Sabtu, 19 Desember 2015

Musyawarah Anggota UKM Rekayasa Teknologi 2015

Kamis malam lalu, kami (PI/PH + pengurus) dan panitia Musyang 2015 melakukan rapat besar yang dilaksanakan di depan ruang sekretariat. Banyak hal yang di bahas, mulai dari evaluasi seputar persiapan Musyang sampai evaluasi kepengurusan secara singkat.
Selesai itu, kami melakukan sesi foto bersama untuk PI/PH yang hadir.

***
Tepatnya hari ini dan besok merupakan hari dimana UKM Rekayasa Teknologi, sebuah organisasi tingkat universitas yang saya ikuti melakukan sidang umum kepengurusan yang disebut Musyang.

Dari pukul 7.00 seluruh panitia bersiap-siap untuk memulai acara. Saya, yang notabene harus mengikuti kuliah dulu, terpaksa datang terlambat, yakni pukul 10.14 wib. Tapi, tak apalah yang penting dateng.hehe


Sidang dimulai dengan pembahasan tata tertib untuk pelaksanaan Musyang, dilanjutkan dengan laporan pertanggungjawaban dari masing-masing divisi.

Saya berada di divisi Teknologi Tepat Guna dan mendapat giliran presentasi terakhir kali pada bidang 1.

***
Oh iya sebelumnya saya perkenalkan dulu apa itu UKM Rekayasa Teknologi dan bagian apa saja yang ada di dalamnya. 


UKM Rekayasa Teknologi merupakan organisasi yang mewadahi seluruh mahasiswa UNY yang ingin berkarya di bidang teknologi. Nah, bicara mengenai teknologi, UKM ini memang rata-rata berisi anak-anak teknik. Hampir 90 % anggotanya berasal dari fakultas teknik. 
Memang, ada juga anak-anak dari fakultas lain, misalnya dari FMipa, dari FBS (Fakultas Bahasa dan Seni), FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan), FIS (Fakultas Ilmu Sosial) dan FE (Fakultas Ekonomi) tempat saya melakukan kuliah, tapi prosentasenya tak terlalu banyak.
Di UKM "Restek", strukturnya terdiri dari ketua,sekertaris, bendahara, kabid 1 dan kabid 2 sebagai PI (pengurus Inti) dan ada para Kadiv/wakadiv sebagai PH (Pengurus Harian). 
Untuk Kabid 1 bertugas mengkoordinasi 5 divisi yakni divisi Robotika, Rancang Bangun, Teknologi Tepat Guna, TI dan Mobil sedangkan Kabid 2 mengkoordinasi bagian keorganisasian UKM, yakni bagian humas, KSK dan juga HRD.
Oh iya,
Di UKM Restek, ada 3 pembimbing yang bertugas untuk memberi pertimbangan dan juga saran untuk UKM. Beliau semua berasal dari fakultas teknik. Dua merupakan dosen jurusan elektro dan satu merupakan dosen jurusan otomotif.

***
Kembali ke Musyang.
Saya kebetulan tahun ini diamanahi sebagai wakil kepala divisi Teknologi Tepat Guna, yakni sebuah divisi yang bergerak untuk pengabdian masyarakat melalui karya teknologi aplikatifnya.
Di divisi TTG, ada beberapa proker dan juga laporan yang harus kami sampaikan di hadapan seluruh komponen organisasi ini, mulai dari DPO, alumni, anggota bahkan pengurus itu sendiri.
Dimulai dari laporan proker pertama U-Nitech (sebuah even lomba teknologi aplikatif tingkat nasional), dilanjutkan dengan proker Seminar Nasional Technopreneurship, program recruiting tim Kincir angin, diskusi karya dan lomba dan Comdev (Comunnity Development).
Untuk divisi lain, sama. Mereka harus presentasi seperti yang kami lakukan. Dilanjutkan dengan komen, kritik dan saran dari DPO ataupun peserta Musyang yang lain.

Tak terasa, setelah beberapa jam berlalu, akhirnya pada pukul 7 tadi, saya dan juga teman-teman seperjuangan dalam 1 tahun kepengurusan akhirnya resmi "DE-MI-SI-O-NER".
Saya bahagia, sebab akhirnya ini bisa menyelesaikan 2 periode kepengurusan di UKM Restek ini.



Yup, 19-20 Desember 2015, Musyawarah Anggota dilaksanakan di dua tempat, ruang theater FT dan di aula FT.
Semoga menjadi sebuah akhir kepengurusan yang menyenangkan dan menjadikan sebuah awal untuk keberhasilan.
Salam teknologi!!!
Berkontribusi berkompetisi berprestasi :)


Post By : Nurul Mutiara Risqi Amalia (Manajemen A 2013, Universitas Negeri Yogyakarta, at Kos )

8 komentar:

  1. aku nyesel dulu pas kuliah ga ikutan organisasi...huhu
    palagi yang pengembangan masyarakat, ini keren asli...kita jadi belajar gimana berbaur dengan masyarakat dan syukur syukur bisa memberdayakannya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, di organisasi tersebut saya jadi tahu banyak hal. tidak hanya mengenai fakultas saya (FE) tapi bisa tahu tentang kegiatan anak2 di fakultas lain. Terutama Fakultas teknik :)

      Hapus
  2. saya juga ikut UKM (Usaha Kecil Menengah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe
      UKM (Unit kegiatan Mahasiswa) klo saya mas :D

      Hapus
    2. wah kita beda yah,, mungkin tak jodoh #Loch :D

      Hapus
    3. hehehe
      aneh2 aja mas Irwin ini. Mungkin jodohnya bisa hal lain #Upss

      Hapus
  3. pas kuliah mau masuk ukm bingung gak ada yang pas.
    wuiih seru ya kegiatanya tentang teknologi. pernah juga baca postingan yang model beginian anak uny juga arinta kalo gak salah, lupa juga sih. hehee..
    kirain kalo beginian yang ikutan cuma anak teknik, ternyata yang lain bisa juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe
      mbak Arinta itu teman saya mas. Dia malah yg memperkenalkan UKM tersebut ke saya.makanya postingan kami hampir sama.

      Hapus