Jumat, 06 April 2018

Mendukung Bermedia Sosial Positif untuk Indonesia lebih maju dan kreatif

Pagi itu saya bersama rekan saya bersiap-siap untuk datang dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh kementrian Kominfo. Acara tersebut diselenggarakan di hotel New Saphir Yogyakarta. Dengan niat positif untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru, kami segera berangkat menuju ke lokasi menggunakan Go Car.

Acara Kominfo bertajuk "Menuju Indonesia Maju" itu dimulai pada pukul 09.00 yang diikuti oleh 75 orang. Mereka terdiri dari para pegiat medsos dan para blogger. Di acara ini, saya menjadi bagian dari perwakilan blogger, tepatnya blogger Jogja. 
Alasannya karena blogger maupun pegiat medsos merupakan bagian yang sangat penting dalam penyebaran informasi digital. Sehingga, diharapkan ada timbal balik antara menkominfo dan para pegiat dunia digital untuk penyebaran informasi bermanfaat, kreatif, bukan malah informasi hoax. 
Okay, kembali ke acara. Pada acara flash blogging ini pembicara pertama yang dihadirkan berkaitan dengan cara membuat konten kreatif. Siapakah beliau? Yap, beliau merupakan blogger sekaligus redaktur dari Mojok.co, mas Agus Mulyadi. 
Mas Agus Mulyadi atau biasa disapa Gus Mul ini awalnya dikenal sebagai seorang editor foto maupun penulis di blog pribadinya. Banyak karya foto yang telah dia edit dan mengandung unsur humor didalamnya. Pasalnya, dia mengedit dirinya sendiri dengan berbagai tokoh yang sedang hype di masyarakat. Misalnya edit foto bersama Nabila JKT48, edit foto dirinya bersama David Beckam, edit foto dia seolah-olah menjadi Dilan dan masih banyak lagi. 

Kemampuan edit foto itu awalnya hanya dia lakukan ketika bosan, setelah seharian menjaga warnet. FYI nih sob, mas Gus Mul ini dulunya punya cita-cita menjadi insinyur loh, namun karena keadaan orangtua yang tidak memungkinkan untuk membuatnya kuliah, akhirnya dia memilih untuk bekerja sebagai penjaga warnet. 

Nah, melalui warnet itulah kemampuan menulis dan editing fotonya menjadi berkembang. Secara tidak langsung, fasilitas di warnet membuatnya terus belajar. Entah menulis maupun mengedit. 

Sedikit informasi nih. Untuk saat ini, mas Gus Mul mengintensifkan kegiatannya dengan menjadi penulis di blog pribadinya dan menjadi redaktur media online bernama Mojok. Kalau kamu pernah baca Mojok nih Sob, kamu bakalan menemukan beliau pada tulisan yang cukup menggelitik, satire namun penuh humor hehehe. Baca dan cari sendiri aja ya. 
Hmmm, kira-kira gimana yah?
Baiklah kita share yak. Bagi Gus Mul membuat konten kreatif itu harus menggunakan kekhasan masing-masing. Gus mul lebih memilih menggunakan bahasa ala dia yang kejawen. Alasannya, itu membuat ia mampu mengekspresikan apapun yang dia inginkan. 

Selanjutnya, bagi Gus Mul menceritakan sesuatu yang sederhana itu menjadi daya tarik tersendiri. Dia lebih suka memilih konten yang jarang di ulas oleh blogger biasa. Misalnya mengulas cerita mengenai benalu atau fenomena unik yang ditemui dia ketika di jalan. Intinya, pilih konten yang simpel namun di kuasai. 

Begitulah beberapa saran konten yang Gus Mul bagikan kali itu. Sebelum mengakhiri sesi pertama. Diakhir sesi, diberikan kesempatan untuk bertanya bagi peserta untuk pembicara pertama. 
Untuk sesi kedua acara ini diisi oleh Bapak Andoko selalu tim dari staf kepresidenan RI. Beliau akan mengisi materi "Sudut Istana". Hmm, jika dilihat dari judulnya, sebenarnya udah jelas lho kalau yang bakalan di share adalah mengenai cerita-cerita di istana negara. Namun sebelum memulai materi, beliau mengajak beberapa peserta untuk maju dan di hadiahi payung. Eittts, payungnya gak sembarangan lho hehe
Nih, peserta yang beruntung dapat payung cantik.
Ternyata banyak sekali hal-hal yang sedang dilakukan oleh pemerintah berkaitan dengan pengembangan Indonesia menjadi negara maju. Gimana tuh? 

Sudah empat tahun Indonesia dipimpin oleh presiden Joko Widodo. Dalam kurun waktu empat tahun tersebut, banyak sekali perubahan-perubahan yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memajukan Indonesia. Meski banyak sekali kendala yang dihadapi, namun menjadikan Indonesia maju menjadi sesuatu yang hal yang sedang diusahakan. Apa sih persyaratan menjadi negara maju itu, yuk cari tahu. Ini nih syarat suatu negara menjadi negara maju. 

  • Infrastruktur harus baik
  • Pembangunan manusia SDM
  • Pmerataan pembangunan
  • Pemerataan bisa tercapai dengan adanya persamaan keadilan.
Nah untuk mencapai pemerataan keadilan. Ada beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah terkait peningkatannya. Berikut merupakan kebijakan pemerataan Keadilan :
Mengapa kebijakan ini harus dilaksanakan? Pemerintah berusaha untuk memenuhi nilai-nilai sila kelima yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Adil yang proporsional, bukan adil karena asas persamaan. Coba bedakan adil proporsional dengan adil persamaan. Cek deh gambar ini 
Adil proporsional itu yang sesuai dengan harapan antara masyarakat maupun pemerintah. Udah jelaskan mana yang pemerintah ingin lakukan untuk kemajuan bangsa saat ini?

Baiklah, selain dari semuanya. Hal yang ingin dilakukan pemerintah adalah membentuk sinergi bersama masyarakat dalam hal penyebaran konten kreatif yang bermanfaat dan tidak mengandung Hoax. 

Baiklah. Yukkk, kita majukan Indonesia melalui cara sederhana, melalui konten-konten positif dan kreatif dari kita sendiri. Ngaku cinta Indonesia, berani membuat perubahan positif dan kreatif.

#FlashBloggingJogja
#MenujuIndonesiaMaju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar