Pro M1 kemarin saja laku keras di pasaran, apalagi yang versi M2 ini. Mantap banget

    BalasHapus