Sabtu, 05 Mei 2018

Bolu Susu Merapi: Gak Sekadar Cake Kekinian Tapi juga Bikin Bahagia

Kamis, 3 Mei 2018, Sinergi Cowork and Network Space Yogyakarta telah dipenuhi beberapa rekan media dan para blogger. Saat itu, kukira aku datang terlambat karena jam telah menunjukkan pukul 09.46 wib, namun setelah kucek kembali undangan via whatsapp, ternyata acara dimulai pukul 10.00 wib. Aku lega. Yes, bisa datang tepat waktu. Bahagia rasanya.

Memasuki area registrasi, terlihat para blogger dan rekan media mengambil beberapa jepretan foto melalui kamera DSLR dan smartphone canggih di tangan mereka. Ahhh, aku tak mau ketinggalan. Pokoknya setelah registrasi kulakukan, aku akan segera mendekati panggung untuk mengambil jepretan produk yang sedang dipamerkan. 
Selesai registrasi, aku bergegas mendekati sebuah meja besar yang diatasnya terdapat beberapa packaging dan irisan-irisan cake yang begitu menawan hati. Bolu Susu Merapi. Di packagingnya tertulis demikian. Hmmm, rasanya tangan ini udah gatal ingin mencomot dan mencoba memakannya. Eittts, tapi tunggu dulu. "Sabar Bu" Aku berkata dalam hati. Itu bukan untuk dimakan tapi untuk dipajang supaya tamu yang hadir bisa berfoto dengan produk cake tersebut. Nanti pasti ada waktunya icip-icip cake hehe
Siang itu sekitar pukul 10.15, dimulailah acara utama dari gathering ini yang dibawakan oleh mas Susilo Artadinata selaku Master of Ceremony. Mas Susilo dalam beberapa kesempatan memperkenalkan kembali cake unyu bernama Bolu Susu Merapi. Mengapa bernama Bolu Susu Merapi?

Usut punya usut, ternyata sang owner terinspirasi dari area Merapi yang merupakan ikon dari kota Jogja. Selain itu, di beberapa wilayah di Merapi merupakan kawasan peternakan sekaligus penghasil susu sapi berkualitas. Dengan adanya hal tersebut, tercetuslah ide untuk membuat usaha kue bolu susu Merapi. Produk asli anak Jogja. 

Penasaran kan dengan owner dari Bolu Susu Merapi ini siapa? Oke, tak beberapa lama kemudian, mas Susilo memanggil kedepan panggung sang owner. Beliau adalah mba Anggia Pino.
"Gimana sih awal mula memilih ide Bolu Susu sebagai usaha Mba Anggi?" 
Mba Anggia Pino dikenal sebagai womenpreneur asli Jogja yang telah melakoni berbagai usaha di bidang creative, properti, dan kosmetik. 

Saat ini, beliau memiliki impian untuk membuka usaha baru yang belum dimiliki, yakni usaha di bidang kuliner. Terlintaslah, ide membuka usaha cake bernama Bolu Susu Merapi setelah riset begitu lama. Riset yang dilakukan gak sembarangan lho gaes, butuh waktu berbulan-bulan supaya produk bisa diterima masyarakat.

Eitts, tapi mba Anggi gak sendiri kok dalam melakukan riset dan mengembangkan usaha bolu susu ini. Dalam mengembangkan bisnis bolu ini, beliau ditemani mas Sandy Sevenova yang bertanggungjawab di bagian operasional. 

Kebetulan, Mas Sandy merupakan orang yang cukup berpengalaman dalam mengelola makanan yang berhubungan dengan susu. Sebab, beliau pernah menjadi karyawan di beberapa perusahaan susu yang ada di Indonesia, termasuk yang ada di kota Yogyakarta. Well, jadi karena itulah Mas Sandy sudah katam jika membuat makanan yang berhubungan dengan susu. 
Berbicara mengenai Bolu Susu Merapi nih ya, Kira-kira apasih yang rekomended buat kamu supaya beli Bolu susu Merapi ini?
Siapa disini yang sering mudik? Tentunya mudik merupakan sesuatu yang selalu ditunggu ketika kita rindu kampung halaman. Apalagi jika kamu sudah merantau dalam kurun waktu yang lama, pastinya gak mau kan ketinggalan dengan momen kebersamaan dengan keluarga dirumah melalui mudik.

Nah, berbicara soal mudik nih ya, kadang aku agak susah nyari varian oleh-oleh yang pas buat dibawa pulang. Kalau pulang, pasti bawanya itu-itu aja. Pengen lah cari varian oleh-oleh lain yang kece dan klop banget buat keluarga. But wait, bingung? Itu mah dulu. Sekarang aku gak bingung kok. Soalnya, ada Bolu Susu Merapi yang oke dan pas banget buat dibawa pulang kerumah. 
Coba deh lihat dari packagingnya, oke banget dan gak malu-maluin kalau dijadikan oleh-oleh buat pulang. 

Hmm, gak hanya untuk oleh-oleh mudik sih sebenarnya. Bolu Susu Merapi juga bisa dijadikan hadiah untuk wisuda atau ujian skripsi lho.

Apalagi, tak lama kita akan memasuki bulan ramadhan yang identik dengan makanan manis. Bakalan cocok jika Bolu susu ini disajikan saat berbuka puasa bersama keluarga. Ini Bolu kekinian dan membahagiakan. 
Menurut riset dari mba Anggi dkk, untuk sebuah usaha, harga produk yang dijual di setiap daerah itu harus disesuaikan dengan UMR masing-masing. Gak mungkin kalau harga produk versi Jakarta disamakan dengan harga di Jogja. Ntar jatuhnya jadi mahal harganya.

Apalagi kota Jogja ini merupakan kota pelajar. So, banyak sekali orang-orang yang merantau dari kota lain untuk bekerja atau kuliahBiasanya nih ya, kalau mahasiswa itu suka banget nyari makanan yang enak tapi murah.  Soalnya pengeluaran mereka banyak banget untuk kegiatan kampus. Jadi harus belajar hemat. Hematnya mahasiswa, membuat mereka selektif nyari produk apapun. Termasuk urusan makanan.

Bener gak gaes?

Well, melalui alasan itulah, harga Bolu Susu ini disesuaikan dengan tingkat pengeluaran dan keuangan mahasiswa juga UMR masyarakat. 
"Emang satu kotak Bolu susu Merapi berapa sih harganya?"
Bolu Susu Merapi ini, dijual dengan harga Rp 28.000 per kotak. Jadi, kalau kamu punya uang 56.000, kamu udah bisa beli 2 tuh untuk dibawa mudik atau oleh-oleh wisuda temen kamu. 
Coba deh kamu cek harga dipasaran untuk kuliner sekelas produk cake ini. Biasanya, harga produk berkisar Rp 40.000 hingga Rp 60.000 untuk satu produk.

Nah, kalau kamu beli Bolu Susu Merapi, kamu udah dapat 2 produk plus es teh manis satu gelas lho. hehe
Belum lagi kalau ada promo atau diskon. Kamu bakal dapat potongan harga yang membuat kamu bisa tersenyum bahagia.
Kamu pilih rasa yang mana Bolu Susu Merapinya? Ada dua varian rasa lho yang bakal menggoda lidah kamu. Rasa vanilla keju dan rasa coklat keju. 
Kedua rasanya bakalan bisa bikin lidah kamu ketagihan karena enaknya. Aku sudah merasakan rasa vanila maupun rasa coklat ketika acara gathering kemaren. Tapi aku lebih suka rasa coklat karena aku suka coklat. Hehe

Apalagi jika ditemani kopi panas atau teh di pagi hari. Hmm, rasanya bakalan nikmat tak terkira. Mau coba?
Bolu Susu Merapi dibuat tanpa bahan pengawet sehingga kalau kita beli, paling lama tahan 3 hari jika diletakkan disuhu yang dingin. 

Mengapa memilih membuat produk tanpa bahan pengawet?

Sesuai dengan tagline dari bolu ini "Berbagi dengan Hati", mba Anggi ingin menciptakan produk cake yang gak sekadar murah, namun juga memiliki kualitas di setiap irisannya. Dan tentunya sehat. Apalagi bagi orang-orang yang gak terlalu doyan minum susu. Bolu susu ini bisa dijadikan alternatif pengganti minum susu. 
Nah, supaya produk bisa menyehatkan maka penggunaan pengawet tidak dilakukan dalam pembuatan bolu susu ini. Keren kan?
Gaess, ini juga nih kelebihan yang bakal kamu dapetin kalau kamu beli bolu susu Merapi. Bentuknya kekinian dan bikin kamu bahagia. Masa sih bisa bikin bahagia? Iya donk. 

Jadi nih, ceritanya aku pulang habis dari acara gathering media dan Pers Conference-nya Bolu Susu Merapi. Eh, aku dapat oleh-olen keren dan 1 kotak bolu susu. Kubawa tuh bolunya ke kosan. Pas aku taruh di meja buat dimakan bareng-bareng, udah ludes aja tuh bolu dimakan anak kos. Testimoni dari mereka katanya enak banget. Berasa kayak makan cheese cake. Padahal bolu ini kan bukan cheese cake ya hehe

Bisa berbagi dan membuat temen-teman di kos bisa merasakan nikmatnya cake bolu ini begitu membuatku begitu bahagia. Tawa kehangatan dan juga kebersamaan bercampur menjadi satu ketika kami bersama menyantapnya,

Bukan hanya itu, menurut teman-teman kosan. Bentuk kue bolunya juga kekinian banget. Toping kejunya banyak dan enak. Dari segi packaging juga sudah sangat baik untuk ukuran cake seharga Rp 28.000

Pokoknya, kata temen-temen kosan, top markotop deh untuk Bolu Susu Merapi. 
Beberapa saran untuk Bolu Susu Merapi kedepannya :
  • Packaging dibuat transparan bagian atasnya supaya bisa terlihat isi cakenya. 
  • Huruf M pada packaging dibuat timbul untuk memberi kesan lebih elegan. 
  • Ada produk khusus untuk hadiah wisuda, ujian skripsi, atau ulang tahun dengan packaging mini.
  • Tambah varian rasa sehingga lebih variatif bagi konsumen untuk memilih. 
  • Buat produk bolu yang tidak terlalu banyak susu untuk mereka yang alergi atau tidak suka dengan aroma susu.

Jika pada tanggal 3 Mei 2018 lalu merupakan acara gathering untuk rekan media dan blogger. Pada tanggal 6 Mei 2018 yang akan datang dimulai pukul 10.00-21.00 di Atrium Lippo Plaza Jogja, akan ada launching produk Bolu Susu Merapi untuk masyarakat umum. Ada 2 varian rasa yang akan diluncurkan, yakni Bolu vanila keju dan bolu coklat keju. 

Note ya!! jangan pernah kamu kelewatan. Dijamin, kamu bakalan nyesel kalau nglewatin acaranya. 

Soalnya bakalan banyak doorprize yang bisa kamu dapatkan dengan membeli produknya. Selain itu, ada promo menarik yang siap menghampiri kamu seperti  dengan buy 1 get 1.
Sumber : Instagram Bolu Merapi
Oh iya, Bolu Susu Merapi juga menerima mitra-mitra yang bekerjasama lho. So, bagi kamu yang ingin menjadi mitra dalam usaha bolu susu ini. Kamu cukup menghubungi nomor customer servis yang tertera. Mudah kan?

Untuk lengkapnya, berikut aku berikan akun medsos, alamat email atau nomor telepon yang bisa kamu hubungi saat ingin memesan atau bekerja sama.
Demikianlah ulasanku mengenai acara Gathering Media dan Pers Conference Bolu Susu Merapi. Untuk selanjutnya, Jangan lupa ya datang di launching produknya. Karena ada rasa bahagia yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menghadirinya. 
"Bolu Susu Merapi!!! Gak sekadar Cake Kekinian Tapi juga Bikin Bahagia"

2 komentar:

  1. Mbaaak itu tumbler nya dapetinnya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu marchendise dari acara pers conference mb, itu punya temen saya. Soalnya saya dapetnya mug

      Hapus