Senin, 19 Juni 2017

Ramadhan : Pilih mudik atau Stay produktif di kampus?

Setelah setahun kita menunggu datangnya bulan tersebut, akhirnya 27 Mei 2017 lalu, ia datang kembali kehadapan kita. Bulan ramadhan, bulan yang penuh keberkahan. Banyak hal-hal baik yang bisa dilakukan oleh kita pada bulan ini. Mencari berbagai macam kebaikan yang berfungsi mengisi ilmu untuk pikiran dan hati. 

Berbicara tentang bulan ramadhan tahun ini, aku sedang menikmati segala aktivitasku sebagai mahasiswi semester tua. Yap, mahasiswi semester delapan jurusan Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta.

Menjadi mahasiswi semester tua memanglah memiliki konektivitas dengan kampus yang terbatas. Kalau gak nyari tanda tangan pembimbing tugas akhir, ya ngurus segala macam keperluan yang berhubungan dengan penyelesaian kelengkapan syarat tugas akhir. 

Toefl?? yap, dia termasuk. Kebetulan aku udah lulus toefl jadi agak ngerasa lega. Cuma ngerasa prihatin aja ketika ngelihat teman-teman seangkatan masih sibuk sana-sini ngurus toefl yang belum lulus. BTW aku nanya nih, kalau temen-temen udah membereskan semua dan gak ada tanggungan, kira-kira milih mudik atau tetep di sini? kalau milih stay disini, emang mau ngapain?
Kalau milih untuk stay disini, ya pastinya harus ada sesuatu yang bisa dilakuin donk. Apalagi ini bulan ramadhan, semangat untuk meng-upgrade diri harus lebih diperbesar dan tentunya melalui kegiatan-kegiatan yang produktif.

Well, produktif di kampus itu yang kayak mana ya gengs?

Bagi diriku, produktif itu berarti mampu untuk menghasilkan sesuatu atau bermanfaat. Nah, kalau kegiatan yang produktif, itu bisa berarti kegiatan yang mampu bermanfaat bagi perkembangan diri. Misalnya nih kuliah (tapi aku dah gak ada lagi kuliah hehe)  atau kegiatan diluar kuliah seperti organisasi, kajian di masjid dan sebagainya.

Kembali ke pertanyaan awal, kamu milih mudik ke rumah atau sementara stay dulu di Jogja, nyari banyak ilmu dan kegiatan produktif di kampus?

Oke kalau aku harus jawab, aku memilih untuk tinggal di Jogja dulu untuk sementara waktu. Di Jogja, dalam hal ini di kampus, bisa dibilang aku masih memiliki berbagai kegiatan. Misalnya saja di Organisasi. Di sebuah UKM tingkat universitas bernama UKM Rekayasa Teknologi, aku masih punya amanah sebagai Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO). Bukan daftar pencarian orang lho ya haha

Nah sebelum itu aku perkenalkan dulu UKM Rekayasa Teknologi (biasa disingkat UKM Restek) dan kegiatan-kegiatan di dalamnya.
UKM Rekayasa Teknologi merupakan organisasi tingkat kampus yang menfasilitasi para mahasiswa mempelajari teknologi. Teknologi yang ada mulai dari teknologi informasi, mobil listrik, teknologi terapan, rancang bangun dan robotika. Jika kamu mendengar namanya saja mungkin kamu berpikir. Paling isinya orang-orang teknik?
Yupps, bener banget. Tapi UKM Restek bukan hanya untuk anak teknik lho. Anak dari fakultas lain juga sangat boleh untuk bergabung di dalamnya. Termasuk aku. Aku anak Manajemen FE UNY.
Sebagai DPO UKM, aku punya beberapa amanah yang tidak bisa ditinggalkan. Meski sebenarnya waktu luangku untuk mudik banyak, namun amanahku di Restek masih tetap ada dan itu membuatku masih betah di Jogja.

Selain betah karena amanah, aku juga ingin mencari kegiatan yang produktif untuk pikiran juga tubuh. Termasuk aktivitasku sebagai DPO UKM. Berikut sebagian kegiatanku di organisasi kampus selama bulan ramadhan : 

Pertama, beberapa waktu yang lalu UKM mengadakan acara buka bersama yang diikuti oleh para pengurus baru, DPO, alumni dan anggota UKM. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lantai 3 Student Center UNY. 
Dokumentasi pribadi
Meski kelihatannya sepele, acara buka bersama menjadi sebuah momen yang mampu membuatku dekat dengan para alumni dan pengurus baru. Selain itu, buka bersama membuatku tidak gabut (gaji buta: nganggur: gak melakukan apa-apa) di kosan ☺

Dokumentasi Pribadi
Yang kedua adalah kegiatan Laporan Pertanggungjawaban Tengah Tahun ( LPJTT) beberapa waktu yang lalu. LPJTT ini diperuntukkan pada para pengurus yang menjalankan amanah di organisasi selama setengah tahun dimulai sejak mereka dilantik oleh Rektor. 
Peran DPO sebagai evaluator dan pengarah sangat dibutuhkan disini, dan sekali lagi aku punya kewajiban di dalamnya.
Aktivitasku di kampus memang sudah cukup berkurang karena digit angka semester yang semakin tinggi. Namun bukan berarti aku gak produktif ya. 

Selama ramadhan, aku juga masih sering ke perpustakaan untuk membaca dan mencari referensi untuk Tugas Akhirku. Ditambah lagi jumlah teman-teman seangkatanku yang melakukan ujian Tugas Akhir cukup banyak, jadi aku sering berkunjung ke kampus untuk menghadiri sidang mereka. 
Oh iya, ngomong-ngomong soal kegiatan-kegiatan produktif di bulan Ramadhan, aku juga punya banyak sekali referensi lho. Berikut merupakan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh UKM-UKM maupun komunitas dari kampus selama ramadhan. Apa aja?? Check it out,

1. Ikutan nulis lomba Blog UNY
Nah referensi disamping adalah lomba menulis blog yang diadakan UNY Community. Diperuntukkan bagi para mahasiswa maupun alumni UNY. BTW, Tulisan ini juga termasuk dilombakan untuknya hehe.

Bagiku menulis itu bagian dari caraku untuk membuat produktif otak dan tubuh. Dengan menulis, aku bisa menuangkan ide-ide dan mengolah jari-jemariku untuk terbiasa menari diatas keyboard. Itung-itung olahraga jari juga. Beberapa kali aku sudah menulis di blogku, entah curhat, mengulas film, berbagi ide tentang suatu fenomena dan sebagainya bahkan puisi juga kutulis di blog pribadiku.



2. Referensi kegiatan ramadhan selanjutnya adalah Kajian di Masjid Mujahidin UNY.

Siapa disini yang biasa disebut sebagai PPT (Para Pencari Takjil)?

Hmmm, pastinya kalau ikut kajian jangan cuma ngarepin takjilnya doank ya. Tapi ilmunya juga kudu dicari. Nah, bagi kamu yang pengen banget berburu ilmu, setiap hari selama bulan ramadhan, masjid Mujadhidin UNY selalu mengadakan acara kajian plus buka bersama. Pembicaranya pun berbeda-beda tiap harinya. 
Oh iya, kebetulan aku tinggal di salah satu kos binaan Masjid Mujahidin, namanya kos Ulya. Pada tanggal 3 Juni 2017 lalu, kosku kebagian buat takjil berupa 250 kolak. Aku ikut membantu mulai dari pembelian bahan-bahan di pasar Demangan hingga membuatnya di kos, walaupun tidak sampai selesai karena aku ikutan LPJTT yang kebetulan di tanggal yang sama.

Jangan lupa kawan, tanggal 18 Juni 2017, ada Tabligh Akbar yang akan diisi oleh Pak Muhammad Zainul Majdi. Untuk temanya bisa dilihat pada gambar disamping. Nah, loh bagi teman-teman yang pengen nambah ilmu bisa langsung cuzzz ke Masjid Mujahidin yah.

3. Srawung bersama di Student Center UNY

Nah bagi kamu yang suka acara ngabuburit. Kamu bisa loh datang ke depan Student Center UNY  sore ini jam 15.00 buat kumpul-kumpul gitu. Ada 3 UKM yang bakal berkolaborasi. Ada Unstrat, Madawirna dan UKM Marching Band-nya UNY. 

Gimana??? walaupun bulan puasa, ternyata banyak tho kegiatan-kegiatan mahasiswa di kampus. Ramadhan bukan hanya tentang menahan makan dan minum. Ramadhan juga punya arti untuk belajar mengupgrade diri melalui banyak aktivitas positif. Lah, daripada gabut di kosan, gak ngerjain apa-apa. Mending olah raga dan olah rasa melalui berbagai kegiatan yang punya manfaat. Iya tho?

Oke gengs itulah beberapa aktivitas produktifku maupun referensi kegiatan selama bulan ramadhan ini di kampus.

BTW, Gimana cerita ramadhan produktif di kampus versi kamu??
atau 
Sekarang kamu udah mudik di kampung halaman masing-masing???


Dibuat oleh : Nurul Mutiara Risqi Amalia. Yogyakarta. 
Pada : 17 Juni 2017 : 12.52.

Dipos pada : 19 Juni 2017 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar